Hashtag #AskBNI ‘mau bertanya nggak sesat di jalan’

Kabar gembira buat nasabah BNI. Buat nasabah bank lain juga boleh baca. Apalagi buat pembaca yang berniat bikin rekening tapi bingung mau pilih bank apa. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu mengatasi kebingungan calon nasabah baru.

Kabar gembira apakah yang dimaksud? Iyalah Bank Negara Indonesia ( BNI ) menyediakan fitur baru yang bank lain belum ada berupa hashtag #AskBNI di Twitter sebagai bukti memberikan layanan masyarakat yang lebih baik. Dengan fitur tersebut siapa saja bisa menanyakan tentang layanan BNI melalui Direct Message ( DM ) dan akan langsung mendapat jawabannya detik itu juga. Bagaimana fitur tersebut bisa kita manfaatkan dan berguna untuk kenyamanan kita? Berikut kita bahas lebih lanjut.

Hashtag #AskBNI dengan tema ‘Mau Bertanya Nggak Sesat Di Jalan’

Pepatah Malu Bertanya Sesat Di Jalan, secara tidak langsung juga berarti siapa saja yang mau bertanya, ia tidak akan tersesat di jalan. Namun meskipun begitu, kita tetap perlu berhati-hati dan pilih-pilih kepada siapa kita harus bertanya. Tidak boleh asal, sembarangan, dan sebaiknya tanya ke ahlinya langsung. Kalau ingin tanya tentang kesehatan, tanyalah ke dokter, jangan ke pemabuk, per0kok, atau pelaku hidup tidak sehat lainnya. Jika ingin tanya tentang elektronik, tanyalah ke teknisi, jangan ke teroris. Takutnya ntar malah meledak, hehe.

Sedangkan kalau tanya layanan perbankan, tanyalah ke Customer Service bank. Masalahnya adalah mungkin anda tidak punya teman yang profesinya sebagai CS bank. Mau telpon Call Center bank, pulsanya mahal. Mau datang ke kantor cabang bank terdekat, ada saja alasannya: malas lah, tidak ada waktu lah, dan bahkan ada yang malu karena bertatap muka langsung. Padahal semua pegawai bank selain penampilannya menarik, tapi juga ramah-ramah loh. Siapa dan apa saja pertanyaannya selama berkaitan dengan bank, mereka pasti akan jawab dengan senyum manis.

Namun jika memang anda sedang malas, tidak punya waktu, lagi liburan ke luar negeri, atau memang hari libur sehingga kebanyakan bank tidak buka, di sinilah fungsi hashtag #AskBNI. Hanya dengan buka media sosial twitter, follow ID resmi BNI @BNI46, dan kirim DM dengan hashtag tersebut, kita bisa menanyakan beberapa pertanyaan seputar bank, khususnya BNI. Saya sudah pernah mencobanya. Nanti di bawah akan saya sertakan screenshotnya. Dari hashtag itu info yang bisa kita dapat sangat lengkap. Mulai dari cara dan syarat bikin rekening baru, biaya administrasi, kartu ATM dan buku tabungan hilang, kartu kredit, bahkan promo-promo pun ada.

Pengalaman yang menyadarkan akan pentingnya bertanya

Setelah saya cari info di website dan berbagai akun media sosial resmi BNI, ternyata fitur hashtag #AskBNI sengaja diluncurkan dengan maksud untuk menumbuhkan budaya tidak malu bertanya pada masyarakat. Bagaimanapun juga, tanya itu tidak ada salahnya dan memang perlu. Bahkan sekalipun kita sudah banyak-banyak baca untuk mendapatkan informasi lengkap, kadang masalah belum teratasi kalau belum tanya.

Sebagai contohnya saya punya pengalaman saat mengantar adik mau bikin rekening bank baru. Cerita lengkapnya sudah cukup lama saya terbitkan dengan judul Cara dan Syarat Bikin Rekening BNI Baru. Singkatnya, adik saya butuh rekening bank baru. Dia coba daftar di bank X. Setelah panjang lebar ‘ngobrol’ dengan mbak CS yang cantik, ternyata adik tidak memenuhi persyaratan karena KTP-nya masih KTP biasa bukan e-KTP (KTP elektronik) dan tidak ada NPWP ( Nomor Pokok Wajib Pajak ). Meskipun adik juga sudah menunjukkan SIM (Surat Izin Mengemudi), pasang muka melas, serta jurus silat lidah dikeluarkan, namun tetap saja permohonannya untuk bikin rekening baru di bank X itu ditolak.

Namun karena benar-benar butuh, akhirnya kami berniat bikin rekening di bank lain, Yaitu BNI. Tapi masalahnya kami tidak tau lokasi cabang BNI di sekitar wilayah tersebut. Hal ini juga menjadi alasan kami mengapa dari awal tidak langsung mencobanya di bank dengan logo didominasi warna orange dan hijau ini. Untuk cari bantuan, seperti biasa saya keluarkan smartphone, buka google dan ketik kata kunci “Lokasi cabang BNI wilayah Comal”.

Seketika itu juga keluar hasil search alamat cabang BNI wilayah Comal dengan lengkap. Tepatnya di Jl. A. Yani No.14 Pemalang . Meskipun berulang-ulang baca alamat tersebut, namun saya tidak tau Jalan A. Yani itu di mana. Akhirnya tanyalah kami ke tukang becak yang kebetulan sedang parkir di situ. Karena beliau pengendara, pastilah hafal nama-nama jalan. Dan dengan keramahannya, ditunjukkan dan selamatlah kami sampai tujuan. Terimakasih Bapak yang menjawab pertanyaan kami, semoga engkau membaca tulisan ini, hehe.

Itu salah satu contoh manfaat dan pentingnya bertanya. Sampai di depan kantor cabang BNI pun kami masih banyak tanya ke satpamnya. Kami tidak malu. Hasilnya, sukseslah adik saya bikin rekening baru di BNI pakai KTP biasa dan tanpa NPWP.

Mengapa harus menggunakan fitur hashtag #AskBNI ?

Oh ya karena blog uangindonesia.com ini membahas tentang uang, sebetulnya beberapa kali saya sering juga bahas bank yang berdiri di Indonesia sejak 5 Juli 1946 ini. Lumayan lengkap, antara lain:

Dari artikel-artikel di atas, cukup banyak pembaca yang komentar dan bertanya kepada saya. Kebayakan mereka adalah calon nasabah baru yang mau bikin rekening. Saya tebak begitu karena mayoritas pertanyaannya seputar jumlah uang setoran awal, biaya administrasi, KTP biasa bukan elektronik, belum punya KTP karena masih pelajar, lokasi bank tidak sewilayah dengan alamat KTP, belum punya NPWP, tidak ada telpon rumah adanya nomor ponsel, dll.

Meskipun hanya blogger, bukan CS bank, semua pertanyaan yang masuk saya coba jawab berdasarkan pengalaman saya menjadi nasabah BNI dari tahun-tahun sebelumnya. Untuk tahun sekarang ini mungkin sebagian jawaban saya tidak berlaku lagi. Hal ini dikarenakan aturan bank biasanya bisa berubah. Sebagai contoh, dulu untuk mengurus kartu ATM dan atau buku tabungan hilang, harus disertai surat kehilangan dari polisi. Sekarang, saya coba tanya #AskBNI, surat kehilangan tidak diperlukan lagi. Cukup datang ke kantor cabang terdekat, bawa identitas diri yang masih berlaku (KTP/SIM/PASPOR), dan kartu ATM atau buku tabungan (salah satunya yang tidak hilang).

Jadi intinya fitur #AskBNI memberikan informasi yang up to date bahkan mungkin lebih up to date dari website resminya apalagi blog-blog umum. Anda pasti tau sendirilah kurang update apa media sosial twitter sekarang ini.

Cara menggunakan fitur #AskBNI dan gambar screenshotnya

Setelah dari siang sampai malam ini saya coba menggunakan fitur terbaru ini dan kemudian menyadari banyaknya informasi yang bisa didapat, agar tidak membingungkan saya kelompokan jadi 2 kategori. Yaitu kategori #AskBNI (bantuan/layanan), dan yang kedua kategori #Promo.

Sebelum membahasnya lebih lanjut, ada baiknya kalau ada anda ambil gadget/smartphone satu lagi dulu. Kalau sedang menggunakan PC/laptop, buka tab baru. Setelah itu login akun twitter anda. Lalu follow @BNI46. Saat itu juga anda akan langsung dapat DM (Direct Message) dari @BNI46 seperti gambar berikut,

hashtag #AskBNI

Sesuai petunjuknya, tidak ada salahnya kita mendaftar dengan cara membalas DM tersebut dengan format #daftar #nama_lengkap #nohandphone.

hashtag #AskBNI

Balasan DM sudah diset otomatis. Yang membalas sistem, bukan orang. Jadi tidak butuh waktu untuk menunggu balasan. Usai terdaftar, barulah kita bahas lebih detail 2 kategori itu.

1. Kategori #AskBNI (bantuan/layanan)

Iyalah hashtag yang bisa kita kirim via DM ke @BNI46 untuk meminta bantuan informasi layanan. Hashtag ini bisa anda kirim tanpa diikuti kata/kalimat lainnya. Namun jika ingin minta informasi secara spesifik, anda bisa menambahkan hashtag lainnya di belakang hashtag #AskBNI. Sebagai contoh, jika anda ingin info persyaratan bikin rekening taplus, maka formatnya adalah #AskBNI #Taplus.

Format hashtag belakang #AskBNI bisa anda dapatkan daftarnya dengan kirim DM dengan format #HelpBNI. Screenshot-nya sebagai berikut.

hashtag #AskBNI

Daftar keyword atau format yang tersedia pada #HelpBNI :

#KartuHilang
#KartuTertelan
#BukuHilang
#DebitOnline
#Taplus
#TarifATM
#Passport
#BlokirATM
#TaplusMuda
#ChelseaFC
#TaplusBisnis
#PINKartuKredit
#DebitCard
#Simpel
#BayarKKBankLain
#ApplyCreditCard
#BNISingapore
#BNINewYork
#BNILondon
#BNITokyo
#BNIHongkong
#BNIPusat
#TokenPLN
#WeekendBankingJKT
#WeekendBankingBDG
#WeekendBankingCRB
#WeekendBankingMDN
#WeekendBankingPDG
#WeekendBankingPLG
#WeekendBankingSMG
#WeekendBankingSBY
#WeekendBankingYGY
#WeekendBankingMKS
#WeekendBankingBALI
#WeekendBankingBJM
#WeekendBankingPAPUA
#InternetBanking
#DaftarSMSBanking
#TarifSMSBanking
#IsiTapCash
#KirimSaldoTapcash
#UpdateSaldoTapCash
#PINKartuATMTerblokir
#GantiKartuATM
#DaftarRekeningTujuan
#Emerald
#eBranch
#Blogging
#TabunganKu

Cara penggunaannya kirim DM ke @BNI46 dengan format : #AskBNI (spasi) #Keyword (salah satu keyword di atas sesuai kebutuhan)

2. Kategori #Promo

Iyalah hashtag yang bisa kita kirim via DM ke @BNI46 untuk mendapatkan informasi promo yang sedang diadakan oleh BNI. Berdasarkan pantauan saya, promo-promo ini ada masa berlakunya. Jadi bagi anda yang tidak ingin ketinggalan promo dan ingin dapatkan promo terbaru, sering-seringlah kirim hashtag #HelpPromo ke @BNI46.

hashtag #AskBNI

Daftar keyword atau format yang tersedia pada #HelpBNI :

#Entertainment
#Fashion
#Health
#Hotel
#Travel
#eCommerce
#Groceries
#RBT
#DebitOnline
#Watches
#Installment
#Education
#CGVBlitz
#Resto
#7Eleven
#Overseas
#Pancious
#ToysKingdom
#BelanjaOnline
#BNIJavaJazz
#Pertamina
#LotteMart
#GarudaIndonesia
#KPR
#Imlek
#TrioLestari

Cara penggunaannya kirim DM ke @BNI46 dengan format : #Promo (spasi) #Keyword (salah satu keyword di atas sesuai promo yang ingin didapatkan)

Gimana, sudah cukup lengkap kan kabar gembira yang saya sampaikan? Kalau belum puas dan ada pertanyaan lain, bisa langsung tanyakan di @BNI46 atau komentar di bawah ini. Sebisa mungkin saya akan bantu jawab.

16 thoughts on “Hashtag #AskBNI ‘mau bertanya nggak sesat di jalan’”

    • Kalau mau biaya administrasi yang murah, setau saya ada tuh tabunganKu. TabunganKu ini program pemerintah dan bisa didapat dari bank mana saja. Di BNI juga ada. Silakan kirim saja DM ke @BNI46 dengan format : #AskBNI #TabunganKu

    • tulis tweet dan mention @BNI46 saja. berdasarkan pengalaman saya, 30 menit – 1 jam akan dibalas.

      kalau boleh tau, apa sih yang ingin ditanyakan? kalau mau ditulis di komentar sini, kalau bisa jawab saya pasti akan bantu juga kok. hehe

  1. ass…
    tolong diproses cepat atm saya di blokir pak/mbak gmna ya.
    sebelum nya mksh bnyak.

    • untuk bisa mengaktiifkan kartu ATM BNI yang terblokir, bisa mengurusnya dengan datang ke kantor cabang BNI dan jangan lupa bawa persyaratannya, yaitu: buku tabungan, kartu identitas, dan tentu pula kartu ATM yg terblokirnya.

      jika tidak punya banyak waktu untuk datang ke kantor cabang, bisa dicoba dengan menghubungi call center BNI di 1500046, atau lebih tepatnya bisa baca ini https://uangindonesia.com/cara-mengaktifkan-pin-kartu-atm-bni-terblokir/

    • masukan kartu, pilih bahasa, input PIN, lalu tekan pilihan LAINNYA. nanti akan muncul sub menu lagi. dan pilih lagi PENARIKAN. kemudian anda disuruh masukin nominal yang ingin diambil (di ketik sendiri)

Leave a Comment