Dapat kiriman dolar via Western Union (WU), mata uang apa yang akan diterima saat dicairkan?
Dapat kiriman dolar via Western Union (WU), mata uang apa yang akan diterima saat dicairkan?

Dapat kiriman dolar via Western Union (WU), mata uang apa yang akan diterima saat dicairkan?

Posted on

Seperti kita ketahui Western Union (WU) dapat melayani transfer uang antar negara. Cabang dan agennya sangat banyak serta tersebar di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Dengan adanya jasa ini, bukan tidak mungkin kita dapat menerima kiriman uang dari luar negeri.

Namun, mata uang di sana bukanlah rupiah. Bisa dolar, euro, renminbi, yen, atau lainnya. Nah, seandainya kita mendapat kiriman Western Union (WU) dari luar negeri dalam bentuk mata uang asing, lalu dicairkan di agen dalam negeri Indonesia (Kantor Pos, Pegadaian, Indomaret, atau bank), kira-kira uang apa yang akan kita terima?

Baca juga: Mengenal pengertian Western Union dan sejarahnya

Kiriman dolar melalui Western Union dicairkan di agen dalam negeri otomatis terkonversi ke rupiah

Ya, meskipun pengirim mengirimnya kepada kita uang dolar, tetapi saat dicairkannya di agen WU yang berada di Indonesia secara otomatis kita akan mendapatkannya uang dalam bentuk rupiah. Pada formulir memang tertulis jumlah nominal uang asingnya, tetapi saat petugas memberikan lembaran uangnya sudah dalam bentuk rupiah.

Mengapa begitu? Saya tidak tau pasti alasannya. Yang jelas memang begitulah faktanya. Oh ya, Western Union (WU) sendiri punya standar kurs sendiri. Meskipun selisihnya sedikit, tetapi yang jelas tidak menggunakan kurs bank ataupun lainnya. Dan memang kurs WU ini fungsinya untuk mengurus transferan beda mata uang seperti contoh atas.

Baca juga: Cara menghitung dolar ke rupiah atau mata uang asing lainnya

Begitu juga sebaliknya saat kita butuh kirim uang ke luar negeri menggunakan jasa yang logonya berwarna kuning ini. Kita tidak perlu menukar rupiah terlebih dahulu untuk menyamakan mata uang sana. Masih dalam bentuk rupiah langsung saja menuju agen WU terdekat dan kirimlah uang ke negara mana saja sesuai kebutuhan Anda.

Nantinya, saat pihak menerima mencairkannya di agen Western Union (WU) negara sana, mata uangnya pun akan secara otomatis terkonversi dengan mata uang resmi yang dipakai di negara sana. Gampang dan tidak merepotkan, bukan?

Hal itu terbukti dari pengalaman saya yang setiap bulan dapat kiriman dari Google Adsense hasil situs web ini. Dari Singapura sana mata uangnya dalam bentuk dolar USD (kenapa bukan dolar Singapura ya?). Setelah diambil/dicairkan melalui agen WU di kantor Pos, yang saya terima ya rupiah, uang yang sama seperti setiap hari kita gunakan bersama ini.

Selanjutnya baca: Pengambilan uang kiriman Western Union di bank

Gravatar Image
Konten dilindungi DMCA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *