Buku tabungan hilang? inilah syarat, biaya, dan cara menggantinya di BCA, MANDIRI, BNI, BRI, dll
Buku tabungan hilang via blogspot.com

Buku tabungan hilang? inilah syarat, biaya, dan cara menggantinya di BCA, MANDIRI, BNI, BRI, dll

Posted on

Buku tabungan hilang? inilah syarat, biaya, dan cara menggantinya di BCA, MANDIRI, BNI, BRI, dll – Kasus buku tabungan hilang sebenarnya jarang terjadi bila dibandingkan hilangnya kartu ATM. Karena biasanya buku tabungan tidak di bawa-bawa kemanapun pergi. Meski fungsi buku tabungan untuk mencatat semua transaksi pada rekening kita, namun tidak sedikit orang yang menabung/setor tunai tanpa membawa buku tabungan. Apalagi untuk menarik uang, cukup dilakukan di ATM yang tidak membutuhkan buku tabungan. Tapi biar begitu sistem perhitungan bank hampir tidak pernah salah. Bila kita sewaktu-waktu kita mau print out/cetak pencatatan di buku tabungan, semua transaksi akan tertera di situ dengan benar.

Namun bagaimanapun kemungkinan buku tabungan hilang bisa saja terjadi. Entah lupa menaruh, tercuri maling, keselip di gudang, pindah rumah tidak terbawa, kebanjiran, kebakaran, dan sebagainya. Kalau tiba-tiba menyadari buku tabungan anda hilang, saran uangindonesia.com segeralah mengurusnya dengan cara mendatangi kantor cabang bank tempat dulu anda bikin rekening dan minta dibuatkan buku tabungan baru sebagai pengganti.

Memang betul jika buku tabungan hilang nasabah masih bisa menabung, tarik tunai dengan ATM, menerima transfer dari orang lain, akses transaksi menggunakan SMS banking, M-banking, dan internet banking dengan tidak ada kendala. Namun bayangkan jika seandainya anda juga kehilangan kartu ATM di saat sedang tidak ada buku tabungan? Pasti anda akan kewalahan karena untuk bisa menghubungi CS bank untuk minta bantuan dan atau komplain apapun, biasanya ada syarat harus bawa buku tabungan. Lalu bagaimana cara dan syarat untuk mengurus buku tabungan yang hilang itu sendiri? Berikut saya coba kasih infonya.

Artikel terkail: Pengertian, perbedaan, dan cara daftar SMS banking dan M-banking

Syarat mengganti buku tabungan hilang di bank MANDIRI, BCA, BNI, BRI, dll

Secara garis besar cara mengganti buku tabungan hilang di bank manapun hampir sama syarat dan ketentuannya. Saat datang ke bank bawalah berkas-berkas berikut ini:

  1. Surat keterangan kehilangan dari polisi setempat di mana kejadian hilangnya buku tabungan.
  2. Kartu identitas bisa berupa KTP, SIM, ataupun PASPOR.
  3. Kartu ATM / debit card.
  4. Uang untuk mengganti harga meterai serta biaya buku tabungan baru, Rp50.000,00 saja cukup.

Untuk syarat poin 1, sebelumnya saya sudah pernah bahas cara mendapatkannya. Silakan cari saja di artikel-artikel lama. Atau tanyakan pada google saja kalau malas mencari. Khusus untuk hilangnya buku tabungan BCA biasanya lebih gampang cara mengurusnya. Beberapa kantor cabang BCA tidak mengharuskan membawa surat pengantar polisi seperti itu.

Apakah mengurus buku tabungan hilang harus dilakukan di kantor cabang tempat dulu kita buka rekening, tidak boleh di cabang wilayah lain? Kalau bisa pilihlah kantor cabang tempat anda dulu buka rekening, biar prosesnya lebih cepat dan gampang. Namun kalau tidak memungkinkan, bisa juga diurus di cabang wilayah lain. Namun prosesnya lebih ribet bahkan mungkin anda harus menunggu beberapa hari karena bank harus minta dikirimin data anda yang tersimpan di data base cabang tempat anda bikin rekening. Ya semoga saja kedepannya urus buku tabungan hilang makin gampang dan bisa dilakukan di cabang wilayah manapun dengan waktu yang cepat.

Baca juga: Cara dan syarat ganti buku tabungan yang halamannya habis

Cara mengganti buku tabungan hilang di bank MANDIRI, BCA, BNI, BRI, dll

Setelah syarat di atas sudah lengkap tersedia, langsung saja datang ke kantor cabang masing-masing. Bila rekening anda di BCA, masuklah ke kantor bank BCA. Bila BNI di BNI, BRI di BRI, MANDIRI ke MANDIRI, dst.

Setelah sampai di sana pilihlah petugas bagian Customer Service, bukan teller. Customer Service melayani nasabah untuk bikin rekening baru, registrasi fitur/layanan, komplain, dan termasuk juga urus kehilangan buku tabungan dan kartu ATM, dll. Sedangkan teller untuk melayani nasabah menabung/setor tunai dan tarik tunai. Jadi jangam salah pilih ambil nomor antrean ya. Kalau perlu minta tunjuk pak satpamnya saja.

Bila sudah di hadapan CS, langsung katakan padanya maksud anda datang ke situ. Yaitu untuk mengurus buku tabungan hilang dan minta dibuatkan buku tabungan baru buat pengganti. Setelah petugas mengecek kelengkapan syarat dan kebenaran data anda (pemilik rekening harus datang sendiri. Tidak boleh diwakilkan atau dikuasakan orang lain) maka dia akan memberikan lembaran formulir untuk anda isi. Formulir tersebut harus ditempeli meterai seharga 6 ribu rupiah dan di atasnya ditandatangani oleh anda.

Jika semua proses sudah beres CS akan membuatkan buku tabungan baru untuk anda. Habis itu anda sudah diperbolehkan pulang sambil membawa buku tabungan baru setelah menyelesaikan semua biaya pembayarannya. Oh ya meskipun bukunya baru tapi nomor rekening tetap sama seperti sebelumnya. Layanan kartu ATM, SMS banking, M-banking, dan internet banking tidak perlu diregistrasikan ulang.

Baca juga: Syarat dan cara pinjam uang di bank agar segera disetujui

Biaya ganti buku tabungan hilang di bank MANDIRI, BCA, BNI, BRI, dll

Biaya ganti buku tabungan baru biasanya lain bank lain pula harganya. Ada yang gratis ada pula yang bayar. Namun meskipun bayar anda tidak perlu mengkuatirkannya, karena semahal-mahalnya bank tidak akan sampai melebihi Rp50.000,00. Umumnya Rp5.000,00 – Rp30.000,00 saja.

Saat ini untuk biaya ganti buku tabungan hilang di BCA sebesar Rp5.000,00. BNI sebesar Rp15.000,00. BRI sebesar Rp25.000,00. MANDIRI sebesar Rp15.000,00. Harga tersebut sewaktu-waktu bisa berubah. Bisa saja naik atau bisa juga digratiskan hehe. Bila anda lupa bawa uang kecil, anda bisa membayarnya dengan potong saldo di rekening anda. Namun bila dalam rekening sama sekali tidak ada saldo maka harus bayar di teller setelah sebelumnya dikasih slip oleh Customer Service. (sumber: www.bca.co.id)

Demikianlah artikel kali ini yang membahas tentang syarat, cara, dan biaya ganti buku tabungan hilang di semua bank baik BCA, BNI, BRI, MANDIRI, dan lainnya. Seandainya tulisan ini dirasa bermanfaat, mohon sekiranya bantu kami untuk menyebarkan tulisan ini melalui sosial media anda agar teman-teman anda bisa juga ikut membacanya. Terimakasih banyak dan jangan lupa untuk baca artikel menarik lainnya di bawah ini. Selanjutnya: Penyebab kartu ATM tertelan di mesin dan cara mengatasinya

Gravatar Image
Konten dilindungi DMCA

20 thoughts on “Buku tabungan hilang? inilah syarat, biaya, dan cara menggantinya di BCA, MANDIRI, BNI, BRI, dll

  1. Apabila buku tabungan yang di berikan perusahaan hilang dan saya lupa no rekening. Bagaimana cara mengatasinya… apa saya bisa langsung mengurus sendiri?

  2. Mas saya mau tanya gmna cara ambil uang di dalam tabungan saya mas soal atm ama tabungan saya hilang mas

  3. Untuk surat keterangan kepolisiannya BRI/BNI gak boleh gak ada ya gan atau bisagak kita cuma pake fotocopy buku tabungan kita aja

    1. ada teman yang cerita bisa tanpa surat kehilangan. tapi ada juga yang cerita tidak bisa. kemungkinan sih beda cabang bisa beda aturan meskipun nama banknya sama

  4. Mau tanya gan…kalo buku tabunfan bni saya hilang …bisa gak kita ngurusinn di cabang yang bukan saya pertama buka rekening…

  5. admin saya keluar kota… trus atm saya tertelan … namun saya da bawa buku… bagaimana caranya saya bisa menarik uang tanpa buku dan atm… ???

  6. harus ke bank awal dibuat atm ya?
    ga bisa misalkan kita buat atm di cirebon di urusnya di bandung

    bole gtu ga?

  7. Ada yg tau gk, klo buku rekening yg sudah di gunting, bisa gk di ganti sm yg baru…
    Karna buku yg baru di ganti justru hilang…
    Jd adanya yg lama…
    Mihon infonya…? Makasih…

    1. Maksudnya meminta kartu ATM baru (habis hilang)? Kalau buku tabngannya masih ada, ya gak perlu baru. Kecuali jika dua-duanya (buku tabungan dan kartu ATM) hilang, maka harus minta yang baru semua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *