Cara urus kartu ATM dan buku tabungan hilang sekaligus
Kartu ATM dan buku tabungan hilang via blogspot.com

Cara urus kartu ATM dan buku tabungan hilang sekaligus

Posted on

Cara urus kartu ATM dan buku tabungan hilang sekaligus – Kalau hanya kartu ATM doang yang hilang, cara mengurusnya lumayan gampang. Tinggal bikin surat kehilangan dari kepolisian. Setelah jadi, bawa ke kantor cabang bank sambil bawa KTP asli dan buku tabungan sebagai bukti kepemilikan rekening. Tidak sampai satu jam bisa terselesaikan masalah tersebut.

Begitu juga kalau yang hilang buku tabungan doang. Syarat dan cara mengurusnya bawa surat kehilangan dari polisi, KTP, dan kartu ATM. Tidak ada satu jam juga nanti anda akan mendapatkan buku tabungan baru sebagai pengganti. Buku tabungannya doang yang baru, nomor rekeningnya masih sama. Saldo yang ada di dalamnya juga masih tetap aman dan utuh.

Intinya fungsi kartu ATM dan buku tabungan bisa saling menggantikan satu sama lain. Kalau salah satunya hilang masih bisa dibantu/diselamatkan oleh satunya lagi. Contoh lain misalnya dalam hal tarik tunai. Seandainya tidak ada kartu ATM buat ambil uang melalui mesin ATM, maka buku tabungan bisa dimanfaatkan untuk tarik tunai melalui teller bank. Begitu juga sebaliknya.

Simak juga: Pakai cara ini bila pakai ATM tidak mengeluarkan struk bukti transaksi

Yang jadi masalah adalah bagaimana kalau keduanya, kartu ATM dan buku tabungan, hilang sekaligus? Tentu anda tidak bisa mengakses dan transaksi apapun lagi terhadap rekening tersebut. Jangankan untuk ambil tunai, cek saldo dan transaksi dengan SMS banking/M-banking/internet banking pun tidak bisa (kartu ATM hilang harus segera diblokir. Kartu ATM terblokir berimbas ke SMS/M/I- banking).

Saya yakin pembaca sudah tau kalau kartu ATM dan buku tabungan hilang sekaligus baiknya harus segera di urus ke kantor cabang bank. Tapi bagaimanakah caranya? Dan syarat-syarat yang diperlukan apa saja? Nah di artikel inilah uangindonesia.com akan coba memberikan solusinya. Baca terus sampai habis ya…

Bagaimana cara mengurus kartu ATM dan buku tabungan hilang sekaligus?

Kartu ATM dan buku tabungan hilang sekaligus bisa saja terjadi. Penyebabnya mungkin kerampokan saat keduanya tersimpan bersama dalam satu tas. Atau bisa juga malam-malam kemalingan. Atau mungkin dibawa kabur oleh pembantu.

Hal yang harus pertama anda lakukan jika mengalami hal ini adalah hubungi bank masing-masing. Bisa datang ke kantor cabang langsung, bisa juga cukup melalui telepon call center bank. Tujuannya adalah untuk memblokir rekening tersebut. Ingat aturan ini, jika saldo anda hilang sebelum terblokir, pihak bank anggap itu kesalahan nasabah. Pihak bank tidak mau tanggung jawab. Namun bila hilangnya setelah terblokir, pihak bank akan bantu menelusurinya dan kemudian mengganti uang yang hilang.

Tapi bagaimana cara kita menghubunginya sementara kita tidak pegang kartu ATM ataupun buku tabungan, padahal seperti kita ketahui untuk komplain ke CS bank biasanya dibutuhkan syarat KTP dan kartu ATM / buku tabungan? Yang saya sarankan menghubunginya lewat telpon call center saja. Nanti di sana hanya ditanya nomor rekening, nomor kartu (angka yang tertera di depan kartu), dan pertanyaan-pertanyaan lain berupa data anda sewaktu daftar rekening dulu. Antara lain alamat, ibu kandung, dan sebagainya. Semua pertanyaan itu harus anda jawab dengan benar.

Sebenarnya untuk memblokirnya bisa juga melalui kantor cabang sih. Intinya sama saja.

Setelah terblokir dan saldo rekening aman, sekarang saatnya kita membuat surat kehilangan dari kepolisian. Untuk mengurus surat ini diperlukan KTP, buku tabungan/kartu ATM. Jika KTP anda juga hilang bersama hilangnya kartu ATM dan buku tabungan, maka mau tidak mau anda harus bikin KTP dulu. Ke kantor polisinya harus tertunda.

Untuk membuat KTP saya yakin pembaca sudah pada tau caranya. Yaitu hubungi Pak RT kemudian ke kecamatan/kelurahan (detailnya tanyakan saja pada google). Untuk saat ini bikin KTP harus menunggu berbulan-bulan baru bisa jadi. Saran saya mintalah pada petugas untuk dibikinkan surat pengantar/surat keterangan yang berisi pemberitahuan bahwa KTP sedang dalam proses. Surat seperti ini bisa dijadikan pengganti KTP. Namun kalau ternyata nanti di kantor polisi ditolak, anda bisa memohon petugas untuk mempercepat proses pembuatan KTP. Istilahnya “nembak”, dan tentunya harus bayar lebih.

Baca lainnya: Benarkah memasukkan PIN terbalik, ATM akan mengeluarkan bunyi alarm?

Setelah mendapatkan KTP / surat pengantar KTP, segeralah menuju ke kantor polisi setempat tempat hilangnya kartu ATM dan buku tabungan. Meskipun anda tinggal di wilayah B, tapi bila tempat kehilangannya di wilayah A, maka kantor polisi yang wajib anda datangi yang berada di wilayah A juga.

Sampai di sana cari petugas bagian pelayanan masyarakat. Biasanya berada di loket depan. Katakan pada petugas bahwa anda minta dibikinkan surat kehilangan sambil ceritakan kejadiannya dengan lengkap. Nanti yang akan dimasukan ke dalam laporannya adalah NOMOR REKENING. Jadi tidak perlu buku tabungan / kartu ATM karena kenyataannya memang tidak ada. Masalah urusan begini sebetulnya gratis, namun banyak orang yang tidak enak dan kemudian memberikan uang seikhlasnya. Biasanya cuma Rp20.000,00.

Bila sudah mendapatkan KTP (bisa juga masih berupa surat pengantar) dan surat kehilangan dari kepolisian, barulah bisa datang ke kantor cabang bank untuk mengurusnya. Apakah harus ke kantor cabang bank tempat dulu buka rekening? Sebetulnya tidak perlu. Saat ini sistem bank sudah online. Jadi harusnya bisa diurus di cabang wilayah manapun. Namun biasanya aturan masing-masing bank berbeda. Ada yang bisa di cabang manapun tapi prosesnya butuh beberapa hari karena menunggu kiriman data anda dari bank tempat anda buka rekening. Jadi kalau bisa pilihlah cabang tempat anda dulu bikin rekening.

Sesampai di bank, petugas yang melayani urusan seperti ini adalah Customer Service, bukan teller. Jadi pastikan anda tidak salah ambil nomor antrean. Pada beberapa bank, bagian CS ini biasanya sepi. Mungkin saja anda datang langsung dilayani tanpa harus mengantre.

Di hadapan CS bank, serahkan KTP dan surat kehilangan tadi. Untuk memastikan bahwa anda adalah pemilik sah rekening tersebut, CS akan menanyakan beberapa pertanyaan. Antara lain nama ibu kandung, alamat anda, alamat cabang tempat dulu buka rekening, tanggal pembuatan rekening (kira-kira tahun berapa), nomor kartu ATM (angka yang tertera di atas kartu ATM, Kartu ini penting, makanya kalau bisa dicatat dan disimpan), perkiraan jumlah saldo terakhir, transaksi terakhir buat apa, dll. Kalau semua bisa anda jawab dengan benar, barulah petugas akan melanjutkan proses. Dia akan memberikan formulir yang harus anda isi, tempeli meterai seharga Rp6.000,00, dan tentu pula bubuhi tanda tangan.

Artikel terkait: Penyebab kartu ATM tertelan dan cara mengatasinya

Sampai tahap di atas sebenarnya sudah selesai. Petugas sudah bisa membuatkan kartu ATM dan buku tabungan baru untuk anda, dan tidak ketinggalan pula tentu saldonya. Namun biasanya masing-masing bank punya aturan sendiri-sendiri. Baik BCA, BNI, BRI, MANDIRI, maupun lainnya beda-beda. Ada yang bisa langsung membuatkan kartu ATM dan buku tabungan baru dengan nomor rekening yang sama. Ada pula yang mengharuskan tutup rekening, buka rekening baru, dan saldo yang berada di rekening lama akan ditransfer ke rekening baru. Anda tinggal ikuti saja aturan bank dan pilih mana yang lebih sesuai dengan keinginan anda. Namun kalau saldo anda lebih dari 10 juta rupiah, di bank manapun biasanya mengharuskan pilihan yang ganti nomor rekening.

Sedangkan waktu yang dibutuhkan untuk mengaktifkan rekening dan kartu ATM-nya juga beragam. Ada yang butuh 1×24 jam, ada pula yang cuma butuh satu jam saja kartu ATM baru bisa digunakan. Semua itu tergantung masing-masing bank, baik BCA, BNI, BNI, MANDIRI, dll prosedurnya beda-beda.

Berapa biaya mengurus kartu ATM dan buku tabungan hilang sekaligus?

Mengurus kartu ATM dan buku tabungan hilang sekaligus tentu membutuhkan biaya yang lebih bila dibandingkan hanya hilang salah satunya saja. Berapa biaya totalnya? Yuk kita hitung bersama. Mulai dari ngurus KTP, bikin KTP baru yang elektronik (e-KTP) sebetulnya gratis. Namun bila anda ingin langsung jadi (“nembak”), biayanya sekitar Rp50.000,00 sampai Rp200.000,00. Jika pilih yang tidak langsung jadi, anda harus minta dibuatkan surat pengantar “keterangan KTP masih dalam proses”. Sebenarnya itu gratis juga, namun banyak yang bilang sebaiknya kasih “uang-ketik” sebesar Rp5.000,00 – Rp10.000,00.

Kemudian saat di kantor polisi, di atas saya sudah katakan dengan jelas. Yaitu sekitar Rp20.000,00.

Lalu di bank kita butuh ganti harga meterai seharga Rp6.000,00. Di sini kita tidak perlu kasih uang tips ke petugas CS. Kita hanya perlu ganti harga kartu ATM dan buku rekening. Biayanya masing-masing bank beda. Untuk ganti ATM baru ada yang gratis ada pula yang bayar. Harganya sekitar Rp0,00 – Rp30.000,00. Sedangkan buku tabungan lebih murah, yaitu sekitar Rp0,00 – Rp15.000,00 saja.

Silakan baca: Cara mengurus buku tabungan yang halamannya sudah habis

Jadi total secara keseluruhan biaya mengurus kartu ATM dan buku tabungan hilang sekaligus sekitar Rp31.000,00 – Rp305.000,00. Itu belum termasuk bensin, makan, jajan, dan tentu pula kerugian waktu tidak kerja. Karena bagaimanapun mengurus begituan harus dilakukan pada saat hari kerja, tidak bisa pada hari libur atau di luar jam kerja.

Demikianlah artikel kali ini yang membahas tentang cara mengurus kartu ATM dan buku tabungan hilang sekaligus serta perkiraan biaya yang dibutuhkan. Semoga tulisan ini bisa membantu orang yang sedang mengalami kejadian tersebut dan bisa pula bermanfaat bagi lainnya untuk diambil pelajaran agar menjaga kartu ATM dan buku tabungan dengan lebih hati-hati.

Gravatar Image
Konten dilindungi DMCA

52 thoughts on “Cara urus kartu ATM dan buku tabungan hilang sekaligus

  1. Admin, bagaimana dengan aturan di Bank Mandiri? Teman saya asalnya dari Jogja, sekarang tinggal dan bekerja di kota Pekanbaru. Dia membuka rekening di Bank Mandiri di Depok, Jakarta krn pernah bkerja di sana.
    Ketika kehilangan buku tabungan dan kartu ATM skaligus, CS Mandiri cabang jalan Sudirman Pekanbaru mengatakan bahwa permohonan pembuatan buku tabungan baru yg disampaikan ke kantor cabang Depok ditolak tanpa disertai alasan.
    CS yg bersangkutan lalu memberikan nomor telpon kantor cabang Depok dan mempersilahkan teman saya untuk menelpon dan menanyakan sendiri alasannya.
    Pertanyaan saya, apakah benar merupakan policy dari Bank Mandiri untuk mwajibkan nasabah untuk mgurus buku tabungan baru di cabang dmn rekening dibuka?
    Bagaimana andai buka rekening di kantor cabang Irian Jaya, apakah suatu keharusan bagi yg brsangkutan PERG ke Irian Jaya, smentara misalnya, dia wkt skrg ini tinggal di Aceh dan bahkan laporan kehilangan pun dibuat oleh polsek pekanbaru. Mohon penjelasannya.

  2. Admin.bagaimana cara mengurus kartu atm bri sekaligus buku tabungannya,akan tetapi diwakili oleh salah satu dari keluarga tidak dari orang yang punya atm bri dan buku tabungan itu sendiri?

  3. Admin, bagaimana kalau lupa nomor kartu ATM? Tp no rekening, pin Kartu ATM, transaksi terakhir, tgl pembuatan rekening, pokoknya semuanya ingat, kecuali nomor kartu ATM.. Itu bagaimana? Tksh

  4. Admin mau tanya jika sudah buka rekening di kampung dan mau bikin atm di bekasi apakah bisa.?
    Thanks

  5. Admin bagaimana jika mengurus ATM BRI yg hilang sekaligus buku tabungan ikut hilang
    Dan yg saya ingat cuma nomor rekening sama nomor pin
    Tapi nomor yg didepan kartu atm tidak ingat?

    1. prosedurnya sama seperti di atas. Saat bikin surat kehilangan, bilang bahwa nomor kartu ATM juga lupa. Nanti di bank bisa diurus

  6. Admin, bagaimana klo ATM Pin salah melampaui batas mau di urus tapi buku tabungan ngga di bawa (buku tabungan di bogor saya di kampung)

  7. Min mau nanya , saya punya atm dari bibi saya , BRI , tapi ke blokir , nah kalo mau ngurus kan harus ada buku tabungannya , tapi saya gak tau buku tabungannya dimana .. itu gimana ya solusinya ?
    Mohon di jawab terimakasih

    1. susah gan. dan memang harus bibi agan yang boleh mengurusnya ke bank (tidak bisa diwakilkan/diganti)

    1. admin..klo mau buka rek lagi bs gk ..degn no rek yang berbeda di bank bca mksudya

  8. admin..klo mau buka rek lagi bs gk ..degn no rek yang berbeda di bank bca

  9. mind kalo ndak hafal sama identitasnya gman
    .soal.e kmaren pass buat kumpuling kk sama ktp n cuma ngisi nama doang
    .trus juga gagg tau tempat pembuatan.e soal.e dibuatkan pabrik

  10. Maaf mau tanya org tua sya punya rekening lama tahun 2000 an dan saldo terakhir di buku tabungan masih utuh. Seingat org tua sya tabungan itu tidak pernah beliau ambil
    Ketika beliau minta cek kan aktif atau tidak jawaban teller kalo rek org tua sya tidak dikenal atau valid. Sedangkn jumlah saldo yg tertera dibuku tabungan utuh sama sekali
    Itu kenapa yaa mohon bantuan nya

    1. karena yang tertulis di buku tabungan tidak “update”. Bisa saja ada orang lain (ayah atau anggota keluarga yang lain) tarik tunai melalui ATM dan saldo habis sehingga nomor rekening dihanguskan

  11. bisakah saya daftar sms banking melalui CS, smentara KTP saya telah habis masa aktif dan ATM saya tertelan mesin. bagaimana cara pengurusannya

    1. KTP harus diurus dulu. Bikin yang elektronik.
      kalau tidak langsung jadi, minta Surat Keterangan KTP Dalam Proses.

      Daftar SMS banking bisa melalui CS.
      ATM tertelan bisa diurus dengan membawa KTP elektronik dan buku tabungan

  12. Bagaimana cara buka atm yg terblokir saya di pontianak sedangkan buku tabungan di makassar kata cs harus ada buku tabungan buat buka blokir atm

  13. Min,klo saya udh ngurus atmnya dan buku tabungannya
    Tapi pas saya mau tarik tunai
    Ko ngga bisa ya
    Tapi saat ngcek saldo bisa m8n

  14. Atm hilang. Tdk hapal no atm.
    Ektp msh proses pembuatan.
    Buku tabungan ada tp kondisi sdh jelek termakan rayap.
    Bagaimana ya min?
    Dan urusnya hrs di cabang kita buka atm awal???

  15. Admin kira2 berapa hari jadinya mengurus atm yg hilang dan buku tabungannya

  16. Kartu atm saya diblokir kartu atm ada hanya buku tabungannya yang tidak ada. Apa bisa diaktifkan tanpa buku tabungan ?

    1. bisa. namun beberapa bank mengharuskan menyertakan surat ketengan kehilangan dari polisi. Coba saja, semoga untuk sekarang tidak perlu lagi

  17. min ada uang masuk di atm saya tapi gak tau dari siapa? saya tanya ke keluarga saya mereka bilang “gak kirim uang ke kamu” ke teman saya juga jawab gitu kira kira saya harus ngapain yah?

  18. Bagaimana cara urus atm yang terblokir tapi atas nama keluarga di Manokwari dan buku tabungan juga di sana , saya pusing bagaimana cara mengurusnya karna saya cuma punya kartu atm nya dan ada bukti transfer terakhir dan masih ingat pin-nya .

    1. Bagaimana ya cara mengurus Atm yang terblokir ? Saya pusing karna saya cuma punya Atm sma bukti transfer terakhir nya

  19. Min kalau buku dan kartu atm nya hilang, dan lupa no. Rekening dan nomor kartu atm bagaimana?

  20. min klo kartu atm dan buku tabungan hilang gimana ngurusnya? tapi data yang ada hanya ktp dan npwp sedangkan yang lain lupa di karenakan pemiliknya sudah pikun. tolong y min. terima kasih

    1. Kalau sudah punya Surat Kehilangan dari Kepolisian, langsung saja datang ke bank sambil bawa KTP dan NPWP tersebut. Saya kira pegawai bank bisa bantu mencarikan nomor rekeningnya ntar

Comments are closed.