Format SMS Banking BNI Cek Saldo, Transfer, Isi Pulsa, Bayar PLN Dll
SMS banking via athensfederal.com

Format SMS Banking BNI Cek Saldo, Transfer, Isi Pulsa, Bayar PLN Dll

Posted on

Format SMS Banking BNI Cek Saldo, Transfer, Isi Pulsa, Bayar PLN Dll – Hai selamat datang para nasabah BNI. Artikel ini adalah lanjutan kemarin yang membahas tentang cara mendaftar atau mengaktifkan nomor hp kita biar bisa untuk transaksi sms banking. Pada tulisan tersebut saya sudah panjang lebar menjelaskan caranya yang via mesin ATM. Namun kalau dilihat hasilnya, saya menyarankan lebih baik mendaftarkannya dengan datang langsung ke kantor cabang bank BNI terdekat saja karena setelah nomor hp kita diaktifkan di sana, maka semua layanan yang ada di sms banking bisa kita nikmati tanpa kecuali. Berbeda kalau kita mengaktifkannya via mesin ATM saja, hasilnya hanya bisa untuk transaksi non-finansial seperti cek saldo, lihat mutasi, dan bantuan doang.

Keuntungan dan Kekurangan SMS Banking

Sebelum berlanjut ke format sms perintah yang harus diketik dalam transaksi sms-banking, saya ingin sedikit menjelaskan dulu tentang keuntungan dan kekurangan sms banking ini.

Penggunaan sms banking bisa menjadi keuntungan karena dengan menggunakan layanan ini kita bisa cek saldo, transfer dana, bayar tagihan, isi ulang pulsa dan lainnya tanpa harus datang ke kantor cabang yang hanya buka jam 08.00 -15.00 dan atau tanpa harus mencari mesin ATM yang kadang antre. Kita hanya cukup menggunakan hp yang ada di genggaman kita. Hampir semua layanan yang tersedia di mesin ATM bisa kita lakukan dengan sms-banking kecuali ambil uang tunai. Yaiyalah, ambil tunai via sms banking ntar keluar duitnya dari mana??

Namun selain keuntungan di atas, ada pula kekurangannya. Yaitu:

  • Tidak bisa ambil tunai.
  • Kena biaya sms yang tarifnya di atas sms biasa (500-1.000 tergantung operator atau bank?).
  • Kalau anda ceroboh dan kurang hati-hati menggunakan handphone, bisa saja handphone anda di buka orang lain, sementara sms sebelumnya tidak anda hapus jadi mungkin saja dia melihat PIN sms-banking anda. Dan setelah tau PIN nya, dia mentransfer uang anda ke rekening dia tanpa sepengetahuan dan izin menggunakan handphone anda yang sedang dia pegang. Wah bahaya tuh !!!

Jadi saran saya bila nomor hp anda sudah terdaftar sms banking, sebaiknya jangan pernah membiarkan hp anda dipegang oleh orang lain. Atau cara amannya yaitu anda harus hapus sms setiap selesai transaksi sms banking. Sehingga tidak ada yang tau bahwa nomor hp tersebut digunakan untuk sms banking.

Kode Format Perintah SMS banking BNI

Cek Saldo :
 Format sms-nya yaitu ketik:
 SAL kemudian kirim ke 3346. Selanjutnya ikuti perintah yang ada di sms balasan.
Melihat transaksi terakhir :
 Format sms-nya yaitu ketik,
 HST kirim ke 3346
Isi Ulang Pulsa :
 Format sms-nya yaitu ketik,
 TOP<spasi>NO.HP<spasi>NOMINAL kirim ke 3346
 Contoh: TOP 081234567899 25000 ( nominal pulsa minimal 25.000 lalu kelipatannya ditulis tanpa titik )
Isi Ulang PLN Prabayar :
 Format sms-nya yaitu ketik,
 TOP<spasi>PLN<spasi>ID PELANGGAN/NO.METER<spasi>NOMINAL
 Contoh: TOP PLN 123456789 50000
Transfer Uang Sesama BNI :
 Format sms-nya yaitu ketik,
 TRF<spasi>NO.REKENING<spasi>NOMINAL kirim ke 3346
 Contoh: TRF 0123456789 100000 ( nominal uang juga ditulis tanpa titik )
Transfer Uang ke Selain bank BNI :
 Format sms-nya ketik,
 TRF<spasi>ANTARBANK<spasi>KODEBANK+NO.REKENING<spasi>NOMINAL kirim ke 3346
 Contoh: TRF ANTARBANK 002012345678912345 100000

( 002 merupakan kode BRI, 012345678912345 merupakan nomor rekening. 100000 merupakan nominal uang Rp.100.000,00). Untuk mengetahui kode bank, silakan baca: Daftar Kode Bank BNI,BCA,MANDIRI,BRI Seluruh Indonesia

Untuk transfer disertai berita, tambahkan saja isi berita diapit tanda #. Contoh:
 TRF<spasi>NO.REKENING<spasi>NOMINAL<spasi>#Berita# kirim ke 3346
 TRF<spasi>ANTARBANK<spasi>KODEBANK+NO.REKENING<spasi>NOMINAL<spasi>## kirim ke 3346
Untuk transfer disertai notifikasi, tambahkan nomor telepon penerima sebelum tanda #. Contoh:
 TRF<spasi>NO.REKENING<spasi>NOMINAL<spasi>NO.HP PENERIMA<spasi>#Berita# kirim ke 3346
 TRF<spasi>ANTARBANK<spasi>KODEBANK+NO.REKENING<spasi>NOMINAL<spasi>NO.TELP PENERIMA<spasi>## kirim ke 3346
Bayar PLN Pascabayar :
 Format sms-nya yaitu ketik: PAY<spasi>PLN<spasi>NO.PELANGGAN
 Contoh: PAY PLN 123456789
Untuk Bantuan :
 Format sms-nya yaitu ketik: HELP kirim ke 3346

Tambahan:
Biaya per sms pada sms banking bank BNI tergolong mahal, di atas biaya sms biasa. Yaitu 500-1.000 tergantung operator selular yang anda pakai. Jika anda aktif online, saya sarankan menggunakan internet banking saja. Klik di sini untuk melihat Cara Daftar I-Banking Bank BNI.
Untuk keamanan, selesai transaksi sms-banking sebaiknya anda menghapus semua sms tersebut, baik sms balasan maupun sms yang terkirim. Dengan begitu meskipun handphone anda dibuka orang lain tidak akan ada yang tau nomor hp tersebut terkoneksi sms-banking. Sekian tulisan kali ini. Semoga bermanfaat.

Gravatar Image
Konten dilindungi DMCA

113 thoughts on “Format SMS Banking BNI Cek Saldo, Transfer, Isi Pulsa, Bayar PLN Dll

  1. gimana caranya memindahkan dana yang trsimpan pada rekening yg sudah di blok atau sdah d blokir krna data2 rekening sya hlng/lupa.mohon bantuannya bos

    1. kalau sudah diblok itu susah mbak. harus hubungi CS banknya. Kalau boleh tau, kenapa diblokir mbak?

    2. Mba..klw mau transfer …Harus pake HP. Cangi yha slx aku pale HP senter2 ini ko g bisa yha.trz no yg sdh aku daftar yg ini aku pake..mohon infox

    3. nomor HP sudah diregistrasikan ke kantor cabang atau lewat ATM saja?
      Kalau cuma lewat ATM tidak bisa transaksi finansial. Bisanya cek saldo, cek mutasi. Untuk transfer tidak bisa, harus diregistrasikan dulu ke cabang bank.

      Jika sudah diregistrasikan ke bank tapi tetap tidak bisa, ada notifikasi pesan terkirim tidak? kalau ada, pasti dapat balasan SMS. Nah isi balasan SMS apa? kalau ada masalah, biasanya permaalahannya apa dijelaskan di isi SMS tersebut.

      Namun bila tidak ada notifikasi pesan terkirim, berarti permasalahan bukan dari pihak bank. kemungkinan dari HP-nya

  2. 08/10/2015 03:08 Trf Rp 50000 ke 0333651477 an.Bpk SANDI SAN.Utk diproses,reply sms ini,ketik digit ke-6&4 PIN Anda di maksud dgn digit itu digit yg mna ya mhon infonya

    1. nomor PIN agan. misal nomor PIN agan adalah 123456. nah disitu suruh balas sms dengan ketik digit ke-6 dan ke-4. maka balaslah dengan ketik angka ke 4 dan 6 pada PIN agan. seandainya PIN agan seperti contoh di atas maka balas sms tersebut: 46

    2. Maksudnya itu digit pin kartu atm , apa digit pin saat bikin aktivasi sms banking, saya masukin pin waktu bikin sms banking di atm, sms balesannya salah, masukin pin atm juga sama tetep salah…..

      Kenapa ya ?

    3. PIN SMS banking (meskipun angkanya bisa disamakan dengan PIN Kartu ATM, tetapi yang diminta tetap PIN SMS baking).

      Biar lebih gampang, coba tulis dulu PIN SMS banking di kertas, baru deh buat balas sms-nya. Saya juga sering salah kalau hanya ingat-ingat doang

  3. Mba sms banking itu ap harus dftar d bank ny dulu atau bsa langsung sms mba

    1. daftarkan dulu nomor hp nya yang mau buat sms banking, bisa melalui ATM atau datang ke kantor cabang terdekat. tapi saya sarankan ke kantor cabang saja, karena kalau pakai ATM hanya bisa untuk transaksi non-finansial saja: cek saldo dan lihat mutasi doang. sedangkan untuk transfer gak bisa. jadi daftarinnya ke kantor cabang saja biar bisa semuanya

  4. Kenapa saya tidak bisa transfer lewat sms banking..saya sudah ketik TRF NO.REKE NOMINAL.. trus balasannya untuk diprose. Reply sma ini ketik digit ke-4&5 PIN Anda

    1. ememang begitu gan prosesnya. untuk melanjutkan prosesnya biar sukses transfer, agan harus membalas sms tersebut sesuai perintah di situ. karena reply yg agan dapatkan berisi “Reply sma ini ketik digit ke-4&5 PIN Anda” itu artinya agan harus balas sms tersebut dengan digit ke-4&5 pada PIN agan. misal PIN agan adalah 123456, maka agan balasnya adalah 45 kemudian kirim

  5. Assalamualaikum
    Saya mau tanya mb,
    Saya ada simpan uang di bank BNI terus saya mau beli pulsa lewat Bank BNI cara nya itu gimana mb,,, sekian terima kasih

  6. Untuk mengetahui siapa yg sdh mentransfer uang k rekning kita gmn caranya min?

    1. sy sdh cek riwayat trfan sy yg terakhir..tp yg keluar cuman tanggal pengiriman aja..gmn liat history pengiriman trf an kita terakhir lengkap dgn no.rek dan nama org yg kita kirim gan??

    1. Tinggal ikuti saja format diatas dan setelah dpt balasan, ikuti perintahnya dengan benar

    1. kalau sudah terbiasa gak ribet kok gan. dibikin seperti itu sengaja biar aman

  7. Kalai sms bankingnya terbokir itu gimana yaa? Untuk mengaktifkan kembali?

  8. ini nih yg pada nanya kok gk ada pertanyaan yg agak bermutu,,
    semua sdh dijelaskan di atas, dipahami, lalu di coba-coba.. kan gk ribet.
    bukannya usaha kok malah mempersulit diri sendiri.
    maaf agak gk enak, biar bisa sedikit maju lah.

  9. Min mau tanya!
    Tarif smsnya berapa ya per-sms (kan 2x tuh, 1. request & 2. sms pin) tiap operator? Atau buat Indosat ooredoo deh.. sya pake mentari.

    1. tarif sms sedikit lebih mahal dari sms biasa, sekitar 500-1,000 tergantung operator. iya, biaya sms BNI dihitung 2x

  10. Perasaan format yg saya ketik udah benar tp knp tetep gk bisa.buat cek saldo yah emang selaen nomer 3346 ada nomer laen kah tuk kirim format sal laennya???

    1. gak bisanya ada peringatan format salah atau gak ada balasan sms? kalau gak ada balasan sms kemungkinan sinyalnya yang lagi gak stabil.

    2. Kalo peringatan format salah gimana ? Padahal formatnya udah bener, dikirim berkali2 juga tetep sama? Apakah jam berpengaruh?

    3. jam harusnya tidak berpengaruh. salah mungkin memang menulis formatnya kurang teliti. namun kalau sudah diteliti dan memang benar, silakan tanyakan ke CS bank langsung

  11. Cara menonaktifkan sms banking BNI gimana? Soalnya tarif smsnya mahal dan sekarang sya sudah pake internet banking BNI…mohon infonya admin…

    1. gak usah dinonaktifkan gan, tinggal diamkan saja tidak usah dipakai. namun kalau memang agan ingin benar-benar dinonaktifka, bisa datang ke kantor cabang terdekat

  12. CS,,,,saya mau ngecek saldo tiba-tiba saya lupa nomor pin saya,trus saya cari buku catatannya juga hilang. Trus unt dapatin nomor pin saya lagi gimana caranya.? Trimakasih. ?

  13. Gan saya bayar tagihan PLN lewat sms banking, lalu balasan dari BNI nya GENERAL FAULT, apa maksudnya yah gan?

  14. kalau jawabannya sayangnya sms banking anda telah berhenti. padahal pulsa masih ada. itu knp ya semua transaksi gak bisa.

    1. kalau dari rekeningnya gak masalah (PIN tidak terblokir, dan masalah lain), kemungkinannya adalah sinyal yang jelek

    2. Gan, saya dapet balesan dari sms bangkin nya. .

      Reply dengan (nominal pin 4&6)

      Saya ga ngerti .. mohon penceraha.a .. thanks !

    3. balas sms tersebut dengan angka ke 4 dan 6 pin agan.

      misal pin agan adalah 135790, maka agan harus membalas smsnya dengan ketik angka “70” (tanpa tanda petik) lalu kirim

    4. Sy jg dpt balasan yg sm,udh balas dgn benar tp beberpa kali sy coba balasan nya salah terus,gimana ni gan pulsa sy dgn sekejap habis di buat nyaa

  15. Tolong dong liat hasil transaksi terakhir kog tidak bisa. Disini dapat balasan mutasi rekening gmana ni.

  16. Min.. tlng bantuannya untuk pengecekan bangking, rekening saya ada 2.. trus untuk ingin tau ataupun transfer pake rekening yg k 2 apakah harus pake kode….tlong dishare kan ( 2 rekening pake 1 no hp)

  17. Pgi boss… nO henpon sya dari awal sudah sya daptar tpi stiap kali mau transfer/prabayar Via SMS Banking selalu gagal

  18. Bs gk daftar sms benking lewat hp aja gk perlu ke atm atau ke kantor bni

  19. Bos,sy pakai sms banking,saya mau tanya misal reply pin ke 2&4, itu pakai PIN yg kita ketik waktu di bank buka rekening baru atau PIN yg di kertas disobek CS yg atasnya ada karbon hitam itu?Mohon dijawab ya.Terima kasih..

  20. saya baru aktivasi sms banking nih gan karna atm ilang.. dikasih daftar syntax bni sms banking ma cs nya.. masa format transfer ke seama bni TRG(nO.Rek tujuan) (nominal transfer) kalo beda bank formatnya TAGANTARBANK(kode bank+rek.tujuan)(nominal tranfer)
    saya coba ampe pulsa saya abis balasan nya mlah maaf perintah yg anda ketikkan salah. pas saya browsing ternyata cara nya beda… jadi versi penjelaan agan benar gak thu? bisa gak thu kantor cabang nya dituntut kan udah kasih info yg salah thu gan..

  21. sms banking bni sering salah… padahal sudah bolak balik nulis sms yg sama

    1. salah satu fitur yang berguna untuk mengirim uang dengan SMS banking BNI ke orang yang tidak atau belum punya rekening bank.

      Nanti penerima akan memperoleh PIN dari pengirim dan PIN ini digunakan untuk mengambil uangnya di cabang BNI terdekat atau pihak ketiga yang bekerja sama dengan BNi (kantor pos, alfamart, dll).

  22. Begini saya baru pertama kali mau transfer menggunakan sms banking ke sesama bank bni. Saya kepingin ada bukti pengiriman. Gimana caranya ya? Tolong infonya?

  23. Bos ane transfer antar bank ke BRI dan mengikuti transfer format diatas, tapi ada balesan ” maaf format yang anda ketikkan salah ” padahal sudah berulang kali saya sms 3kali dan sudah saya pastikan format nya. tetep salah…

  24. Gan kok ane cek saldo, balasanya “Mohon maaf untuk sementara SMS yang Anda kirim belum bisa di proses. Silahkan menunggu beberapa saat lagi”
    brp lama ya gan?
    Dan juga setelah transfer pas di cek di atm saldo ane gak berkurang, bukti transaksinya jg gak keluar, maaf ane newbie :3

  25. Format sms banking bni utk tagihan indovisin/top tv dan tagihan FiF ? Gmna ya

  26. Mohon pencerahan :
    saya isi token pulsa listrik 100rb dgn sarana sms BNI banking dan sdh berhasil tp begitu sms repply dari 3346 utk informasi nomer token listrik pulsa hp xl saya habis dan isi sms dari 3346 seperti ini :
    “Pulsa Anda tdk mencukupi u/ menerima layanan dr shortcode 3346 sebesar Rp.0/sms. Silahkan Isi ulang.”

    Stelah itu langsung saya isi pulsa hp xl tsb, tp kok sampai saat ini sms dari 3346 yg berisi token listrik gk masuk ya, utk mengetahui nomer token tsb gmn ya caranya ?

    Thx

    1. saran saya, coba cek saldo dulu apakah sudah terpotong atau belum. kalau belum, silakan coba ulangi lagi dari awal. tapi kalau saldo sudah terpotong, lebih baik hubungi pihak bank langsung dan katakan apa masalahnya

  27. min mau tya sya sudah registrasi sms bangking tpi setiap ada transaksi masuk ko tdk prnah dpt pemberitahuan sms…

    1. kalau memang benar2 sudah di daftarkan, ada beberapa kemungkinan gan.
      1. waktu daftarinnya agan pilih batasan besar. jadi transaksi masuk dengan nominal kecil tidak akan dapat sms
      2. bisa juga karena nomor hp kebetuan sedang tidak ada pulsa,
      3. lainnya

  28. Mohon Informasi admin. hari ini saya tranfer antar bank antara Bank BNI ke Bang BRI. setelah saya mengirim 2 digit pin untuk tranfer saya mendapat SMS notification dengan tulisan BNI SMS BANGKING:28/07/2016 10.45 Maaf, Transfer Antarbank Anda sedang Proses, BNI belum mendapat respon transaksi.

    yang saya tanyakan apa uang saya udah terkirim atau bagai mana??

    jika saya mengirim uang lagi dengan SMS Banking antarBank akan terkirim 2 kali?. Makasih

    1. kalau transaksi sukses biasanya ada pemberitahuannya. untuk memastikan, silakan cek saldo atau history untuk melihat transaksi terakhir

  29. mhn dibantu saya baru belajar trnsfer via BNI OL, sy gk ngerti permntaan ketik digit ke-2 & 1 pin anda. bs dicontohkan.. trimssss

    1. misal PIN Anda 123456. Pin yang diminta digit ke-2 & 1. Maka agan balas sms lagi sms tersebut dengan isi: 21

  30. Min saya mau bertanyak:
    Tinjauan Resiko penggunaan SMS Banking dalam memperlancar transaksi keuangan nasabah apa yah?
    Trimakasih ?
    #BNISmart

    1. mau tanya nii..
      apa masih bisa digunakan bni sms banking ,bila atm kita terblokir??

    1. mhn di bantu ,,kalau mau liat transferan org ke rekening kita kalau tidak bisa lewat bank gimana.???

  31. mau tnya td mlm sy beli online byar pkek mbanking nah sy tunggu2 gk ada sma klo sdh terkirim tp sy cek saldo uang sy berkurang & sya butuh bukti mbangking it klo sya bener2 sdh transfer gmn ya caranya?

  32. ada gk cara lain tuk daftar SMS banking atau internet banking tanpa hrus k bank atau k ATM?

  33. Gan, saya transfer via SMS Banking BNI.
    Gimana caranya agar saya dapat bukti transfer nya gan ?
    Transfer statusnya berhasil. Tapi si penerima minta bukti transfer.
    Mohon infonya.
    Terima kasih

  34. Cek saldo saya bisa.. tp knp pas saya mau transfer gak bisa min. Aktifkan menu trx finansial di Cabang BNI terdekat.
    Mohon penjelasannya min

    1. nomor hp hanya teregistrasi untuk transaksi non-finansial saja seperti cek saldo, cek mutasi, dan lainnya yang bukan finansial. Biasanya ini terjadi karena nomor hp diregistrasikan melalui ATM saja.

      Untuk bisa transaksi finansial, caranya sudah dikatakan dikomentar Anda, Aktifkan menu trx finansial di Cabang BNI terdekat. Datangi kantor BNI terdekat dan minta diaktifkannya

  35. saya sudah daftarkan nomor hp saya d kantor bank, tapi masih belum bisa bertransaksi, d mana permasalahanya tolong d jelaskan.

    1. Dapat SMS balasan isinya apa? biasanya di situ dijelaskan permasalahannya. Kalau tidak dapat balasan apa-apa, coba cek pulsa

  36. Kok gk bisa trasfer antar bank yg perasaan formatnya sudah betul, tapi selalu di jawab maaf perintah yg anda ketikan salah

    1. saya juga pernah mengalami seperti itu. Tetapi sekarang saya pakainya m-banking (aplikasi) dan internet banking

  37. Mohon petunjuk bgaimana caranya menampilkan kembali bukti transfer antar bank yg secara tidak sengaja terhapus dari HP saat transfer telah berhasil

  38. gak bisa transfer bos,,,,melalui mobile banking,,,,,apa masalahnya ya bos?

  39. saya sudah mendaftar sms banking ke bank, tapi kok tidak dikasih id . saya harus bagaimana?

    1. sms banking memang tidak pakai ID. pakainya PIN dan sms nya harus menggunakan dengan nomor yang terdaftar

Comments are closed.