Cara dan syarat daftar rekening bank BNI terbaru
Cara dan syarat daftar rekening bank BNI terbaru

Cara dan syarat daftar rekening bank BNI terbaru

Posted on

Sesuai janji kemarin pada posting yang berjudul Cara dan Syarat Bikin Rekening di Bank BCA, kali ini admin uangindonesia.com akan gantian bahas Cara dan Syarat Daftar Rekening Bank BNI Terbaru.

Seperti yang diceritakan sebelumnya bahwa admin mau daftar rekening di Bank BCA. Namun persyaratan di sana mengharuskan menggunakan E-KTP alias Kartu Tanda Penduduk Elektrik. Saat itu KTP admin masih KTP biasa, belum elektronik. Alhasil meskipun mengeluarkan kartu identitas lain berupa Kartu Keluarga pun ditolak. Pihak Bank BCA tidak meloloskan permintaan pembuatan reking baru.

Karena admin butuh nomor rekening bank baru untuk memindahkan sejumlah saldo yang berada di Bank BRI (Menurutnya layananan di BRI kurang memuaskan) dan sudah kadung kesal dengan mbak CS BCA karena melayaninya bertele-tele tapi ujung-ujungnya ditolak, maka admin memutuskan untuk mencoba daftar rekening di Bank BNI.

Ya sudahlah, akhirnya buka internet di hp untuk mencari lokasi Bank BNI terdekat di kawasan Comal. Mungkin terlihat kebingungan hingga akhirnya ada tukang becak yang sedang parkir memberitahukan lokasinya.

Setelah sampai di depan kantor cabang bank BNI, admin sebenarnya ragu. Mungkin saat ini semua bank mensyaratkan menggunakan KTP elektronik untuk mendaftarnya. Dengan dipenuhi keraguan, akhirnya masuk juga.

Hal pertama yang terlintas oleh admin saat masuk ke dalam kantor cabang BNI adalah suasana cukup hening dan sangat tenang. Sampai depan pintu, langsung saja satpamnya membukakan pintu yang terbuat dari kaca dan tentu saja dengan senyum ramahnya…

TAWAR-MENAWAR SYARAT DAFTAR REKENING BANK BNI TERBARU

Admin: Mau buka rekening baru, pak.
Satpam: Ya, silakan. Tidak usah ambil nomor antrian. Langsung saja ke tempat situ.
Admin: Tapi syaratnya apa saja?
Satpam: KTP dan uang Rp500.000,00 buat setoran awal.
Admin: KTP biasa bukan elektrik bisa kan pak?
Satpam: Oh tidak bisa, harus KTP elektrik.

Nah loh….

Admin: Tolong dong Pak, butuh rekening baru nih. Lagian apa bedanya sih KTP elektrik dan biasa. Buat rekening bank kan KTP nya cuma buat dilihat doang.
Satpam: Memang rekeningnya buat apaan?
Admin: Buat nabung biasa saja kok Pak.
Satpam: Ya sudah tapi harus disertai KK (Kartu Keluarga) ya.
Admin: Iya.
Satpam: Ya sudah, tunggu sebentar. Saya isikan formulir. Ntar kasihkan ke mbak CS di sana.
Admin: Ok, Pak terimaksih.

Setelah sekian lama ini itu, mengisi formulir yang pertanyaannya agak pribadi, ‘menanyakan berapa gaji per bulan’, akhirnya admin menandatangani buku tabungan BNI baru dan segera menuju teller untuk menyerahkan setoran awal Rp500.00,00.

Akhirnya jadi juga buat rekening baru bank BNI tanpa KTP elektronik. Admin pulang, melewati satpam dan bilang terimakasih. Tapi entah mengapa ada yang aneh dari tatapan satpam, sepertinya agak mencurigai kami karena sampai di luar gedung kantor pun, pandangannya masih mengikuti admin. Semoga hanya tatapan biasa, bukan tatapan ingin minta “amplop” sebagai ucapan terimakasih hehe.

Begitulah cara buat atau daftar rekening baru tahun. Di bank manapun jika tidak ingin persulit harus memakai KTP elektronik dan setoran awal minimal Rp500.000,00. Dua syarat tersebut sebenarnya sudah cukup kok untuk bank di cabang desa-desa. Namun kalau kota besar, biasanya diminta NPWP.

Selanjutnya baca: Kendala yang sering muncul saat bikin rekening bank dan solusinya

Gravatar Image
Konten dilindungi DMCA

129 thoughts on “Cara dan syarat daftar rekening bank BNI terbaru

    1. Apakah pembuatan ktp harus ktp stabat ? Atau bisa ktp diluar stabat tapi masih kabupaten langkat ?

    2. ah, ko saya ribet ya mau buka rekening baru padahal saya sudah datang ke bank BNI sesuai domisili

    1. tiap waktu bisa naik mas. tanya ke CS BNI langsung saja biar tepat jawabannya

  1. Kalo mau buka rekening tp e-ktpnya blm jadi bisa gak? Soalnya saya gak punya ktp yg biasa jg… Pake kk gt bs gak?

  2. setau saya bukan mempersulit, emg ada peraturan dr OJK kalau pembuatan rekening haruslah menggunakan E-KTP pernah saya baca di koran, dan juga masalah pertanyaan ttg gaji itu memang agak pribadi, tp gunanya untuk mengontrol transaksi, just info.

  3. Wedeh harus ektp sekarang rata2 yah, moga aja masih bisa pake ktp biasa soalnya punya saya ga jadi2 udah lama banget bikinnya, besok mau coba bikin ah sekalian bawa KK, kalau ga bisa yah terpaksa ni nunggu ektp jadi

    1. memohon sambil pasang muka memeals, mbak. siapa tau disetujui buka rekening BNI barunya. hehe

  4. Klu mau nabung d bni perlu keterangan domisili g
    soal’a aq skrng lg d luar kota dan blm punya surat pindah dr kota brada

    1. ktp saya ktp batam, tp saya mau buka rekening di medan, karena saya sekarang di medan, apa bisa?

    1. biasanya lebih sedikit. masing-masing bank bisa beda. silakan tanyakan langsung ke bank tempat anda mau bikin rekening tabunganKu nya

    2. bni taplus muda setoran awalnya cuma 100.000, syarat umurnya belum sampe 25 tahun.

  5. Mas mau tanya,kalau buku tabungannya udh expired n mau renew lg gmn? Tp posisi gak ada d Indo tuh… kalau bs renew lg dr singapore boleh gk tu?mksh

    1. aduh, saya belum pernah ke singapura. jadi gak tau di sana ada cabang BCA atau tidak. Kalau ada dn syarat-syaratnya terpenuhi, harusnya bisa

  6. Pingin buka rkening br di BNI, tapi belum punya kartu pelajar, SIM, apalgi KTP. Pake Passport bisa gak ya? Tanda pengenal/identitas cuma itu (masih brlaku)

    1. mas admin mau nanyak buat buku tabungan bank bni berseta ATM nya yg baru boleh hanya menggunakan ktp saja…?

  7. gan d tempat saya membuat rekening bni 300rb apa beda wilayah ya jabodetabek ama luar jabodetabek. Kalau ektp itu semua bank boleh y membuat rekening

  8. tahun kemaren buka rekening bni di kota A pake e-ktp dg alamat kota B malah ditolak gara2 beda kota ,,pas pake sim kota B bisa dipake lol…
    SIM/e-KTP……… yg jelas sim lebih berguna

    1. terimakasih gan atas berbagi pengalamannya. semoga berguna juga buat teman2 yang berniat bikin rekening baru

    1. BNI taplus adalah tipe tabungan asli dari BNI. kelebihannya fasilitas lengkap, namun kekurangannya ada biaya bulanan/administrasi. Sedangkan BNI tabunganku sebenarnya adalah program pemerintah untuk membuat masyarakat agar mau menabung di bank. Tidak hanya BNI, bank lain seperti BCA, BRI, dan lain-lain juga ada tipe tabunganku ini. Kelebihannya tidak ada biaya bulanan/administrasi. namun fasilitas lainnya seperti ATM, sms banking, internet banking, dan sebagainya, terbatas/atau dikenakan biaya bila mau menggunakannya.

      jika agan ada niatan mau ambil tabunganku, saran saya pilih yang benar2 cocok dengan kebutuhan agan. cari info yang sebanyak-banyaknya karena tabunganku dari BCA, BNI dan lainnya bisa beda-beda fitur/fasilitas layanannya

  9. Saya sdh punya ktp tp bukan ektp, bisa gak ya?trs saya blm punya sim, kalau kk dan ktp biasa aja masi bisa?

    1. Agak susah gan. Coba datangi sambil bawa KTP dan KK . Tentu pula agan harus pinter-pinter ngomong nya hehe

    1. buka rekening di luar daerah bisa-bisa saja asal persyaratannya dipenuhi. namun kalau setoran awal 50 ribu, itu gak bisa.

  10. Kebetulan saya berencana minggu2 ini mau buka tabungan BNI. Beneran ya harus pake KTP elektronik? waduh susah dong kalo begitu.

  11. Halah semua persyaratan cuma formalitas. semakin bnyak yg bikin atm semakin banyak untung bank tersebut . Teller nya aja lebay

  12. KTP saya biasa itu juga ilang..saya lgi d luar daerah/propinsi..KK ktinggalan..yg ad sim A dan Sim C..bisa gk y buka tbungan BNI??

  13. sampe skarang aku gak punya tabungan,,
    soalnya klu mao daftar tabungan baru harus di daerah alamat ektp ku katanyaa,,
    ad solusi yang lain gak ni pak boss

  14. apa kita bisa mengambil uang menggunakan buku tabungan di semua kantor cabang bni?? Syaratnya apa saja?

    1. ada yang boleh ada yang tidak. masing2 kantor cabang meskipun sama2 BNI bisa beda persyaratannya

  15. oh ya mas, pengambilan kartu ATM jangkanya berapa hari ya setelah pembukaan rekening baru? tadi saya ga denger jelas mbak CSnya ngomong tanggal berapa buat ambil atmnya

    1. kenapa tidak pilih yang langsung jadi saja, gan?

      kalau tidak langsung jadi biasanya harus tunggu selama seminggu. kelebihannya ntar di kartu ATM tertera nama agan. kekurangannya agan harus bolak balik kesana lagi hehe

    2. oh jadi ini menyangkut pake nama (reguler) atau ga pake nama. Saya milih reguler karna jujur waktu itu saya ga tau maksudnya apa wkwkwk (Saya baru pertama buat). jadi saya harus kembali seminggu lagi dari hari saya buat rekeningnya? makasih mas infonya

  16. Saya tinggal di medan nih.
    Kalau buka rekening di luar kota (saya di tangerang) apa saja ya syaratnya?
    Bisa ga saat dimana kita buka rrkening lgsung punya kartu atm nya?
    Trims

    1. kalau bikinnya di cabang yg tidak sewilayah dengan alamat KTP, bisa dicoba dengan surat keterangan domisili. Kartu ATM bisa langsung jadi

  17. saya kekantor BNI harus pake npwp dulu, sedangkan saya belum bikin alhasil gagal bikin rekening
    -_-

  18. Ngisi formulir nya aku kurang jelas nihhh , mana yang harus diisi orang tua mana yg harus diisi buat aku .

    1. tidak ada. pertanyaannya cuma identitas saja kok. seperti nama, alamat, nama ibu kandung, penghasilan perbulan, nomor KTP (isi formulir), dan tujuan bikin rekening buat apa. gitu-gitu saja

    2. pak saya mau bikin rekining rekening bni kalau pakai kartu keluarga bisa ea

  19. min.bisa gak kita pakai buku rekening tabungan pintar itu untuk pribadi.??

  20. pak saya mau bikin rekening BNI,bagaiman sama kartu keluarga bisa ea pak

  21. Assalamualaikum.

    Untuk buka tabungan BNI pake KTP biasa apa bisa .
    Trus yg bisa buka tabungan yg pake Mbengking BNI apa .
    Dan minimal buka tabungan awal pertama brp.

    Trimakasih mohon d perjelas krna saya baru mau buka buku tabungan BNI.

    1. setoran awal pembukaan rek tabungan BNI tergantung jenis tabungan apa yg mau di buka. BNI Taplus setoran awalnya 500.000 di seluruh Indonesia, BNI Taplus Muda setoran awalnya 100.000, TabunganKu setoran awalnya 20.000. untuk lebih jelasnya kunjungi http://www.bni.co.id

  22. Maaf??? Kalo saya semua persaratan yh sudah komplit,tinggal datang doang,tapi saya blom ada waktu untuk kesana????

    1. harus datang sendiri Pak Jaylani. Gak bisa diwakilkan. Kalau tinggal di kota besarm bisa cari alamat BNI yang buka di hari weekend

  23. tolong bantuanya, saya sudah punya rekening BNI tapi saya mau buat lagi dengan KTP dan KK yg sma bisa gak?

  24. perlu domisili ya kalo bikin di luar kota? cara minta keterangan domisili gimana?

    1. datang ke rumah pak RT dan terus RW, bilang saja minta surat keterangan domisili buat buka rekening bank

  25. Umur saya sekarang 20th, barusan saya baru buat taplus muda nah pertanyaan saya kalau umur saya udah lebih 25 masih bisa saya gunakan?

  26. saya mau buka rekening BNI di kota B, tapi KTP saya Kota T. apa bisa? terus berapa minimal nominal untuk buka rekening tersebut?

  27. min bedanya bni taplus muda sama yg biasa apa ya ? terus awal buka rekening baru bni taplus muda dikenakan biaya berapa ?

    1. Cari di google dengan kata kunci “alamat bank BNI di kota …” titik-titik isi dengan nama kota Agan

  28. saya mau tanya?? saya mau buat buku rekening baru BNI tapi ktp saya blm elektrik. dan ktp saya itu berdomisili di jakarta, sedang kan saya mau buat buku rekening baru di medan. bisa gak kira kira tidak di proses???

  29. gan, saya mau buka rekening baru, n sudah datang pula ke bank BNI sesuai domisili tp ko gak bisa ya gan, padahal sudah sesuai prosedur, saya bawa foto copy KTP, foto copy KK dan MPWP, tp di suruh minta surat keterangan saya bekerja, apa saya harus nganggur dulu baru bisa buka rekening dulu kalo sesulit ini persyaratan nya?

    1. Foto kopiannya? Harus yang asli

      Syaratnya cuma 3 kok: KTP elektronik, uang buat setoran awal, dan NPWP

  30. bni bertele2 buka rekening di luardaerah pakai ektp,,,,,ditolak mentah2… terus minta data sim,,,,( dalam hati saya bertanya tanya bukankah data rekaman ektp juga tersimpan di kepolisian,,,ternyata ada kalanya ektp tak berguna), karena sim masih proses pembuatan, saya bilang tidak ada. saya pun minta syarat lain,, pihak bank bni bilang minta ektp disertai surat keterangan tinggal dari rt/rw dan kelurahan…ribet amat ..bukankah E ktp sifatnya nasional…padahal masih 1 provinsi.

  31. Bantu Saya Donq
    Ktpkan Saya Hilanq.
    Saya Mau Bikin Rek BNI Susah Banget Tanpa Ktp. Sim Ajah Blum Bikin

    Kalau Pakai Ktp Sementara Bisa Ga Yah

  32. min mau tanya nih……klw mau aktifin lg buku rekening bni nya bs ga?????tp dgn no. rek yg sma, tlg dong info nya urgent nih……mksih

  33. Pa saya mau tanya ..gimana cara nya.supaya tahu buku rekening nya masih aktif atau engga.terus kalw engga aktif cara mengaktifkan nya lagi gimana maksi…

    1. Bapak bisa menggunakan kartu ATM untuk mengecek.
      Bila kartu ATM tidak ada atau tidak bisa dipakai (expired), bisa tanyakan ke kantor bank cabang.
      Saya tidak tau apakah nomor rekening yang sudah tidak aktif bisa diaktifkan lagi atau tidak. Yang jelas, saya pernah mengalami seperti itu, tetapi CS-nya menyarankan saya untuk langsung bukarekening baru saja

  34. mau tanya aku dah punya rrkening BNI selama ini gx pernah nabung sendiri di tranfer terus lalu mau nabung caranya gmana ya ambil antrian ke teler setelah itu ngisi formulir to gx usah ya

    1. Cara setor tunai atau menabung pada dua cabang BNI yang sering saya datangi tidak perlu mengisi formulir. Cukup ambil nomor anteran bagian teller dan duduk menunggu. Setelah giliran tiba, langsung serahkan uangnya sambil kasih tau nomor rekening yang akan diisi.

    1. Klo cmua fotocopy sim + kk bisa tdk buka tabungan??
      soal.a yg asli.a hilang..

  35. Saya mau nanya
    E-ktp saya jakarta , tapi saya ingin buka rekening baru di Bekasi . Kira-kira bisa ga ya ?
    Mohon info nya

  36. Mau nanya bisa gak ya klo mau buka tabungan bni pke surat pengantar dari capil soalnya ktp blum jdi.
    Surat pengantarnya dri kabupaten barru
    Saya mau bikin tabungan nya di makassar.cuma beda kota doang sih

  37. pak klo pake rekening lama bri 7279-01-000288-53-3 ini ktp 1104090504810001

  38. atau buat rekening baru bni ini nomor induk keluarga 11040904810001

Comments are closed.