Cara dan syarat bikin atau daftar rekening BCA terbaru
Cara dan syarat bikin atau daftar rekening BCA terbaru

Cara dan syarat bikin atau daftar rekening BCA terbaru

Posted on

Sebelumnya uangindonesia.com memang sudah pernah membuat artikel berjudul Cara dan syarat bikin atau daftar rekening bank BCA terbaru. Namun, itu ditulis sudah dua tahun yang lalu. Dalam kurun waktu tersebut aturan bank, khususnya buka rekening tabungan biasanya berubah. Bisa makin rumit/simpel atau makin banyak/sedikit persyaratan.

Maka dari itu bila Anda mau buat rekening tabungan BCA-nya sekarang, tahun 2017 ini, bacanya yang ini saja. Soalnya, info pada sebelumnya ada yang sudah berlaku lagi. Misalnya kartu identitas KTP. Dahulu Kartu Tanda Penduduk biasa (terbuat dari kertas dilaminating) bisa, tetapi sekarang tidak diterima dan harus menggunakan e-KTP alias KTP elektronik.

Lalu, apa sajakah perbedaan lain antara bikin rekening tabungan BCA dulu dibanding sekarang?

Sebelumnya, syarat bikin tabungan di bank BCA cukup dengan KTP dan uang tunai sebesar Rp500.000,00 buat setoran awal. Hanya dua ini waktu itu sudah bisa mengajukan permohonan pembuatan rekening BCA baru lengkap dengan kartu ATM atau yang biasa disebut kartu debit (khusus di Bank Central Asia dinamakan Paspor BCA).

Namun sekarang ada perbedaan bahkan sedikit tambahan. Salah satunya soal KTP. Saat ini BCA tidak menerima KTP biasa. Selain itu, daftar atau registrasi rekeningnya harus di cabang BCA sewilayah dengan tempat KTP diterbitkan. Jika lain daerah harus menyertakan surat keterangan domisli atau surat rekomendasi dari kantor/perusahan tempat Anda bekerja.

Soal setoran awal jumlahnya masih sama, paling sedikit Rp500.000,00. Ini minimal. Artinya tidak boleh kurang tetapi boleh lebih. Umumnya bank menerima uang sebanyak apapun. Bahkan kalau menabungnya paling banyak, Anda bisa menjadi nasabah premium yang akan mendapat layanan istimewa dibanding nasabah lain.

Selanjutnya masalah syarat tambahan. Saat ini kebanyakan bank, tidak kecuali BCA mengharuskan calon nasabah untuk memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Saya kira syaratnya ketiga ini saja. Bila Anda salah satunya kesulitan memenuhi, silakan baca: Kendala yang sering muncul saat buka rekening dan solusinya.

Cara buat atau daftar rekening tabungan bank BCA terbaru

Setelah syarat lengkap, langsung saja menuju kantor cabang BCA terdekat. Kemudian ambil nomor antrean bagian customer service (CS). Bingung? Tenang saja, Anda bisa bertanya kepada satpam. Dia selalu siaga depan pintu masuk. Jika tau Anda calon nasabah baru, kemungkinan besar dia akan menuntun ke tempat yang dimaksud.

Bagian CS biasanya antre lama. Namun jika kebetulan sepi, Anda akan langsung dilayani. Di sinilah Anda diminta menunjukkan KTP dan NPWP. Kemudian CS akan menjelaskan panjang lebar tentang produk-produk tabungan BCA dan jenis-jenis kartu ATM-nya. Untuk orang umum biasanya CS akan menyarankan produk Tahapan BCA. Dan kartu debitnya Anda bisa pilih jenis Silver, Gold, atau Platinum.

Jika Anda butuh jenis tabungan lain, bukan Tahapan BCA, utarakan kepada CS saja pada tahap ini. Sudah pasti dia akan menuruti keinginan Anda sebagai calon nasabah baru. Kemudian soal kartu ATM, silakan pilih sesuai kebutuhan: Silver biaya administrasi bulanan paling rendah tapi limit juga paling sedikit; Gold pertengahan; Sedangkan Platinum paling tinggi.

Setelah Anda sudah yakin pada pilihan di atas, CS kemudian memberikan formulir pendaftaran atau registrasi yang anda harus isi dan tanda tangani. Formulir ini hanya minta beberapa data identitas Anda, seperti: nama, alamat, nama ibu kandung, penghasilan perbulan, dll.. Oh ya soal tanda tangan, Anda diminta sama persis seperti yang ada di KTP. Beda sedikit saja bisa diminta mengulang sampai berkali-kali.

Tahap selanjutnya, yang baru saya temukan kemarin, CS akan memfoto Anda (dulu-dulu tidak ada). Alasannya buat data tambahan. Setelah hal ini beres lalu dia segera mencetak buku tabungan atas nama Anda dan tidak ketinggalan satu kartu ATM. Bagaimana PIN-nya? Dibuatkan olehnya saat itu juga. Kartu ini biasanya aktif dan mulai bisa digunakan setelah 1×24 jam.

Tahap terakhir anda diminta antre ke bagian teller untuk menyerahkan uang setoran awal. Jika tahap ini selesai, artinya Anda sudah berhasil membuat rekening tabungan BCA. Anda sudah boleh pulang sambil membawa buku tabungan dan kartu ATM yang sejak saat itu sudah jadi milik Anda.

Biaya daftar rekening BCA terbaru

Biaya bikim rekening baru BCA gratis. Setoran awal sebesar Rp500.000,00 di atas akan masuk ke saldo dan kapan pun bisa diambil kembali. Namun buku tabungan dan kartu ATM harus bayar. Harganya sekitar Rp5.000,00 – Rp15.000,00 dan Rp15.000,00 – Rp25.0000,00. Biaya ini umumnya dibayar dengan memotong saldo setoran awal.

Tenang saja, potongan buat bayar buku tabungan dan kartu hanya sekali saja pada saat baru dibuat. Berikutnya tidak diminta lagi. Namun, di luar itu ada yang namanya biaya administrasi: Memotong otomatis dari saldo tiap bulan sekali. Akan tetapi jumlahnya hanya sekitar Rp15.000,00 – Rp25.000,00 (tergantung jenis kartu ATM).

Fitur dan fasilitas

Baik nasabah lama atau baru berhak menikmati fitur e-banking. Selain ATM, e-banking juga terdiri dari SMS banking, M-banking, dan internet banking. Fungsi layananan-layanan ini sangat banyak. Di antaranya cek saldo, transfer, mutasi, dan transaksi perbankan lainnya cukup menggunakan gadget dan dilakukan bisa dari mana dan kapan saja.

Fitur ATM sudah otomatis Anda dapatkan. Akan tetapi untuk menikamati layanan lainnya Anda harus meregistrasikannya terlebih dahulu. Memang hal ini bisa dilakukan sendiri melalui ATM. Akan tetapi saran saya, biar tidak bolak balik, mintalah sekalian diaktifkan pada saat pengisian formulir tadi. Menggunakan semua fitur ini tidak dikenakan biaya tambahan. Hanya saja saat aksesnya butuh pulsa buat SMS/kuota data untuk koneksi internet.

Itulah syarat, cara, dan proses pembuatan rekening tabungan BCA terbaru 2017 yang baru saja kemarin saya coba dan ternyata beda dengan saat dua tahun yang lalu. Mungkin sebagian pembaca bertanya, “Mengapa saya harus daftar rekening lagi?” Jawabannya karena yang lama ditutup/hangus/tidak aktif lagi disebabkan kartu ATM terblokir dan sisa saldo kosong dalam jangka waktu beberapa bulan.

Selanjutnya baca: Cara daftar dan format SMS banking BCA

Gravatar Image
Konten dilindungi DMCA

2 thoughts on “Cara dan syarat bikin atau daftar rekening BCA terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *