Cara menulis rupiah Rp yang baik dan benar sesuai EBI

Gambar di atas merupakan contoh penulisan angka mata uang rupiah yang benar sesuai EBI. Bagi yang belum tahu, EBI adalah kependekan dari Ejaan Bahasa Indonesia. Pedoman ini berlaku sejak 2015 menggantikan EyD atau Ejaan yang Disempurnakan.

Misal penulisan uang terbilang seribu rupiah. Urutan benar yaitu: bagian paling depan (kiri) yakni simbol rupiah (Rp), kemudian diikuti nominal 1.000, dan paling belakang dua nol (00) yang sebelumnya disisipi tanda koma terlebih dahulu.

Mungkin Anda bertanya mengapa setelah Rp tidak ada spasi, ribuan pakai titik, dan bagian akhir tidak pakai koma strip (,-) saja. Tenang, semua akan dijelaskan uangindonesia.com sangat lengkap dan detail di bawah.

Penjelasan cara penulisan angka uang rupiah/Rp yang benar

Perlu diketahui bahwa Rp bukan singkatan rupiah, melainkan simbol atau tanda mata uang. Sama seperti $ (dolar), ¥ (yen), € (euro), dan sebagainya. Sehingga penulisannya tidak perlu tanda titik. Silakan baca link untuk melihat simbol uang dari negara lain yang mirip singkatan. Jadi, Rp.1.000,00 jelas salah.

Mengapa antara Rp dan bilangan angka utama tidak dikasih spasi? Saya kurang tahu alasan tepatnya. Dengar-dengar, untuk menghindari penambahan digit. Bayangkan Rp 1.000,00 diedit orang iseng menjadi Rp91.000,00. Selisih jumlah lumayan banyak, bukan?

Penjelasan berikutnya soal nominal. Baik aturan baku EyD ataupun EBI, penulisan jumlah ribuan dan kelipatannya harus dipisah tanda titik. Contoh 1.000, 2.000, 10.000, 3.000.000, 100.000.000, 1.000.000.000, dan seterusnya hingga angka-angka dengan nama jarang diketahui orang. Sedangkan angka satuan, puluhan, dan ratusan tidak.

Bagaimana dengan penulisan tahun 2019? Mengapa tidak pakai titik padahal ribuan juga? Angka 2019 menyatakan urutan, bukan jumlah benda, uang, atau satuan harga. Begitu pula pada tabel. Nomor urutan ke bawah atau samping tidak perlu pemisah ribuan tanda titik.

Terakhir tentang dua nol di belakang angka utama. Guna 00 untuk penegasan bahwa uang tersebut benar-benar bulat seribu rupiah. Tidak kurang atau lebih, baik sepeser maupun sesen. Sekadar informasi tambahan, sen merupakan pecahan yang nilainya di bawah rupiah.

Penulisan nominal pada gambar uang

Berdasarkan penjelasan atas, penulisan jumlah uang dalam bentuk rupiah yang benar yaitu (contoh) Rp1.000,00. Sedangkan angka tahun 2019 tidak butuh titik pemisah ribuan. Hal ini karena 2019 merupakan urutan, bukan jumlah. Lalu bagaimana pada gambar di bawah ini?

Uang Indonesia seratus ribu rupiah
Uang Indonesia seratus ribu rupiah

Semua pecahan uang rupiah tidak menggunakan pemisah titik. Baik seribu, dua ribu, lima ribu, sepuluh ribu, dua puluh ribu, lima puluh ribu, sampai terbesar seratus ribu. Saya tidak tahu mengapa. Mungkin angka-angka tersebut bukan menyatakan jumlah, melainkan urutan denominasi.

Saya coba bandingkan dengan uang negara lain. Dolar Amerika jelas tidak bisa karena nominal terbesar cuma seratus dolar. Sedangkan uang negara lain yang memiliki nominal gede-gede, mayoritas seperti rupiah: tidak disertakan tanda titik pemisah ribuan.

Uang India seribu rupee

Angka tertera pada uang di bawah ini tidak menggunakan titik. Akan tetapi terdapat spasi untuk memisahkan ribuan.

Uang dolar Zimbabwe
Uang dolar Zimbabwe yang sudah tidak digunakan lagi

Dari sekian banyak mencari akhirnya menemukan ini. Uang dari Vietnam. Setelah cek, dari nominal 10.000 sampai 500.000 dong menggunakan pemisah ribuan semua.

Uang lima ratus ribu dong Vietnam
Uang lima ratus ribu dong Vietnam

Penulisan uang rupiah dengan ejaan huruf

Penulisan uang baik angka maupun huruf sama-sama baku. Tentu saja dengan syarat menggunakan aturan yang benar. Misal Rp1.000,00 terbilang seribu rupiah, bukan Rp seribu rupiah. Tanda mata uang rupiah Rp tidak perlu disertakan lagi.

Angka dan terbilang tidak perlu ditulis barengan. Cukup pilih salah satu. Kecuali pada dokumen resmi atau hal lain yang dibutuhkan. Contohnya kuitansi, slip setoran bank, dan sebagainya. Sedangkan nominal jumlah besar bisa dikombinasikan. Misal Rp100.000,00 menjadi Rp100 ribu.

Penulisan mata uang rupiah dalam skala internasional

Aturan di atas berlaku resmi secara nasional. Begitu juga dalam skala internasional, masih bisa dipakai meskipun penulisan mata uang asing memiliki sedikit perbedaan. Dolar misalnya. Perbedaan terletak pada posisi titik dan koma.

Contoh:
Rp1.000,00 (seribu rupiah)
$1,000.00 (seribu dolar)

Sistem pemisah ribuan Indonesia menggunakan titik. Sedangkan koma digunakan untuk pemisah sen/desimal. Jika dibandingkan, seratus persen terbalik dengan Amerika. Mengapa bisa begitu?Indonesia mengikuti sistem Belanda. Negara tersebut dulu menjajah sini. Sehingga sekarang masih ada sisa-sisa pengaruhnya.

Penggunaan tulisan mata uang rupiah dengan IDR dan K

IDR kependekan dari Indonesian Rupiah. IDR adalah kode ISO 4217 dan merupakan standar internasional untuk menyatakan mata uang negara kita. Jika Anda penasaran bagaimana rangkaian ketiga huruf kapital itu terbentuk, silakan baca link di atas.

Lalu, bagaimana cara penulisan baku IDR sesuai EBI? Apakah sama seperti simbol uang Rp? Beberapa negara menulisnya di depan atau belakang. Contoh IDR 1.000 atau 1.000 IDR. Sampai saat ini penggunaan IDR belum ditetapkan secara EyD apalagi EBI. Namun sesuai hukum D-M, penempatan yang benar yaitu 1.000 IDR.

Penulisan uang yang benar sesuai aturan belum tentu baik. Maksudnya, kadang justru membuat keliru. Contohnya posisi titik dan koma tadi. Bukan tidak mungkin orang asing mengira 1.000 IDR ialah satu rupiah. Belum lagi kalau seratus rupiah ditulis ala versi mereka. Rp100.00? Kita yang bingung.

Dengan alasan itu beberapa orang menulis uang rupiah dengan cara tidak benar. Umumnya pada label harga. Rp1.000,00 banyak ditulis Rp1.000,- (menggunakan koma strip). Dan sekarang lumrah juga pemakaian K, M, dan sejenisnya. Sebut saja contoh “IDR 1K“.

58 thoughts on “Cara menulis rupiah Rp yang baik dan benar sesuai EBI”

  1. kalo nulis triliun kan panjang tuh 0 nya..boleh ga disingkat jd triliun saja
    kalo boleh cara menulisnya jd spt apa?

  2. Bagaimana menuliskan Rp100.000.000.000,00 dalam huruf, apakah Rp100miliar (tanpa spasi) atau Rp100 miliar? terima kasih.

    • Berdasarkan fungsi terbilang di excel, saat saya menuliskan angka 38.359.312,42, di sana tertulis tiga puluh delapan juta tiga ratus lima puluh sembilan ribu tiga ratus dua belas rupiah, empat puluh dua sen

    • jangan berpatokan pada excel karena excel tidak sesuai EYD, dibelakang koma angka ditulis satuan per satuan artinya tidak ada puluhan atau ratusan. maka harusnya koma empat dua rupiah (menggunakan sen sifatnya optional karena sen tidak ada dalam rupiah)

  3. Kalo saya pernah liat dimana gitu mas, disitu ditulis seperti ini (Rp. 20.000,-) yang saya tanyakan adalah maksud dari tanda (,-) apa ya mas? Makasih sebelumnya :)

    • mungkin sebagai pengganti 00. Karena tidak begitu berarti maka ditulis cukup tanda strip (-) saja.

    • Maaf, Mas. Kalau boleh usul, redaksi “mungkin sebagai pengganti 00” di atas, dihilangkan kata “mungkin”-nya bila memang kaidah yang digunakan sesuai EYD agar tidak terkesan meragukan, mengingat penggunaan tanda “koma garis datar (,-)” sangat jamak digunakan. Pokok masalah yang sesungguhnya adalah “Apakah penggunaan tanda “koma garis datar (,-)” benar/boleh digunakan atau bahkan salah/tidak boleh digunakan, mengacu pada kaidah EYD. Makasih, Mas.

    • sepertinya itu bukan bentuk baku Indonesia gan. kalau rupiah sehausnya pakainya koma, bukan titik. namun kalau tetap dipaksakan, menurut saya benarnya adalah Rp3.073,60 terbilang: tiga ribu tujuh puluh tiga rupiah, enam puluh sen. CMIIW

    • Untuk aturan dalam matematika, menuliskannya bukan enam puluh sen, tapi enam nol sen, karena angka di belakang koma dibaca tanpa puluh, ratus ribu, dll.

      contohnya :
      1037,56 dibaca seribu tiga puluh tujuh koma lima enam,
      bukan seribu tiga puluh tujuh koma lima puluh enam.

      Karena 1037,6 lebih banyak dari 1037,56.
      Jadi kalau menuliskan koma lima puluh enam nanti akan bias.

  4. mohon pencerahannya, kalau penulisan angka minus yang benar bagaimana ?
    misal minus Rp1.500,00 ditulis :
    minus Rp1.500,00 atau
    -Rp1.500,00 atau
    (Rp1.500,00) atau
    Rp-1.500,00 atau seperti apa yang benar?
    terima kasih untuk jawabannya.

  5. kalau minus ditulis bagaimana?
    -Rp1.500,00 atau
    Rp-1.500,00 atau
    (Rp1.500,00) atau yang benar seperti apa?

    • Rp25.230.688.304,00 = dua puluh lima juta dua ratus tiga puluh juta enam ratus delapan puluh delapan ribu tiga ratus empat rupiah

  6. Kalau penulisan Rp ga boleh pakai titik yo mas ?
    Yg bener mana misal :
    1. Rp1.000
    2. Rp.1.000

  7. Bagaimana menuliskan Rp100.000.000.000,00 dalam huruf, apakah Rp100miliar (tanpa spasi) atau Rp100 miliar? terima kasih.

  8. 1.228.567
    ejaan yang benar
    Apakah Satu Juta Dua RAtus Dua Puluh Delapan Ribu Lima Ratus Enam Puluh Tujuh Rupiah

    Atau

    Apakah Sejuta Dua RAtus Dua Puluh Delapan Ribu Lima Ratus Enam Puluh Tujuh Rupiah

Leave a Comment