Cara Mozilla mendapatkan uang dari google sebagai sumber penghasilan
Browser Mozilla via webforpc.com

Cara Mozilla mendapatkan uang dari google sebagai sumber penghasilan

Posted on

Kemarin saya benar-benar penasaran mengenai bagaimana cara facebook, twitter, dan wikipedia memperoleh penghasilan untuk membayar biaya operasional website dan menjadikan pendirinya (Mark Zuckerberg) mendapat predikat pemuda terkaya di dunia. Setelah semua terjawab, ternyata rasa keingintauan saya merembet ke yang lain, tepatnya ke browser. Bagaimanakah cara mozilla mendapatkan sumber penghasilan?

Dari data yang saya dapat dari berbagai sumber, perambah yang biasa dikenal sebagai Mozilla Firefox ini dibangun oleh dua perusahaan yang sama, yaitu Mozilla Foundation dan Mozilla Corporation. Meskipun keduanya sama tapi ada perbedaannya, salah satunya dalam hal cara memperoleh penghasilannya. Mozilla Foundation menitik beratkan pada donasi (perusahaan non-profit), sedangkan Mozilla Corporation adalah perusahan komersil dan dikenakan pajak. Tapi keduanya terhubung, Mozilla Corporation merupakan subsidi dari Mozilla Foundation.

Dari mana dan bagaimanakah mozilla memperoleh uang untuk tetap ‘hidup’?

Ternyata eh ternyata browser mozilla mendapatkan uang dari google sebagai sumber penghasilan. Anda pasti penasaran bagaimana bisa google mau-maunya membayar mozilla? Dan mozilla juga tidak memberikan konten apapun untuk hasil pencarian mesin google.

Ketahuilah, saat anda menggunakan mozilla untuk berselancar di dunia maya, pada bagian kolom url address atas bila anda input kata kunci, bukan url yang diakhiri extention com, net, org, maupun lainnya, setelah itu klik enter, maka secara otomatis layar browser akan menampilkan hasil pencarian dari mesin google. Ini artinya, secara tidak langsung browser yang anda sedang pakai tersebut seakan-akan memaksa anda untuk menggunakan layanan google, khususya mesin pencari.

Nah dari situlah kerjasama dua perusahaan besar tersebut. Mungkin sebagian pembaca di sini ada yang masih belum percaya juga. Kok mau-maunya google membayar mozilla? Perlu kita ketahui, mozilla termasuk salah satu browser paling terkenal di dunia. Anda boleh bayangkan kira-kira berapa orang yang menggunakannya untuk browsing dan ‘dipaksa’ menggunakan layanan mesin pencari google olehnya. Nah dari banyaknya orang itulah google sendiri memasang iklan yang akan dilihat oleh user. Kalau ada yang klik, maka pengiklan membayar kepada google.

Hah hasil pencarian mesin google ada iklannya? Di mana? Cobalah ketik salah satu kata kunci di mesin pencari tersebut. Kemudian klik “CARI” dan perhatikan baik-baik seluruh halaman tersebut. Saya kasih contoh saja biar gampang, misal saya cari kata kunci “kartu kredit” maka hasil pencarian sebagai berikut.

cara mendapatkanuang dari google

Nah gambar yang saya kasih tanda panah tersebut adalah iklan.  Sebuah iklan kalau ingin tampil di situ harus bayar kepada google dulu. Jadi intinya mozilla adalah ‘pintu masuk’ orang mengakses google. Sebagai balas budi, google membayar sejumlah uang kepadanya. Gitu….

Mengenai jumlah tepatnya saya kurang tau berapa. Yang jelas dari berbagai sumber yang berhasil saya temukan dan dihimpun, kabarnya bayaran dari google atas kerja sama tersebutlah yang disinyalir sebagai sumber pendapatan utama mozilla. Kalau bukan dari situ, dari mana lagi coba? Karena seperti kita ketahui, kita dan siapapun yang menggunakan mozilla gak pernah disuruh bayar baik pada saat unduh, instal, maupun pada saat sedang browsingnya. Selanjutnya silakan baca cara mendapatkan uang dari google hanya dengan sekali klik

Gravatar Image
Konten dilindungi DMCA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *