Arti huruf K di belakang angka harga pada toko online, twitter, instagram, dan facebook

Arti huruf K di belakang angka harga atau jumlah follower – Admin yakin saat ini para netter setidaknya satu kali sudah pernah melakukan jual beli di internet, baik di web yang memang berbasis toko online atau tawar menawar selayaknya pasar di media sosial seperti facebook, twitter, dan instagram. Tidak hanya di situ, bahkan aplikasi chat BBM, line, whatsapp, pun tidak jarang dimanfaatkan penggunanya untuk menawarkan barang ke daftar kontak atau grupnya.

Saat penjual-penjual online shop seperti di atas memaparkan harganya, sering kita temui angka yang menggunakan huruf K. Contohnya, barang ini harganya 100 K, yang itu 200 K, dan seterusnya. Bagi pembaca yang belum tau, pasti akan penasaran apa sih arti huruf K itu? maksudnya berapa? Nah di artikel inilah uangindonesia.com akan coba jelaskan tidak hanya arti tapi juga sekalian sejarah asal muasalnya.

Sebelum bahas arti huruf K pada harga maupun di belakang angka follower twitter dan instagram, ada baiknya kita lihat lebih teliti lagi. Selain ditulis dengan ditambah huruf K, biasanya jumlah harga juga disertai nama mata uangnya. Apalagi jika penjualannya lintas negara. Namun bukannya ditulis dengan simbol mata uang (Rp, $,¥, dll), tapi justru lebih sering ditulis IDR, USD, atau tiga huruf kapital lainnya yang merupakan kode ISO 4217 (Contoh: IDR 200 K).

Penjelasan maksud arti huruf k di belakang angka harga, follower Twitter dan Instagram

Sebenarnya maksud huruf K di belakang harga adalah Kilo yang mana artinya ribu. Kita pasti sudah biasa dengar Kilogram = 1.000 gram, Kilometer = 1.000 meter, Kilobyte = 1.000 byte, dan seterusnya. Begitu pula maksud K di belakang nominal. IDR 100 K = 100.000 Indonesian Rupiah.

Penulisan harga dengan huruf K ini tidak hanya pada harga barang saja. Pada uang game pun berlaku.

Arti huruf K juga tidak selalu merujuk pada harga maupun uang. Pada media sosial Twitter dan Instagram pun menggunakan huruf K untuk menyatakan jumlah follower atau like yang berkisar ribuan. Sedangkan untuk menyatakan juta, biasanya menggunakan huruf M, dan bila milyar pakainya huruf B.

Sejarah asal muasal penggunaan huruf K untuk menyatakan ribuan

Huruf K yang berarti ribu berasal dari bahasa Yunani ( Greek / Greece ). Kata aslinya ditulis “χίλιοι” dan dibaca “cilia” /“Chilo”. Yang mengadaptasi istilah ini pertama kali adalah grup riset Antoine Lavoisier pada tahun 1975. Kemudian diperkenalkan oleh sistem metrik perancis pada tahun 1979. Kemudian sistem penghitungan ini mulai banyak yang mengadopsinya hingga sekarang kita bisa menemukannya pada harga barang dan jumlah follower akun media sosial.

Sebenarnya di Yunani sendiri kata Kilo sudah lama digunakan untuk penanggalan hitungan hari atau hitungan apapun. Dan dewasa ini, huruf K ini banyak dipakai dalam bidang ekonomi seperti misalnya pengodean saham.

Penggunaan huruf K untuk menyatakan ribu tentu banyak keuntungannya. Selain mempersingkat penulisan, juga bisa menghemat tempat.

Demikian artikel kali ini yang membahas tentang arti huruf K di belakang nominal harga barang, jumlah follower twitter, instagram, dan sebagainya. Semoga apa yang ditulis di atas bisa bermanfaat. Terimakasih dan jangan lupa baca artikel menarik lainnya di bawah ini.

3 thoughts on “Arti huruf K di belakang angka harga pada toko online, twitter, instagram, dan facebook”

Leave a Comment