5 cara memperbaiki uang sobek / menyambung uang dengan baik

In tips trik uang

cara memperbaiki uang sobek / menyambung uang dengan baik

5 cara memperbaiki uang sobek / menyambung uang | Jenis uang terbuat dari dua macam, yaitu logam dan kertas. Berdasarkan sifatnya, logam memang lebih kuat dan otomatis jarang yang rusak. Namun kekurangannya adalah berat dan kebanyakan nilai nominalnya kecil. Jadi sudah jarang dipakai karena tidak begitu berharga apalagi untuk sekarang ini yang inflasinya tinggi.

Sedangkan satunya, uang kertas, sebagus apapun kualitas bahannya, kalau dibikin uang dan digunakan sehari-hari, pindah tangan sana-sini, pasti resiko kerusakannya lebih banyak dari pada uang logam. Apalagi tangan-tangan jahil banyak di negeri ini. Tidak hanya mengedit gambarnya saja, kadang mereka memperlakukan rupiah dengan tidak baik. Coba saja kalau seandainya meniru Thailand yang akan menghukum penjara bagi siapa saja yang menginjak mata uang bernama baht itu.


Penyebab uang rusak sobek / robek

Kerusakan pada fisik uang memang bermacam-macam. Ada lecek, terbakar sebagian, kotor, basah karena kena air atau terendam, coret-coretan akibat tangan usil, dan tidak sedikit juga yang sobek atau robek. Uang sobek tidak hanya terjadi pada uang yang sudah lusuh (makanya dengan kondisi seperti itu jadi rentan), tapi bisa juga pada uang yang masih baru. Entah sobek tidak sengaja atapun disengaja. Yup betul, saya sendiri pernah lihat dengan kepala mata sendiri orang menyobek uang dengan sadar karena bertengkar dengan keluarganya. Lah mungkin saja karena sedang emosi? Saya pikir tidak, soalnya sebelum menyobek dia pakai bilang dulu. Semacam ancaman gitu deh….

Sedangkan uang robek yang tidak sengaja pernah dialami oleh ayah saya. Beliau habis dapat bonus bayaran dari orang. Uangnya dalam amplop kecil tapi panjang. Karena penutup amplop susah dibuka, akhirnya ayah berniat mau membukanya dengan menyobek bagian samping. Setelah terbuka dan dilihat isinya, ternyata ada sebagian yang ikut tersobek bersama amplop tadi. Gak banyak sih, cuma sedikit.

5 cara memperbaiki uang sobek – menyambung uang

Meskipun robek, uang masih bisa dipakai untuk transaksi jual beli. Asal kerusakannya tidak parah dan maksimal sobek menjadi 3 bagian, banyak toko atau warung yang masih mau menerimanya.

Untuk memperbaiki uang rusak seperti itu biasanya disambung. Dan berikut ini adalah lima macam cara orang menyambung uang kertas yang sobek.

1. Pakai solasi / isolatip transparan

Cara pertama ini yang paling banyak digunakan dan hasilnya pun paling rapi. Jika anda punya uang sobek jadi dua bagian, cara ini yang paling saya rekomendasikan untuk anda lakukan. Caranya adalah: Sediakan solasi bening dan gunting. Atur posisi uang di atas meja. Ingat, posisinya jangan sampai terbalik. Kalau salah dan ingin dicopot untuk mengulangi dari awal, bekas rekatan isolasi justru merusak uang makin parah.

Setelah posisi sudah betul dan lurus, tarik solasi dan lekatkan tepat ditengah-tengah bagian yang sobek. Jadi satu lembar solasi menempel pada 2 bagian uang yang sobek. Setelah itu angkat uang dan balik. Kemudian ulur solasi lebih panjang untuk menambal sambungan di sisi sebaliknya. Setelah semua sambungan tertutup, potong solasi pakai gunting.

2. Pakai lem kertas

Lem kertas yang biasa di jual di toko-toko pun bisa digunakan untuk menyambung uang yang robek. Tapi hasil akhirnya kurang bagus apalagi kalau menyambungnya tidak pintar-pintar.

Untuk mendapatkan hasil sambungan yang lumayan rapi, dibutuhkan kehati-hatian yang lebih. Yaitu olesi salah satu bagian yang sobek terlebih dahulu dengan lem yang sudah disiapkan. Permukaan yang diolesi jangan lebar-lebar, cukup 2-3 mm saja dari atas sampai bawah. Setelah itu rekatkan bagian satunya lagi. Sama seperti tadi, harus teliti biar yang ditempelkan tidak memakan banyak permukaan. Kalau terlalu banyak, bisa-bisa ukuran panjang uang jadi berkurang dan akhirnya tampak aneh.

3. Pakai staples atau stapler

Cara ini sangat tidak direkomendasikan. Karena selain tidak menyambung uang secara sempurna, staples bisa juga justru merusaknya. Bekas staples ada bolong meskipun kecil dan bisa juga kalau kawat stapler tertarik tidak sengaja justru membuat sobekan lain pada uang tersebut.

Untuk uang sobek yang terpotong menjadi bagian-bagian terpisah, sebaiknya jangan pernah pakai cara ini. Namun bila sobeknya hanya 1-2 cm, boleh lah kalau memang darurat. Dan sebaiknya cukup satu kali jepretan stapler saja.

Oh ya kalau uang kamu ada staples seperti ini, jangan pernah menabung pakai mesin setor tunai ya. Mesinnya bisa error bahkan rusak. Lebih baik ke teller bank saja.

4. Pakai putih telur

Putih telur mentah bisa juga dijadikan alternatif untuk menyambung uang sobek. Putih telur ini mempunyai sifat lengket seperti lem. Jadi bila kamu ingin memperbaiki uang sobek dengan benda ini, caranya hampir sama seperti pada poin 2 di atas.

Sedikit perbedaannya adakah putih telur lebih lama keringnya. Jadi bila selesai menyambung, lebih baik diamkan dulu beberapa saat untuk memastikan kering dan menempel. Bila ingin mempercepat, bisa diletakan ditempat yang hangat seperti atas teve, komputer, laptop, rice cooker, yang masih dalam keadaan menyala.

5. Pakai butiran nasi

Butiran nasi matang juga mempunyai sifat lengket dan bisa digunakan sebagai alternatif lem untuk menyambung uang. Namun ingat, pastikan butiran tersebut lembut dan saat pengolesan harus melebur seperti lem. Biar nanti hasilnya tidak tebal, kelihatan aneh.

Begitulah lima cara yang paling banyak digunakan orang untuk menyambung uang kertas yang sobek. Jika anda mempunyai uang rusak, sebetulnya bisa juga ditukarkan di BI atau bank-bank lainnya yang ditunjuk. Nanti kamu akan dapat uang baru dengan nominal yang sama. Untuk cara, ketentuan, dan syaratnya silakan baca di sini.


Tags: #tentang uang #tips dan trik #uang kertas

author
Author: 
Konten dilindungi DMCA
Cara mendapatkan uang di internet dengan jual blog
Cara mendapatkan uang di internet dengan jual blog
Mendapatkan uang di internet bukan sebuah rahasia
Cara membersihkan kartu ATM kotor
Cara membersihkan kartu ATM kotor
Cara membersihkan kartu ATM yang kotor – Zaman
Cara mendapatkan uang dari Facebook
Cara mendapatkan uang dari Facebook
Cara mendapatkan uang dari Facebook – Dahulu, peribahasanya
Kenali cara membobol ATM teknik skimming agar tak jadi korban
Kenali cara membobol ATM teknik skimming agar tak jadi korban
Cara membobol ATM dengan teknik skimming sebenarnya
Cara mengetahui emas asli atau palsu yang gampang dan benar
Cara mengetahui emas asli atau palsu yang gampang dan benar
Zaman dahulu, cara mengetahui emas asli atau
  1. author

    Obat Herbal penurun kolesterol1 year ago

    terimaksih gan,,nanti saya akan mencoba nya jika ada uang saya yang rusak…

    Reply
  2. author

    Master1 year ago

    nah. . . yg pling sebel tuh klo dapat uang sambungan, tp sisi satu dan yg satunya gak nyambung alias beda uang .. . . .bah. . . ini bener2 keterlaluan bikin gondok

    Reply
  3. author

    Ricky1 year ago

    standar uang rusak yg masih berlaku apa ya? gue suka kasian klo mau ngasih uang jelek, rela ngerugi dikit.

    Reply
  4. author

    esa putra tanjung1 year ago

    kalo saya ada uang robek tuh suka saya perbaiki lalu saya lipatkan biar kaga ketahuan bahwa uang itu sobek :D

    Reply

Leave a reply "5 cara memperbaiki uang sobek / menyambung uang dengan baik"

Must read×

Top