Cara Mendapatkan Uang di Internet Dengan Lomba Blog
Blogging via google.com

Cara Mendapatkan Uang di Internet Dengan Lomba Blog

Posted on

Cara mendapatkan uang dengan online di internet sangat banyak. Mulai dari cara halal sampai yang haram. Bagi para pemula, mencari duit di tempat yang disebut dunia maya ini bisa terasa sangat susah, diusahakan sekian lama pun hasilnya sedikit, kurang memuaskan, tidak sebanding dengan usaha. Namun, kalau sudah ahli nanti bisa menghasilkannya dengan mudah, bahkan seperti uang datang sendiri, mengalir bagai air. Begitu sih katanya hehe. Jadi bagi pemula yang sedang kesulitan, saya sarankan sabar saja. Perbanyak belajar dan tetap dijalan yang lurus ya…..

Oke kali ini akan membahas tentang cara mendapatkan uang dengan metode blog. Seperti pada artikel sebelumnya yang berjudul Cara Mendapatkan Uang Di Internet Dengan Blog Paling Gampang . Di situ dijelaskan bahwa caranya ada 5, yaitu dengan mengikuti lomba kontes blog, pasang iklan PPC, nyari iklan mandiri, jual barang dan jasa dengan promosi di blog tersebut dan yang terakhir menjual blog itu sendiri.

Dari kelima cara tersebut, nomor 2 dan 3 sudah saya bahas panjang lebar di Review Adsensecamp, Kliksaya, Pemasang, dan Propellerads dan Cara Blog Dapat Duit Dari Iklan Mandiri Pengganti PPC. Nah kali ini saya uangindonesia.com mau bahas yang pertama yaitu Cara Menghasilkan Uang Dengan Mengikutkan Blog ke Kontes Perlombaan Blog

Cara Menghasilkan Duit di Internet Dengan Cara Mengikuti Kontes Perlombaan Blog

Di internet sangat banyak kontes-kontes beginian. Kalau tidak percaya, tanya saja pada para blogger. Saya yakin mereka tidak asing akan hal ini.

Kontes perlombaan blog sendiri biasanya diadakan oleh situs-situs besar atau badan usaha komersil yang sedang mengadakan promosi. Tujuannya biar situs mereka makin terkenal dan otomatis penjualan tambah laku. Karena seperti yang kita ketahui, jika banyak blogger yang meriview dan memberikan backlink, maka situs tersebut bisa masuk halaman pertama pada pencarian google dan alhasil masyarakat pengguna internet makin gampang menemukan situs tersebut.

Dan ngomong-ngomong tentang hadiah kontes perlombaan blog, sepertinya kita tidak bisa menyepelekannya. Bila yang mengadakan lomba blog tersebut adalah perusahaan besar dan tingkat kesulitan yang dijadikan syarat lumayan tinggi, hadiahnya bisa berupa mobil. Namun hal ini sangat jarang, kebanyakan sih motor, dan yang terbanyak adalah uang tunai kisaran Rp1.000.000,00 sampai Rp10.0000.000,00. Kalau ada yang di bawah satu juta rupiah, berarti yang mengadakan adalah perusahaan kecil dan persyarataannya cukup gampang.

Jenis-jenis / Kategori Perlombaan Blog

Dari sekian waktu saya perhatikan, jenis perlombaan blog ada tiga macam. Yaitu review, seo dan campuran. Kontes blog kategori review mengutamakan konten. Misalnya, ada perusahaan motor yang sedang mengadakannya. Maka sebagai syarat yang dikasih ke pesertanya harus mereview salah satu produknya secara lengkap sedetil mungkin. Nantinya tulisan blog yang paling bagus, dia lah yang dipilih sebagai pemenangnya.

Jenis yang kedua adalah lomba blog SEO. Seo sendiri adalah singkatan dari Search Engine Optimization (Optimisasi mesin pencari). Maksudnya adalah lomba blog yang penilaiannya bukan berdasarkan konten seperti yang di atas tadi. Tapi penentuan juaranya berdasarkan mesin pencari google dengan kata kunci tertentu. Nanti blog yang bisa muncul pada halaman pertama hasil pencarian, dialah yang berhak mendapatkan hadiah utama.

Yang ketiga adalah kategori lomba blog campuran. Maksudnya adalah gabungan dari SEO dan konten. Cara penentuan pemenangnya dengan cara mengambil beberapa blog yang masuk halaman pertama hasil pencarian google, dan dari sekian banyak (biasanya ambil 10 paling atas) nanti masih diseleksi berdasarkan kualitas isi / kontennya. Oh ya, biasanya lomba kategori ini hadiahnya lebih besar dari yang lainnya.

Selain tiga macam di atas, sebetulnya masih ada satu kategori lagi. Namun tidak begitu sering diadakan. Yaitu lomba bikin blog. Syarat dan ketentuannya peserta harus bikin blog baru dengan syarat-syarat tertentu sesuai yang diajukan penyelenggara. Menurut saya, kategori inilah yang paling susah. Namun karena mungkin bagi penyelenggara tidak begitu menguntungkan, lomba jenis ini sangat jarang dan biasanya hadiahnya sedikit. Mengapa bisa begitu? Tebakan saya, karena selesai perlombaan blog-blog baru ini seakan jadi mati karena tidak lagi diurus pemiliknya. Jadi tidak begitu berefek besar memberikan backlink ke situs penyelenggara.

Cara Memenangkan Kontes Perlombaan Blog

Seperti yang sudah saya bahas diatas, lomba blog ada 4 macam. Cara untuk memenangkan tentunya harus sesuai dengan kriteria persyaratannya.

Kalau kontes lomba review, maka buatlah satu artikel yang isinya sesuai dengan tema yang dilombakan. Setelah benar-benar memahami, mulai menulislah dengan lengkap dan sedetail mungkin. Dalam memilih kosakatanya, cukup gunakan bahasa yang biasa digunakan sehari-hari secara umum saja. Dan yang paling penting, berdasarkan pengamatan saya, panitia sukanya artikel yang disertai gambar menarik. Saya sendiri Alhamdulillah pernah juara satu lomba BabaStudio. Artikelnya di sini nih https://uangindonesia.com/tempat-kursus-komputer-web-dan-seo-terbaik/

Untuk memenangkan kontes lomba blog kategori SEO, caranya cuma satu yaitu selain bikin artikel sesuai tema (tentunya sesuai keyword/kata kunci juga), buatlah artikel yang disukai mesin pencari google sehingga bila nanti waktunya penentuan, blog anda bisa nongol paling atas di halaman pertama hasil pencarian google.

Membuat blog biar bisa masuk halaman pertama tentu bukan hal yang gampang. Blog-blog yang bisa melakukan hal ini biasanya blog yang sudah berumur tua, template blog sudah diedit sedemikian rupa biar SEO friendly dan  dari segi konten diupdate secara berkala. Untuk blog baru milik pemula, tentu akan sangat susah apalagi nantinya akan banyak saingan. Saya sendiri belum pernah memenangkan lomba blog kategori ini karena memang saya belum pernah mencobanya. Saya masih merasa newbie sehingga tidak berani ambil bagian untuk menyaingi para master di dunia maya ini.

Ah jadi curhat…oke lanjut ke cara menang kontes lomba blog kategori berikutnya. Untuk memenangkan lomba blog kategori campuran, caranya gabungin saja kedua cara diatas. Tapi ingat, karena proses seleksinya mengunakan mesin pencari dulu baru kemudian seleksi konten, maka yang paling utama anda harus mengutamakan faktor SEO dalam blog anda dulu. Buat apa bikin artikel sebagus mungkin kalau akhirnya gak bisa masuk halaman pertama pencarian google?

Setelah dirasa blog anda sudah cukup handal dan SEO friendly, barulah bikin artikel yang sebagus mungkin. Biar saat seleksi kedua bisa mengalahkan peserta lainnya.

Yang terakhir cara memenangkan kontes lomba blog kategori bikin blog. Pertama kita lihat dulu syaratnya apa dan metode penilaiannya berdasarkan apa. Kalau penjuriannya berdasarkan tampilan dan konten blog, mau tidak mau kita harus cari template blog yang semenarik mungkin. Setelah menemukannya, barulah bikin artikel sebaik mungkin. Namun bila cara penilaiannya berdasarkan SEO, cara yang paling tepat adalah mencari template blog yang ringan, SEO friendly (para blogger biasanya sih mengeditnya) dan gunakanlah domain yang mengandung kata kunci yang dilombakan. Setelah itu bikin artikelnya, lalu submit dan share link artikel yang sekiranya membantu blog anda bisa masuk halaman pertama hasil pencarian google.

Waktu awal-awal belajar blogging, jujur saya pernah mengikuti lomba blog kategori bikin blog. Penyelenggaranya sebuah industri rumahan yang tidak terkenal. Waktu pengumumannya mundur tidak sesuai jadwal alias di tunda sampai sebulan lebih. Setelah banyak peserta yang mendesak untuk segera mengumumkan, ternyata panitianya curang. Blog yang dijadikan pemenang adalah 2 blog yang dibikin sendiri oleh pihak panitia tapi menggunakan nama palsu. Bagaiman cara saya mengetahui nama tersebut palsu? Di identitasnya tercantum nomor KTP, dan setelah saya telusuri, ternyata nomor tersebut adalah nomor KTP si pemilik industri sialan tersebut.

Info Lomba Blog Terbaru dan Update

Sampai di sini saya kira sudah banyak orang yang tau bahwa aktivitas blogging ternyata bisa menghasilkan uang. Caranya bisa bermacam-macam. Dan khusus artikel ini, yang kita bahas adalah dengan cara mengikuti kontes perlombaan blog. Mungkin masih ada yang bertanya, “Bagaimana kita mendapatkan info ada perlombaan blog?” Jawabannya adalah dengan cara mencari di google. Ketik saja dengan kata kunci Info Lomba Blog Terbaru dan Update, nanti akan menemukan beberapa blog yang seluruh isinya khusus membahas perlombaan.

Namun perlu diingat, sebelum mengikuti perlombaan, pastikan bahwa pihak penyelenggara bukan penipu. Caranya, cek juga di website resminya. Selain itu, kalau penyelenggaranya perusahaan kecil yang tidak terkenal, pastikan alamat dan identitasnya jelas.

Oke sekian dulu saya sudahi artikel yang membahas cara mendapatkan uang di internet dengan blog diikutkan kontes perlombaan. Besok sebagai lanjutannya saya akan ngasih satu info lomba blog kategori SEO dari salah satu toko online terkenal dan tema lombanya Belanja Di Elevenia Gratis Voucher 1 Juta.

Gravatar Image
Konten dilindungi DMCA

One thought on “Cara Mendapatkan Uang di Internet Dengan Lomba Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *