Cara menabung bank menggunakan mesin setor tunai

Cara Menabung Bank Menggunakan Mesin Setor Tunai . Kalau kita punya uang (saldo) di bank lumayan banyak, segalanya akan terasa gampang. Bayangin saja, bisa dibilang semua bank entah BCA, BRI, BNI maupun bank lainnya memberikan fasilitas ATM, sms dan mobile banking, dan internet banking. Artinya dengan memanfaatkan fasilitas-fasilitas tersebut, saldo kita bisa untuk beli isi ulang pulsa, bayar PLN, transfer dll kapanpun kita mau, bebas 24 jam.

Tapi di lain sisi saya kadang berfikir, kok gampang banget ya membelanjakan / menghabiskan saldo, padahal kalau kita menabung / setor tunai kadang susah. Harus antre sampai berjam-jam dan bikin malas. Namun kalau kita tau, sebenarnya sudah cukup lama pihak bank menyediakan mesin yang bisa untuk setor tunai, namanya CDM, singkatan dari Cash Desopit Machine.

Mesin Setor Tunai CDM

Mesin setor tunai atau CDM adalah sebuah mesin yang bentuknya mirip ATM. Fungsinya bukan untuk tarik tunai melainkan untuk setor tunai. Jadi dengan mesin ini kalau kita menabung kita tidak masuk ke kantor cabang dan berhadapan dengan teller petugas bank. Cukup cari saja mesin tersebut yang biasanya di sediakan di luar kantor cabang bank samping ATM. Kalau penasaran bagaimana penampakannya, bisa dilihat gambar di atas.

Manfaat dan Keuntungan Mesin Setor Tunai / Cash Deposit Machine (CDM)

Fungsi utama dari mesin ini adalah untuk setor tunai. Namun mesin ini juga mempunyai kelebihan-kelebihan lain di samping itu, seperti: Untuk transfer, bayar PLN, PAM, dan tagihan lainnya juga bisa. Pokoknya hampir mirip seperti ATM, bedanya Cuma kalau ATM untuk tarik tunai, sedangkan CDM sebaliknya.

Selain kelebihan-kelebihan di atas, keuntungan lain kalau kita memanfaatkan mesin ini adalah sebai berikut:

  • Menabung Tidak Harus Antri

Hampir semua nasabah pasti pernah mengeluhkan hal ini, mengantri panjang kalau mau setor tunai. Khususnya pelanggan BCA dan di tanggal muda hari senin. Namun kalau kita bisa menggunakan mesin setor tunai, antrean tidak begitu banyak bahkan lebih sering kosongnya. Kedepannya saya berharap semoga saja bank menyediakan mesin ini sebanyak ATM deh dan disebar merata.

  • Layanan 24 Jam Setiap Hari

Karena ditempatkan di luar kantor, otomatis nasabah bisa menggunakannya kapanpun meskipun kantor bank sudah tutup. Dan memang betul, mesin ini bisa untuk setor tunai baik siang maupun malam, baik hari kerja maupun hari libur. Tentunya ini membantu sekali khususnya untuk para pekerja yang sibuk.

  • Melakukan Transfer Ke Sesama dan Antar Bank

Seperti yang sudah saya sedikit katakan di atas, dengan mesin ini kita pun bisa gunakan untuk transfer baik sesama bank maupun antar bank alias beda bank. Kalau kita transfer menggunakan mesin ini, otomatis kita seperti transfer uang tunai, bukan saldo. Mantap bukan?

baca lainnya: Daftar kode bank seluruh Indonesia. (ini berfungsi untuk kalau mau transfer dana antar bank)

  • Melakukan Pembayaran Transaksi secara online

Seperti yang saya bilang tadi, mesin ini juga mempunyai kelebihan lain mirip ATM yang kita bisa manfaatkan untuk pembayaran)pembayaran transaksi berupa tagihan PLN, gas, asuransi, dan sebagainya.

Cara Setor Tunai Memakai Mesin Setor Tunai

Bisa dibilang cara menggunakannya sangat gampang segamang mengoperasikan ATM. Namun tentu ada perbedaannya. Lebih jelasnya, baca tahap-tahap petunjuknya berikut ini.

  1. Tentu saja anda harus cari mesin setor tunai.
  2. Setelah ketemu, masukan kartu ATM anda ke lubangnya (mirip seperti menggunakan ATM tarik tunai).
  3. Masukan PIN (Personal Indentification Number).
  4. Wadah tempat memasukan uang yang terletak tepat di bawah tangan anda berdiri, akan terbuka secara otomatis.
  5. Masukan uangnya. Harap diingat, sebelum anda memasukannya, uang harus dalam keadaan rapi, jangan terlipat, ataupun ada staples yang masih menempel. Ini berguna biar mesin dengan mudah mengenali uangnya.
  6. Jika uang yang hendak anda setor terdiri dari bermacam-macam nominal, sebaiknya pisahkan dulu berdasarkan nominalnya. Mesin ini hanya menerima uang pecahan Rp20 ribu, Rp50 ribu, dan Rp100 ribu.
  7. Bila uang yang anda setor banyak, bagilah dan setorkan beberapa kali karena satu kali proses, wadah penerima uang hanya dibatasi maksimal muat 50 lembar saja.
  8. Sesaat setelah uang dimasukan, maka wadah akan tertutup kembali secara otomatis. Tunggulah sebentar karena mesin sedang melakukan proses penghitungan jumlah uang.
  9. Jika mesin selesai menghitung, maka layar monitor akan menampilkan jumlah dan pilihan apakah akan di transfer ke rekening sendiri atau transfer ke nomor rekening lain.
  10. Pilih salah satu pilihan berdasarkan tujuan anda. Mesin pun segera memprosesnya dan bila berhasil akan keluar struk sebagai bukti transaksi.
  11. Sukses !!!

baca lainnya: Pakai cara ini bila ATM tidak mengeluarkan kertas struk.

Sangat gampang bukan? Selanjutnya bila anda ingin memastikan apakah uang setoran sudah masuk atau belum, anda bisa mengecek lagi lewat ATM, sms banking, internet banking, atau apapun terserah. Oh ya, mesin ini juga mempunyai batas maksimal setor dan biasanya tiap bank batasnya beda -beda. Sebagai contoh BCA, maksimal Rp15 juta.

Baca lainnya: Cara penulisan simbol Rp sesuai EYD

Kesalahan Atau Permasalahan Yang Bisa Saja Terjadi Pada Pengoperasian Mesin Setor Tunai

Seperti halnya mesin lainnya, kadang kala mengalami error atau kesalahan teknis. Meskipun hal ini jarang terjadi, ada baiknya anda tau cara mengantisipasinya. Berikut adalah kendala-kendala yang umunya terjadi, jika anda kebetulan mengalaminya, saran Uang Indonesia jangan terburu panik dulu.

  • Uang Terselip dan Ditolak Mesin
    Hal ini bisa saja terjadi bila uang yang anda masukan dalam keadaan tidak rapi, lecek, sobek, ada staples menempel dan sebagainya. Solusinya adalah tata kembali uang anda. Setelah itu coba masukan kembali. Kalau tetap masih ditolak, bisa jadi memang uang anda sudah tidak layak lagi.
  • Uang Tertelan Tapi Transaksi gagal
    Kedengaran mengerikan memang. Namun hal ini sebetulnya jarang terjadi juga. Tapi bila hal ini menimpa pada anda, jangan terburu panik dulu. Hal yang harus anda lakukan adalah catat ID atau nomor identifikasi ATM yang selalu tertera di layar monitor. Setelah itu hubungi call center bank terkait. Seperti Paket Internet Simpati Murah Dapat Kuota Banyak ceritakanlah kronologisnya.Proses pengembalian uang akan dilakukan 1-2 minggu. Selama rentan waktu tersebut, cobalah sekali-kali cek saldo anda untuk melihat apakah saldo anda sudah bertambah atau belum.
  • Transaksi Sukses Tapi Kartu ATM Tertelan
    Solusinya hampir sama dengan kasus di atas.

Begitulah artikel cara setor tunai uang dengan menggunakan mesin setor tunai atau cash deposit machine dan informasi tambahan masalah-masalah yang bisa saja terjadi. Dan tentu pula saya sertakan solusinya. Bila anda masih bingung, berikut saya sertakan link video tutorialnya juga. Jika tetap masih ada yang ingin ditanyakan, jangan ragu-ragu untuk komentar di bawah ini.

10 thoughts on “Cara menabung bank menggunakan mesin setor tunai”

  1. gan saya udah setor uang lewat atm, struk keluar tapi pas di cek lewat mobile banking kok saldo nggak brtambah knapa ?

    • Apa bisa setor tunai dari atm setor lain bank
      Misalkan atm saya mandiri trus saya setor tunai dari atm setor BRI?

Leave a Comment