Asal-usul nama rupiah dari berbagai macam versi

Asal-usul nama rupiah – Sebagai orang Indonesia yang tinggal di negeri sendiri, kita pasti sudah sangat akrab dengan rupiah. Setiap hari kita jual atau beli barang menggunakan lembaran uang kertas dan logam yang namanya diresmikan jadi mata uang negara tercinta kita ini. Ya mau bagaimana lagi, soalnya kalau kita melakukan transaksi di wilayah NKRI memakai uang asing bisa kena hukuman. Ada satu lagi yang terlihat “sepele”, penjual kasih kembalian dengan permen pun bisa dipenjara dan didenda.

Silakan baca: Penjual kasih kembalian permen bisa dilaporkan polisi, hukumannya penjara dan denda

Meski tidak bisa dipisahkan, sebagian masyarakat Indonesia belum tau dari mana asal-usul nama rupiah tercipta. Agaknya mereka lebih sibuk cari tau bagaimana cara mendapatkan rupiah yang banyak dan cepat dari pada cari tau info sejarahnya. Gimana ya, dalam keadaan terdesak sikap seperti itu memang lebih penting sih #curhat hehe.

Oke, tidak apa-apa (loh siapa saya kok berani-beraninya memutuskan masalah ini tidak apa-apa?). Maklum saja karena saya sendiri sebelumnya tidak tau. Jadi merasa senasib gitu lah. Namun karena setiap warga Indonesia tanpa terkecuali diwajibkan cinta rupiah meskipun dolar merajalela, mau tidak mau akhirnya saya cari tau dari mana asal usul nama rupiah itu.

Zaman sekarang sangat gampang untuk cari tau hal beginian. Cukup menggunakan mesin pencari google, ketik “asal-usul nama rupiah”, lalu klik enter. Dalam sekejap akan muncul hasil beberapa judul artikel yang kalau diklik berisi informasi yang kita sedang butuhkan. Dan berikut adalah beberapa versi asal-usul nama rupiah yang uangindonesia.com berhasil rangkum.

Baca juga: Lagu anak ‘Aku Cinta Rupiah’ populer saat krisis moneter 1998

Asal-usul nama rupiah berasal dari bahasa Mongolia “rupia”

Versi yang pertama ini saya temukan di Wikipedia. Selain hampir semua pengguna internet mengenalnya, Wikipedia juga sering dijadikan sumber referensi. Jadi sejarah asal-usul nama rupiah yang termuat di situs ini secara otomatis banyak yang mempercayai kebenarannya.

Apalagi di Wikipedia di katakan bahwa menurut seorang sejarahwan Indonesia yang bernama Adi Pratomo, asal-usul nama rupiah berasal dari bahasa Mongolia yang berarti perak. Menurutnya, rupiah bukan berasal dari bahasa India yang mengacu pada rupee.

Meskipun rupee India juga berarti perak, masih menurutnya, rupee dan rupiah adalah sama-sama turunan dari bahasa Mongolia yang kata aslinya rupia (tanpa huruf h). Jadi tidak bisa dikatakan bahwa rupiah berasal dari kata rupee karena kedudukan keduanya sejajar.

Artikel terkait: Sejarah asal muasal nama mata uang resmi negara Indonesia, rupiah, berasal dari bahasa Mongolia

Asal-usul nama rupiah berasal dari bahasa Sanskerta “ru-pya”

Bahasa Sanskerta atau kadang orang mengejanya Sansekerta adalah bahasa Indo-Eropa yang paling tua dan sampai sekarang masih dikenali sejarahnya. Bahasa ini banyak dituturkan di Asia terutama di India dan beberapa negara di Asia Selatan dan Tenggara.

Dalam bahasa yang merupakan bahasa liturgis agama Hindu, Budhisme, dan Jainisme ini ada kata ru-pya. Kata ini artinya perak juga. Dan kata ini lah yang diduga sebagai asal usul nama mata uang negara Indonesia, rupiah.

Dalam bahasa ini, kata “ru-pya” (di atas huruf u mestinya ada garis yang menandakan dibaca panjang), mengacu pada perak yang ditempa atau dicetak. Pada masa Belanda yang waktu itu mata uangnya gulden, rupya merupakan sebutan untuk gulden oleh orang-orang Melayu Indonesia.

Asal-usul nama rupiah berasal dari mata uang rupee India

Meskipun India juga memakai bahasa Sanskerta klasik, tapi yang dimaksud asal-usul nama rupiah versi ketiga ini mengacu pada rupee yang mana merupakan nama mata uang negara India.

Pendapat ini didasari dengan sejarah bangsa Indonesia yang banyak melakukan hubungan dagang dengan bangsa India (terutama dari daerah Gujarat). Dengan hubungan seperti ini maka otomatis bangsa kita secara tidak langsung akan kenalan dengan rupee India hingga akhirnya menjadi ke-terbiasa-an.

Bukti lain yang turut memperkuat pendapat asal-usul nama rupiah berasal dari rupee India adalah pada zaman dulu kerajaan kuno nusantara banyak menggaji orang India yang melek huruf untuk merapikan administrasi kerajaan. Nah melalui perantara orang-orang India inilah bangsa kita terpengaruh dengan kata-kata bahasa Sanskerta, termasuk kata rupee yang berasal dari bahasa Sanskerta tapi sudah dirubah menjadi nama mata uang negara di sana.

Baca juga: 7 negara ini mempunyai nama mata uang hampir mirip dengan rupiah

Itulah 3 versi asal-usul nama rupiah yang paling banyak diyakini kebenerannya. Sebetulnya ada satu versi lagi yang cukup populer. Tapi sengaja saya tidak masukkan disini karena saya yakin hanya humor belaka. Kalau Anda penasaran ingin tau, silakan cari sendiri di google dengan kata kunci “Nenek Rupiyah pemilik kebun durian”.

Leave a Comment