SMS penipuan pemenang undian Untung Beliung Britama
SMS penipuan via blogspot.com

SMS penipuan pemenang undian Untung Beliung Britama

Posted on

SMS penipuan pemenang undian Untung Beliung Britama – Seminggu terakhir ini kayaknya di TV sering banget muncul iklan “Untung Beliung Britama” yang hadiahnya sangat banyak. Ada mobil, motor, uang, dan sebagainya. Melihat ini saya jadi inget kejadian yang sudah lama. Seorang ibu-ibu dapat SMS pemberitahuan sebagai pemenang undian mencoba menunjukkan ke teller tapi dicueki. Bahkan teller melihat SMS-nya pun tidak mau.

Sangken sudah lamanya saya tidak ingat kapan tepatnya kejadian itu berlangsung. Mungkin sudah lebih dari 3 tahun. Yang saya ingat hanyalah lokasi cabangnya, di BRI cabang Pasar Serdang, Jakarta Utara. Harinya mungkin Senin, tanggal muda. Mengapa saya bisa menebak begitu? Waktu itu saya kalau ke bank selalu hari senin. Saya tebak tanggal mudah karena ramai banget. Saya antre untuk setor tunai saja sampai berjam-jam. Kalau tanggal tua dan bukan hari senin biasanya tidak seperti itu.

Baca juga: Cara mengurus kartu ATM BRI hilang

Kisah SMS penipuan pemenang undian Untung Beliung Britama

Jadi ceritanya begini. Saya datang ke cabang BRI tersebut sekitar pukul 08.20 wib dan dapat nomor antrean 170-an. Saat itu yang sedang dilayani teller kalau tidak salah nomor antrean 30-an, seorang ibu-ibu muda berusia sekitar 35-an tahun.

Selain ramai antrean, ruangan kantor BRI itu juga dipenuhi bermacam-macam barang untuk hadiah. Ada motor, TV, kipas angin, dan lain sebagainya. Langit-langit juga dihiasi kertas warna panjang yang tepinya digunting kecil-kecil (saya gak tau apa namanya hehe). Ya, maklum saja waktu itu memang BRI sedang memberikan hadiah Untung Beliung Britama seperti sekarang ini.

Sepertinya ibu muda tadi setor tunai juga. Setelah uang diserahkan dan buku tabungan diprint, dia tanya ke teller,

Nasabah ibu muda: Mbak, saya dapat sms katanya menang undian dapat motor, benar tidak?
Teller: Itu bohong bu. Banyak tipuan sms seperti itu. Jangan dipercaya.
Teller lalu memanggil nomor antrean berikutnya. Dia sepertinya sangat paham kondisi. Antrean sangat panjang dan dia harus cepat melayaninya.
Nasabah ibu muda: Masa’ bohong sih mbak. Namanya bener nama saya. Alamatnya juga pas. Merk motornya juga tidak salah (Sambil menunjuk dan menyebut merk motor yang dihias dan dipajang dalam ruangan itu).
Teller: Mungkin yang ngirim sms itu tetangga ibu sendiri. Sengaja mau ngerjain.

Teller mengulang kembali memanggil nomor antrean berikutnya. Kali ini lebih keras. Tapi ternyata pemilik nomor antrean sudah berada dibelakang ibu muda itu. Namun ibu muda masih belum mau gantian. Dia tidak minggir ataupun pulang meninggalkan teller. Nampaknya sangat penasaran akan kebenaran SMS pemenang undian Untung Beliung Britama yang diterimanya.

Sambil menunduk pencet-pencet handphone untuk membuka SMS-nya, dia bilang,

Nasabah ibu muda: Ini mbak lihat SMS-nya.

Tanpa melihat handphone-nya sedikitpun, teller yang lebih memilih melayani pemilik antrean selanjutnya itu dengan tegas bilang, “Maaf, bu. Antrean panjang. Kalau ada hal yang ingin ditanyakan silakan antre di bagian customer service.”

Setelah dibilangi seperti itu, barulah nasabah ibu muda mau meninggalkan teller. Dia jalan keluar melintasi banyak orang yang sedang mengantre, termasuk saya hehe. Dari raut muka sepertinya dia sedikit malu. Bukan disebabkan dari sikap teller, tapi dari orang-orang yang melihatinya sambil senyum-senyum penuh arti namun tidak jelas.

Baca juga: Cara mengurus Kartu ATM BRI terblokir karena lupa masukin PIN 3 kali

Pemenang undian Untung Beliung Britama yang beneran alias tidak bohong

Saya tidak tau pasti bagaimana proses pemberian hadiah kepada pemenang undian yang sebenarnya. Karena saya sendiri sampai saat ini belum pernah dapat hadiah begitu. Namun kalau ada SMS seperti di atas, saya bisa pastikan itu bohong. Apalagi kalau pengirimnya dari nomor handphone biasa.

Saya hanya pernah dengar sedikit info dari kawan. Katanya, bank manapun kalau memberikan hadiah tidak pernah menginformasikannya lewat SMS. Kalau harus dihubungi lewat hp, biasanya telpon langsung dan itupun menggunakan nomor khusus.

Lalu untuk undian, umumnya proses pengundian dan pengumuman pemenangnya disiarkan secara langsung (LIVE) di televisi nasional dan diberitakan lewat situs resmi bank yang bersangkutan serta di media cetak lainnya. Kemudian pemenang akan mendapatkan surat yang berisi undangan untuk datang ke cabang tempat ia menabung untuk mengambil hadiahnya.

Selanjutnya baca: Cara daftar dan format sms banking BRI 3300

Gravatar Image
Konten dilindungi DMCA

3 thoughts on “SMS penipuan pemenang undian Untung Beliung Britama

  1. Saya juga dapet sms nya, pas saya telpon katanya saya disuruh dateng ke atm terdekat, karna saya ragu akhir nya saya tidak ke atm.

  2. Saya juga baru saja dapat ini gan, Website nya Blogspot… hahahha… Semoga mampus saja tu orang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *