Cara atasi atau urus kartu ATM BRI terblokir karena lupa PIN

Ingat postingan di blog ini yang berjudul Alasan mengapa PIN ATM harus diganti berkala? Yup benar, alasannya tidak lain tidak bukan adalah demi keamanan saldo anda yang berada di rekening tersebut. Untuk memahami detailnya silakan baca sendiri saja di link tersebut. Sekarang saya mau membahas mengenai PIN kartu ATM BRI terblokir dan bagaimana cara mengurusnya biar bisa aktif kembali dan tentu pula agar bisa digunakan secara normal sebagaimana fungsinya.

Cerita saya ini masih ada hubungannya dengan ganti PIN ATM secara berkala maksimal 3 bulan sekali. Dulu waktu aturan ini baru-baru digalakan, setiap mesin ATM BRI diatur sistemnya sedemikian rupa biar kalau kartu ATM sudah lama tidak ganti PIN dan dimasukan ke situ, mesin akan ‘memaksa’ penggunanya untuk segera mengganti PIN lama ke baru. Kalau tidak ganti, maka ATM tidak bisa digunakan.

Hari itu saya butuh tarik tunai setelah lebih tiga bulan kartu ATM tidak digunakan. Maka sesaat saya memasukan kartu ATM, di layar monitor mesin muncul tulisan agar saya ganti PIN. Okelah saya turuti, dan acara tarik tunai pun sukses dan saya pulang dengan membawa sejumlah uang.

Kartu ATM saya kembali menganggur hingga akhirnya seminggu kemudian saya butuh transfer dana ke teman sepekerjaan. Pas kartu di masukan dan mesin minta PIN, datanglah bencana, saya lupa PIN baru, saya cuma ingat PIN yang lama.

Sambil berusaha keras mengingat-ingatnya, saya nekat melakukan percobaan memasukan PIN meskipun tidak begitu yakin apakah kombinasi angka 6 digit itu benar atau salah. Tapi ternyata memang salah. Saya melakukannya berulang-ulang, hingga setelah percobaan yang ketiga, maka sukseslah kartu ATM BRI saya terblokir.

Baca lainnya: PIN ATM BNI lama yang 4 digit, sekarang harus ganti menjadi 6 digit, caranya silakan baca di sini.

Oke cerita di atas adalah cerita lama. Untuk sekarang ini mesin ATM BRI sudah tidak memaksa untuk ganti PIN berkala. Namun meskipun begitu ada baiknya anda tetap menggantinya maksimal 3 bulan sekali. Dan ngomong-ngomong masalah blokir, sampai saat ini masih sama: Jika salah masukan PIN sebanyak 3 kali berturut-turut, maka kartu ATM tersebut akan terblockir.

Oh ya apakah anda tau apa dampaknya jika kartu ATM BRI anda terblokir? Jika belum tau, kira-kira beginilah efeknya:

  1. Sudah pasti anda tidak bisa menggunakan ATM lagi. Namun masalah jumlah sisal saldo dalam rekening anda tetap aman. Kalau ingin ambil tunai, mau tidak mau harus melalui teller di kantor cabang terdekat sambil bawa buku tabungan dan KTP.
  2. Jika anda juga menggunakan fasilitas SMS Banking dan Internet Banking pada rekening tersebut, maka kedua layanan itu juga ikutan tidak bisa digunakan untuk transaksi.
  3. Sudah sih gitu saja. Yang jelas sih sedikit repot hehe.

Cara mengurus PIN kartu ATM BRI yang terblokir biar bisa aktif dan digunakan kembali

Karena sedikit banyak ada dampaknya dan tentunya membuat anda menjadi sedikit lebih repot, kartu ATM terblokir memang sebaiknya segera diurus. Bagaimana caranya? Sangat gampang. Silakan ikuti panduan berikut ini.

Mengaktifkan kembali PIN kartu ATM BRI yang terblokir caranya sedikit berbeda dengan BCA yang sudah saya bahas di sini ataupun BNI yang bahasannya di sini. Kalau BCA dan BNI kan ada 2 cara, yaitu bisa hanya telpon call center bank masing-masing, dan yang kedua datang langsung ke kantor cabang tempat dulu membuka rekening. Sedangkan kalau BRI, caranya cuma satu, Yaitu: datang ke kantor cabang. Sangat disarankan yang anda datangi adalah kantor cabang yang dulu anda gunakan untuk membuka rekening BRI. Jika kantor cabang lain, kemungkinan besar permohonan anda untuk buka blokiran PIN kartu ATM BRI akan ditolak.

Sebelum mendatangi kantor cabang dengan syarat di atas, anda juga harus bawa persyaratan lain di bawah ini:

  • Bawa buku tabungan anda.
  • Bawa KTP atau kartu identitas lain yang anda gunakan untuk bikin rekening dulu.
  • Bawa kartu ATM yang terblokir.
  • Uang receh untuk bayar, cukup Rp5.000,00 saja

Silakan baca: Cara menulis rupiah yang benar sesuai EYD

Setelah persyaratan di atas sudah lengkap, segera tuju kantor cabang banknya. Setelah masuk, ambilah nomor antrean. Ingat ya, nomor antrean bagian CS ( Customer Service), bukan teller. Bila nomor antrean anda sudah dapat giliran dan anda sudah di hadapan petugas CS, katakan padanya bahwa anda hendak berniat membuka kartu ATM yang terblokir sambil serahkan persyaratan-persyaratan yang anda bawa tadi.

Nanti petugasnya akan segera mengurusnya setelah anda mengisi dengan lengkap formulir yang dia kasih kepada anda sebelumnya.

Jika isian sudah benar dan anda sudah bayar 5 ribu rupiah, maka kartu ATM anda akan digesek ke alat untuk reset PIN dan anda diminta untuk membuat PIN baru dengan mengetiknya di alat tersebut. Seperti biasanya, pengetikan diulang sampai dua kali, hehe.

Setelah menyelesaikan tahap itu, artinya kartu ATM anda sudah aktif dan sudah bisa digunakan kembali. Cukup mudah bukan?

Baca lainny: Cara mengatasi dan mengurus kartu ATM tertelan mesin tidak bisa keluar lagi.

Mungkin sebagian ada yang tanya mengapa bank lain bisa mengaktifkannya cuma dengan telepon Call Center bank masing-masing tapi BRI kok tidak bisa? Jawabannya saya kurang tau. Jika anda penasaran, silakan tanya langsung saja ke pihak BRInya.

Meskipun begitu, setau saya BRI ada kelebihannya juga. Di bank lain yang bisa blokirannya dibuka dengan hubungi call center adalah kartu ATM yang terblokir tapi masih ingat PIN yang benarnya. Kalau sama sekali lupa PIN, cara mengurusnya harus datang ke kantor cabang. Sampai di sana pun nanti harus ganti kartu ATM baru, yang lama sudah tidak bisa direset lagi. Dan untuk mengganti seperti ini dibutuhkan waktu kurang lebih seminggu.

Sedangkan kalau yang terblokirnya kartu ATM BRI, mau masih ingat atau lupa PIN, kartu tersebut masih bisa direset dan dibuatkan PIN baru tanpa harus ganti kartu baru yang prosesnya harus menunggu waktu berhari-hari. Intinya satu sama lain ada kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Oke sekian dulu pembahasa kali ini yang topiknya tentang cara mengatasi/mengurus/mengaktifkan PIN kartu ATM BRI yang terblokir agar bisa digunakan kembali. Semoga yang saya tuliskan di atas bisa bermanfaat. Namun bila ada salah, mohon koreksinya di kolom komentar. Terimakasih banyak dan jangan lupa baca-baca artikel lainnya di bawah ini.

150 thoughts on “Cara atasi atau urus kartu ATM BRI terblokir karena lupa PIN”

  1. Jika atm keblokir tapi lebih dari sebulan gimana ? apa masih bisa diurus ?
    dan waktu itu saya mau nyoba ngaktifin ke kantor cabang daerah jakrta tapi engga bisa karena atm saya d buat di kampung. apa bisa d urus di sini tapi lewat kantor pusat ?

    • keblokir udah lebih dari sebulan sepertinya masih bisa. kalaupun tidak bisa, agan minta dibikinkan kartu ATM baru saja.

      layanan bank semakin maju gan, harusnya di cabang manapun bisa dilayani. kalau tetap tidak bisa, kantor pusat semoga bisa membantu

  2. Kalo kartu atmnya dibuat di tempat kita tinggal sekrang,terus terjadi salah pin pas kita lg mudik. Apakah bisa diperbaiki di kantor cabang yg ada di kampung halaman atau harus di tempat buat atm pertama kali?

    • harusnya bisa gan, soalnya sistemnya kan online dan layanan bank semakin maju. Tapi kalau tetap gak bisa, agan tunggu saja samoe kembali ke tempat tinggal.

      kalau memang butuh uang atau transfer, mau gak mau harus lewat teller sambil bawa buku tabungan

  3. Kalo mengurus di kanca bukan tempat asal bagaimana min? Dulu bukin di solo. Sekarang domisili di cikarang

    • terakhir saya ngurus BCA, lain cabang bisa gan. karena sistemnya kan sudah online dan layanan semakin maju. tapi banyak teman-teman yang mengeluhkan di BRI belum bisa

  4. Atm saya ke blokir bagaiamana cara aktifkan nya..sedangkan buku rekening saya hilang :(

  5. masa sih ga bisa reset atm BRI kena blokir dicabang terdekat ? saya kan bikinnya di purwokerto, terus saya tinggal didepok . jadi ga bisa gitu reset pin atm dicabang bank BRI yg didepok?

    • terakhir saya coba sih gak bisa. tapi siapa atau sekarang ini udah bisa. jadi tidak ada salahnya menanyakan dan mencobanya langsung

  6. Pin sya ke blokir dan ktp nya hilang kalau datang ke kator tunjuk foto ktp dalam hp saja boleh atau tidak.

    • KTP hilang lebih baik urus dulu ke kelurahan atau kecamatan. lagian fungsi KTP memang penting. setelah punya KTP baru, baru lah kartu ATM bisa diurus.

      kalau bikin KTP lama jadinya, minta dibikinkan surat pengantar keterangan KTP masih dalam proses

    • Kalo atas nama di atm yang terblokir sedang berada diluar negri bagaimana

    • Pihak bank tidak memperbolehkan mengurus kartu ATM terblokir diwakilkan. Kartu ATM dipakai orang lain (adik dan keluarga lain ) pun ini sebenarnya sudah salah. Kalau mau mengurus mau tidak mau harus pemiliknya. Kalau sedang berada di luar negeri, coba cari alamat bank yang bersangkutan siapa tau ada cabang yang berada di negara tersebut.

      Kalau ada dan jika kartu ATM-nya ada di tangan adik, gimana ya….mungkin bisa bilang kartu ATM-nya hilang

  7. mas saya mau tanyak saya pyk bapak , bapak saya lagi berlayar terus saya pegang atm bri bapak saya terus keblokir gimana cara mengatasinya

    • tergantung. ada juga loh kasus kartu ATM terblokir, tapi mobile banking masih aktif. namun kebanyakan kalau salah satunya terblokir, yang lain juga akan ikut terblokir

  8. Mau nanya donk ka, ada btasan waktu buat ngurusnya ngga? Atau boleh kapan aja, misalnya lg sibuk dan ngga bisa saat itu juga? Terimakasih

    • tiga kali salah memasukan PIN akan terblokir. cara mengatasinya hubungi atau datangi kantor cabang bank terdekat

  9. mau nanya ni
    baru aja saya transfer uang ke bank BRI saya dan hasilnya berhasil terkirim, setelah saya cek di atm ga ada masuk
    apakah atm saya di blokir ?
    dan dana saya transfer udah masuk atau belum ?

    • transfernya lewat apa? silakan cek mutasi di rekening yang buat transfer. lihat di situ dan pastikan nomor rekening tujuan (rekening yang ditransfer) benar. Kalau salah, kemungkinan salah kirim. tapi kalau benar, coba cek saldo lagi. bila memang ada masalah, segera hubungi pihak bank

  10. Saya jg bingung nih,atm dipakai kakak keblokir.sementara saya da di LN.Mash lama jga mudiknya.BRI p gak d cara lain ?klo hrus yg bersangkutan kan masih lama…

  11. Saya mau nanyak, klo pin ATM saya lupa, dan sudah di coba 3 kali pakai pin lama tpi ga bsa…
    Terus tiba” saya ingat pin baru saya, itu ada masalah ga..??

  12. Gan klo pas mw ngurus penggantian pin nya di wakil kan sama anak bisa gak gan ?

  13. min…atm saya udah keblokir dua kali seminggu ini…apakah masih bisa diurus untuk buka bloKirnya?

  14. Kalau nya aku lupa di kantor cabang mana pertama kali aku bikin rek nya,terus gimana?bisa nggak ya ngurus lewat kantor cabang lain?

  15. Mau tanya gan. Klo atm bkin atm d cbang yg bukan tmpt kita buka rekning bsa ga gan??

  16. Atm saya keblokir tapi buku tabungan saya kesingsal/hilang itu bisa diurus ga ia.

  17. min atm saya terblokir tapi buku tabungan saya ketinggalan dikampung dan kalo ngurusnya kkantor bank yg bukan tempat asal bikin msih bisa diurus gak min?

    • Agak sulit gan harus pintar-pintar ngomongnya. Pengalaman saya sih CS menyuruh untuk datang ke cabang tempat buka rekening. Nah agan gimana caranya untuk bilang bahwa agan tidak bisa datang ke sana.

  18. Min mau tanya ATM ibu saya ke blokir. Tapi orangnya ke luar negeri? Tapi saya punya foto copy KTP nya.. kira2 bisa ga diurus. Misalkan saya kesana dan ibu saya ngomong sama pihak Bank nya lewat tlpon?

    • telepon agak susah untuk pihak bank memastikan bahwa yang ngomong benar-benar ibunya mbak nur. kalau pihak bank percaya sih mudah saja. mungkin bisa pakai video call/skype,mungkin. hhehe

  19. Gan,saya bikin atm di pangkalanbun kalteng.trus saya mudik ke jawa.mau ambil uang lupa pin dan trblokir.bisa diurus di kantor cabang di jawa gk gan

    • Buku rekeningnya ketinggalan dikampung, untuk menguatkan bukti kepemilikan kalau pakai KTP sama KTM apa masih kurang?? Soalnya kartu ATM sama KTM sudah jadi satu

  20. gan kalo buku tabungan ada di sumbawa sedangkan saya dijawa hanya membawa kartu atmnya,dan itu rekening bapak saya,gimana car ngurusnya gan

  21. kok pake bayar 5 ribu rupiah? bank BN* gratis kok. lagian BNI bisa buka ATM terblokir by phone…. weleh-weleh BRI kok ribet ya?

  22. Kartu atm saya terblokir ketika saya salah karna terburu-buru & setelah terblokir saya baru ingat, apakah saya bisa megaktifkan tanpa ke bank BRI terlebih dahulu karna saya sudah ingat nmr ATM nya seperti atm BCA yg hanya 60detik 3x salah pin masih bisa di coba kembali..

  23. Selamat malam yang berbahagia admin di tempat,Kartu atm saya terblokir ketika saya salah karna terburu-buru & setelah terblokir saya baru ingat, apakah saya bisa megaktifkan tanpa ke bank BRI terlebih dahulu karna saya sudah ingat nmr ATM nya seperti atm BCA yg hanya 60detik 3x salah pin masih bisa di coba kembali…….

  24. Mas atm saya terblokir, tapi ini atm punya pakde saya dan beliau sudah meninggal, bagaimana cara agar bisa mengaktifkan atm pakde yg saya pake.

  25. kalo kitakita mau transfer uang terus kita lupa sandi gimana tapi kartunya ga ke blokir?

  26. Mau tanya kk. Saya mau tarik tunai atm bri.. Pas mau lagi proses tiba2 pin salah. Nah loh pdhal pin benar tp ko gtu ya. Pencerahanya ka.

  27. kalau mengurus atm bni terblokir menggnakan surat kuasa karena yg punya atm lansia bisa ga ya gan?

  28. gan, kalo atm kita ter/di blokir bisa gk transaksi finansial semisal transfer menggunakan internet banking atau sms banking? thx

  29. z kan pakai kartu atm ayah saya trus saya salah masukin pinx dan diblokir,,,,
    yg z mw tanyakan yaitu
    1. apakah pin atm tersebut bisa dibuka kembali dikantor cabang atw tidak soal papa z buka buku tabungannya dikantor unit,,,,???
    2. apa saya sebagai anaknya bisa mewakili untuk buka pin yg terblokir itu atw tdak krn ayah saya tinggal jauh dari saya,,,,????

    • 1. sepertinya sekarang bisa di mana saja, coba saja gan
      2. hampir dipastikan petugas bank akan bilang tidak bisa diwakilkan, harus orang pemilik rekening tersebut yang mengurusnya

  30. Pin saya terblokir..trus buku tabungan saya hilang..sekrang saya tinggal di balikppan sdangkan saya buat di tarakan..ap bisa di perbaiki di cbang balikpapan

  31. kalau kita mau transaksi atm , setelah memasukan atm ,lalu atm nya keluar lagi , kalau nggak salah timbul tulisan card re-proccesed

  32. Saya mau tanya, bapa saya kan lagi keluar kota terus saya butuh uang buat bayar les tapi atmnya ada di bapa dan bapa ga bisa kirim soalnya disana didesa jadi enggak ada atm terdekat, nah kalau saya mau ambil d bank tanpa bawa buku tabungan (cuma d kasih tau nomer rekeningnya doank) bisa ga?

  33. saya mau tanya .saya barusan mau ambil uang di atm tp sandi sudah di ubah dan sya lupa hingga 5 kali .kalau bawa ke kantor bri bawa atm nya saja bisa nggk .soalnya buku tabungan dibawa ibu saya yg berada di luar kota

  34. atm kk sya ke blokir kk sya tinggal di balikpapan bikinya dlu pkek KTP ISTRINYA,tp skrg istrinya ada jawa KTP nya di bawa…gmn cara ngurusnya gan?

    • bikin pakai KTP istrinya berarti rekening tersebut atas nama istri kakak ya? yang diperbolehkan mengurus adalah pemilik rekening tersebut

  35. Kak, atm bri saya udh lama ga dipakai,td pas mau kirim sempet yg pegang suami trs salah pin,tp pas q yg mau transfer tetep ada tulisan salah pin,padahal q yakin pinnya bener itu …apa atm q keblokir kak ?

    • tanyakan ke suami apakah salahnya sudah lebih 3 kali? kalau iya, berarti memang sudah terlanjur terblokir

  36. Kartu atm saya terblokir, saya baru saja lulus SMK, kartu pelajar hilang dan saya blm punya KTP, kartu identitas apa yang bisa saya gunakan min? Terima kasih.

    • saran saya bikin KTP dulu. setelah itu datang ke kantor cabang sambil bawa KTP, buku tabungan, dan kartu ATM yang terblokir itu. Saya kira jika rekening tersebut terbukti punya Mbak May, pihak bank pasti akan bantu

  37. atm saya ke blokir terus bagaimana yahh?????
    tapi atm saya atm junior jadi kalo benerin harus orang tua atau anaknya tapi namanya ada di buku rekening saya itu bisa gak gan ??????

    • Umur berapa, Mbak Adelina?
      Kalau masih anak-anak, biasanya harus didampingi orang tua

  38. Min kan bapak saya ngirim uang dri jakarta,
    Tros kami gak tau kalo ATM nya udah keblokir, dn buku tabungan nya ilang, kira2 gimana ya buat ngambil uangnya lagi?

  39. Kartu atm saya terblokir. Tp buku bank saya sudh hilang. Bagaimana cara nya

    • karena buku tabungan hilang, maka harus membawa surat kehilangan dari polisi.
      Namun, untuk sekarang ini sepertinya bisa tanpa surat tersebut (contohnya di BCA).
      Jadi, tanyakan saja dulu ke pihak banknya langsung. Tanyanya bisa melalui twitter atau facebook.

  40. Mind kalau ngurusnya di luar kota bisa ngak.? Pin saya salah 3 kali.. Mohon balas

  41. Min atm saya keblokir karna salah masukin pin ,pas bikin atm saya d Cianjur dan posisi skrng di indramayu kira” klo d perbaiki d cabang indramayu bisa gk ya ??

  42. Kak mau tanya, kalo misalnya kita masukin pin salah 2x terus gadicoba lagi karena takut terblokir. Nah itu jangka waktunya sampe kapan ya biar kita bisa coba lagi atau biar sudah ke reset salah pin yg sebelumnya ?

  43. atm bri saya sudah saya blokir, krn saya rasa dompetku hilang..
    misal ke cs untuk meminta dibuatkan atm yg baru. kira2 ada biaya pembuatan tdk??
    terimakasih

    • Bikin kartu ATM baru dikenakan biaya. Kalau tidak salah kurang dari 25 ribu rupiah

  44. atm saya padahal gak pernah salah pin.. koq bisa keblokir ya kata nya limit pin anda sudah melampui batas.. padahal ATM saya yg pegang.. g ada yg pernah make.. ada solusi gak ya..

    • padahal ATM gak ada yg pegang.. hanya saya yg pegang.. kemaren masih bisa.. koq sekarabg pin anda salah sudah melampai batas??? apa ada yg salah???

    • kemungikan yang terjadi bapak lupa PIN yang benar. oh ya, bapak punya berapa kartu ATM? bisa jadi tertukar

    • sudah melampui batas berarti sudah terlanjur keblokir. untuk mengurusnya, silakan datang ke kantor cabang terdekat

  45. Min saya kan pake ATM bapak saya, trus pinnya keblokir sama saya ternyata bapak saya salah ngsih pinnya, itu pin ATM dia satunya lagi, buku tabungannya sama bapak saya, trus ntar kalo bapak saya mau ngurus bisa tanpa ATM gak min? Soalnya saya jauh dari bapak saya, pin lamanya masih ingat kok min, mohon bantuannya terimaksaih

  46. gan kalo misalnya saya mau ngurus atm keblokir tapi pake surat kehilangan KTP sama buku tabungan bisa gak y. ( KTP hilang belum bikin)

    • Syarat utamnaya buku tabungan dan e-KTP. untuk surat kehilangan, sebagian bank ada yang tidak mengharuskan. Kalau tanpa syarat utama, akan susah, Pak Wahyu

  47. pin udah di ganti sesuai perintah layar.tpi kenapa malah gak bisa di pakai atm saya.di layar bertuliskan waktu habis

  48. Mantap bget ulasan nya…
    Pas bget dgn yg sya alami skg.
    Atm terblokir, tpi sya sdg berada d luar negri. Dan masih lma untuk plang…
    Apakah bisa d lakukan oleh pihak kluarga untj mengurus ny..?
    Dan apabila atm yg terblokir itu harus d urus pemilik sndiri.. Apakah akn beresiko fatal jika pengurysan d lakukn jarak lama srlah trblokir..? Apakah uang sya yg ada d tabungan memungkinkan akn hilang..?
    Mhon pencerahan ny. Terima kasih

    • sejauh yang saya tau tidak bisa diwakilkan. Lama tidak diurus sepertinya tidak masalah. Uang pun akan tetap aman

  49. Kak, atm saya terblokir krn salah masukin pin 3x dan saya masih sibuk untuk mengurus blokirannnya. Apa ada batas waktu untuk mengurusnya?

  50. mas mau tanyak atm saya ada tulisan di layar pin salah telah melampaui batas kenapa yaa? kalo terblokir ngurus.nya cepet apa enggak maksud.nya kartu atm bisa di gunakan gk soal.nya mau ambil uang buat bayar kost

  51. Kak, mau tanya. Saya udah salah masukin pin 3x terus keblokir. Tapi sekarang udah ingat pinnya. Apa ada cara mengaktifkan tanpa ke bank? Melalui call centre? *terimakasih

  52. Mas atm saya ter blokir tidak saya urus selama 4 bulan karena buku tabungan di kampung halaman dan saya berada jauh di kapung halaman apakah masih bisa mengunakan ?

  53. pin saya terblokir oleh sodara saya tapi saya masih tau pin nya tolong bantu

  54. aku baru saja lupa pin. tapi cuma kebalik balik dan sekarang sudah ingat. apakah lewat call center bisa? bank BRI

  55. gan bisa bantu gak… kmarin saya mau cek saldo trus masukin pin.. pas saya msih ngetik layar atmnya pindah.. bukan karna saya salah masukin pin tapi programnya yang bikin pin salah.. padahal saya blum slesai ngisi pin malah layarnya lari pindah pindah. tolong bantu ya gan.

Comments are closed.