Cara Daftar dan Format SMS Banking BRI 3300
SMS banking via fortune.com

Cara Daftar dan Format SMS Banking BRI 3300

Posted on

Cara Daftar dan Format SMS Banking BRI 3300 – Hampir sama seperti bank lainnya di Indonesia. Meskipun syarat buka rekening bank BRI lebih gampang dan biaya administrasi bulanannya lebih murah dari bank BNI dan BCA, namun kalau soal layanan sebenarnya tidak jauh berbeda. Bank BRI juga memberikan layanan berupa SMS banking.

Guna atau manfaat layanan SMS banking BRI kita bisa transaksi entah itu transfer dana antar rekening atau antar bank, pembayaran, pembelian pulsa dan lain-lain ataupun hanya sekedar cek saldo. Fungsinya hampir mirip seperti mesin ATM. Apa yang bisa mesin ATM lakukan, SMS banking BRI juga bisa kecuali tarik/ambil uang tunai.

Silakan baca: Perbedaan kartu ATM, kartu debit dan kartu kredit.

Karena manfaatnya begitu banyak dan memudahkan kita, ada baiknya kita mendaftarkan rekening bank BRI kita biar bisa menikmati kemudahan-kemudahan yang ditawarkan. Sebenarnya sekarang, biasanya pendaftar rekening baru akan langsung ditawarkan fasilitas ini. Namun bila anda mendapatkan rekening BRI sudah lama dan belum sms banking, pendaftaran ini bisa dilakukan sekarang.

Cara Mendaftar SMS Banking BRI Dengan Mesin ATM

cara mendaftarkannya ada dua. Yang pertama bicara mendaftarkannya ada dua. Yang pertama bisa melalui mesin ATM dan yang kedua datang langsung ke kantor cabang BRI terdekat. Kalau ada waktu, saya sarankan anda memilih cara kedua karena layanan SMS Banking yang di dapat nanti bisa sekaligus untuk transfer dana. Sedangkan yang daftarnya pakai mesin ATM cuma bisa cek saldo, pembelian pulsa, dan sebagainya. Untuk bisa mentransfer dana (transaksi finansial) ujung-ujungnya anda diharuskan untuk mendatangi bank BRI untuk proses pengaktifan.

Namun bila anda tidak punya waktu luang dan butuh SMS Banking BRInya cuma buat sekedar cek saldo dan pembelian pulsa, tidak ada salahnya untuk coba mendaftarnya dengan memanfaatkan mesin ATM yang jumlahnya lebih banyak dari banknya sendiri dan tentunya lebih bisa melayani kita selama 24 jam. Caranya sebagai berikut.

  1. Masukkan Kartu ATM BRI. Setelah masukan PIN yang benar akan muncul beberapa menu. Pilihlah menu transaksi lainnya.
  2. Setelah itu pilih lagi pendaftaran e-banking, kemudian pilih SMS Banking.
  3. Kemudian masukkan Nomor Handphone Anda, kemudian buat PIN SMS Banking Anda. PINnya adalah 6 digit angka.
  4. Ikuti petunjuk selanjutnya sampai selesai. Jika berhsil nanti di struk ATM ada pesannya bahwa pendaftaran SMS Banking Berhasil.
  5. Selesai.

Sudah itu saja. Sejak saat itu pula nomor handphone anda sudah terdaftar sebagai SMS banking BRI dan siap digunakan. Seperti yang sudah uangindonesia.com di atas tuliskan, untuk bisa menikmati semua layanan ini ada baiknya kalau ada waktu datang ke kantor cabang terdekat. Di petugas bank bagian CS bukan teller, katakan saja maksud anda yaitu untuk pendaftaran SMS banking.

Format SMS yang Harus Diketik Saat Menggunakan SMS Banking BRI

Setelah nomor handphone anda terdaftar maka nomor tersebut sudah bisa mengoperasikan/membuat perintah sesuai keinginan dan kebutuhan kita, namun harus dengan format sms yang benar. Yup, SMS Banking bekerja dengan cara mengirimkan sms (yang isinya format perintah) ke nomor tertentu, dalam hal ini nomor SMS Banking BRI adalah 3300. Misalnya anda mengirim format “cek saldo”, nanti setelah terkirim anda akan mendapatkan sms balasan yang isinya info saldo anda. Kira-kira begitulah cara kerjanya.

Di bawah inilah format-format perintah SMS banking BRI lengkap

Cek Saldo
Ketik: SALDO PIN
Contoh: SALDO 123456

Transfer Antar Rekening BRI
Ketik: TRANSFER BRI(No.Rek tujuan) Nominal PIN
Contoh: TRANSFER BRI1234567890 50000 123456

Transfer Antar Bank
Ketik: TRANSFER KodeBank+No.Rek Nominal PIN
Contoh: Transfer 50.000 ke BCA, kode BCA:014, maka penulisannya menjadi: TRANSFER 0140123456789 50000 123456

Silakan baca: Daftar kode bank seluruh Indonesia.

Beli / Isi Pulsa
Ketik: PULSA No.HP Nominal PIN
Contoh: PULSA 08123456789 50000 123456

Ganti PIN SMS BRI
Ketik: PIN [PIN SMS BRI Baru] [PIN SMS BRI Lama]
Contoh: PIN 123456 654321

Informasi Transaksi
Ketik: HELP

Nomor sms tujuan SMS banking BRI adalah 3300

Tambahan:
Oke saya kira sudah cukup lengkap tulisan ini yang membahas tentang cara daftar dan format sms banking BRI. Hal yang perlu diketahui adalah karena layanan ini melibatkan operator dan sms, maka ada biaya pulsa yang harus dikeluarkan. Besarnya sekitar Rp550,00 atau tergantung masing-masing kartu selular anda. Sebenarnya selain SMS bangking, ada M-banking (silakan baca: Perbedaan SMS banking dengan M-banking/mobile banking) dan Internet banking. Dari ketiganya, menurut saya yang paling hemat adalah internet banking karena asal kita punya koneksi internet kita tidak perlu bayar tambahan pulsa. Semoga kapan-kapan saya punya waktu untuk membahasnya

Gravatar Image
Konten dilindungi DMCA

8 thoughts on “Cara Daftar dan Format SMS Banking BRI 3300

  1. makasih infonya mas.. tadinya saya dah khawatir karena salah kirim sms akhirnya segera saya ganti pin sms banking saya,,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *