Mata uang tugrik Mongolia dari sejarah, simbol, gambar, dan kurs
The Bogd Khan Palace via mongolia-trips.com

Mata uang tugrik Mongolia dari sejarah, simbol, gambar, dan kurs

Posted on

Salah satu alasan yang membuat uangindonesia.com tertarik membahas mata uang tugrik Mongolia adalah ada satu versi yang berpendapat sejarah nama mata uang negara kita, rupiah, berasal dari bahasa Mongolia. Tepatnya kata rupia, tanpa huruf h, dan berarti perak.

Menurutnya, saat Mongolia dipimpin Genghis Khan dilanjutkan Timur Leng dan Kubilai Khan, melakukan invasi sampai ke negara-negara selatan. Di antaranya India, Afghanistan, dan Pakistan, serta negara utara, bahkan Rusia, dan sebagian Eropa. Ini menyebabkan nama rupia menyebar hingga ke nusantara karena sejak dulu bangsa kita sudah melakukan perdagangan dengan negara-negara bekas jajahan Mongolia itu.

Tapi, meskipun Mongolia mengenalkan nama rupia secara luas, uniknya mata uang negara beribu kota Ulan Bator ini bukanlah rupia, melainkan tugrik. Kok bisa? Ya bisa saja, dan hal ini lumrah terjadi. Contoh lainnya peso, yang mengenalkannya Spanyol. Tapi Spanyol sendiri saat ini masuk eurozone alias kawasan negara pengguna mata uang euro.

Jadi kalau kita mau bahas mata uang Mongolia, yang akan dibahas adalah tugrik ini.

Sejarah dan asal-usul mata uang tugrik Mongolia

Tugrik atau dikenal juga tögrög menjadi mata uang resmi negara Mongolia sejak 9 Desember 1925 menggantikan uang dolar Mongolia. Dalam bahasa Mongol, tugrik ditulis төгрөг.

Kata tögrög (төгрөг) sendiri artinya lingkaran atau benda yang berbentuk bundar, seperti misalnya koin. Sekarang, kata ini sudah jarang untuk menyebut benda yang berbentuk lingkaran kecuali
төгрөг сар atau bulan purnama.

Saat awal dikenalkan, tugrik nilainya setara dengan rubel Soviet. Waktu itu satu rubel Soviet sama dengan perak seberat 18 gram. Secara otomatis, satu tugrik juga sama segitu.

Simbol mata uang tugrik negara Mongolia

Simbol atau lambang untuk uang tugrik Mongolia iyalah ₮. Penggunaannya disisipkan di depan angka sebagai tanda bahwa angka tersebut merupakan jumlah uang atau harga barang.

Bingung bagaimana cara mengetik tanda mata uang tersebut dengan keyboard? Umumnya kita tidak bisa menemukan tombol karakter itu di papan ketik kita. Tapi kita bisa mengakalinya dengan unicode U+20AE. Kalau tetap tidak bisa, copy paste saja.

Kode ISO 4217 mata uang tugrik Mongolia

Mata uang negara Mongolia memiliki kode ISO 4217 MNT. Belum tau apa fungsi pengodean tiga huruf kapital seperti ini? Gunanya hampir sama dengan simbol mata di atas, yaitu untuk mendefinisikan mata uang negara.

Tapi dalam bidang bisnis dan perbankan internasional, sistem kode ISO 4217 lebih banyak digunakan. Hal ini dikarenakan penggunaan simbol mata uang banyak kelemahannya: susah diketik dan beberapa negara memiliki simbol uang yang kembar sehingga menimbulkan kekeliruan.

Baca juga: Pengertian kode ISO 4217 dan alasan mengapa rupiah disingkat IDR

Denominasi atau pecahan-pechan yang tersedia pada mata uang tugrik Mongolia

Mata uang negara Mongolia dicetak seperti pada umumnya uang negara lain, terdiri dari uang kertas dan logam/koin. Uang kertas memiliki nominal lebih besar dibanding uang koin. Karena inflasi, uang koin Mongolia dengan nominal 1, 2, 5, 10, 15, 20, 50 möngö, dan 1 tögrög sudah jarang dipakai. Umumnya hanya untuk dikoleksi saja. Lalu dicetaklah uang koin lainnya dengan nilai yang lebih besar.

Secara keseluruhan, berikut tabel denominasi mata uang negara Mongolia.

 Pecahan uang logam tugrik Mongolia Pecahan uang kertas tugrik Mongolia
 1, 2, 5, 10, 15, 20, 50 möngö, dan 1 tugrik (tidak dipakai)

20, 50, 100, 200, 500 tugrik (dalam peredaran)

 1, 5 tugrik (tidak dipakai)

10, 20, 50, 100, 500, 1000, 5000, 10,000, 20,000 tugrik (dalam peredaran)

Oh ya, möngö (мөнгө) adalah satuan kecil yang nilainya di bawah tugrik ( 1 tugrik = 100 möngö). Dan bank sentral negara ini adalah Bank of Mongolia.

Keunikan mata uang tugrik negara Mongolia

Pada awal dikenalkannya, tugrik Mongolia tidak hanya disetarakan nilainya dengan rubel Soviet, tapi juga termasuk denominasi dan desain warnanya (mirip seperti uang Kina Papua Nugini yang meniru skema warna dolar Australia).

  • 1 tugrik: coklat
  • 3 tugrik: hijau
  • 5 tugrik: biru
  • 10 tugrik: hijau
  • 20 tugrik: merah
  • 25 tugrik: ungu
  • 50 tugrik: hijau
  • 100 tugrik: coklat

Uang-uang di atas dicetak oleh Uni Soviet. Tapi untuk uang tugrik terbitan baru, umumnya dicetak oleh Britania Raya.

Gambar mata uang tugrik Mongolia

Biar pembaca yang mata duitan tidak ngantuk setelah panjang lebar ngomongi sejarah, asal-usul kata, simbol, kode iSO 4217, denominasi, dan keunikan mata uang tugrik negara Mongolia, berikut saya tampilkan gambar uangnya.

gambar mata uang tugrik mongolia kertas

mata uang tugrik mongolia logam atau koin

Baca juga: Daftar idiom atau ungkapan yang mengandung kata uang

Harga kurs mata uang tugrik Mongolia

Belum lengkap rasanya kalau bahas mata uang asing tidak hitung nilai tukarnya.

  • 1 tugrik Mongolia berapa rupiah?
  • 1 USD berapa tugrik Mongolia?

Untuk menghitung harga kurs, langsung saja kita menuju situs konversi mata uang online andalan saya, https://finance.yahoo.com/currency-converter/. Berdasarkan situs tersebut saat tulisan ini dibuat, 1 tugrik Mongolia nila tukarnya setara dengan 6,91 rupiah. Sedangkan dari dolar AS ke mata uang tugrik Mongolia menampilkan hasil ₮1.938,5.

Gravatar Image
Konten dilindungi DMCA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *