Gambar uang dolar Australia dan penjelasan foto tokohnya
Tokoh-tokoh pada uang Australia via 99percentinvisible.org

Gambar uang dolar Australia dan penjelasan foto tokohnya

Posted on

Mata uang negara Papua Nugini beda dengan Australia. Uang Papua Nugini bernama kina, sedangkan Australia dolar. Tapi tahukah anda bahwa skema warna uang kertas kina mengikuti warna gambar uang dolar Australia? Misal 2 dolar Australia berwarna hijau, maka 2 kina pun berwarna hijau. 5 dolar Australia merah muda, 5 kina pun menyamainya. Nominal lainnya seperti 10, 20, 50, dan 100 juga begitu.

Mengapa bisa seperti itu? Mungkin karena gambar uang dolar Australia begitu bagus di mata orang Papua Nugini sehingga warnanya dicontek. Tapi bukan itu alasan utamanya. Alasan yang mendasarinya karena sebelum menggunakan kina, warga negara Papua Nugini sempat memakai dolar Australia untuk transaksi jual dan beli sehari-hari.

Bila tidak percaya, silakan baca: Mengenal mata uang kina Papua Nugini dan gambarnya

Tapi perlu diketahui yang sama hanya skema warnanya saja. Soal corak dan foto tokoh yang termuat di gambarnya beda. Karena untuk membahas keduanya dijadikan satu lumayan panjang, maka biar lebih gampang uangindonesia.com bahas satu per satu saja. Hmm, yang mana dulu nih? Entahlah saat ini saya lebih pilih gambar uang dolar Australia untuk dijadikan urutan pertama.

Gambar uang dolar Australia dan penjelasan foto tokohnya

Berdasarkan artikel kemarin yang berjudul Mengenal mata uang dolar Australia, denominasi atau pecahan-pecahan uang kertas Negeri Kanguru ini memiliki 6 nominal. Yaitu 2, 5, 10, 20, 50, dan 100 dolar. Sama seperti mata uang kita yang sebagian besar ada foto tokoh pahlawannya, dolar Aussie juga begitu.

Baca juga: 5 desain cantik pada uang kertas rupiah Indonesia tempo dulu

Gambar uang 2 dolar Australia

Gambar uang dolar Australia dan penjelasan foto tokohnya

Warna uang kertas dolar Australia nominal terkecil ini hijau dan sedikit kuning. Bagian depan bergambar Jhon Macarthur di samping domba, dan depannya William Farrer dan gandum. Uang dengan ukuran 152 x 76 mm ini didesain oleh Gordon Andrews dan dicetak pada 1966-1988.

Saat ini uang ini tidak bersirkulasi lagi alias sudah dicabut dari peredaran digantikan oleh uang coin yang berwarna emas. Meskipun begitu, alat pembayaran yang ada watermark bergambar James Cook ini di kalangan numismatik justru berharga mahal.

Gambar uang 5 dolar Australia

Gambar uang dolar Australia dan penjelasan foto tokohnya

Warna dasar uang ini merah muda. Bagian depan menampilkan foto Ratu Elizabeth II dan belakangnya Gedung Parlemen Canberra. Dengan ukuran 130 x 65 mm dan bahan polimer ini didesain oleh Bruce Stewart.

Gambar uang 10 dolar Australia

Gambar uang dolar Australia dan penjelasan foto tokohnya

Warna dasar uang Australia dengan nominal 10 dolar ini biru. Bagian depan menampilkan foto seorang pengarang, jurnalis, penyair dan juru kampanye untuk reformasi sosial, Dame Mary Gilmore. Sedangkan dibaliknya ada gambar
Andrew Barton Paterson seorang penyair, penggubah lagu dan jurnalis. Dia menulis dengan nama penanya
‘Banjo’ Paterson dan dikenang untuk ‘Waltzing Matilda’, lagu rakyat yang paling populer di Australia.

Ukuran uang pecahan 10 dolar ini 137 x 65 mm dan didesain oleh Max Robinson (desainer) pada tahun 1993. Kemudian dicetak pada 1993–94, 1996–98, 2002–03, 2006–2008, 2012–2013.

Gambar uang 20 dolar Australia

Gambar uang dolar Australia dan penjelasan foto tokohnya

Warna dasar uang Australia dengan nominal 20 dolar ini merah cerah. Berbahan polimer dan didesain oleh Garry Emery tahun 1994 lalu dicetak pada 1994–1998, 2002–2003, 2005–2008, 2010, 2013.

Bagian depan menampilkan foto Pendeta John Flynn. Ia melakukan pelayanan dengan penerbangan pertama di dunia (Royal Flying Doctor Service of Australia). Fotonya diabadikan di lembaran uang lantaran jasanya menyelamatkan banyak jiwa dengan penerbangan tersebut ke daerah-daerah terpencil di Australia.

Sisi lain uang yang berukuran 144 x 65 mm ini menampilkan foto Mary Reibey. Ia adalah seorang wanita perintis usaha di koloni New South Wales yang hidup di tahun 1777 – 1855. Setiba di Australia sebagai nara pidana remaja, ia menjadi seorang tokoh yang sangat di segani masyarakat.

Gambar uang 50 dolar Australia

Gambar uang dolar Australia dan penjelasan foto tokohnya

Uang dengan warna dasar kuning dan ukuran panjang 151 mm dan lebar 65 mm ini didesain oleh Brian Sadgrove pada 4 Oktober 1995. Berbahan polimer dan dicetak pada 1995–99, 2003–13.

Sisi depan menampilkan foto tokoh Edith Cowan. Ia adalah seorang wanita pertama yang dipilih untuk Parlemen Australia. Kemudian sisi sebaliknya ada penulis, pidatowan, dan penemu yang bernama David Unaipon. Dirinya diabadikan di gambar uang Australia atas dasar kontribusinya pada sains dan kesusasteraan, dan juga meningkatkan kondisi orang-orang Aborigin

Gambar uang 100 dolar Australia

Gambar uang dolar Australia dan penjelasan foto tokohnya

Uang Australia dengan nilai tertinggi ini berwarna dasar hijau, ukuran panjang 158 mm dan lebar 65 mm. Desainernya sama seperti uang 5 dolar, Bruce Stewart. Berbahan polimer dan dicetak pada tahun 1996, 1998–99, 2008, 2010–11, 2013.

Sisi depan menampilkan foto Sir John Monash. Dia adalah seorang insinyur, administrator dan salah satu komando militer Australia terbesar. Dia dikenang untuk kepemimpinannya, kecerdasannya dan kepiawaian bicaranya.

Sisi belakangnya ada Dame Nellie Melba, seorang soprano yang termasyur di dunia. Dikenal di seluruh dunia sebagai ‘Queen of Song’ (Ratu Lagu), ia penyanyi Australia yang pertama yang termasyhur di dunia internasional.

Itulah gambar uang dolar Australia beserta penjelasan foto siapa saja yang termuat di situ. Semoga bermanfaat untuk menambah wawasan dan mendorong kita untuk berjasa pada negara masing-masing. Karena siapa tau suatu saat giliran foto kita yang diabadikan di alat pembayaran resmi negara seperti mereka, hehe.

Selanjutnya baca:

  1. Fakta gadis penenun pada uang 5 ribu rupiah
  2. Mata uang Jepang ini bergambar foto perempuan ‘biasa’.

Gravatar Image
Konten dilindungi DMCA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *