Asal Muasal Nama Rupiah Mata Uang Indonesia
Asal muasal nama rupiah via emangmantep.com

Asal muasal nama rupiah, mata uang Indonesia

Posted on

Meski hampir setiap hari memegangnya, ternyata banyak di antara kita yang belum mengetahui sejarah asal muasal nama rupiah. Beberapa bahkan justru tidak pernah terlintas dalam pikiran untuk menanyakan dan mencari tau jawabannya.

Saya sendiri dulu begitu. Faktanya memang tidak ada orang yang sampai dipenjara gara-gara tidak mengetahuinya. Namun, kalau mengaku cinta rupiah, lebih baik mulai sekarang kita coba mengenalnya lebih dekat lagi.

Pengertian rupiah

Rupiah adalah nama mata uang resmi Negara Republik Indonesia. Mata uang sendiri artinya satuan harga uang suatu negara. Dan rupiah dicetak dan diatur penggunaannya oleh Bank Indonesia dengan kode ISO 4217 IDR.

Meskipun sudah resmi untuk bangsa Indonesia, tetapi pada masyarakat khususnya zaman ibu dan nenek, secara informal mereka seringkali menyebutnya “perak”. Nilai perak sendiri adalah 1 rupiah dibagi menjadi 100 sen.

Sejarah asal muasal mengapa disebut rupiah

Meski banyak yang mengaitkan dengan rupee (mata uang India), nama rupiah sendiri sebenarnya diambil dari bahasa Mongolia, yaitu rupia. Rupia dalam bahasa Mongolia berarti perak. Kita tau bahwa sejarah uang zaman dulu menggunakan bahan emas dan perak.

Mata uang India atau rupee artinya perak juga. Namun, baik Indonesia maupun India sama-sama mengambil dari bahasa Mongolia. Jadi, rupiah bukan turunan dari rupee. Bisa dibilang keduanya setara dalam bahasa.

Oh ya, dalam bahasa Mongolia, rupia tanpa huruf “h”. Sedangkan rupiah mendapat akhiran huruf “h” karena pelafalan asli orang Indonesia, khususnya Jawa yang lebih gampang begitu.

ORI atau Oeang Republik Indonesia

Indonesia pada awal-awal Kemerdekaan belum menggunakan mata uang resmi rupiah. Negara kita pada waktu itu pakainya ORI alias Oeang Repoeblik Indonesia. Penggunaannya berlangsung dari tahun 1945 sampai 1949. Namun, baru sah diresmikan pemerintah sejak 30 Oktober 1946.

ORI dicetak oleh Percetakan Canisius dengan bentuk dan desain sangat sederhana. Akan tetapi sudah memiliki pengaman serat halus. Pada masanya, ORI merupakan mata uang yang memiliki nilai sangat rendah bila dibandingkan dengan uang keluaran De Javasche Bank. Padahal ORI uang langka yang seharusnya bernilai tinggi.

Percetakan ORI hanya ada di Yogyakarta. Namun, penggunaanya cukup luas pada masyarakat. Peredarannya memang hanya bertahan empat tahun, tetapi ORI setidaknya pernah dicetak sebanyak lima kali.

Tanggal diresmikan rupiah sebagai mata uang RI

Jadi kapan tanggal diresmiksn rupiah sebagai mata uang Indonesia? Jawabannya adalah 2 November 1949 (empat tahun setelah merdeka) setelah sebelumnya pada 8 April 1947, gubernur Provinsi Sumatera mengeluarkan rupiah Uang Republik Indonesia Provinsi Sumatera (URIPS).

Meskipun pada saat itu rupiah sudah diresmikan secara nasional, tetapi Kepulauan Riau dan Irian Barat mempunyai variasi rupiah sendiri. Baru pada tahun 1964, penggunaannya dihapuskan di Riau dan 1974 di Irian Barat.

Satuan nilai di bawah rupiah

Pada artikel sebelumnya sudah dijelaskan salah satu syarat benda agar bisa digunakan sebagai uang adalah harus ada pecahan nilainya. Dan berikut beberapa nama satuan pecahan-pecahan yang nilainya di bawah rupiah.

  1. Sen (¢) = Rp0,01
  2. Cepeng/Hepeng = 0,25¢ dipakai kalangan Tionghoa
  3. Peser = 0,50¢
  4. Pincang = 1,50¢
  5. Gobang/Benggol = 2,50¢Ketip/Kelip = Rp0,05
  6. Picis = Rp0,10
  7. Tali = Rp0,25
  8. Uang = 8,33¢

Sedangkan kalau satuan yang nilainya di atas rupiah ada dua:

  1. Ringgit = Rp2,50
  2. Kupang = Rp1,25

Pada masa awal Kemerdekaan, nilai rupiah setara dengan Gulden Hindia Belanda. Untuk sekarang karena nilai terus turun (inflasi), satuan-satuan di atas sudah tidak digunakan lagi karena terasa sangat kecil. Namun, dalam soal penulisan, nilai-nilai tersebut masih berpengaruh sampai sekarang.

Baca juga: Cara Menulis Rupiah Rp yang Baik dan Benar Sesuai EYD

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang sejarah asal muasal mengapa nama mata uang Indonesia disebut rupiah. Saya kira sudah cukup lengkap karena disertakan juga soal ORI, nilai-nilai satuan di atas dan bawahnya. Jangan lupa baca post lainnya di bawah ini.

Gravatar Image
Konten dilindungi DMCA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *