orang terkaya di dunia tahun 2017 versi Forbes terbaru
orang terkaya di dunia tahun 2017 versi Forbes terbaru

10 orang terkaya di dunia tahun 2017 versi Forbes terbaru

Posted on

Ingin tau siapa orang paling kaya sedunia? Yang saya bingung, setelah tau mau ngapain. Akan menculik dan menyandera anak bontotnya lalu minta tebusan? Atau menggoda biar jadi simpanannya? Bagi penggila uang seperti saya, mungkin hanya penasaran saja sambil berkhayal suatu saat dapat menggeser posisinya. Dan buat sebagian yang masih bisa berpikir, mungkin sekadar penasaran apa pekerjaan mereka hingga dapat meraih predikat tersebut.

Setelah saya perhatikan, sebagian dari sepuluh orang paling kaya di dunia tiap tahun urutannya gonta-ganti. Posisinya yang berubah, orang-orangnya tetap itu-itu saja. Hanya beberapa saja yang baru masuk sepuluh besar. Dan untuk yang nomor satu di tahun 2017, masih ditempati oleh orang yang sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Siapakah dia? Pasti Anda sudah kenal. Dia tidak bukan dan tidak lain adalah Bill Gates.

Baca juga: Kumpulan kata-kata bijak Bill Gates dalam bahasa Inggris dan Indonesia

Mungkin sebagian pembaca ada yang penasaran bagaimana saya bisa tau nama-nama orang terkaya di dunia ini. Untuk urusan begini, pakai rujukannya Forbes, salah satu majalah bisnis Amerika yang suka kepo harta si A segini, si B segitu, dst.. Apakah nama Anda pernah tertulis di majalah ini? Saya dalam mimpi pun tidak, apalagi di dunia nyata? Hikz…

Siapakah 10 orang terkaya di dunia tahun 2017 versi majalah Forbes?

Daripada terus berkhayal, baiklah, langsung saja saya berikan daftar orang paling kaya sejagat planet Bumi ini. Data ini diambil berdasarkan majalah Forbes yang dirilis sekitar sebulan yang lalu. Dilihat dari waktunya, seperti biasa, info di uangindonesia.com selalu telat. Setiap menerbitkan berita selalu yang sudah basi (admin stres, kewalahan urus blog sendirian).

1. Bill Gates

Kalau Anda belanja di Indomaret atau makan di restoran, biasanya akan mendapat kertas bill berisi jumlah tagihan yang harus dibayar. Sedangkan Gates, barusan saya cek pada kamus artinya gerbang. Jadi Bill Gates kalau disatukan artinya gerbang tagihan. Sepertinya ini bisa jadi inspirasi sewaktu memberikan anak nama. Siapa tau kalau sudah besar kelak menjadi orang terkaya sedunia.

Hehe, di atas saya mengarang saja. Yang jelas nama lahir beliau adalah William Henry Gates III. Pria kelahiran 28 Oktober 1956 di Seattle, Washington, Amerika Serikat ini terkenal sebagai pendiri Microsoft. Bisa menempati posisi terkaya di dunia tahun 2017 karena memiliki kekayaan sebesar US$ 81 miliar atau setara Rp1.081 triliun (kurs US$ 1 = Rp13.350,00). Selisih sedikitlah dengan jumlah uang cash saya yang tersimpan di bawah bantal.

2. Warren Buffett

Dibanding nomor lima di bawah, buat saya nama Warren Edward Buffet tidaklah lebih terkenal. Akan tetapi, karena dia sukses meraih posisi kedua sebagai orang terkaya di dunia, jadi saya pura-pura kenal saja. Semoga beliau dengar, senang hati, lalu menampar saya pakai segepok dolar akibat kekurangajaran saya.

Meskipun namanya Buffett, tetapi dia bukanlah tukang kayu pengrajin lemari hias yang tiap hari kerjaannya mengamplas. Ia menjadi orang tajir kedua sejagat lebih tepatnya berkat Berkshire Hathaway, sebuah perusahaan yang bergerak  pada bidang asuransi. Berdasarkan info dari Forbes, keseluruhan kekayaannya mencapai total US$75,6 miliar atau setara Rp1.007,28 triliun.

3. Jeff Bezos

Tau amazon.com? Ya, sebuah situs jual beli yang hampir seluruh dunia mengenalnya. Nah, pemiliknya yang bernama Jeff Bezos dengan total kekayaan yang diberitakan sebesar US$72,8 miliar atau setara Rp971,31 triliun ini berhasil menduduki urutan orang terkaya ketiga di dunia. Padahal posisi ini seharusnya punya saya. Namun tidak apa-apa, untuk tahun ini saya ikhlaskan saja dulu.

Karena bukan orang tipe kepo, maka saya tidak begitu tau apakah harta dia seluruhnya dari amazon.com atau ada sumber lain. Saya curiganya dia juga pemilik salah satu sungai terbesar di bumi ini, amazon (namanya sama sih). Dengan begitu dia bisa memancing tiap hari dan menjual ikannya ke pasar buat menambah sumber pundi-pundi pemasukan.

4. Amancio Ortega

Orang-orang terkaya di atas warga Amerika semua. Namun, tidak untuk yang satu ini. Tepatnya dia berasal dari Spanyol. Jadi, dengan begini secara otomatis dia menjadi orang paling kaya nomor satu di Benua Eropa. Siapakah dia? Dia bernama Amancio Ortega Gaona.

Sampai saat ini rumah Amancio tetap berada di Negeri Matador itu. Saya kurang tau dekat bantaran sungai apa; apakah dalam waktu dekat akan kena gusur atau tidak. Nanti malamlah akan saya coba tanyakan. Bagaimana caranya? Seminggu yang lalu dia kirim pesan ke saya lewat Whatsapp. Hanya saja saya belum sempat membalas. Sudah dari dulu watak saya memang begini, bukan berarti dia kaya maka segala urusannya saya dahulukan.

Apalagi ya? Saya sudah kehabisan stok kata untuk menjatuhkan Bapak kelahiran 28 Maret 1936 itu. Yang jelas, semakin menjelek-jelekan semakin terlihat siriknya saya kepada pemilik total kekayaan US$71,3 miliar atau setara Rp951,3 triliun yang konon sumbernya dari Zara, perusahan tekstil itu.

5. Mark Zuckerberg

Salah satu orang terkaya sedunia yang satu ini sih bocah alay yang cuma mainan media sosial juga kenal. Mau bagaimana lagi, Mark Elliot Zuckerberg memang pencipta Facebook, pemilik Instagram, Whatsapp, dll.. Dan dari situs ini juga dia memperoleh kekayaannya. Bagi yang penasaran bagaimana bisa Facebook menghasilkan uang padahal penggunanya bikin akun sebanyak apapun tetap gratis, artikel berjudul Cara Facebook memperoleh penghasilan ini mudah-mudahan bisa menjawab.

Saat tahun 2015, Mark belum masuk sepuluh besar orang terkaya di dunia. Tahun berada posisi ke-5. Jadi, belum afdol rasanya kalau saya belum menjelek-jelekkannya sama seperti miliarder-miliarder di atas. Akan tetapi apa? Haruskah saya bilang dia buta warna, ras Yahudi, dulu ateis dan baru kemarin-kemarin menyatakan agama penting? Duh, hidup saya kok begini amat!

6. Carlos Slim

Baiklah, kepada orang terkaya keenam sampai selanjutnya tidak akan saya jelek-jelekkan. Kasihan juga mereka, sudah kayanya tidak masuk lima besar, eh harus dihina-hina juga #songong. Terus, siapa dong orang yang menduduki peringkat ini? Dia bernama Carlos Slim Helu, asal Meksiko. Data menurut Forbes, kekayaannya mencapai US$54,5 miliar atau setara Rp727,20 triliun.

Dari mana dia mendapatkan harta sebanyak itu? Jawabannya dari usaha bisnis pada bidang telekomunikasi. Oh ya, Miliarder kelahiran 20 Januari 1940 ini memang sudah diajari bisnis sejak usia muda oleh ayahnya. Bahkan saat umur 12 tahun sudah belajar tentang bisnis saham dengan membeli stock di Bank Meksiko.

7. Larry Ellison

Tahun 2017, orang bernama Larry Ellison ini memiliki harta sebanyak 52,2 miliar dolar AS atau setara Rp696 triliun. Dipertimbangkan berdasarkan jumlahnya, maka pantas saja dia menempati urutan ketujuh orang terkaya di dunia. Dia mempunyai uang sebanyak itu dari keuntungan mendirikan Oracle. Sudah tau dong Oracle apa? Iyalah perusahan teknologi yang bergerak pada bidang perangkat lunak. Saat ini Oracle memperluas usahanya dengan menyasar pangsa pasar Cloud Computing juga.

8. Charles Koch

Karena sudah mulai lelah mengetik, maka sekarang saya tulis singkat-singkat saja. Lagian memang lebih baik membaca tulisan singkat dan yang penting padat berisi, daripada panjang tetapi sama sekali tidak jelas seperti di atas tadi.

  • Kekayaan: US$ 48,3 miliar setara Rp 644,44 triliun
  • Usia: 81 tahun
  • Sumber kekayaan: Koch Industries dan bermacam-macam

9. David Koch

  • Kekayaan: US$ 48,3 miliar setara Rp 644,44 triliun
  • Usia: 76 tahun
  • Sumber kekayaan: Koch Industries dan bermacam-macam

10. Michael Bloomberg

  • Kekayaan: US$ 47,5 miliar setara Rp 632,8 triliun (kurs Rp 13.323/US$)
  • Usia: 75 tahun
  • Sumber kekayaan: Bloomberg

Itulah daftar sepuluh orang terkaya di dunia untuk tahun sekarang, 2017. Semoga tahun 2018 depan Anda bisa menepati urutan dua, tiga, atau berapa pun terserah. Silakan tinggal pilih dan setelah itu menghubungi Forbes untuk minta pengertiannya mencantumkan nama Anda. Asal jangan pilih posisi kesatunya saja. Mengapa? Sudah saya pesan jauh-jauh hari!

Sekian, saya mau menghabiskan obat dulu. Sementara itu Anda boleh melanjutkan membaca 10 orang paling kaya di Indonesia.

Gravatar Image
Konten dilindungi DMCA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *