Sumber pendapatan wikipedia hanya dari donasi pengguna
Sumber pendapatan wikipedia

Sumber pendapatan Wikipedia hanya dari donasi pengguna?

Posted on

Mayoritas situs web di internet mengandalkan iklan sebagai sumber penghasilan utama atau sekadar tambahan. Terlebih jika situs tersebut bukan berupa toko online, melainkan portal berita atau informasi lain. Iklan-iklan biasanya ditempatkan di atas, tengah, bawah, dan/atau samping (sidebar).

Bagaimanakah dengan Wikipedia? Kalau kita browsing ke sana, seluruh lamannya terlihat bersih alias tidak ada satu pun slot iklan. Artinya, Wikipedia tidak “mencari” pemasukan dengan cara menayangkan iklan. Lalu, dengan cara apa dan dari mana ia memperoleh dana untuk biaya operasional, perawatan, atau lainnya?

Baca juga: Cara Facebook Memperoleh keuntungan dalam jumlah besar

Sekilas tentang Wikipedia

Sebelum uangindonesia.com memberitahukan kepada Anda dari mana Wikipedia memperoleh sumber pemasukan, ada baiknya kita kenali Wikipedia dulu. Di sini juga ada sedikit info jumlah penghasilan yang pernah ia peroleh. Ternyata totalnya sangat fantastis.

Wikipedia bisa dibilang sebagai ensiklopedia online. Salah satu situs terbaik ini dibangun secara bebas oleh siapa pun. Maksudnya, setiap orang diperbolehkan membuat atau sekadar menambahkan konten di sana. Namun, Wikipedia juga mempunyai karyawan yang tugasnya memoderasi. Jumlah pengguna yang telah berkontribusi terdaftar lebih dari 35 juta dari seluruh dunia.

Situs yang mendukung banyak bahasa—total sekira 285 bahasa—itu berada di bawah naungan perusahan Wikimedia. Pemrakarsanya adalah Jimmy Wales dan Larry Sanger, pada tahun 2001. Soal pendapatan, tahun 2010 ia memperoleh 16 juta dolar Amerika atau sekira 147 miliar rupiah (Helen A.S. Popkin, NBC News Technology).

Baca juga: Cara Twitter menghasilkan uang jutaan dolar

Cara situs web Wikipedia mendapatkan sumber penghasilan

Sumber pemasukan Wikipedia sebanyak itu bukan dari iklan, melainkan dari donasi para pengguna. Saya sendiri pernah mengunjungi halamannya beberapa waktu lalu, pada bagian atas artikel yang di situs lain biasanya terdapat iklan, di Wikipedia adanya tulisan “meminta” sumbangan seikhlasnya. Sifat permintaan itu tidak memaksa, karena Wikipedia memanglah web nonprofit.

Pendirinya, Jimmy Wales pernah mengungkapkan kalau saja setiap pengguna menyumbang $5, dalam waktu sehari terkumpul dana yang cukup untuk membiayai Wikipedia selama setahun ke depan. Namun, lagi-lagi Jimmy tidak mewajibkan. Dia hanya menerima seikhlasnya.

Agaknya tidak perlu ditanyakan mengapa pendapatan Wikipedia bisa sebanyak itu padahal sumbernya cuma dari donasi. Karena seperti kita ketahui, pengguna Wikipedia sangat banyak dari seluruh dunia. Bahkan jika berandai-andai dijual, harga situs Wikipedia diperkirakan lebih mahal daripada Facebook.

Itulah cara Wikipedia memperoleh sumber pendapatan. Kabarnya, Google memang tidak membayarnya. Namun, karena mesin pencari Google banyak terbantu olehnya, maka sebagai imbalan balas jasa mengistimewakan Wikipedia dengan cara menampilkan hasil pencariannya pada posisi paling atas.

(Admin, 12 Sept. 2015)

Selanjutnya baca: Dari sinilah sumber pendapatan browser Mozilla

Gravatar Image
Konten dilindungi DMCA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *