Mengenal nama mata uang negara Thailand baht
Grand Palace Thailand via govivigo.com

Mengenal nama mata uang negara Thailand baht

Posted on

Sebelum kita membahas mata uang negara Thailand yang bernama baht, saya ingin tanya dulu: Apakah setiap negara mempunyai nama mata uang sendiri-sendiri? Ternyata jawabannya tidak. Timor Leste, Ekuador, El Salvador, dan Zimbabwe menggunakan dolar, uang yang sama dipakai di negara Amerika Serikat sana. Namun Australia, Hongkong, Selandia Baru, Singapura, dan Taiwan, meskipun mata uangnya dolar tapi hanya namanya saja yang sama, nilai kurs dan kode ISO-nya beda.

Baca juga: Pengertian kode ISO dan mengapa rupiah disebut IDR

Untungnya negara yang terkenal sebagai negeri gajah putih ini tidak seperti itu. Thailand mempunyai mata uang sendiri, namanya Baht. Beda dengan nama mata uang negara lainnya. Jadi di sini uangindonesia.com bisa mengulasnya lebih detail mulai simbol, kode ISO, denominasi atau pecahan baik kertas maupun logam/koin, nilai kurs, dan keunikan uang yang hampir semuanya bergambar Raja Bhumibol Adulyadej ini.

Mengenal nama mata uang negara Thailand baht

Banyak orang yang salah menulis baht. Mereka keliru dengan bath. Padahal perbedaan arti keduanya sangat jauh. Kesalahan ini mungkin dikarenakan kode ISO mata uang Thailand adalah THB. TBH sendiri adalah singkatan dari Thailand Baht. Kalau ditulis menggunakan huruf Thailand, baht menjadi บาทไทย .

Secara resmi baht memang nama mata uang negara yang dulunya sempat bernama Siam. Namun meskipun begitu ada saja daerah di negara lain yang ikut menggunakan mata uang ini untuk transaksi sehari-hari. Daerah-daerah ini biasanya terletak di perbatasan negara. Dan negara lain yang ikut memakai baht secara tidak resmi contohnya negara Laos, Kamboja, dan Burma.

Sama seperti mata uang negara lainnya di dunia, baht juga mempunyai simbol atau lambang yang biasanya ditulis di depan nominal angkanya. Simbol mata uang negara umumnya terbentuk dari karakter khusus atau hanya berupa singkatan dari nama mata uang itu sendiri. Seperti misalnya $ untuk dolar dan Rp untuk rupiah. Meskipun berupa singkatan tapi tetap perlu diingat bahwa ini adalah simbol. Jadi penulisannya tidak perlu tanda titik (.) segala. Jadi contoh yang benar adalah Rp1.000.000,00, bukan Rp.1.000.0000,00.

Lebih lanjut mengenai hal ini silakan baca: Cara menulis Rp yang baik dan benar sesuai EYD

Eh kok jadi ngelantur bahas rupiah sih? Ya maklum saja saya orang Indonesia yang sangat cinta rupiah, hehe. Jadi apa nih lambang mata uang negara Thailand baht itu yang sebenarnya? Simbolnya adalah karakter khusus ฿. Saya tidak tau bagaimana cara mengetiknya dengan keyboard. Kalau Anda sama-sama tidak bisa tapi butuh, silakan saja copy paste di atas. Atau bisa dengan coba ketik U+0E3F. Kalau tetap gagal, coba lainnya Alt +0E3F.

Uang agar di sebuah negara bisa digunakan dengan baik pasti butuh badan yang bertanggung jawab atas peredarannya. Mulai dari penerbitan, mengatur peredaran agar sirkulasi lancar, sampai pencabutan bila mata uang tersebut sudah tidak layak pakai atau masa berlakunya habis. Pada uang baht hal ini diserahkan oleh Bank of Thailand selaku bank sentral. Ya kalau di Indonesia seperti Bank Indonesia (BI) lah.

Denominasi atau nilai-nilai yang terdapat pada pecahan pada mata uang negara Thailand kertas dan koin

Sepertinya hampir semua mata uang negara di dunia ini terbuat dari bahan kertas dan logam/koin. Begitu juga dengan uang milik negara yang terletak di Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah ini. Pun sama seperti rupiah kebanyakan, uang koin mayoritas bernominal kecil sedangkan kertas besar. Berikut inilah pembagian pecahan-pecahan itu.

 Uang kertas baht Thailand Uang koin baht Thailand
 ฿20, ฿50, ฿100, ฿500, dan ฿1.000 ฿0,01, ฿0,05, ฿0,10, ฿0,25, ฿0,50, ฿1, ฿2, ฿5, dan ฿10

Pada tabel uang koin di atas kita menemukan ada pecahan ฿0,01, apakah itu? Ingat kan dulu di Indonesia juga ada beginian, sebuah pecahan di bawah 1 rupiah? Nah di negara yang mempunyai nama lain Muang Thai ini juga sama. Bedanya, kalau di rupiah kita menyebutnya sen, di Thailand dinamakan satang. Tepatnya 1 baht sama dengan 100 satang.

Meskipun koin-koin uang Thailand bernilai satang termasuk resmi dan bisa digunakan sebagai alat pembayaran, bila Anda ingin membelanjakannya biasanya toko-toko kecil sudah tidak mau menerimanya.

Gambar mata uang negara Thailand baht

Setelah tau pecahan uang baht baik yang kertas maupun logam atau koin, sekarang pasti penasaran dong bagaimana fotonya. Nih saya kasih lihat penampakannya.

Gambar uang kertas baht Thailand

Bambar mata uang negara Thailand baht kertas

Foto uang koin kertas baht Thailand

foto mata uang thailand baht koin atau logam

Keunikan mata uang negara Thailand baht

Perhatikan deh gambar uang baht di atas. Pada salah satu sisinya bergambar Raja Bhumibol Adulyadej semua. Ini tentu menjadi ciri khas keunikan baht sendiri. Bandingkan saja deh dengan rupiah Indonesia, masing-masing nominal memiliki potret pahlawannya yang berbeda-beda. Bahkan pada nominal 5.000, cuma beda tahun emisi pun gambar pahlawannya lain (ada yang Sudirman, Teuku Umar, dan Tuanku Imam Bonjol).

Anda pasti penasaran siapakah Raja Bhumibol Adulyadej itu? Nama dan gelar lengkapnya adalah Paduka Yang Mulia Raja Bhumibol Adulyadej. Dalam huruf bahasa Thailand ditulis ภูมิพลอดุลยเดช; atau pʰu:mipʰon adunjadeːt. Ia lahir di Amerika Serikat, 5 Desember 1927.

Pada umur 19 tahun, tepatnya tanggal 9 Juni 1946, ia diangkat menjadi raja menggantikan kakaknya yang meninggal secara misterius. Selama menjadi raja ia dikenal sebagai Raja Rama IX. Dalam kepimpinannya, ia dikenal sebagai raja yang pintar, bijaksana, dan banyak jasanya kepada kerajaan Thailand. Maka tak heran ia sangat dihormati oleh rakyatnya hingga kini.

Salah satu contoh penghormatan rakyat kepadanya seperti yang sudah saya katakan di atas. Semua uang Thailand baht baik kertas maupun koin memuat foto dia. Lebih ekstremnya, di sana ada aturan barang siapa, entah warga Thailand maupun pendatang/turis, yang ketahuan menginjak, bahkan hanya mengepal-ngepal mata uang Thailand baht bisa berurusan dengan polisi.

Baca beritanya di Injak mata uang Thailand baht bisa kena hukuman penjara

Kurs mata uang negara Thailand baht terhadap rupiah dan dolar Amerika Serikat

Kurs atau nilai tukar adalah harga mata uang suatu negara kalau ditukar dengan mata uang negara lainnya. Dalam hubungan antar negara tentu ini sangat dibutuhkan. Atau bila anda ingin berlibur jalan-jalan ke negara yang dalam bahasa aslinya disebut Muaeng Thai atau Muang Thai, sangat dianjurkan anda mengerti berapa kurs mata uang Thailand secara up to date.

  • 1 baht mata uang Thailand berapa rupiah kalau dikonversikan?
  • 1 baht berapa dolar Amerika Serikat?

Mengapa saya harus membandingkannya dengan dolar USA? Ya karena USD merupakan mata uang internasional. Dalam hal konversi seperti ini pasti jadi patokan. Dan ngomong-ngomong tentang kurs, saya sukanya menggunakan bloomberg sebagai referensi.

Pada saat tulisan ini dibuat, 1 baht sama dengan 377,80 rupiah. Sedangkan 1 THB dikonversikan ke United Stated Dollar menjadi 0,028 USD.

Saya kira sekian dulu untuk pembahasan kali ini yang berjudul Mengenal mata uang negara Thailand baht. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi pembaca sekalian. Jangan lupa untuk baca-baca artikel menarik lainnya di bawah ini dan jangan bosan menunggu update tulisan berikutnya. Kalau ada pertanyaan, kritik, dan saran, silakan tuliskan di komentar. Terimakasih…

Gravatar Image
Konten dilindungi DMCA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *