Daftar mata uang Asia Tenggara dari tertinggi sampai terendah harga kursnya
Komunitas ASEAN via blogspot.com

Daftar mata uang Asia Tenggara dari tertinggi sampai terendah harga kursnya

Posted on

uangindonesia.com sebenarnya sudah pernah bahas nama-nama mata uang negara di Asia Tenggara. Hanya saja waktu itu urutannya acak. Indonesia diposisikan pertama. kedua, Malaysia dan kemudian disusul Singapura. Selanjutnya sampai terakhir, barulah diisikan negara-negara yang dianggap paling terkenal.

Ternyata, beberapa komentar menginginkan lebih dari itu. Mereka meminta nama-nama mata uang negara ASEAN itu diurutkan berdasarkan harga kurs: mulai dari tertinggi sampai terendah. Berhubung lagi sempat, ya langsung saja berikut ini dibuatkan daftarnya.

Baca juga: Daftar mata uang negara-negara Asia Selatan.

Tabel mata uang negara-negara ASEAN dari tertinggi sampai terendah

Berbicara besar kecilnya nilai kurs mata uang negara-negara Asia Tenggara, bisa dibilang mengenaskan. Bagaimana tidak, empat dari sepuluh anggotanya masuk sepuluh besar mata uang paling rendah sedunia. Keempat itu adalah dong Vietnam posisi kedua paling bawah tepat di atas rial Iran, rupiah Indonesia posisi kelima, kip Laos ketujuh, dan riel Kamboja bertengger pada urutan kesepuluh.

Bagaimanakah dengan mata uang negara-negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara lainnya seperti Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Filipina, Myanmar, Thailand, bahkan Timor Leste? Sangat baik. Info detail silakan lihat tabel.

 No. Nama negara Nama mata uang Kurs per dolar AS
  A Timor Leste Dolar Amerika Serikat 1
  1 Singapura Dolar Singapura 1,36
  2 Brunei Darussalam Dolar Brunei 1,36
  3 Malaysia Ringgit 4,28
  4 Thailand Baht 33,22
  5 Filipina Peso 51,45
  6 Myanmar Kyat 1.353
  7 Kamboja Riel 4.118
  8 Laos Kip 8.285
  9 Indonesia Rupiah 13.360
  10 Vietnam Dong 22.279

Kurs diambil dari bloomberg

Timor Leste sengaja saya kasih urutan huruf A karena setelah memisahkan diri dari Negara Indonesia, mata uang yang dipakai masih “pinjam” dolar Amerika Serikat. Selain itu, ia juga bukan/belum menjadi anggota organisasi geo-politik dan ekonomi wilayah Asia Tenggara, Perbara atau ASEAN. Kabar yang beredar, Singapura-lah yang menghalangi dengan alasan Timor Leste lebih baik meningkatkan perekonomian negaranya terlebih dahulu.

Daftar mata uang negara-negara Asia Tenggara mulai dari yang terbesar sampai terkecil

Jika di atas berupa tabel, berikut adalah penjelasan singkat dari semua mata uang yang digunakan secara resmi di negara-negara Asia Tenggara mulai dari yang paling kuat sampai paling lemah harga kursnya.

1. Dolar Amerika Serikat, Timor Leste

Dolar Amerika Serikat
Dolar Amerika Serikat

Biar bagaimanapun Negara Timor Leste terletak di Benua Asia bagian tenggara. Jadi, meski belum terdaftar sebagai anggota ASEAN, dalam hal ini, negara yang dulunya merupakan salah satu provinsi Indonesia itu tetap saya ikut sertakan.

Setelah memisahkan diri dari Negara Indonesia, Timor Leste lebih memilih menggunakan dolar Amerika Serikat sebagai mata uang resminya. Mengingat kurs dolar mahal, secara otomatis negara berkode telepon +670 itu menempati urutan teratas di wilayah Asia Tenggara.

Timor Leste sebenarnya memiliki mata uang sendiri bernama centavo (centavos). Akan tetapi, sampai sekarang hanya dicetak dalam bentuk koin dengan denominasi kecil. Untuk keperluan transaksi besar, warga sana tetap menggunakan dolar AS.

Mengapa Timor Leste tidak meresmikan centavo saja? Berita terakhir yang saya dengar, pemerintah sana lebih memilih fokus meningkatkan pertumbuhan ekonomi daripada pusing memikirkan mata uang resmi. Apalagi ditambah, kawasan ini ada perhimpunan ASEAN yang ada kemungkinan akan menggunakan alat tukar tunggal seperti euro di Uni Eropa sana.

2. Dolar Singapura

Dolar Singapura
Dolar Singapura

Walau daerahnya hanya seluas kota, Singapura berhasil membuktikan bisa menjadi negara paling maju di kasawasa Asia Tenggara. Terbukti dengan mata uangnya yang bersimbol S$ itu menempati urutan kedua sebagai mata uang termahal di antara negara-negara tetangganya.

Oleh sebagian penduduk setempat, dolar Singapura disebut ringgit Melayu.

3. Dolar Brunei Darussalam

Dolar Brunei Darussalam
Dolar Brunei Darussalam

Berdasarkan tabel di atas, nilai tukar dolar Brunei Darussalam sama persis dengan dolar Singapura. Mengapa bisa sama begitu? Ternyata, kedua mata uang tersebut telah dipatok harganya dengan rasio 1:1 sejak tahun 1967.

Selain memiliki nilai kurs sama, kedua mata uang itu juga bisa ditransaksikan begitu saja tanpa perlu ditukar ke money changer terlebih dahulu. Seseorang di Singapura bisa bebas jual beli barang dan jasa menggunakan mata uang dolar Brunei. Begitu juga sebaliknya bila berada di Brunei, dia boleh menggunakan dolar Singapura.

Warga setempat menyebut dolar Brunei Darussalam sebagai ringgit Brunei.

4. Ringgit Malaysia

Ringgit Malaysia
Ringgit Malaysia

Nilai tukar ringgit Malaysia sebenarnya juga pernah di-pegging dengan kedua mata uang di atas. Akan tetapi, tahun 1973 negara beribu kota Kuala Lumpur itu mengakhiri pematokan tersebut. Kini, harga tukar uang Malaysia sudah tidak sama lagi. Mata uang dengan kode ISO 4217 MYR itu sekarang menempati urutan keempat termahal di Asia Tenggara.

Walau kurs sudah beda, sampai sekarang tetap masih ada persamaan antara ringgit Malaysia, dolar Singapura, dolar Brunei Darussalam, bahkan rupiah Indonesia. Keempatnya sama-sama memiliki uang bergambar tokoh Minang.

Baca juga: Persamaan uang Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Brunei bergambar tokoh Minang.

5. Baht Thailand

Baht Thailand
Baht Thailand

Mata uang Thailand yang bernama baht menempati urutan kelima sebagai mata uang terkuat di Asia Tenggara.

Yang patut dicontoh dari negara dengan bentuk kerajaan ini adalah, setiap warga menghormati uang karena terdapat potret sang pemimpin. Saking menghormatinya, mereka tidak akan melipat atau sekadar meremas. Bahkan, bila ada yang sampai berani menginjak akan berurusan dengan polisi. Aturan ketat ini tidak hanya berlaku untuk warga setempat, wisatawan asing yang datang ke sana pun harus ikut mematuhi.

6. Peso Filipina

Peso Filipina
Peso Filipina

Pada saat tulisan ini dibuat, harga kurs peso Filipina adalah 51,45 per dolar AS. Dengan nilai ini secara otomatis menduduki urutan ke-6 sebagai mata uang termahal di benua Asia bagian tenggara. Penduduk setempat menyebut mata uang bersimbol ₱ itu dengan nama Piso ng Pilipinas.

7. Kyat Myanmar

Kyat Myanmar
Kyat Myanmar

Negara Seribu Pagoda ini memiliki mata uang bernama kyat yang bila warga setempat mengucapakannya seakan-akan terdengar seperti “chat”.

8. Riel Kamboja

Riel Kamboja
Riel Kamboja

Dalam skala dunia, riel Kamboja merupakan mata uang termurah urutan kesepuluh. Dalam ukuran Asia Tenggara, “cuma” urutan kedelapan. Entah memengaruhi atau tidak, aturan penggunaan mata uang ini di negaranya sendiri memang tidak ketat. Warga sana biasa menggunakan mata uang asing dolar Amerika. Di daerah perbatasan negara, beberapa juga menggunakan dong Vietnam dan baht Thailand.

9. Kip Laos

Kip Laos
Kip Laos

Di Asia Tenggara, hanya Laos dan Vietnam sajalah yang negaranya beraliran komunis. Jika mata uang Vietnam menempati urutan termurah kedua di dunia setelah rial Iran, bagaimanakah dengan kip Laos? Tidak buruk banget. Bahkan jika dibandingkan dengan rupiah Indonesia masih lebih mahal.

10. Rupiah Indonesia

Rupiah Indonesia
Rupiah Indonesia

Saya yakin pembaca sudah paham segalanya tentang rupiah. Jadi, saya tidak perlu menulis panjang lebar lagi. Yang perlu diketahui cuma, saat ini rupiah menempati mata uang termurah kelima sedunia dan kedua di Asia Tenggara.

Untuk mengatasi masalah itu, sebenarnya pemerintah sudah lama merencanakan redenominasi atau penyederhanaan nominal (tiga nol di belakang dibuang) tanpa mengubah nilai tukarnya. Akan tetapi, entah mengapa sampai saat ini belum terlaksana. Padahal sudah ditunggu lama oleh warganya.

Baca juga:
Lagu anak Aku Cinta Rupiah oleh Cindy Cenora diciptakan saat krisis moneter 1998.
Lakukan hal ini agar uang dolar Amerika bisa di bawah seribu rupiah dengan cepat.

11. Dong Vietnam

Dong Vietnam
Dong Vietnam

Terakhir, inilah mata uang dengan kurs terendah kedua di dunia dan kesatu di Asia Tenggara. Namanya dong, berasal dari Negara Vietnam, dan penduduk setempat menuliskannya
đồng. Anda tau apa perbedaan keduanya selain bentuk huruf? Saya sendiri tidak. Setelah mencoba translate ke Google dan klik icon speaker, ternyata bunyinya seperti “dom”.

Gravatar Image

Konten dilindungi DMCA

One thought on “Daftar mata uang Asia Tenggara dari tertinggi sampai terendah harga kursnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *