Cara membuat celengan dari botol bekas air mineral

Di tangan orang kreatif, botol bekas air mineral entah merek Aqua, Viro, Ades, atau lainnya bisa dibuat menjadi barang yang memiliki kegunaan tinggi. Salah satunya menjadi celengan, sebuah benda kecil yang memiliki fungsi untuk menabung atau mengumpulkan uang receh.

Barang yang dihasilkan memang tergantung kreativitas. Semakin tinggi semakin bagus. Beberapa bahkan ada yang lebih unik dan cantik mengalahkan yang dijual di toko. Namun, bagaimana bila kita bukan orang super kreatif? Tidak masalah. Kita masih bisa membuat celengan dari botol bekas dengan bentuk sederhana.

Meskipun sederhana, menurut uangindonesia.com masih lebih baik daripada membiarkan botol bekas air minum menjadi sampah. Yang lebih penting lagi, dengan mau membuat celengan seperti ini kita jadi tidak perlu membelinya di pasar (gratis). Uang pun utuh dan bisa digunakan untuk belanja keperluan lain.

Baca juga: Cara membuat celengan sendiri dari bambu & kaleng bekas

Cara membuat celengan sendiri dari botol air mineral bekas

Menurut saya, syarat benda agar dapat dibikin celengan sangat simpel. Asal dalamnya berongga lebar dan tidak ada lubang lain selain untuk memasukkan uang sudah cukup. Kita tidak butuh benda dengan bentuk unik dan aneh. Mengapa? Sejatinya menabung dicelengan yang diperlukan adalah kemauan mengumpulkan uang koin per hari.

Botol bekas air minum Aqua, Sprite, Coca Cola, Fanta, Pepsi, dan merek lain memenuhi kedua syarat itu. Bentuk aslinya memang belum bisa digunakan menjadi celengan secara langsung. Maksudnya kita masih perlu modifikasi. Namun, jangan khawatir karena hanya perlu sedikit “sentuhan” saja.

Alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat kerajinan tangan celengan dari botol bekas air mineral

  1. Karena kita akan membuat celengan dari botol bekas, tentu saja bahan utamanya adalah botol bekas itu sendiri. Ukuran bisa yang 600 ml atau 1 liter. Jumlahnya satu saja. Jika menginginkan bentuk lebih bagus lagi, sediakanlah minimal dua botol.
  2. Pisau untuk memotong dan membuat lubang tempat masuk uang. Harus yang tajam agar proses pengerjaan lebih cepat dan hasil rapi.
  3. Perekat buat “mengunci” tutup botol agar tidak terbuka. Bahan ini bisa lem, solasi, atau lakban.
  4. Kertas kado atau kain sisahan buat menutup sisi botol yang transparan. Dengan begitu celengan menjadi lebih bagus.
  5. Cat bila kertas kado atau sisahan kain tidak tersedia. Fungsinya sama buat menutup dinding botol yang bening.

Mungkin sebagian dari Anda bertanya mengapa harus ditutup. Alasannya adalah agar saat sudah terisi uang tidak terlihat dari luar lalu dihitung jumlahnya. Ingat lagu jadul anak-anak ciptaan Titiek Puspa? Menabung jangan dihitung, tau-tau nanti [rasanya] dapat untung.

Tahap-tahap membuat celengan dari botol air mineral bekas secara sederhana

Pertama, kita bikin celengan dengan bentuk yang paling sederhana dulu. Jumlah botol yang diperlukan cukup satu. Sebelum proses pembuatan pastikan botol bersih dan kering. Jika kotor sebaiknya cuci dahulu dan kemudian jemur.

Selanjutnya kita “kunci” tutup botol agar tidak terbuka atau terlepas. Tahap ini yang dibutuhkan adalah lem, solasi, atau lakban. Mengapa harus dikunci, bukankah dikencangkan dengan cara diputar-putar sydah cukup, apalagi lubang buat minum tersebut kecil, uang koin di dalamnya tetap aman karena tidak bisa keluar melaluinya?

Alasannya karena sebagian dari Anda mungkin membuat celengannya dari botol bekas merek Mizone. Ukuran lubang minum brand ini lumayan besar. Jika tidak “dikunci” bisa-bisa tangan Anda “gatal” untuk membuka dan mengambil isinya sebelum celengan penuh.

Alasan lainnya karena siapa tau suatu saat pemerintah mengeluarkan uang logam baru yang bentuknya kecil dan dapat melewati lubang minum botol Aqua. Atau siapa tau Anda tinggal di negara yang uang koinnya berukuran kecil-kecil (adakah?). Dan alasan terakhir agar tutup tidak hilang. Bayangkan saja, sudah dicat seluruh badan botol tiba-tiba tutup tak ada, pasti merusak keindahan.

Baca juga: 4 Tipe orang dalam memakai uang

***

Tahap berikutnya membuat lubang tempat memasukkan uang. Saya yakin semua pembaca sudah paham bentuk lubang yang dibutuhkan. Ukurannya kecil panjang. Yang penting uang logam nominal terbesar muat melewati dalam posisi miring. Bagaiman bila ingin memasukkan uang kertas? Dilipat berkali-kali.

Cara membuat lubang celengan di botol bekas air minum yang paling umum adalah menggunakan pisau. Saya menyarankan yang tajam agar pengerjaannya gampang dan hasil yang didapat lebih rapi. Untuk posisinya terserah selera Anda: bisa di tengah, pinggir, atau sebagainya.

Akan tetapi, kalau boleh usul, saya menyarankan membuat lubang pada celengan dari botol air minum bekas adalah di salah satu ujung botol saja. Sehingga tidak menyulitkan uang yang mau baru masuk saat isi celengan mendekati hampir penuh.

Tahap terakhir adalah finishing. Kita bisa mempercantik celengan dari botol bekas air mineral itu menggunakan kertas kado, kain, atau cat. Tutuplah seluruh badan botol dengan bahan yang disediakan tadi. Selain agar uang di dalam tidak tampak, juga agar celengan tidak benar-benar menggunakan bahan barang bekas. Jika pun masih, setidaknya sedikit lebih rapi.

Cara membuat celengan dari botol air minum bekas berbentuk hewan

Cara di atas adalah paling sederhana. Meskipun sudah dicat, tetap saja bentuknya botol. Jika Anda tidak suka atau menginginkan bentuk lain silakan ikuti cara berikut. Walaupun wujudnya bukan botol lagi, tetap tenang, alat dan bahan yang diperlukan masih sama. Bedanya, sekarang kita butuh dua botol bekas.

Pertama, potonglah dua botol masing-masing menjadi dua bagian. Ukuran terserah selera: bisa pas tengah atau mendekati salah satu ujung. Ambil dua potongan bagian bawah, lalu satukan (sambung dengan posisi berhadapan) dan rekatkan menggunakan lem, solasi, atau lakban. Bagaimana dengan dua potongan bagian atas? Simpan buat kerajinan tangan lain.

Dengan merekatkan dua potongan botol bagian bawah, kita mendapatkan bentuk lain (tabung, bukan bentuk botol lagi). Selanjutnya tinggal bikin lubang buat memasukkan uang. Terakhir, menghias dengan cat, kertas kado, dan kain.

Kemudian, bagaiman cara agar celengan dari botol air mineral bekas bisa berbentuk hewan? Tahap ini memang belum sampai ke situ. Namun, celengan tabung itu bisa Anda gambari hewan menggunakan cat. Agar lebih menyerupai, Anda bisa tempeli pernak-pernik sesuai imajinasi masing-masing.

Karena tulisan ini sudah panjang, jadi tutorial membuat celengan dari botol bekas berbentuk hewan akan di-publish pada artikel berikutnya saja. Sebagai bocoran, bentuk hewan yang dibuat antara lain kura-kura, sapi, dan babi. Jika nanti saya menemukan bentuk binatang lain akan sekalian dibahas di sana.

Baca juga: Inilah alasan tuyul hanya mencuri uang warga saja, bukan bank dan ATM

Leave a Comment