Cara dan syarat ganti buku tabungan bank yang sudah habis

Cara dan syarat ganti buku tabungan bank yang sudah habis – Buku tabungan dari bank manapun baik BCA, BNI, BRI, MANDIRI, maupun lainnya, biasanya tipis karena terdiri beberapa lembar saja. Dalam waktu tertentu, pasti bakal habis sampai halaman belakang. Apalagi kalau kita sering transaksi dan rajin print out, pasti akan cepat penuh.

Melakukan cetak / print out buku tabungan secara berkala memang perlu. Dalam hal tertentu hal ini sangat dibutuhkan. Jadi, meskipun kita masih bisa cek saldo, lihat mutasi, dan sebagainya melalui M-Banking / SMS Banking / Internet banking, ada baiknya kita tetap print out dan tidak usah kuatir akan cepat habisnya lembaran kosong buku tabungan. Mengapa? Karena untuk menggantinya dengan buku baru cara dan syaratnya sangat gampang. Kita hanya perlu datang ke kantor cabang bank tempat dulu buka rekening dan buku tabungan baru pun akan kita dapat. Yang ganti hanyalah bukunya saja, nomor rekening masih tetap sama. Apalagi saldonya, masih utuh !

Baca lainnya: Alasan mengapa harus ganti PIN secara berkala

Syarat ganti buku tabungan yang sudah habis

Meskipun di atas saya katakan gampang, namun tidak serta merta ke sana langsung dapat ganti buku tabungan baru. Ada syarat-syarat yang harus dipenuhi. Ada prosedur-prosedur yang harus dijalani. Semua itu bukan maksud untuk mempersulit nasabah, tapi justru demi keamanan rekening anda-anda sekalian.

Kalau terlalu gampang, coba bayangin bagaimana seandainya ada orang lain yang mengaku sebagai anda dan meminta dibuatkan buku tabungan dengan nomor rekening milik anda, pasti tidak mau kan? Nah untuk itulah pihak bank, baik BCA, BNI, BRI, MANDIRI, maupun lainnya memberikan beberapa syarat dan prosedur jika nasabahnya ingin ganti buku tabungannya yang sudah habis.

Syarat ganti buku tabungan BCA, BNI, BRI, MANDIRI, dan lainnya yang halamannya sudah habis

Mengganti buku tabungan di setiap bank yang ada di Indonesia syaratnya hampir sama semua. Yaitu:

  1. Bawa buku tabungan yang mau diganti.
  2. Kartu Identitas. Kalau perlu kartu identitas yang dulu dipakai buat buka rekening.
  3. Kartu ATM.
  4. Uang sekitar Rp50.000,00 saja buat bayar materai dan biaya buku tabungan baru.

Simak juga: Penyebab dan cara atasi kartu ATM tertelan

Cara ganti buku tabungan yang sudah habis di bank BCA, BNI, BRI, MANDIRI, dll

Jika keempat syarat di atas sudah disiapkan, segeralah ke kantor cabang bank tempat anda dulu buka rekening. Sekali lagi saya tekankan datangnya ke kantor cabang yang dulu tempat anda daftar rekeningnya. Mengapa? Biar urusan tidak ribet. Namun seandainya memang tidak bisa ke cabang tersebut, bisa juga sih ke tempat cabang lain. Tapi ya gitu, agak sedikit ribet.

Setelah itu temuilah petugas bank bagian Customer Service. Tentu pula sebelumnya harus ambil nomor antrean dan menunggu giliran. Bila sudah di hadapan CS, langsung saja utarakan bahwa anda berniat mengganti buku tabungan karena buku lamanya sudah habis. Nanti petugas minta anda untuk menunjukan keempat syarat di atas. Bila dicek semua sudah lengkap, barulah petugas memberikan anda formulir untuk diisi. Isilah dengan data yang benar. Jika sudah, nanti di bawah formulir ditempeli materai dan tentu pula anda harus tanda tangan di atasnya. Sampai tahap ini artinya anda baru saja mengajukan penggantian buku baru. Sesaat kemudian petugas akan mencetakan buku tabungan baru untuk anda.

Biaya ganti buku tabungan BCA, BNI, BRI, MANDIRI, dll

Masalah biaya yang harus dibayar untuk ganti buku tabungan baru biasanya bervariasi alias tiap bank beda-beda harganya. Ada yang gratis, ada pula yang bayar. Namun tenang saja, seandainya bayar pun harganya tidak mahal-mahal amat. Biasanya berkisar antara Rp 5 ribu – Rp25 ribu saja. Sejauh ini menurut pencarian info yang saya lakukan ke sana-sini, tidak ada bank yang membebankan biaya lebih dari 50 ribu rupiah untuk ganti buku tabungan seperti ini. Jadi di atas saya menyarankan untuk bawa 50 ribu, itu buat jaga-jaga saja. Buat ganti bayar materai sekaligus buku tabungan.

Jika anda sudah dapatkan buku tabungan baru dan pembayaran sudah beres, anda sudah boleh pulang. Oh ya, biasanya buku lama akan tetap dikasihkan ke anda. Terserah mau disimpan, dirusak, ataupun dibuang. Namun saran saya lebih baik simpan saja. Bukan tidak mungkin suatu saat anda membutuhkannya.

Artikel terkait: Pakai cara ini bila mesin ATM tidak mau keluar struk bukti transaksi

Begitulah prosedur, syarat, dan cara ganti buku tabungan baik bank BCA, BNI, BRI, MANDIRI, dan sebagainya. Intinya dalam hal ini aturan semua bank hampir sama. Itulah alasannya mengapa saya jadikan satu tulisan saja di sini. Semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan dan jangan lupa untuk baca artikel lainnya di bawah ini. Terimakasih.

6 thoughts on “Cara dan syarat ganti buku tabungan bank yang sudah habis”

  1. Kalo ganti buku tabungan mandiri emang harus di cabang pertama kali buka ya? Gk bisa d cabang terdekat aja?

    • jaman sudah maju gini harusnya sih bisa. tapi tetap saja ada sebagian cabang bank yang tidak. saran saya sih memang lebih baik di cabang tempat agan buka dulu

  2. Masih harus perpanjang di cabang pertama kali buka ni,, kurang pas dengan sangat majunya tekhnology.

  3. Saya bisa kok ganti buku di cabang yg beda dng cabang tempat saya buka rekening, tapi msh satu kota. Dan tdk dipungut biaya sama sekali.

  4. Qlo ganti buku rekening tapi udah beda ktp yang dulu bisa gak? Karna dulu pas buka rekening dulu ktp bojong sekarang ktp depok

Leave a Comment