Arti merdeka dan berjuang pada keuangan kita

Indonesia telah merdeka tepatnya sejak 17 Agustus 1945. Artinya, kita sudah bebas tidak lagi dijajah bangsa asing. Setelah lebih dari 70 tahun hidup merdeka, apakah keuangan kita sudah merdeka juga, atau justru masih harus berjuang agar dompet tidak “sakit”?

Ternyata, merdeka atau belumnya keuangan kita dapat dilihat dari isi dompet masing-masing. Penentuannya bukan hanya berdasarkan banyaknya jumlah lembaran, tetapi juga siapa gambar pahlwannya. Lebih jelasnya akan diuraikan di bawah berikut ini.

Baca juga: 4 tipe orang dalam memakai uang.

Arti merdeka dan berjuang pada uang bergambar Ir. Sukarno dan Kapitan Pattimura

Seperti diketahui, hampir semua uang kertas Indonesia terdapat potret pahlawan. Tentu saja bukan tanpa alasan. Foto wajah pahlawan-pahlawan itu sengaja dimuat sebagai upaya menghormati dan mengenang jasanya selama masa perjuangan. Generasi baru yang sebelumnya tidak tau juga dapat mengenalnya lewat cara itu.

Entah kebetulan atau tidak, uang kertas rupiah nominal terbesar yang tentu pula daya belinya paling tinggi bergambar Sukarno-Hatta, Sang Proklamator Kemerdekaan Negara kita. Sedangkan nominal terkecil yang saat ini masih berlaku dan belum dicabut dari peredaran, bergambar Kapitan Pattimura, salah satu pahlawan yang hidup pada masa penjajahan.

Baca juga: 11 gambar uang terbaru Indonesia tahun keluaran 2016.

Jadi, secara cocoklogi alias ilmu berlandaskan cocok-mencocokan doang, kita bisa bilang,

Merdeka itu saat Sukarno dan Hatta berbaris rapi di dompet. Jika yang berbaris ‘Pattimura’ berarti masih perjuangan…

Gimana, lumayan cocok, bukan? Oke, Jujur saja, saya menemukan kalimat tersebut pertama kali di Facebook. Waktunya sekira dua tahun yang lalu pada masa-masa perayaan ulang tahun negara kita. Waktu itu saya melihat lebih dari tiga teman mengunggah meme yang isinya hampir sama seperti gambar di atas.

Apakah tidak apa-apa meskipun dijadikan seperti humor? Menurut saya yang penting kita masih menghormati mereka. Dipikir-pikir pun masih mendingan daripada mencoret-coret uangnya dengan pulpen. Akan tetapi, saran saya untuk tahun ini jangan kita upload meme itu lagi. Bukan mengapa, melainkan sudah jadul saja humor itu untuk sekarang.

Baca juga: Kumpulan gambar uang dicoret-coret

Leave a Comment