Bisakah ambil uang kiriman Western Union bagi yang belum punya KTP (usia di bawah 17 tahun)
Anak-anak

Bisakah ambil uang kiriman Western Union bagi yang belum punya KTP (usia di bawah 17 tahun)?

Posted on

Umumnya, syarat pengambilan uang kiriman Western Union di agen manapun tidak jauh beda. Baik di Kantor Pos, Indomaret, Pegadaian, dan beberapa bank tertentu sama saja, yaitu: datang sendiri/tidak diwakilkan, MTCN yang valid, menunjukkan KTP asli, dan fotokopi KTP 1-2 lembar.

Soal MTCN alias Money Transfer Control Number gampang. Penerima bisa memperolehnya dengan meminta dikasih tau dari pengirim. Siapa saja yang transfer uang menggunakan jasa keuangan yang disingkat WU ini pasti mendapatkan nomor tersebut yang memang fungsinya sebagai syarat untuk pengambilan.

Baca juga: Syarat pengambilan uang kiriman Western Union

Lalu bagaimana dengan KTP jika penerimanya adalah seorang anak yang belum berumur 17 tahun? Bagaimana pun anak tersebut harus datang sendiri/tidak bisa diwakilkan. Dan seperti kita ketahui, kabarnya pemerintah memang mengeluarkan KTP Anak. Akan tetapi sampai saat ini belum semua anak Indonesia membuatnya.

Bisakah mengambil uang kiriman Western Union tanpa KTP karena belum berusia 17 tahun?

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah sebenarnya bisa-bisa saja anak di bawah usia 17 tahun mengurus pengambilan uang kiriman WU. Pada situs resmi westernunion.com sendiri tertulis syarat penerimaannya iyalah Your Government-Issued ID. Artinya kartu Identitasmu Terbitan Pemerintah.

Kartu yang dikeluarkan pemerintah bukan hanya KTP , melainkan juga SIM, KK, Akta Kelahiran, dan sebagainya. Namun kalau SIM (Surat Izin Mengemudi) jelas tidak cocok untuk orang berusia 17 tahun ke bawah. Karena kartu identitas tersebut umumnya hanya dapat dimiliki orang dewasa.

Baca juga: 5 keuntungan mencairkan uang kiriman via Western Union di Indomaret

Jadi, kartu identitas yang bisa digunakan mengambil uang kiriman Western Union untuk anak berumur di bawah 17 tahun yang belum mempunyai KTP adalah Kartu Keluarga (KK) dan/atau Akta Kelahiran. Kartu-kartu ini pasti mereka miliki sejak kecil.

Bila di agen Western Union “dipersulit” petugas yang mengurusnya, coba tunjukkan keduanya (KK dan Akta). Bila tetap tidak bisa, tambahkan satu lagi yaitu Kartu Pelajar dari sekolah seandainya memiliki. Tetap tidak diproses juga? Gunakan Jasa pencairan uang kiriman Western Union di internet saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *