5 cara membuat kartu kredit mudah, cepat, dan tepat sasaran

5 cara membuat kartu kredit mudah, cepat, dan tepat sasaran

5 cara membuat kartu kredit – Dengan berbagai kelebihannya, kartu kredit atau credit card tidak berlebihan juga kalau kita sebut sebagai kartu sakti. Selain sudah populer di semua kalangan masyarakat, kartu ini menawarkan sistem transaksi yang sangat menggiurkan, yaitu penundaan pembayaran. Jadi barang sudah didapat tapi bayar belakangan. Lalu jika anda belanja menggunakan kartu kredit bisa lebih nyaman karena tidak perlu repot-repot bawa uang yang menyesakkan dompet. Kata teman saya, zaman sekarang dompet tebal tidak keren lagi seperti dulu, hehe.

Meskipun banyak yang bilang memiliki kartu kredit membuat makin boros karena tak tahan godaan belanja, tapi itu tergantung watak orangnya saja. Faktanya, kalau digunakan dengan tepat kartu kredit justru membantu kita bisa menghemat uang hingga jutaan rupiah. Tidak percaya? Saya akan kasih contoh.

Alasan yang membuat memakai kartu kredit justru lebih hemat bila dibandingkan dengan tidak, iyalah: Pengguna kartu kredit lebih banyak mendapatkan tawaran promo belanja dengan menggunakan kartunya di vendor tertentu. Misalnya saja kartu kredit Bank Mega yang menawarkan diskon 10% untuk belanja di Carrefour. Nah anda bisa manfaatkan ini untuk belanja kebutuhan sehari-hari. Jadi jika total belanja anda untuk kebutuhan tersebut pakai uang tunai Rp1.000.000,00 per bulan, dengan memakai kartu kredit anda akan hemat 10% alias Rp100.000,00. Kalau per tahun? Tinggal hitung saja 12 x Rp100 ribu = Rp1,2 juta.

Itu baru satu transaksi di supermarket doang, belum di tempat lain. Intinya dengan penggunaan yang tepat, kartu kredit justru membuat hidup kita lebih hemat.

Silakan baca: Perbedaan kartu debit dan kartu kredit 

Gimana, apakah anda tertarik membuat kartu kredit? Atau masih ragu untuk memilih mana yang cocok sesuai kebutuhan anda sehingga bisa membuat hidup lebih hemat? Tenang saja, nanti di bawah saya kasih tau. Sekarang kita bahas cara membuatnya dulu.


Cara membuat kartu kredit

Pembuatan kartu kredit akan cepat, mudah, gampang, dan tepat sasaran kalau anda mengikuti lima langkah berikut ini:

  • Membuka rekening di bank

Selain kartu debit, bank juga menerbitkan kartu kredit. Memang umumnya saat bikin rekening dapatnya kartu debit saja. Namun, saat pendaftaran kan kita disuruh mengisi form yang mencantumkan nomor telepon kita. Nah suatu saat pihak bank bisa saja menghubungi anda untuk menawarkan pembuatan kartu kredit.

Saya sendiri punya pengalaman sehari ditelpon BNI 2 kali. Mereka menawarkan pembuatan kartu kredit. Padahal saldo saya tidak banyak-banyak amat. Mungkin karena saya sering transaksi saja kali ya. Atau apalah alasan tepat mereka. Yang jelas kalau ada penawaran langsung dari bank sendiri seperti ini, peluang tembus pengajuan pembuatan kartu kredit anda lebih besar.

Silakan baca: Cara dan syarat membuat rekening BNI

  • Telepon ke bank

Bagaimana kalau kita sudah bikin rekening tapi tidak pernah ditelepon oleh pihak bank? Tak perlu putus asa. Anda bisa coba yang menelpon mereka.

Saat sudah terhubung, mintalah disambungkan ke petugas bagian departemen kredit. Di sini anda bebas menanyakan cara membuat kartu kredit sepuasnya. Mulai dari syarat, keuntungan, dan lainnya akan dijawab mereka dengan detail.

  • Minta direferensikan teman

Jika anda punya teman yang sudah punya kartu kredit, ini bisa memberikan keuntungan tersendiri. Anda bisa minta direferensikan olehnya ke pihak penerbit kartu kredit. Cara ini mempunyai peluang yang lebih besar untuk disetujui.

Bahkan jika teman anda masih hanya sebatas ditelepon (pada poin ke-1), di sini anda sudah bisa minta direferensikan nama anda olehnya. Ini akan sama-sama menguntungkan. Pihak sales bank akan senang karena mendapat calon 2 sekaligus, sedangkan anda untung karena bisa langsung ikutan mengajukan aplikasi kartu kredit.

  • Daftar online di website bank yang bersangkutan

Di zaman yang serba online seperti sekarang ini, kebanyakan bank menyediakan aplikasi pendaftaran/pengajuan kartu kredit di website resmi masing-masing. Cara ini bisa anda pilih karena prosesnya yang sangat gampang. Anda tinggal buka situsnya, isi formulir, lalu kirimkan cukup dengan menggunakan komputer dari rumah.

Nanti pihak bank yang akan menghubungi anda untuk mengurus proses selanjutnya. Namun sebelum pengajuan kartu kredit dengan online seperti ini anda seharusnya sudah paham mengenai produk kartu kredit yang anda akan pilih. Maksudnya biar cocok sesuai kebutuhan anda dan bisa memberikan manfaat penghematan uang. Bagaimana kalau belum paham? Ya ikutilah saran di poin nomor 5 berikut ini.

  • Memanfaatkan situs perbandingan online

Poin ini sekaligus menjawab pertanyaan di atas: Bagaimana cara memilih kartu kredit yang pas dan sesuai kebutuhan sehingga bisa memberikan manfaat menghemat uang?. Seperti kita ketahui masing-masing produk kartu kredit dari berbagai macam bank memiliki kelebihan masing-masing. Promo yang diberikan juga beda.

Kalau pintar membandingkannya, perbedaan itu bisa memberikan keuntungan lebih bila anda memilihnya dengan benar. Namun kalau salah, justru akan membuat memiliki kartu kredit akan sia-sia. Misalnya saja anda hobi travelling tapi malah mengajukan kartu kreditnya yang khusus makan di restoran. Tentu itu namanya tidak tepat sasaran.

Untuk itu rajin-rajinlah melakukan riset ke setiap bank penerbit kartu kredit. Repot karena sangat banyak? Tenang saja, anda bisa memanfaatkan Halomoney. Situs itu sangat membantu anda untuk membandingkan kartu kredit yang cocok sesuai kebutuhan anda. Itulah 5 cara membuat kartu kredit mudah, cepat, dan tepat sasaran.


Tags: #bank indonesia #kartu kredit #tips dan trik

author
Author: 
Konten dilindungi DMCA
Cara mendapatkan uang di internet dengan jual blog
Cara mendapatkan uang di internet dengan jual blog
Mendapatkan uang di internet bukan sebuah rahasia
Cara membersihkan kartu ATM kotor
Cara membersihkan kartu ATM kotor
Cara membersihkan kartu ATM yang kotor – Zaman
Cara mendapatkan uang dari Facebook
Cara mendapatkan uang dari Facebook
Cara mendapatkan uang dari Facebook – Dahulu, peribahasanya
Kenali cara membobol ATM teknik skimming agar tak jadi korban
Kenali cara membobol ATM teknik skimming agar tak jadi korban
Cara membobol ATM dengan teknik skimming sebenarnya
Cara mengetahui emas asli atau palsu yang gampang dan benar
Cara mengetahui emas asli atau palsu yang gampang dan benar
Zaman dahulu, cara mengetahui emas asli atau
  1. author

    ina8 months ago

    Kok ujung2nya bahas halomoney?

    Reply
    • author
      Author

      admin8 months ago

      itu web sangat membantu untuk membandingkan kartu kredit

      Reply
  2. author

    Hermansyah8 months ago

    Kebetulan sekali nemu artikel ini. saya kebetulan sedang mencari pertimbangan untuk bikin kartu kredit..
    trimakasih

    Reply

Leave a reply "5 cara membuat kartu kredit mudah, cepat, dan tepat sasaran"

Must read×

Top