Tarif atau biaya SMS banking BNI untuk cek saldo, transfer, isi ulang pulsa, dll

Tarif atau biaya SMS banking BNI – BNI adalah salah satu bank terbesar dan terfavorit di Indonesia. Layanannya bagus dan fitur fasilitasnya sangat lengkap. Salah satunya e-banking. E-banking yang kepanjangannya electronic banking terdiri atas ATM, sms banking, mobile banking, internet banking, phone banking, dan mungkin kelak akan bertambah lagi mengikuti perkembangan teknologi.

Tujuan fasilitas-fasilitas itu tentu membuat nasabah nyaman. Untuk bertransaksi non-finansial berupa inquiry saldo, mutasi, dan sebagainya anda tak perlu cari ATM atau datang ke kantor cabang yang hanya buka pada jam kerja saja kecuali weekend banking. Yang diperlukan hanyalah gadget yang bisa telepon, sms, atau internet. Dengan begitu tentu transaksi bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Bisa tengah malam di rumah, kantor, dll. Kelemahannya saya kira cuma dua saja. Tidak bisa tarik uang tunai (kecuali ATM) serta ada biaya tambahan untuk menggunakan medianya.

Biaya menggunakan fitur layanan e-banking BNI

Di balik kemudahannya, menikmati layanan e-banking butuh biaya untuk mengaksesnya. Memakai mesin ATM berapa kali pun menggunakannya memang kelihatannya gratis. Namun perlu diingat, kartu debit BNI baik silver, gold, dan platinum ada biaya administrasi bulanan sendiri-sendiri. Silakan baca saja Perbedaan kartu debit BNI silver, gold, dan platinum.

Selain kartu debit tidak dikenakan biaya administrasi bulanan. Namun saat menggunakan medianya butuh biaya. Untuk transaksi menggunakan internet banking tentu anda butuh koneksi internet. Phone banking butuh biaya telepon, sms banking dan mobile banking butuh pulsa.

Karena di artikel sebelumnya sudah pernah dibahas biaya ATM BNI secara lengkap, kali ini saya ingin giliran SMS banking. Pasti semua sudah tau, untuk sms biasa saja biasanya masing-masing operator sim card mengenakan biaya yang berbeda. Apakah untuk sms banking mematok tarif yang tidak sama juga? Yang pasti sih lebih mahal dari sms biasa!

Tarif atau biaya sms banking BNI berdasarkan masing-masing operator

Saat anda transaksi di BNI menggunakan sms banking entah Inquiry Saldo, Last Historical Transaction, Transfer Antar Rekening BNI, Inquiry Kartu Kredit BNI, Inquiry Tagihan TELKOM (Telepon, Flexi Postpaid dan Speedy), Pembayaran Kartu Kredit BNI, Inquiry Tagihan Kartu Halo, Pembayaran Kartu Kredit (ABN Amro, ANZ, GE Finance, Bank Danamon, Bank Permata, Standard Chartered, Bank Niaga, HSBC), Pembayaran tagihan Kartu Halo, Isi Ulang Pulsa, Ganti PIN SMS Banking, semua biayanya gratis. Maksudnya dari BNI tidak memungut tambahan biaya yang memotong otomatis dari saldo anda.

Namun berdasarkan http://www.bni.co.id/Tarif/eBanking/BNISMSBanking.aspx, ada beberapa jenis transaksi yang dikenakan biaya. Yaitu pembayaran TELKOM, isi ulang pulsa Simpati, dan isi ulang pulsa AS.

Itu dari pihak BNI. Tapi karena kita transaksinya menggunakan sms, tentu ada biaya yang harus dibayar ke operator seluler dalam bentuk pulsa. Biaya sms banking biasanya lebih mahal dari sms biasa. Apalagi untuk satu kali transaksi sms banking BNI butuh lebih dari satu sms, yaitu sms request dan sms respon. Jika belum paham, bisa di baca di Format sms banking BNI. Lihat di bagian komentar. Di sana ada yang tanya dan ada jawabannya.

Tarif atau biaya sms banking BNI beda-beda tergantung operator sim card yang digunakan. Secara keseluruhan, berikut inilah daftarnya.

[table style=”table-bordered”]

Provider Sim cardSMS request (MO) (incl. PPN 10%)SMS respon (MT)(incl. PPN 10%)
 Flexi Classy Rp275,- Rp550,-
 Esia Post paid Rp200,- Rp250,-
 Pre paid Rp250,- Rp250,-
 Fren Post paid Rp275,- Rp550,-
 Pre paid Rp350,- Rp550,-
 3 (three) Post paid Rp275,- Rp550,-
 Pre paid Rp350,- Rp550,-
 Pro XL Explore Rp275,- Rp550,-
 Bebas Rp350,- Rp550,-
 Jempol Rp299,- Rp550,-
 Indosat Matrix Rp300,- Rp550,-
 Mentari Rp350,- Rp550,-
 IM3 Rp350,- Rp550,-
 Telkomsel Halo Rp275,- Rp550,-
 Simpati Rp350,- Rp550,-
 AS Rp300,- Rp550,-

[/table]

Tarif atau biaya sms banking BNI untuk transaksi cek saldo, transfer, isi ulang pulsa, dll

Di luar biaya sms, sebagian besar transaksi di BNI biayanya gratis. Seperti yang sudah saya katakan di atas, yang bayar hanyalah untuk pembayaran TELKOM, isi ulang pulsa Simpati, dan isi ulang pulsa AS.

[table style=”table-bordered”]

Jenis transaksi Biaya transaksi BNI
 inquiry saldo bebas
 transaksi history terakhir bebas
 transfer antar rekening BNI bebas
 inquiry tagihan kartu kredit bebas
 inquiry tagihan TELKOM bebas
 inquiry tagihan kartu Halo bebas
 pembayaran kartu kredit BNI bebas
 pembayaran TELKOM Rp2.500,-
 pembayaran kartu kredit ABN Amro, ANZ, GE Finance, Bank Danamon, Bank Permata, Standard Chartered, Bank Niaga, HSBC bebas
 pembayaran kartu Halo bebas
 isi ulang pulsa Simpati Rp1.500,-
 isi ulang pulsa AS Rp1.500,-
 isi ulang pulsa Mentari bebas
 isi ulang pulsa IM3 smart bebas
 isi ulang pulsa Esia bebas
 isi ulang pulsa Flexi trendy bebas
 isi ulang pulsa FREN bebas
 isi ulang pulsa 3 three bebas
 isi ulang pulsa Star One bebas
 isi ulang pulsa bebas: reguler dan X-tra bebas
 isi ulang pulsa Jempol bebas
 ganti PIN sms banking bebas
 Fasilitas bantuan bebas

[/table]

Demikian artikel kali ini yang membahas tarif atau  biaya sms banking BNI. Semua biaya di atas sewaktu-waktu bisa berubah tergantung kebijakan BNI. Kalau suatu saat berubah, mudah-mudahan uangindonesia.com sempat meng-update-nya.

Leave a Comment