Mengenal nama mata uang negara Kamboja yang bernama riel
Istana kerajaan Kamboja via travelandleisure.com

Mengenal nama mata uang negara Kamboja yang bernama riel

Posted on

Ada yang tau ada tidak hubungan antara bunga Kamboja dan negara Kamboja kok sampai bisa-bisanya mempunyai nama yang sama? Kalau Anda tidak tau berarti sama seperti saya. Bedanya, saya tidak pernah berusaha cari tau. Bunga Kamboja memang memberikan pemandangan indah. Namun bagi saya, mata uang negara Kamboja justru bisa membuat mata saya hijau saat melihatnya. Maklum saja saya mata duitan, hehe.

Baca juga: Istilah dan idiom yang mengandung kata uang

Karena saya mata duitan maka di sini saya akan membahas tentang riel saja, yang mana merupakan mata uang resmi negara yang dalam bahasa Inggris dinamakan Kingdom of Cambodia. Jika Anda juga pecinta uang, tertarik dengan negara berbahasa Khmer, ingin dan akan pergi ke sana, tidak ada salahnya simak tulisan uangindonesia.com berikut. Mengapa? Karena yang akan dijelaskan di sini cukup lengkap. Mulai dari nama, simbol, kode ISO 4217, dan harga kurs mata uang riel Kamboja akan terurai detail.

Mengenal nama, lambang, kode ISO 4217 mata uang negara Kamboja

Nama mata uang negara yang berbentuk monarki konstitusional ini iyalah riel. Berdasarkan sejarahnya, riel menjadi mata uang resmi Kamboja sejak tahun 1980 menggantikan mata uang sebelumnya yang bernama Riel Kamboja Lama.

Dalam bahasa resmi mereka, riel ditulis រៀល dan mempunyai simbol atau tanda mata uang ៛. Lambang ini bisa anda ketik dengan unicode U+17DB atau html ៛.

Banyak yang percaya kalau kata riel berasal dari bahasa Khmer yang artinya ikan kecil (dari Sungai Mekong). Namun sebagian berpendapat kata ini mengacu pada uang perak real Meksiko yang digunakan oleh pedagang Melayu, India, dan Cina pada tahun 1990an.

Dalam dunia bisnis, ekonomi, dan perbankan internasional, penggunaan simbol mata uang sudah jarang dipakai. Sebagai gantinya digunakanlah sistem kode ISO 4217 yang memang lebih simpel. Dan kode ISO 4217 untuk mata uang riel adalah KHR.

Baca juga: Pengertian kode ISO 4217 dan mengapa rupiah disebut IDR?

Denominasi atau pecahan-pecahan pada mata uang riel Kamboja

Kalau di Indonesia BI (Bank Indonesia), di Kamboja bank sentralnya iyalah National Bank of Cambodia. Sama persis seperti rupiah yang ada satuan kecilnya di bawah rupiah. Per seratus (1/100) riel pun namanya sama-sama sen. Dan kalau per sepuluh (1/10) namanya kak.

Nilai di atas sudah sangat kecil makanya saat ini sudah tidak dipakai lagi. Jangankan itu, koin-koin riel dengan pecahan bernominal 50, 100, 200, 500 riel sudah sangat jarang ditemukan dalam transaksi sehari-hari.

Yang masih sering ditemukan riel kertas dengan nilai pecahan 100, 500, 1000, 2000, 5000, 10.000, 20.000, 50.000 riel. Sebenarnya ada juga lembaran bertuliskan angka 50 dan 100.000 riel. Tapi ini juga jarang digunakan (untuk transaksi besar lebih banyak menggunakan dolar Amerika Serikat).

Gambar mata uang negara Kamboja, riel

Konon katanya warga Kamboja tidak begitu menghargai mata uang sendiri. Dalam transaksi sehari-hari di negara ini sah-sah saja menggunakan mata uang dolar Amerika Serikat, baht di batasan Kamboja-Thailand, dan đồng di perbatasan Kamboja-Vietnam. Tentu ini sangat berbeda dengan Indonesia yang lumayan ketat dalam aturan penggunaan mata uang asing.

Baca juga: Penjual kasih kembalian permen bisa kena hukum penjara

Namun gambar uang riel Kamboja sebenarnya bagus-bagus saja kok sama seperti mata uang dari negara lainnya. Berikut penampakan fotonya yang sangat menarik untuk dikoleksi.

Gambar mata uang negara Kamboja kertas riel
Gambar uang kertas riel Kamboja
Gambar mata uang negara Kamboja koin kertas
Gambar uang logam riel Kamboja

Keunikan penggunaan mata uang negara Kamboja saat ini

Seperti yang sudah sedikit saya singgung di atas, di negara yang beribu kota Phnom Penh ini sah-sah saja kalau menggunakan mata uang asing. Biasanya dolar Amerika lah yang dijadikan andalan mereka. Itu kalau di ibu kota dan kota-kota besar lainnya. Dan kalau kita lihat di perbatasan-perbatasan dengan negara lain, ternyata totalnya ada 4 mata uang asing yang umum dipergunakan untuk transaksi jual dan beli sehari-hari (perbatasan dengan Vietnam menggunakan dong, dan perbatasan dengan Thailand pakai baht)

Lembaga keuangan seperti bank pun dalam melayani Customer terbiasa dengan uang asing. Para pemuda memimpikan pekerjaan dengan gaji dolar. Restoran, hotel, mal, dan tempat publik yang banyak dikunjungi orang, baik warga lokal maupun asing, tidak menolak dolar. Warga kecil seperti pedagang di pasar, tukang, dan sebagainya sudah lazim menggunakan dolar sehari-hari.

Dalam proses jual beli, sering sekali di negara Kamboja mencampur riel dengan dolar. Bayar barang pakai dolar dan dapat uang kembalian riel. Dan bagi para wisatawan, sebelum datang ke negara ini sangat dianjurkan selain bawa riel juga bawa recehan dolar. Kalau dihitung-hitung nanti akan lebih hemat.

Baca juga: 10 mata uang aling banyak digunakan di dunia

Harga kurs mata uang riel Kamboja terhadap rupiah dan dolar Amerika

Bagi mereka yang sudah terbiasa menggunakan riel dan dolar sekaligus mungkin sudah hafal kurs mata uang ada di kisaran berapa. Namun bagi kita, untuk membeli barang dengan harga riel dan bayarnya pakai dolar saja sering kali kita harus mengkonversinya dulu ke rupiah untuk mempertimbangkan apakah harga barang tersebut mahal atau murah. Kalau sudah begini pasti terlontar pertanyaan,

  • 1 riel Kamboja berapa rupiah?
  • 1 dolar Amerika berapa riel Kamboja?

Berdasarkan https://finance.yahoo.com/currency-converter/ pada saat tulisan ini dibuat, 1 riel setara dengan harga 3,27 rupiah. Sedangkan kalo dikonversikan ke dolar US senilai 4064,14 riel Kamboja.

Oke demikianlah artikel kali ini yang membahas mata uang negara Kamboja yang bernama riel. Mulai dari nama, simbol, sejarah, kode ISO, gambar, dan harga kursnya sudah saya jelaskan dengan cukup lengkap. Bila ada kesalahan, pertanyaan, kritik, dan atau saran, jangan segan-segan untuk berkomentar di bawah.

Gravatar Image
Konten dilindungi DMCA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *