Mata uang taka negara Bangladesh dari sejarah, gambar, dan kurs

Mata uang taka negara Bangladesh – Bangladesh adalah salah satu negara yang terletak di Asia Selatan. Di kawasan ini, Bangladesh memiliki 4 dari 6 negara tetangga yang nama mata uangnya rupee. Apakah dengan begini Bangladesh akan “ikut-ikutan” menggunakan nama mata uang yang bersimbol Rs?

Ternyata tidak. Negara pemilik lagu kebangsaan Amar Shonar Bangla ini ‘tampil beda’. Nama mata uang resmi negara Bangladesh iyalah taka. Setelah saya cek di Daftar nama mata uang di dunia, Bangladesh satu-satunya negara pemakai nama mata uang ini.

Karena saya juga suka perbedaan, maka di kali ini melalui uangindonesia.com saya akan bahas mata uang taka negara Bangladesh lebih banyak lagi. Mulai dari sejarah asal-usul nama, simbol, kode ISO 4217, denominasi, gambar, sampai harga kurs terhadap rupiah maupun dolar AS.

Sejarah asal-usul nama taka pada mata uang negara Bangladesh

Asal-usul nama taka sama seperti rupee – berasal dari bahasa Sanskerta juga. Bedanya, kalau rupee berarti koin perak yang telah ditempa, sedangkan taka merupakan denominasinya. Dalam bahasa ini kata asli taka iyalah tangka (tamka).

Di daerah Bengali sendiri, waktu itu istilah ini digunakan untuk menyebut semua mata uang. Entah itu rupee maupun lainnya disebutnya taka. Sampai abad ke-14, orang Bengali Sultanate menyebut baik koin perak maupun emas sebagai taka.

Baca juga: Mengenal mata uang rupee India

Simbol mata uang taka negara Bangladesh

Bahasa resmi di negara dengan nama resmi Republik Rakyat Bangladesh ini iyalah bahasa Bengali. Dalam bahasa ini taka ditulis টাকা.

Atas dasar itu maka simbol mata uang taka biasanya menggunakan ৳ yang mana merupakan huruf awal. Namun kadang-kadang taka negara Bangladesh juga bisa disebut Tk saja, inisial dari kata taka.

Kode ISO 4217 mata uang taka negara Bangladesh

Dewasa ini penggunaan lambang atau tanda mata uang seperti di atas sudah jarang digunakan. Alasannya karena terdapat kelemahannya. Salah satu contohnya tidak bisa mengatasi apabila terdapat lebih dari satu mata uang yang kebetulan memiliki simbol yang sama.

Seperti misalnya kyat Myanmar dan kina Papua Nugini. Kedua mata uang ini memiliki lambang mata uang yang sama, yakni K. Apabila tidak digunakan cara lain, tentu ini akan menimbulkan kekeliruan.

Kelemahan lain dari penggunaan lambang uang adalah kesulitan menulis atau mengetiknya. Coba cari di papan ketik komputer anda apakah ada tombol yang kalau ditekan muncul karakter ₹, रु, ataupun ৳? Tidak, Anda harus menghafal unicode-unicode untuk menghasilkan simbol-simbol di atas.

Lalu bagaimana solusinya? Sebenarnya sudah lama permasalahan ini diatasi oleh kode ISO 4217. Dengan kode ini kita bisa mendefinisikan mata uang-mata uang dari negara mana pun di dunia cukup dengan tiga huruf kapital saja. Dan untuk mata uang taka negara Bangladesh, kode ISO 4217-nya iyalah BDT.

Kombinasi huruf tersebut bukan dibentuk sembarangan/acak. Ada aturan dan badan pengaturnya sendiri. Lebih lanjut silakan baca: Pengertian kode ISO 4217 dan alasan mengapa rupiah disingkat IDR.

Denominasi atau pecahan-pecahan pada mata uang taka negara Bangladesh

Kecuali nominal satu dan dua taka, penerbitan mata uang negara yang beribu kota di Dhaka ini ditangani oleh Bank Bangladesh yang berperan sebagai bank sentral. Lalu siapa yang bertanggung jawab atas satu dan dua taka di atas? Dia adalah Menteri Keuangan Bangladesh.

Pencetakan mata uang taka Bangladesh sama seperti pada umumnya, ada yang terbuat dari kertas dan ada pula yang koin atau logam. Dengan nominal yang bermacam-macam, sebagian ada yang sering digunakan dan sebagian lagi jarang karena nilainya terlalu kecil atau tanggung. Jelasnya, silakan lihat tabel di bawah.

[table style=”table-bordered”]

 Pecahan uang logam negara Bangladesh Pecahan uang kertas negara Bangladesh
 ৳1, ৳2, ৳5 (sering digunakan)

1, 5, 10, 25 & 50 poisha (jarang digunakan)

 ৳2, ৳5, ৳10, ৳20, ৳50, ৳100, ৳500 & ৳1.000 (sering digunakan)

৳1, ৳25, ৳40, ৳60 (jarang digunakan)

[/table]

Apa itu poisha? Iyalah nama satuan atau unit yang nilainya di bawah taka. Tepatnya 1 taka = 100 poisha (dalam rupiah disebutnya sen).

Harga kurs mata uang taka negara Bangladesh

Membahas mata uang asing belum lengkap kalau tidak sekalian hitung harga kursnya. Saya sendiri selalu penasaran apakah mata uang negara Bangladesh lebih mahal atau lebih lebih murah kalau dibandingkan dengan mata uang kita. Tanpa mengulur waktu lebih lama, langsung saja yuk kita hitung:

  • Berapa harga kurs mata uang taka bila dirupiahkan?
  • 1 USD berapa taka Bangladesh?

Untuk mengetahui nilai tukar mata uang asing hari ini, langsung saja kita kunjungi https://finance.yahoo.com/currency-converter/. Di sana akan muncul 2 kolom yang harus diisi dengan 2 nama mata uang yang ingin kita hitung konversinya.

Berdasarkan situs tersebut, saat tulisan ini dibuat, BDT ke IDR menampilkan hasil 171,91. Sedangkan USD ke BDT hasilnya 78,00. Dari sini bisa ditarik kesimpulan ternyata mata uang taka Bangladesh lebih mahal atau kuat dari pada mata uang kita, rupiah Indonesia.

Gambar mata uang taka negara Bangladesh

Mayoritas uang rupee India menampilkan potret Mahatma Gandhi. Sedangkan rupee Pakistan Muhammad Ali Jinnah. Apakah gambar pada uang Bangladesh juga seperti itu, menampilkan satu tokoh di semua lembaran dan koin uangnya meskipun beda nominal dan tahun emisi? Jika ingin tau jawabanya, perhatikan saja pada gambar berikut.

gambar logam mata uang taka negara Bangladesh

gamabar mata uang taka negara Bangladesh kertas

Sekian pembahasan mata uang taka Negara Bangladesh ini. Jika terdapat penulisan yang salah mohon koreksinya lewat komentar di bawah. Jangan lupa baca artikel menarik lainnya di blog ini. Terimakasih. Selanjutnya baca: 5 desain mata uang kertas Indonesia tempo dulu paling cantik.

Leave a Comment