Mengenal mata uang rupee negara Sri Lanka

Mengenal mata uang rupee negara Sri Lanka – Saya hampir ketinggalan memasukkan Sri Lanka sebagai salah satu negara pemakai mata uang bernama rupee selain India, Pakistan, dan Nepal, serta Mauritius + Seychelles. Jadi di benua Asia bagian selatan sendiri, total ada 4 negara yang nama mata uangnya sama-sama rupee.

Keempat negara tersebut meski bertetangga dan nama mata uangnya sama, tapi kalau dilihat kode ISO 4217-nya ternyata berbeda. Ini artinya harga kurs dan uangnya beda atau dengan kata lain hanya namanya doang yang sama.

Karena sebelumnya di uangindonesia.com rupee India, rupee Pakistan, dan rupee Nepal sudah sudah pernah dibahas, biar Sri Lanka tidak iri, baiklah kali ini saya sempatkan waktu untuk mengulas mata uang dari negara yang terkenal akan produksi tehnya selengkap dan sedetail mungkin semampu saya.

Nama mata uang negara Sri Lanka adalah rupee

Nama mata uang resmi negara Sri Lanka adalah rupee. Biar tidak keliru dengan rupee india, pakistan, atau pun Nepal, kita menyebutnya diikuti nama negaranya, yaitu rupee Sri Lanka.

Meski rakyatnya banyak yang mampu dan menggunakan bahasa Inggris, namun bahasa yang diresmikan di negara yang beribu kota di Sri Jayawardenepura Kotte ini iyalah Sinhalese dan Tamil. Dalam bahasa Sinhalese, rupee Sri Lanka ditulis ශ්‍රී ලංකා රුපියල, Tamil இலங்கை ரூபாய், dan bahasa Inggris Sri Lankan rupee.

Denominasi atau pecahan-pecahan pada mata uang rupee Sri Lanka

Peredaran mata uang rupee di negara yang mendapat kemerdekaannya dari Britania Raya ini dicetak dan diatur oleh Bank Sentral Sri Lanka. Jenis uangnya sama seperti pada umumnya, ada kertas dan ada pula logam atau koin. Tabel berikut adalah nominal-nominal yang terdapat pada cetakan uang yang sedang kita bicarakan ini.

[table style=”table-bordered”]

 Denominasi uang kertas rupee Sri Lanka Denominasi uang logam rupee Sri Lanka
 Rs10, Rs20, Rs50, Rs100, Rs500, Rs1.000, Rs2.000, Rs5.000 25, 50 sen, Rs1, Rs2, Rs5, Rs10 (sering dipakai)

1, 2, 5, 10 sen (jarang dipakai)

[/table]

Pada tabel di atas terdapat satuan sen. Bagi yang belum tau, sen adalah nama satuan unit kecil di bawah rupee Sri Lanka. Sama lah seperti uang rupiah kita, ada sen juga. Nilainya juga sama, per seratusnya.

Simbol dan kode ISO 4217 mata uang rupee negara Sri Lanka

Selain sen, kita juga menemukan singkatan Rs. Sebenarnya Rs ini bukanlah singkatan. Lebih tepatnya adalah inisial nama mata uang rupee Sri Lanka yang dijadikan simbol atau lambang mata uang. Penulisannya diletakkan di depan angka. Fungsinya untuk menandakan bahwa angka tersebut adalah jumlah uang dalam bentuk satuan rupee.

Rupee India, Pakistan, Nepal, dan juga Sri Lanka sama-sama menggunakan tanda mata uang Rs ini. Bikin keliru? Tenang saja, selain Rs, negara-negara ini juga memiliki simbol lain. Seperti rupee India ₹, rupee Nepal रू, dan rupee Sri Lanka රු.

Bingung tombol mana di keyboard yang harus ditekan agar menghasilkan karakter tanda mata uang di atas? Tak perlu dibikin pusing. Untuk saat ini penggunaan simbol uang sudah kalah populer bila dibanding sistem kode ISO 4217. Dengan ISO yang hanya terdiri tiga huruf kapital saja ini sudah mampu mendefinisikan mata uang-mata uang negara manapun di seluruh dunia. Bila tidak percaya, silakan saja cek situs-situs kurs mata uang asing. Hampir bisa dipastikan mereka menggunakan ini.

Lalu yang jadi pertanyaan selanjutnya kode ISO 4217 untuk mata uang rupee negara Sri Lanka sendiri apa? Yang pasti tidak sama dengan rupee India, rupee Pakistan, ataupun rupee Nepal. Lebih tepatnya yaitu LKR. Oh kombinasi huruf ini terbentuk tidak dengan cara sembarangan/acak. Ada aturan dan pengaturnya sendiri. Silakan baca: Pengertian kode ISO 4217 dan alasan mengapa rupiah disingkat IDR.

Harga kurs mata uang rupee negara Sri Lanka

Kita sudah tau kode ISO 4217 untuk mata uang negara yang mempunyai nama resmi Republik Sosialis Demokratis Sri Lanka ini beda dengan rupee negara lainnya. Jika sudah beda seperti ini, biasanya harga kursnya ke mata uang asing juga tidak sama. Untuk membuktikannya, yuk mari kita hitung bareng.

  • 1 USD = 67,83 rupee India.
  • 1 USD = 104.74 rupee Pakistan.
  • 1 USD = 108,61 rupee Nepal.
  • 1 USD = 146,65 rupee Sri Lanka.
  • harga kurs mata uang rupee Sri Lanka sendiri ke rupiah adalah 91.40.

Berdasarkan perhitungan di atas jelas bahwa antara rupee Sri Lanka, rupee Nepal, rupee Pakistan, dan rupee India tidak sama nilai tukarnya. Rupee India paling mahal, sedangkan termurah yakni rupee Sri Lanka.

Oh ya, hasil kurs mata uang asing di atas saya dapat dari sumber https://finance.yahoo.com/currency-converter/ yang saya lihat pada saat tulisan ini dibuat. Sewaktu-waktu nilai di atas bisa saja berubah tergantung beberapa faktor. Kemudian alasan saya membandingkannya dengan USD karena dolar Amerika serikat merupakan salah satu mata uang Internasional.

Gambar mata uang rupee negara Sri Lanka

Tidak afdol rasanya kalau membahas mata uang tidak sekalian lihat uangnya dengan mata kepala sendiri. Namun karena keterbatasan media dan jujur saya juga tidak mempunyai mata uang rupee Sri Lanka, maka di sini saya hanya bisa memberikan gambarnya saja. Tidak apa-apa lah ini masih mendingan dari pada tidak sama sekali.

Gambar mata uang rupee negara Sri lanka kertas

gambar mata uang rupee negara sri lanka koin atau logam

Perhatikan baik-baik gambar mata uang rupee negara Sri Lanka di atas. Kemudian bandingkan dengan uang rupee negara Asia Selatan lainnya. Kita bakalan menemukan beberapa perbedaan:

  • Gambar mata uang rupee India didominasi foto Mahatma Gandhi
  • Gambar mata uang rupee Pakistan mayoritas menampilkan tokoh Muhammad Ali Jinnah.
  • Gambar mata uang rupee Nepal ada naganya karena menganggap negaranya sebagai Negara Naga, dan
  • Gambar mata uang rupee Sri Lanka menampilkan foto,,,(silakan lihat sendiri gambar di atas, hehe).

Sekarang setelah membahas mata uang rupee negara Sri Lanka mulai dari lambang, kode ISO, harga kurs, dan gambarnya, sudah paham kan bahwa mata uang negara ini berbeda dengan rupee-rupee tetangganya?

Selanjutnya baca:

  1. Mengenal mata uang rupee India
  2. Mengenal mata uang rupee Pakistan
  3. Mengenal mata uang rupee Nepal.

Leave a Comment