Mengenal mata uang negara Vietnam Dong

Mata uang negara Vietnam yang bernama Dong merupakan salah satu dari 10 mata uang paling murah di dunia. Tepatnya masuk posisi 5 terbawah bersama riyal Iran, dobra Sao Tome, kip Laos, dan rupiah Indonesia. Penasaran tidak harga kurs 1 Dong berapa rupiah? Saat tulisan ini dibuat, berdasarkan sumber bloomberg 1 dong sama dengan 0,6 rupiah dan 0,0040 dollar US.

Meskipun begitu kita tak perlu meremehkannya. Apalagi rupiah juga menempati posisi terendah ke-5. Kita harus menghargainya, bagaimanapun Dong adalah mata uang resmi negara Vietnam. Kalau kita ke sana, entah jalan-jalan atau ngapain, mau tidak mau harus menggunakannya untuk jual atau beli kebutuhan sehari-hari dan transaksi lainnya.

Maka dari itu tidak ada salahnya kali ini uangindonesia.com ingin membahas mata uang negara yang beribu kota di Ho Chi Minh City ini. Di sini akan dibahas dengan sangat lengkap. Mulai dari nama, simbol, sejarah, kode ISO 4217, gambar, dan nilai kurs mata uang Dong Vietnam akan diulas detail.

Nama, simbol, dan kode ISO 4217 mata uang negara Vietnam

Nama mata uang negara komunis ini adalah Dong. Dalam bahasa Vietnam sendiri ditulis Đồng (đồng). Saya sendiri jujur tidak tau apa bedanya kedua tulisan itu. Tapi kalau didengarkan lewat google translate, telinga saya mendengar bunyi yang seperti “dom”.

Begitu juga dengan simbol mata uang negara Vietnam. Kita, khususnya saya, dibuat cukup kesulitan kalau harus menuliskannya. Saya tidak tau tombol keyboard mana yang harus ditekan untuk mengetik lambang atau tanda mata uang ini. Jadi mau tidak mau saya salin dari Wikipedia lalu tempel di sini. Langsung saja, ini simbol Dong Vietnam ₫.

Tapi tenang saja, untuk mendefinisikan mata uang dari negara mana saja kita bisa menggunakan kode ISO 4217 yang terdiri dari tiga huruf kapital. Kode ISO 4217 untuk mata uang negara Vietnam adalah VND. Sangat gampang ditulis dan kabar baiknya kode ini lebih banyak digunakan dan lebih terkenal di seluruh dunia dalam bidang ekonomi dan perbankan.

Penasaran bagaimana atau atas dasar apa 3 huruf besar itu terbentuk? Dua huruf awal, VN, adalah ekstensi domain (url internet) negara Vietnam. Dan huruf terakhirnya, D, merupakan inisial dari nama mata uang itu sendiri. Lebih lanjut mengenai ini, silakan baca apa itu kode ISO 4217 dan mengapa rupiah disebut IDR.

Sejarah asal usul nama mata uang negara Vietnam Dong

Dong menjadi mata uang resmi negara Vietnam sejak 3 Mei 1978. Sebelumnya negara yang dipimpin oleh Trần Đại Quang menggunakan mata uang Đồng Vietnam Utara dan Selatan.

Kata Đồng berasal dari istilah đồng tiền yang artinya tembaga. Kalau ditelusuri lebih lanjut kata ini sebenarnya masih serumpun dengan bahasa Cina untuk tóng qián (Hanzi sederhana: 铜钱; Hanzi tradisional: 銅). Seperti kita ketahui dinasti Cina sempat berkuasa di Vietnam. Dan istilah tóng qián di atas mengacu pada koin perunggu Cina yang digunakan sebagai mata uang selama periode itu.

Oh ya, ada satuan terkecil lagi di bawah Dong Vietnam, namanya hao (seperti 1 rupiah = 100 sen. Tapi 1 Dong Vietnam hanya 10 hao). Hao ini juga masih serumpun bahasa Cina, háo, dan kalau ditulis dengan bahasa Tionghoa menjadi 毫.

Denominasi atau pecahan mata uang negara Vietnam Dong

1 Dong sama dengan 10 hao. Tapi karena satuan ini nilainya sangat kecil, hao tidak dipakai untuk jual beli dan transaksi sehari-hari. Berikut inilah pecahan uang negara Vietnam baik koin / logam dan kertas yang masih beredar.

[table style=”table-bordered”]

 Uang kertas Dong Vietnam Uang koin / logam Dong Vietnam
 ₫200, ₫500, ₫1.000, ₫2.000, ₫5.000, ₫10.000, ₫20.000, ₫50.000, dan ₫100.000 ₫200, ₫500, ₫1.000, ₫2.000, ₫5.000, ₫10.000, ₫20.000, ₫50.000, ₫100.000, ₫200.000, dan ₫500.000

[/table]

Bank sentral negara Vietnam adalah  the State Bank of Vietnam (SBV).

Gambar mata uang negara Vietnam Dong

Setelah mengetahui hal-hal tentang Dong, sekarang penasaran dong bagaimana foto mata uang Dong Vietnam. Nih saya kasih lihat penampakannya.

Gambar mata uang negara Vietnam Dong kertas:

gambar mata uang negara Vietnam Dong kertas

Gambar mata uang negara Vietnam Dong koin

Gambar mata uang negara Vietnam Dong koin

Nilai kurs mata uang Dong Vietnam terhadap rupiah dan dolar Amerika Serikat

Bagi anda yang akan atau sedang berada di Vietnam dan mungkin punya uang Dong lalu butuh ditukarkan, pasti akan bertanya:

  • 1 Dong berapa kalau dirupiahkan?
  • 1 Dong nilainya berapa dolar?

Saat ini 1 VND = 0,6 IDR dan 1 VDN = 0,0040 USD. Ingat ya, nilai ini adalah saat tulisan ini dibuat. Kapan pun Anda butuh informasi konversi macam seperti ini, sangat disarankan untuk mengeceknya di tempat-tempat kurs mata uang yang update secara online/real time.

Baca juga: Mengapa nama dan kurs mata uang tiap negara di dunia berbeda-beda?

Demikianlah pembahasan mengenai mata uang negara Vietnam yang saya rasa sudah cukup lengkap. Bila ada kesalahan atau Anda punya pertanyaan, kritik, saran, maupun infirmasi tambahan, jangan sungkan-sungkan untuk menyampaikannya di kolom komentar. Terima kasih dan jangan lupa baca artikel menarik lainnya di bawah ini.

Leave a Comment