Mengenal mata uang dolar Selandia Baru

Menurut saya, di dunia ini negara-negara pengguna mata uang dolar dapat digolongkan menjadi 2 bagian. Golongan pertama iyalah negara-negara pengguna dolar Amerika (USD). Yang termasuk golongan ini misalnya Timor Leste, Zimbabwe, Ekuador, El Salvador, dan lainnya. Sedangkan golongan kedua yakni negara-negara yang ‘kebetulan’ nama mata uangnya sama, dolar. Contohnya Singapura, Brunei Darussalam, Kanada, Selandia Baru, dan masih banyak lagi.

Jika bingung pembagian di atas, sejenak bisa baca artikel ini dulu:

  1. Daftar negara pemakai US$
  2. Negara-negara dengan mata uang dolar.

Singapura dan Brunei Darussalam yang merupakan masih sewilayah ASEAN masing-masing dolarnya sudah pernah uangindonesia.com bahas. Kanada lokasinya jauh. Hmm, sepertinya pas nih malam ini kita bahas mata uang dolar Selandia Baru saja. Apalagi baru-baru ini 5 dolar Selandia Baru baru saja memenangkan kontes uang terbaik sedunia versi Komunitas Uang Kertas Internasional. Yang pasti tambah menariklah untuk mengetahui mata uang negara persemakmuran ini lebih jauh lagi.

Mengenal sejarah, simbol atau lambang, dan kode ISO 4217 mata uang dolar Selandia Baru

Iya, mata uang resmi negara yang dalam bahasa Inggris disebut New Zealand ini bernama dollar. Kata baku dalam bahasa Indonesianya dolar, pakai satu huruf l saja. Karena di dunia lebih dari satu negara yang menggunakan nama ini, maka untuk membedakannya diikutilah embel-embel nama negaranya. Seperti contohnya dolar Singapura, dolar Australia, dolar Selandia baru, dan seterusnya.

Berdasarkan sejarahnya, dolar di negara yang dijuluki Negeri Kiwi ini mulai dikenalkan sejak 1967. Pada tahun sebelumnya menggunakan Pound Selandia Baru. Dan ternyata mata uang dengan Kode ISO 4217 NZD ini tidak hanya dipakai di Selandia Baru saja. Beberapa wilayah yang ikut memakainya antara lain:

  • Kepulauan Cook
  • Niue
  • Tokelau, dan
  • Kepulauan Pitcairn.

Soal kode ISO 4217 mata uang Selandia Baru sudah saya katakan di atas, yakni NZD. Selain kata dolar diikuti nama negaranya, cara lain untuk mengatasi persamaan nama mata uang agar tidak keliru adalah dengan kode ISO 4217. Dalam perkembangan sekarang ini, sistem ini lebih banyak digunakan karena memang lebih simpel. Bagaimana tidak coba, hanya cukup 3 huruf kapital saja.

Baca juga: Pengertian kode ISO 4217 dan mengapa rupiah disingkat IDR

Meskipun penggunaan kode ISO 4217 lebih populer untuk saat ini, namun tidak dipungkiri masih banyak yang mendefinisikan mata uang dengan simbol atau lambang. Saya kira semua sudah tau hampir semua dolar simbolnya $. Demi mencegah kekeliruan, dolar Selandia disisipi NZ menjadi NZ$.

Denominasi mata uang dolar Selandia baru

Di negara yang terletak dekat Australia tapi justru masuknya ‘Benua’ Oseania ini yang bertindak sebagai pencetak dan pengatur peredaran uang iyalah Reserve Bank of New Zealand. Jenis uang yang diterbitkan umum seperti lainnya, ada kertas dan logam atau koin. Secara keseluruhan, berikut pecahan-pecahan yang tersedia di mata uang dolar Selandia Baru.

[table style=”table-bordered”]

 Pecahan uang kertas dolar Selandia Baru Pecahan uang koin Selandia Baru
 5 dolar, 10 dolar, 20 dolar, 50 dolar, 100 dolar 10 sen, 20 sen, 50 sen, 1 dolar, 2 dolar

[/table]

Gambar mata uang dolar Selandia Baru

Di atas saya katakan baru-baru ini uang kertas 5 dolar Selandia dinobatkan sebagai mata uang terbaik di dunia tahun 2015. Saya kira predikat ini pantas ia dapatkan mengingat desainnya memang bagus. Biar Anda tidak penasaran bagaimana penampakannya bila memang sebelumnya pernah lihat, di atas sudah saya tampilkan khusus untuk Anda.

Nah di bawahnya lagi adalah beberapa gambar mata uang yang dijuluki dolar kiwi baik kertas maupun koin.

gambar mata uang kertas dolar selandia baru

gambar mata uang dolar selandia baru koin atau logam

Baca lainnya: 5 desain cantik pada mata uang Indonesia tempo dulu

Harga kurs mata uang dolar Selandia baru ke rupiah dan dolar Amerika Serikat

Kalau kita perhatikan tabel denominasi di atas memang nominal mata uang dolar Selandia Baru terbesar bernilai 100 dolar saja. Meskipun angkanya kecil, namun jangan salah itu justru bisa sebagai salah satu bukti bahwa nilai tukar mata uang ini mempunyai harga yang tinggi atau kuat. Tidak percaya? Yuk buktikan dengan membandingkan dengan mata uang negara kita:

  • Berapa harga kurs 1 dolar Selandia Baru kalau dirupiahkan?
  • NZD sama dengan berapa USD?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut langsung saja kita menuju https://finance.yahoo.com/currency-converter/. Pada saat artikel ini diturunkan, 1 dolar Selandia Baru setara dengan 9.408 rupiah. Sedangkan 1 dolar AS sama dengan 1,4 dolar Selandia Baru. Coba bandingkan dengan mata uang kita yang per dolarnya 13.337 rupiah. Tuh kan angkanya lebih banyak. Itu artinya mata uang rupiah kita lebih murah.

Baca juga: Daftar 10 mata uang paling rendah / termurah sedunia (rupiah Indonesia menempati posisi ke-4).

Sekian tulisan kali ini yang mengangkat judul Mengenal mata uang dolar Selandia Baru. Dengan sudah dijelaskan mulai dari nama, sejarah sejak dipergunakan, simbol, kode ISO 4217, pecahan-pecahan, gambar, serta harga kursnya saya harap semua yang telah baca sudah kenal lebih dekat ya…

Leave a Comment