Malas antre di bank? Manfaatkan fasilitas-fasilitas ini

Hampir semua orang malas menunggu–termasuk antre. Tidak kecuali antre untuk transaksi di bank, baik BCA, BRI, BNI, Mandiri, atau lainnya yang jika hari Senin tanggal muda hampir dapat dipastikan sangat panjang dan lama.

Untuk mengatasi hal membosankan itu sebenarnya pihak bank sudah memfasilitasi beberapa layanan yang nasabah bisa manfaatkan tanpa harus datang dan antre di kantor cabang bank setempat. Keuntungan lain bisa melakukannya kapan saja, 24 jam.

Artikel terkait: Trik curang antre di bank agar tidak lama dan capek

Jadi, kita masih bisa setor/menabung, tarik tunai, transfer, pembelian, dan transaksi lain tanpa harus bertemu atau bertatap muka secara langsung dengan teller atau CS bank. Bahkan bikin rekening baru pun bisa dilakukan online dari rumah. Enak bukan?

Fasilitas layanan apa sajakah yang dikeluarkan bank yang bisa dimanfaatkan nasabah tanpa harus antre di bank?

Jadi, bila malas antre tetapi butuh transaksi perbankan, Anda tetap bisa melakukannya menggunakan fitur-fitur bank berikut ini:

1. Bikin rekening baru secara online

Di zaman internet sekarang ini banyak bank yang telah meluncurkan layanan ini. Calon nasabah yang ingin mendapatkan rekening baru bisa mendaftarnya dengan online dari rumah.

Caranya tentu harus mengunjungi website resmi bank terkait. Jika memang memfasilitasinya, di website tersebut pasti ada link untuk registrasi pembuatan rekening baru. Biasanya berupa formulir yang harus didownload, diisi, dan kemudian dikirimkan kembali.

Untuk mendapatkan buku tabungan dan kartu debit/kartu ATM-nya memang Anda harus datang ke kantor cabang terdekat. Namun, dengan telah mendaftarkan via online terlebih dahulu akan membuat prosesnya lebih cepat. Dengan begitu tidak akan menambah panjang antrean, kan?

2. Menabung menggunakan Mesin Setor Tunai

Menabung adalah proses memasukkan uang tunai/cash ke dalam rekening kita. Dulunya hal ini hanya bisa diproses oleh teller. Kita datang ke bank, antre, lalu menyerahkan uang padanya, dan kemudian dia mencatatnya dalam bentuk saldo.

Namun sekarang ini sudah tersedia Mesin Setor Tunai. Bentuknya mirip ATM. Lokasinya pun tersebar seperti mesin penarik uang tunai tersebut. Soal cara penggunaannya pun bisa dibilang tidak jauh beda: kita memasukkan uang ke dalam mesin dan secara otomatis saldo akan bertambah.

Baca juga: Cara menabung menggunakan mesin setor tunai

3. Transfer, cek saldo, pembayaran dan pembelian, serta lainnya menggunakan e-channel

Soal transfer, cek saldo, pembayaran telepon, internet, PLN, PAM, dsbg., serta pembelian tiket, dan lainnya sekarang ini tidak perlu datang ke bank dan mengantre lama di sana. Kita bisa melakukan semua itu dengan fitur e-channel atau biasa disebut juga e-banking.

Fitur e-banking yang bisa dinikmati nasabah yang dimaksud antara lain berupa ATM, SMS banking, M-banking, internet banking, phone banking, dan bahkan sekarang sudah ada yang namanya video banking. Super lengkap, gampang, bisa digunakan di mana dan kapan saja.

4. Mau tarik tunai gunakan saja kartu debit dan ATM

Pembuatan rekening baru biasanya diwajibkan disertai kartu debit. Kartu ini berfungsi sebagai kartu ATM yang bisa digunakan untuk tarik tunai. Sehingga bila butuh, mengambil duit dalam tabungan tidak harus datang ke bank, antre, dan bertemu teller.

Selain untuk tarik tunai, kartu debit juga berfungsi untuk mengoperasikan menu lain yang ada pada Automatic Teller Machine. Di antaranya cek saldo, transfer, pembayaran, pembelian, dll.. Oh ya, menjalankan Mesin Setor Tunai juga memakainya kartu plastik ini.

5. Telepon Call Center bank

Kartu ATM tidak bisa digunakan, rusak, terblokir, tertelan, hilang, bahkan bersamaan dengan buku tabungannya sehingga membuat Anda takut kehilangan saldo dan sulit transaksi? Tenang, beberapa kasus ini bisa diurus tanpa harus mengantre panjang di bank jika Anda sedang malas.

Bagaimanakah caranya? Yaitu dengan fasilitas layanan telepon call center bank masing-masing. Namun ingat, tidak semua bank dan jenis masalahnya bisa diselesaikan dengan cara ini. Untuk mengetahui mana yang bisa dan tidak, silakan baca-baca artikel di sini.

Leave a Comment