Macam-macam jenis bentuk celengan

Meskipun berbentuk ayam, sapi, bahkan wujud lain yang bukan hewan, tetap saja benda yang berfungsi untuk tabungan uang receh itu disebut celengan. Padahal, berdasarkan asal usul sejarahnya, dinamakan celengan karena dulu kebanyakan dibuat dengan bentuk babi. Dalam bahasa Jawa, celengan artinya babi.

Bentuk babi dipilih karena merupakan simbol kemakmuran. Sifatnya yang gemuk, serakah, dan pemakan segala dianggap cocok bila diaplikasikan pada celengan. Harapannya agar uang nominal berapa pun, atau sisa hasil belanja, dapat dimasukkan ke dalam benda yang memiliki lubang khas itu.

Seiring perkembangan zaman, celengan mulai dibuat pengrajin dengan berbagai macam bentuk. Kalau mau mencari, sekarang ini Anda bisa juga menemukan celengan yang canggih dan berbentuk seperti ATM. Jadi, bahan pembuatnya bukan lagi tanah liat dibakar, melainkan plastik dan dilengkapi beberapa alat elektronik.

Baca juga: Cara membuat celengan sendiri dari bahan bambu dan kaleng bekas

Gambar macam-macam jenis bentuk celengan

Berikut adalah kumpulan beberapa gambar celengan dari zaman dulu sampai sekarang, dari bentuk sederhana sampai modern, dan dari bahan tanah liat sampai alat-alat mesin elektronik lumayan canggih untuk ukuran sekadar tabungan rumahan.

1. Celengan ayam

Macam-macam jenis bentuk celengan

Celengan bentuk ayam mungkin paling populer untuk saat ini di Indonesia. Menurut pendapat beberapa teman, bentuk ini dipilih karena mayoritas penduduk negeri ini adalah muslim. Berdasarkan hukum agama yang dianut, hewan babi atau cel3ng bukan hanya haram, melainkan najis juga. Sehingga bentuk babi dihindari oleh produsennya.

Saya sendiri pernah melihat celengan bentuk ayam betina dan jantan (jago) dibuat dengan dua jenis bahan. Keluaran Dulu-dulu menggunakan tanah liat yang dibakar, sedangkan yang sekarang memakai bahan dasar plastik. Entahlah, mungkin biaya produksi menggunakan plastik lebih murah.

2. Celengan babi

Macam-macam jenis bentuk celengan babi

Jika harus menyesuaikan nama, maka celengan dengan bentuk babi-lah yang paling pas. Seperti yang sudah uangindonesia.com katakan di atas, cel3ng dalam bahasa Jawa artinya babi hutan. Namun, tunggu dulu, jika diurut lebih jauh, piggy bank (bahasa Inggrinya celengan) sebenarnya bukanlah mengacu pada hewan babi.

Kata piggy bank berasal dari bahasa Inggris Kuno “pygg“. Arti kata tersebut bukan babi melainkan nama jenis tanah liat berwarna oranye. Jadi, segala macam benda peralatan rumah tangga yang terbuat dari lempung ini (gerabah/porselen) disebutnya pygg. Hal ini termasuk juga celengan yang pada waktu itu bentuknya lebih mirip kendi.

Selengkapnya baca: Sejarah asal usul celengan

3. Celengan kendi

Macam-macam jenis bentuk celengan kendi

Saya kurang tau celengan pertama yang lebih mirip kendi itu berbentuk seperti ini atau bukan. Yang jelas, dari semua jenis bentuk celengan yang ada, bentuk kendi seperti inilah yang pertama saya lihat dan punyai. Sekedar info, saya kecil sekira tahun 1990-an, hehe.

Bahan pembuatan celengan bentuk ini adalah tanah liat. Mungkin zaman sekarang ada juga yang dari plastik. Namun, menurut saya lebih “asyik” menggunakan tanah liat. Mengapa? Kita tak akan tergoda mengambil isinya kalau belum benar-benar penuh. Karena terbuat tanah liat maka terasa sayang jika dipecah/bongkar (sekali pakai).

4. Celengan rumah

Macam-macam jenis bentuk celengan rumah

Celengan bentuk rumah seperti ini sudah termasuk jenis modern. Wujudnya dibuat sedemikian rupa sehingga sangat menarik, khususnya buat anak-anak perempuan. Selain untuk mengumpulkan uang receh, celengan ini bisa juga digunakan untuk mainan rumah-rumahan.

Tidak hanya multifungsi. Celengan modern ini juga bisa pakai berkali-kali. Maksudnya, di bagian bawah terdapat tempat buat mengambil uang dan tempat tersebut bisa ditutup kembali sehingga celengan masih bisa digunakan lagi (tidak seperti terbuat dari tanah liat yang harus dihancurkan atau dipecah).

5. Celengan ATM

Macam-macam jenis bentuk celengan ATM

Untuk saat ini celengan bentuk ATM sudah termasuk sangat modern. Bayangkan saja, bahan pembuatannya sudah pasti bukan dari plastik saja, melainkan dilengkapi alat elektronik, baterai, dan lain-lain.

Dari yang pernah saya lihat, menggunakan celengan ini hampir mirip seperti menggunakan ATM. Uang memang harus dimasukkan manual seperti celengan umumnya, tetapi terdapat sebuah kartu yang bisa berfungsi untuk mengambil isinya. Dipikir-pikir cukup canggih, bukan?

6. Celengan buatan sendiri

Yang saya maksud celengan buatan sendiri adalah sebuah celengan yang dibuat seseorang dengan tangan dan bahan seadanya. Bentuknya memang tidak jauh berbeda dengan bentuk bahan aslinya. Namun, itu justru membuatnya tambah unik. Pokoknya semakin kreatif semakin antik lah.

Bahan yang digunakan bisa botol bekas, kaleng bekas, bambu, dan lain sebagainya. Walaupun sepele, tetapi bukankah niat mempunyai celengan memang untuk berhemat? Dengan membuat sendiri artinya gratis dan uang yang seharusnya buat beli bisa langsung dimasukkan ke dalam celengan buatan sendiri ini.

Berikut beberapa fotonya.

celengan bambu

celengan kaleng

cara membuat celengan berbentuk hewan babi

cara membuat celengan berbentuk hewan sapi

Cara membuat celengan berbentuk hewan kura-kura

Selanjutnya baca: Cara membuat celengan bentuk hewan dari botol air mineral bekas.

Leave a Comment