Cara membuat celengan bentuk hewan babi, sapi, dan kura-kura dari botol bekas

Berdasarkan sejarah yang pernah saya baca, nama celengan berasal dari kata cel3ng (babi hutan). Meskipun begitu, bukan berarti celengan ada hubungannya dengan babi ngepet yang suka mencuri uang warga. Di Eropa sana, babi adalah makanan. Jadi mereka suka membuat dan memiliki celengan berbentuk hewan tersebut.

Seiring perkembangan zaman, celengan dibikin tidak hanya berbentuk babi. Di toko-toko Indonesia sendiri dapat dengan mudah ditemukan celengan bentuk lain. Seperti ayam betina, jago, angsa, bahkan wujud lain yang bukan binatang. Walau bentuk bermacam-macam, tetapi nama tetap sama: celeng-an.

Baca juga: Cara membuat celengan dari kaleng susu bekas dan kayu bambu

Cara membuat celengan bentuk hewan babi, sapi, dan kura-kura dari botol bekas

Itu jika membeli dari toko. Lalu bagaimana bila membuat sendiri? Ya, pada artikel sebelumnya uangindonesia.com telah membahas cara membuat celengan sendiri dari botol bekas. Celengan berbentuk apakah yang dihasilkan?

Memang hanya tabung dan bukan bentuk binatang. Namun, di situ saya janji pada artikel berikutnya akan membahas cara membuat celengan sendiri dengan bentuk binatang dari botol bekas. Karena saya tidak mau hutang, baiklah berikut saya tuliskan tutorial yang dimaksud.

Cara membuat celengan bentuk babi

Bahan yang diperlukan:

  1. botol bekas merek Sprite, Coca cola, Pepsi, atau lainnya;
  2.  cat warna merah muda (pink) ;
  3. lem, solasi, atau lakban;
  4. mata boneka;
  5. pernak-pernik berbentuk telinga.

Alat:

  1. gunting/pisau/cutter.

Cara membuat:

Pertama, potong botol bekas menjdi dua bagian. Kemudian sambung kembali dan rekatkan menggunan lem. Ini tujuannya agar botol lebih pendek. Bila botol yang tersedia sudah berbentuk pas, maka langsung saja lanjut ke tahap berikutnya.

Bikinlah dua lubang pada tutup botol. Fungsinya agar seperti hidung babi yang khas. Kemudian, rebahkan botol dan buatlah lubang tempat memasukkan uang. Selanjutnya cat seluruh badan botol bekas dengan warna merah muda. Terakhir, pasang mata boneka dan telinga babi seperti gambar di bawah.

cara membuat celengan berbentuk hewan babi

Baca juga: Inilah cara menghemat di bulan Puasa

Cara membuat celengan berbentuk hewan kura-kura

Bahan:

  1. botol bekas (bisa merek Sprite, Coca cola, Pepsi, dll);
  2. spon matras tipis;
  3. spidol hitam;
  4. lem tembak;
  5. pita tali;

Alat:

  1. Gunting atau pisau cutter

Cara membuat:

Potong bagian bawah botol. Ukuran kira-kira saja yang penting sebanding dengan bentuk tempurung kura-kura. Setelah itu, buat pola pada spon matras. Bentuk yang dibutuhkan adalah kepala dan kaki kura-kura. Selain untuk bagian tubuh tersebut, matras ini juga digunakan untuk menutup “tempurung” tadi.

Satukan matras dengan potongan botol tadi. Gambar kaki, kepala, dan mata kura-kura menggunakan spidilol di atas pola. Agar penampilan makin menarik, hiaslah menggunakan pita tali. Lalu, di mana lubang tempat memasukkan uang? Bikinlah di bagian bawah (pada alas spon).

Cara membuat celengan berbentuk hewan kura-kura

Cara membuat celengan berbentuk binatang sapi

Bahan:

  1. dua buah botol bekas merek Sprite, Coca Cola, atau lainnya;
  2. cat acrylic warna hitam/abu-abu, putih, dan merah muda (pink);
  3. perekat (lem, solasi, atau lakban);

Alat:

  1. gunting dan pisau;

Cara membuat:

Potong masing-masing botol menjadi dua bagian. Ambil bagian bawah dan sambung menjadi satu. Lem bagian sambungan agar kuat. Kemudian warnai seluruhnya menggunakan cat hitam untuk warna dasar. Kemudian tambahkan warna putih dengan pola sedemikian rupa agar menyerupai warna badan sapi yang sebenarnya.

Agar penampilan semakin mirip, tambahkan gambar mata, hidung, mulut, telinga, dan lain-lain. Lihat gambar di bawah ini jika masih bingung. Pada gambar, potongan botol bekas seperti ini bisa juga dibikin menjadi celengan berbentuk babi dengan warna dasar merah muda atau pink.

cara membuat celengan berbentuk hewan sapi

Selanjutnya baca: Cara membuat celengan dari botol bekas air minum mineral (sederhana).

Leave a Comment