Cara daftar adsense dengan Youtube dan pasang di blog TLD

Artikel ini lanjutan dari post kemarin yang berjudul Biar Akun Adsense Appeoved, Blog Harus Lolos Review Dua Kali. Karena susahnya itu, maka saya mencari info alternatif lain untuk bisa mendapatkan akun tersebut. Asal tau saja, ternyata ada juga loh yang jual-beli akun adsense. Harganya kisaran antara seratus ribu rupiah sampai dua ratus ribu rupiah.

Bisa laku dengan harga segitu dikarenakan mendaftar Google Adsense tidak semudah mendaftar PPC lokal lainnya yang syaratnya asal punya blog, entah itu berkualitas atau tidak. Silakan baca: Review Adsensecamp, Kliksaya, Pemasang dan Propellerads. Jika memang Anda berniat untuk membelinya, saran uangindonesia.com tetaplah hati-hati karena jenis akun Adsense ada dua macam, hosted dan non-hosted atau full approved.

Akun adsense hosted biasanya mudah didapat. Hanya dengan modal satu buah video hasil rekaman handphone kemudian upload ke youtube, selang dua jam langsung dapat akun tersebut. Akun jenis ini hanya bisa dipasang pada youtube dan blog yang masih berdomain blogspot.com. Tidak bisa dipasang untuk blog yang sudah domain TLD meskipun platform dasarnya menggunakan blogspot.

Jika anda berniat membelinya, carilah yang sudah non-hosted atau full aproved. Karena akun jenis ini bisa dipasang di manapun. Namun jika Anda tidak ingin membelinya, ingin coba daftar sendiri saja, atau sekedar ingin tau caranya, baiklah saya akan menjelaskannya di sini.

CARA DAFTAR ADSENSE DENGAN YOUTUBE

  • Siapkan video apa saja yang penting asli buatan sendiri. Bisa kok buat rekaman bebas menggunakan handphone. Durasi video minimal 5 menit lebih sedikit.
  • Buat email baru di gmail. Sekali lagi saya tekankan harus baru yang belum pernah sekalipun buat coba-coba daftar adsense. Email tidak harus dilengkapi profile di google plus. Namun, kalau mau melengkapinya, itu lebih bagus.

Jika kedua syarat di atas sudah siap, uploadlah ke youtube. Tidak usah menunggu lama atau menunggu upload lainnya biar video lebih dari satu, langsung saja saat itu juga daftarin ke Adsense. Caranya bisa melalui link ini http://www.youtube.com/account_monetization buka tab seperti gambar di atas. Isi dan ikuti panduan dengan baik.

Setelah proses mendaftar, tunggulah beberapa saat sambil sesekali cek email. Berdasarkan pengalaman saya, kalau permintaan pendaftaran akun adsense dengan Youtube kita diterima, selang dua jam kita akan mendapat email seperti gambar di bawah ini.

email

Email tersebut berisi ucapan selamat atas diterimanya / appeove permintaan/pendaftaran akun email. Meskipun sudah diterima, jangan terlalu senang dulu. Status akun tersebut masih hosted alias belum full approved. Artinya akun tersebut hanya bisa dipasang pada Youtube dan blog yang masih menggunakan domain blogspot.

CARA UPGRADE AKUN ADSENSE HOSTED BIAR FULL APPROVED DAN BISA DIPASANG DI BLOG

Agar akun adsense hosted bisa dipasang pada blog yang menggunakan TLD atau Top Level Domain, maka akun tersebut harus diupgrade. Tenang saja, proses upgradenya gratis. Kita hanya butuh sebuah blog yang cukup berkualitas di mata google.

Jika akun adsense hosted dan blognya sudah siap, selanjutnya ikuti cara sebagai berikut:

  • Log in ke Adsense. Cari menu setting yang logo gambarnya gear. Setelah itu masukan/submit url blog kita.
  • Pada dashbor Adsense, buatlah slot iklan untuk mendapatkan script yang nantinya akan kita paste/pasang pada widget blog yang tadi disubmit. Ini berguna untuk pihak google merivew blog kita. Selama blog belum dipasang script, sampai kapanpun gak bakalan direview apalagi disetujui.

setting

Selama proses review blog, adakalanya iklan tidak muncul. Tenang saja, hal itu lumrah.

KEUNTUNGAN MENDAFTAR AKUN ADSENSE DENGAN YOUTUBE

Mendaftar dengan cara ini keuntungannya yaitu blog kita tidak perlu melewati tahap review dua kali. Cukup sekali saja dan kalau blog diterima, akun adsense kita statusnya langsung menjadi full approved.

Namun kalau blog tidak diterima, kita tetap masih punya akun adsense meskipun hosted, setidaknya punya dan bisa dipasang pada blog domain blogspot. Seandainya suatu saat sudah punya blog yang berkualitas, bisa dicoba lagi untuk upgrade.

Namun berdasarkan pengalaman saya, review tahap ini cukup mudah. Blog saya pun langsung diterima meskipun blog baru dan masih berantakan.

SYARAT BLOG BISA LOLOS REVIEW ADSENSE

Saya sendiri sebetulnya tidak tau pasti syaratnya apa saja. Namun banyak maater-master yang menyarankan seperti ini:

  • Pastikan artikel pada blog bukan copy-paste. Makin banyak artikel makin bagus.
  • Panjang tiap artikel sebaiknya 500 kata lebih. Makin panjang makin bagus.
  • Lengkapi blog dengan halaman statis. Seperti:
    Kontak – buat formulir dengan google doc.
    Disclaimer – buat online saja
    Term Of Service

Halaman-halaman tersebut harus terlihat pada tampilan blog, bisa di widget sibebar samping atau bisa juga bawah header ( horisontal ).

  • Lengkapi blog dengan bandage google plus pada sidebar, breadcumb, fav icon, dll.
  • Setting widget yang berisi iklan adsense biar hanya muncul pada halaman artikel saja. ( caranya cari saja di google, sudah banyak blog yang membahas tentang ini ).

KEADAAN BLOG SAYA WAKTU SUBMIT BLOG PADA AKUN ADSENSE HOSTED

Seperti yang sudah saya katakan di atas. Blog saya waktu itu masih baru dan berantakan. Tapi syarat-syarat di atas tetap saya penuhi.

  • Baru dua hari kustom ke domain.com sehingga data alexa masih kosong dan jumlah visitor sedang menurun.
  • Pada menu horisontal atas, banyak link-link yang masih kosong.
  • Postingan berjumlah 25 yang saya post pada saat url blog masih menggunakan domain.blogspot.com dan pageview per hari dibawah 150.

AKUN ADSENSE NON-HOSTED / FULL APPROVED

Setelah semua syarat-syarat di atas sudah saya penuhi dan tahap demi tahap sudah saya kerjakan, selang dua hari saya langsung dapat email yang berisi pemberitahuan akun adsense saya non-hosted alias full approved. Saya cek blog juga iklan di sana sudah muncul dan siap berfungsi sebagaimana mestinya.

approve

Begitulah Cara Daftar Adsense Dengan Youtube dan Kemudian Mengupgradenya Biar Full Approved. Jika anda sudah memiliki akun yang seperti itu, jaga baik-baik ya. Karena Google akan tetap mengamati konten blog yang dipasang iklan adsense. Kalau ditemukan hal-hal yang melanggar aturan, bisa kena teguran peringatan atau bahkan banned.

18 thoughts on “Cara daftar adsense dengan Youtube dan pasang di blog TLD”

    • tahun 2014 bisa. dan dipasang di blog domain untuk upgrede biar jadi nonhosted

    • dulu sih bisa gan. tapi sekarang katanya akun adsense untuk youtube dan blog dibedakan

  1. Bang, saya daftar adsense lewat youtube jadi masih hosted udah ada penghasilan sih, dan saya pgn mainan blog, tp domainya masih blogspot, blogspot saya udah saya gabungin ke adsense saya. Tp iklan masih blank. Pertanyaan saya, adsense bisa engga sih munculin iklan di blogspot dan youtube juga biar double gtu penghasilanya? Dan gimana caranya? Udah pusing utak atiknya, makasih

    • dengar-dengar akun adsense youtube yang sekarang dipisahin dengan adsense untuk blog

  2. gan. mau tanya nih
    saya punya akun adsense dari youtube . kalo saya pasang blog dengan domain blogspot apa masih bisa di approve blog tersebut.

    • jaman dulu waktu itu saya bisa. tapi gak tau deh kalau sekarang. soalnya banyak yang bilang akun adsens youtube yang sekarang tidak seperti yang dulu

  3. Persis seperti yang ane lakukan gan..cuma setelah ane upgrade,iklan di domain tld tetap blank.hanya muncul di blogspot..ada solusi gak gan?thanks

    • upgradenya sudah full approved alias berubah status jadi non-hosted belum gan? kalau sudah tapi tetep belum muncul, mungkin dikarenakan kode unit baru jadi harus nunggu beberapa menit baru bisa muncul. Atau bisa juga waktu copy kode iklan ada yang tertingal

Leave a Comment