Cara mengurus kartu ATM BRI hilang terbaru

Kejadian kartu ATM BRI hilang bisa jadi akan membuat kenyamanan anda sedikit terganggu. Mengapa? Karena anda tidak bisa lagi menggunakannya. Kalau mau tarik tunai, transfer, dan transaksi lainnya mau tidak mau harus melakukannya di kantor cabang terdekat, berhadapan dengan teller. Kantor cabang seperti ini hanya bisa melayani nasabah pada jam kerja saja, itu pun biasanya antre panjang. Di luar jam kerja mereka tutup. Apalagi kalau hari libur / tanggal merah, seharian penuh pintu kantor tidak terbuka. Sangat mengesalkan bukan?

Jika kartu ATM Bank Rakyat Indonesia anda hilang, hal yang seharusnya anda lakukan pertama kali adalah memblokirnya. Anda bisa telepon call center BRI untuk melakukan itu. Dengan hanya menjawab beberapa pertanyaan seputar data pemilik sah rekening tersebut yang tersimpan di database sana, yang tujuannya untuk verifikasi bahwa penelepon benar-benar pemilik asli, maka pihak bank akan memproses pemblokiran kartu ATM setelah setiap jawaban dari penelepon benar semua.

Namun yang perlu anda ketahui selanjutnya adalah kartu ATM terintegrasi dengan layanan lainnya berupa SMS banking, M-banking, dan internet banking. Jadi bila kartu ATM sudah diblokir, ketiga layanan tersebut juga tidak bisa digunakan. Intinya memang bener-bener merepotkan deh kalau kejadian kartu ATM hilang menimpa kita.

Baca lainnya: Cara mengatasi PIN ATM BRI terblokir

Pasti sebagian pembaca di sini ada yang bertanya. Bagaimana seandainya kartu ATM BRI hilang tapi tidak usah diblokir saja? Jika anda mengambil tindakan seperti itu memang anda tetap masih bisa menikmati layanan SMS banking, M-banking, dan internet banking. Namun, apakah anda tidak kuatir jika kartu ATM anda ditemukan orang lain dan kemudian disalahgunakan? Ingat loh ya, jika saldo anda hilang di saat kartu ATM belum terblokir, itu menjadi tanggung jawab sendiri. Pihak bank menganggap itu kesalahan nasabah.

Makin ribet saja kan kalau sudah seperti cerita di atas. Maka dari itu bila kartu ATM BRI anda hilang, segeralah mengurusnya ke kantor cabang terdekat dan mintalah kartu ATM yang baru untuk menggantikannya. Tenang saja, caranya sangat gampang. Berikut uangindonesia.com akan mencoba menjelaskan tahap-tahapannya dengan lebih detail dari yang lainnya, hehe.

Cara mengurus kartu ATM BRI hilang

Cara mengurus kartu ATM BRI hilang iyalah pemilik rekening harus datang sendiri ke kantor cabang BRI, tidak boleh diwakilkan atau dikuasakan orang lain. Mungkin pembaca ada yang tanya: Dulu saya bikin rekeningnya di kantor cabang BRI wilayah A, sekarang saya tinggal di kota B. Bolehkan saya mengurusnya di kantor cabang B saja biar dekat?

Jawabannya tergantung. Simak hierarki berikut:

  1. Kantor Cabang
  2. Kantor Cabang Khusus
  3. Kantor Cabang Pembantu (KCP)
  4. Kantor Unit

Jika rekening Anda dibuat di kantor cabang, Anda hanya dapat mengurus kehilangan di kantor cabang atau kantor cabang khusus. Jika rekening dibuat di KCP, Anda dapat mengurusnya di KCP atau kantor cabang, dan jika rekening dibuat di unit, kehilangan dapat Anda urus di semua kantor.

Syarat mengurus kartu ATM BRI hilang

Pada penjelasan di atas sudah cukup jelas kan di kantor cabang mana yang bisa membantu anda untuk mengurus kartu ATM BRI yang hilang?. Jika sudah, jangan langsung ke sana dulu. Ada syarat-syarat yang harus anda bawa sewaktu ke sana. Antara lain sebagai berikut:

  • Kartu identitas. Boleh Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Izin Mengemudi (SIM), ataupun Paspor.
  • Buku tabungan.
  • Surat keterangan kehilangan dari kepolisian.
  • Uang kecil sekitar Rp 10.000,00 saja buat bayar biaya penggantian kartu ATM (tidak wajib, bisa potong di saldo tabungan).

Artikel terkait: Cara dan syarat ganti buku tabungan yang sudah habis

Jika syarat-syarat sudah disediakan, langsung saja datang ke kantor cabang BRI. Bila sudah sampai, saat mau ambil nomor antrean, ingat ambilnya yang bagian Customer Service, bukan yang untuk teller. (Bila tidak bisa membedakannya, jangan malu untuk minta petunjuk pada satpam).

Sewaktu giliran anda untuk menghadap CS tiba, sambil serahkan berkas syarat-syarat tadi, utarakan juga bahwa anda kehilangan kartu ATM BRI dan meminta untuk dibikinkan lagi kartu ATM baru sebagai gantinya.

Petugas kemudian akan mengeceknya. Bila semua prosedur sudah lengkap, sesaat kemudian dia akan menerbitkan kartu ATM baru untuk anda. Oh ya, anda harus membayar kartu tersebut seharga Rp 10.000,00 saja. Meskipun kartu ATM BRI-nya lain (bukan yang lama), namun nomor rekeningnya masih sama seperti yang dulu.

Cara membuat surat kehilangan kartu ATM di kantor polisi

Tidak seperti di BCA dan BNI, di BRI surat keterangan kehilangan dari kepolisian untuk mengurus Kartu ATM BRI hilang bisa dibilang keharusan, tidak boleh tidak. Meskipun tidak sedikit orang bilang untuk saat ini mengurus kartu ATM BRI hilang tidak butuh surat keterangan dari polisi, namun faktanya banyak kantor cabang BRI yang masih mengharuskannya. Bila tidak disertai surat seperti ini, pengajuan kartu pengganti bisa ditolak. Karenanya, sebelum mengurusnya, anda bisa tanyakan dulu ke masing-masing kantor cabang yang akan dimintai bantuannya.

Bila ternyata memang harus, mau tidak mau anda harus datang ke kantor polisi untuk memenuhi syarat yang kadang bikin malas untuk mengurusnya. Berikut saya sedikit kasih tau caranya:

  1. Datanglah ke kantor polisi di wilayah tempat kartu ATM BRI anda hilang. Misal, meskipun anda tinggalnya di wilayah B, tapi karena hilangnya kartu ATM BRI terjadi di wilayah A, maka kantor polisi yang anda harus datangi adalah yang berada di wilayah A.
  2. Bawa foto kopi halaman depan buku tabungan dan KTP.
  3. Serahkan keduanya dan bilang minta surat kehilangan buat mengurusnya di kantor cabang bank.
  4. Bila sudah selesai, banyak orang yang menyarankan salaman sambil diselipkan duit sebesar Rp20.000,00 sebagai ucapan terimakasih. Saya sendiri tidak tau mengapa harus begitu, hehe.

Alternatif lain bila malas bikin surat kehilangan dari kepolisian

Membuat surat kehilangan seperti cara di atas kadang menjadi hal yang merepotkan, bikin malas, dan lain sebagainya. Ada teman saya yang pernah bilang, “Saldo saya cuma ratusan ribu doang, masa sih harus bikin gituan juga? Macam duit berjuta-juta saja”.

Jika anda memang tidak mau bikin surat kehilangan seperti itu, teman saya tersebut menyarankan anda tutup rekening saja. Ambil semua saldonya. Tapi, setelah itu, di situ dan waktu itu juga buka rekening baru. Dengan begitu nomor rekening lama akan dinonaktifkan dan anda akan menerima nomor rekening baru, buku tabungan baru, dan tentu pula kartu ATM baru detik itu juga. Lebih hemat waktu bukan?

Simak juga: Penyebab dan cara mengatasi kartu ATM tertelan di mesin

Namun bila anda tetap menginginkan nomor rekening yang sama kayak dulu, jalan satu-satunya adalah jangan bilang kartu ATM BRI-nya hilang. Bilang saja tertelan di mesin ATM bank lain. Atau bisa juga ngakunya hilang di rumah, masuk septic tank WC tidak mungkin bisa di ambil. Namun cara bohong yang terakhir ini tidak saya sarankan. Kalau anda nekat melakukannya dan suatu hari ketahuan atau ada apa-apa, jangan salahkan saya ya, hihi.

Oke sekian dulu posting-an kali ini yang membahas cara mengurus kartu ATM BRI hilang baik dengan atau tidak disertai surat keterangan kehilangan dari kepolisian. Semoga bermanfaat dan menjadi solusi buat anda yang sedang mengalami nasib sial tersebut. Bila tetap masih ada pertanyaan, silakan saja tuliskan di komentar bawah ini. Oh ya, saya juga menerima kritik dan saran. Terimakasih.

32 thoughts on “Cara mengurus kartu ATM BRI hilang terbaru”

  1. Mau tanya klo atm ketinggalan di mesin atm dan uda di blokir lewat tlpn callcenter bri dan udah di blokirkn apa saldo udah aman dan apa harus buru2 ke bank biar dpt tau saldo aman dan buka rek baru ato ga perlu buru2 gpp ??
    Mohon penjelasanya thx

    • Salado akan aman kalau sudah diblokir. Agan tidak perlu buru-buru untuk mengurusnya. Tapi lebih cepat lebih baik. Setelah sudah diaktifkan kembali (mendatangi kantor cabang) agan tidak perlu buka rekening baru

  2. Kalau yg pux atm g bisa ngurusi karena berhalangan hadir?apa bisa diwakilkan untuk tutup rekening lama dan buat buku tabungan baru?

  3. Saya tinggal di kota b dan Kalo atmnya hilang di kota b, sedang buku rekeningya di kota a, apakah bisa membuat atm baru dengan bukti adanya foti rekening saja

  4. Klo saya kartu atm saya ada yg nukar di kota B tp udah lngsung saya blokir dgn mnelpon lngsung ke call center,tp bikin nya di kota A ,,skrg saya tgl di kota A dan saya buat rkening dan Atm nya jg di kota A,,dan gak mungkin rasanya klo saya minta surat kterangan khilangan di kota B ,karna jarak kota sangat jauh..?/
    Solusinya apa saya bisa minta surat kehilangan kpolisian di kota A juga

  5. Saya krhilangan ATM. Dan saya ingin mrngutusnya lagi nah… apa ngurus ATM nya harus dikantor dimana ATM pertama diterbitkan? Apa bisa kekantor cabang BRI daerah lain selain daerah kita menerbitkannya diawal??
    Please replay nya
    Terima kasih

  6. kalau krtu atm hilang cuman inget nomer rekeningya saja gmna ?

    apa mungkin di blokir aja ?

  7. Kalau udah nelpon ke bank BRI pusatnya dengan ngomong “kartu atm hilang/lupa dibawa pas pengambilan uang di atm. ” .terus kita ke bank nya langsung dengan alasan “kartu atm tertelan” .apa tidak apa2? Tidak akan masalah? Soalnya aku malas banget buat surat kehilangan itu.

    • bohong itu namanya hehe. sebenarnya tidak apa-apa, cuma dosa saja. akan lebih aman kalau ngakunya ketelan di ATM bank lain yang lokasinya jauh dari rumah hihi

    • Alhamdulilah..Udah beres mas, aku ke bank tgl 27 ,terus katanya di eror baru bisa di ambil tgl 29. Dan dengan alesan atm tertelan.biaya hanya 7ribu.

    • Terus ketauan ga kalo kartu nya ilang bukan ke telen di bank pas ngurus atm baru nya?

  8. Kalau kehilangan di kota A, buku tabungan ketinggalan d kota b, ngurus di kota C gmn?

    • saat ini mengurus kehilangan seperti ini lebih gampang dan bisa di cabang di kota mana saja asalkan persyaratannya terpenuhi

  9. klo mengurus atm yang hilang dengan ktp sementara yang bukan e-ktp
    bisa tidak ya

  10. “kartu atm hilang/lupa dibawa pas pengambilan uang di atm. ” trus dari rekening lain ada yg transfer, uangnya masuk gak?

  11. kartu atm saya tertelan di kota b,, sedangkan tempt penerbitan di kota A, sperti yg saya baca di atas klau kita buat rekening di unit kita bisa ngurus di cabang. apkah saya bisa ngurus atm saya yg tertelan di cbang B ,,? dan kbetulan ktp saya sudah tidak aktif lagi. bisakah saya menggunakan ktp tersebut ?

    • Kalau kantor cabang di kota b besar, seharusnya bisa. Namun, KTP harus yang masih aktif dan jenis KTP elektronik

  12. Saya mau tanya kemaren atmku hilang nah setelah melakukan pemblokiran trs saya cek saldo ternyata hilang 4jt apakah kita bisa cek cctv yang mengambil uang tersebut ya

  13. Kalau misal atm dan ktp hilang, padahal kalau tarik tunai di bank pake buku tabungan harus pake ktp. Apa bisa tarik tunai di bank cuma pake buku tabungan dan surat keterangan kehilangan dari polsek??

  14. Selamat pagi pk/ibu, sy baru saja mendatangi KC BRI untuk mengurus ATM saya Yg hilang 2 hari yg lalu, sebelumnya sy cari informasi di internet, apa saja sih syarat2 yg harus d bawa? Ternyata syaratnya tidak begitu ribet hanya perlu bawa surat kehilangan, surat identitas(KTP/SIM/ surat pengantar KTP atau RESI >bagi yg belum aktip e-KTP)
    Setelah sy bawa semua berkas yg di perlukan, tetap saja tidak bisa di proses alasanya karna yg saya bawa surat RESI yg sudah lewat batas waktu berlaku sembari petugas tersebut memperlihatkan Draf ReSi terbaru.
    Saya juga gk tau, soalnya RESI yg sy bawa tsb. Tidak tertera batas waktu sama sekali.dan saya jg berpendapat bahwa” maaf ibu sebelumnya, ini kan Draf di jakarta, bu. Meskipun saya harus membuat RESI yg baru, belum tentu di Kampung saya, draf, a sudah di revisi & lagi pula yg terpentingkan identitasnya sama. Knp tidak di usahakn, bu…? Tetap saja CS itu tidak mau memproses dan menyarankan supaya membuat yg Baru.

    Dari penjelas singkat di atas sya mohon solusi cara lain selain sy harus m’buat RESI Baru.supaya ATM Sy yg hilang dapat di Ganti.???

Comments are closed.