Cara Blog Dapat Duit Dari Iklan Mandiri Pengganti PPC
Baliho via gerayprint.com

Cara Blog Dapat Duit Dari Iklan Mandiri Pengganti PPC

Posted on

Cara Blog Dapat Duit Dari Iklan Mandiri Pengganti PPC – Pada post sebelum-sebelumnya saya sudah membahas Cara Mendapatkan Uang Di Internet Paling Gampang adalah dengan blog. Di situ saya sudah menuliskannya dengan lengkap cara detailnya, seperti misalnya dengan PPC, lomba blog, iklan mandiri dan jual blog.

Kemudian di post berikutnya saya menerbitkan tulisan Fraud Klik: Cara Menaikan Pendapatan PPC Bisa Banned yang isinya mengenai curhatan akun PPC yang kena banned menjelang hari payout. Rasanya lumayan kesal, apalagi saat itu saya berniat mengalokasikan uang hasil iklan PPC tersebut untuk membayar hosting blog ini, uangindonesia.com yang invoicenya 2 hari lagi jatuh tempo. Tapi apa daya, keburu banned dan dengan begitu secara otomatis saya butuh dana cepat yang cara untuk mendapatkannya tidak bisa hanya mengandalkan PPC. Kita tau sistem pembayaran PPC adalah sebulan berikutnya. Blog saya butuh penayang iklan yang mau bayar di muka, pilihannya iyalah iklan mandiri.

APA ITU IKLAN MANDIRI?

Iklan mandiri yang saya maksud di sini adalah iklan yang muncul pada blog namun sistem pembayarannya langsung dari pengiklan, tidak melalui pihak broker atau penyedia PPC. Waktu pembayaran biasanya di awal. Banyaknya jumlah pembayaran dan lama penayangan tergantung perjanjian (biasanya minimal sebulan), trafik dan konten blog lah yang biasanya dijadikan pertimbangan untuk menentukan harga iklan.

Keuntungan iklan mandiri:

  • Pembayaran di awal.
  • Kita bebas update artikel apapun, bebas sesuai keinginan tanpa takut banned atau peringatan.
  • Penghasilan biasanya 3 kali lipat lebih banyak dari pada PPC.

Kerugian iklan mandiri:

  • Terikat kontrak/perjanjian (jangan curang, selama masa kontrak tidak boleh copot iklan).
  • Harga iklan tetap meskipun blog kita ada kenaikan pengunjung. Kecuali jika masa kontrak habis dan mau diperpanjang baru bisa dinegoisasi lagi.
  • Pengiklan biasanya meminta penempatan iklan pada slot tengah bahkan floating, mengganggu kenyamanan pengunjung blog.

Mencari iklan mandiri bisa dibilang gampang-gampang susah. Untuk blog dengan pengunjung tidak banyak, jangan ditanya lagi. Memasang PPC pun kadang belum memenuhi syarat. Untuk blog yang sudah ramai pengunjung pun, seandainya konten blog membahas tentang niche non-umum pun kadang ditolak sana-sini. Makanya pada awal pembuatan blog harus dipikir dulu tema/niche nya tentang apa. Tapi tenang saja, berikutnya dibawah ini saya akan ceritakan pengalaman saya sewaktu mencari iklan mandiri.

CARA MENCARI IKLAN MANDIRI UNTUK BLOG PENGGANTI PPC

Perlu diketahui sebelumnya, blog yang saya jadikan obyek study case untuk penulisan artikel ini nichenya gado-gado dan umum. Tidak ada satupun topik tentang agama tertentu, dewasa, ataupun j*di. Sehingga saat saya pasang PPC Kliksaya yang kebanyakan iklannya jamu pelangsing, saya merasa nyaman-nyaman saja bahkan terlalu nyaman karena iklan tersebut bisa dikombinasikan dengan PPC Google Adsense yang aturannya sangat ketat.

Hingga akhirnya akun Kliksaya kena banned, saya pun masih berharap iklan-iklan tersebut masih mau tayang di blog saya. Saya pun menghubungi mereka satu persatu dengan tujuan menawarkan space iklan dengan sistem pembayaran langsung tanpa broker. Apa jawaban mereka?

Ternyata kebanyakan dari mereka merahasiakan nomor kontak bos atau orang bagian marketingnya. Saat saya chat dengan BBM (Blackberry Messager) ataupun Whatsapp dengan pin atau nomor yang saya dapatkan dari yang tertera pada websitenya, itu adalah kontak customer servicenya. Mereka hanya melayani jual-beli saja. Saya menanyakan kontak orang yang mengurusi tentang iklan, dia bilang bosnya melarang.

Setengah hari melakukan itu, tidak ada hasil apa-apa yang saya dapatkan. Akhirnya saya blogwalking dan mampirlah di blog cara-ririn.com. Ada satu artikel di blog tersebut yang isinya cara mencari iklan mandiri, yaitu dengan cara melihat blog yang ada iklan mandirinya. Kemudian di klik dan cari nomor kontak yang bisa dihubungi. Kebetulan di blog mbak ririn ada iklan yang dimaksud. Langsung deh saya klik dan melakukan apa yang mbak ririn sarankan, yaitu cari kontak yang bisa dihubungi. Setelah kontak didapat, saya chat dengannya.

Setelah mengutarakan maksud saya yaitu menawarkan space iklan di blog, dia menanyakan url blog saya untuk dicek. Kemudian dia juga meminta data blog saya berupa info trafik, jumlah post, dan lain sebagainya. Saya buatkan satu laman statis yang berisi info-info tersebut. Setelah dibaca, akhirnya dia menyetujui tawaran saya bahkan bersedia ambil 4 slot (1 slot sidebar, 1 slot header, dan 2 slot floating) selama tiga bulan.

Proses selanjutnya iyalah tawar menawar harga. Setelah kedua pihak sepakat, pengiklan mengirim banner iklannya. Kemudian tugas bloggernya lah memasang iklannya di blog. Setelah banner iklan naik, barulah pengiklan transfer uang sebagai pembayarannya.

Begitulah Cara Mencari Uang Dengan Blog Menggunakan Metode Iklan Mandiri berdasarkan pengalaman saya sendiri. Hal yang perlu diperhatikan adalah kita harus lihat apakah iklannya bersifat umum dan atau mengandung konten dewasa (ob*t khusus d*w*sa dan j*di), jika iya maka kita harus rela mencopot iklan Adsense dahulu untuk sementara. Ini berguna untuk menghindari peringatan dari google, sekedar jaga-jaga supaya tidak kena banned.

Gravatar Image
Konten dilindungi DMCA

10 thoughts on “Cara Blog Dapat Duit Dari Iklan Mandiri Pengganti PPC

  1. Menarik sekali pengalamannya mas saya juga ingin mencoba pasang iklan mandiri karena traffiknya sudah memenuhi syarat siapa tahu beruntung BTW memang melanggar kebijakan adsense mas kalau pasang iklan mandiri saya sering lihat blog lain pasang dua-duanya nggak apa apa mas

  2. Ini dia info yang saya cari, karena saya sendiri sedang mencari iklan mandiri untuk website saya…terima kasih buat inspirasinya…

  3. mas, saya mau tanya, saya punya blog dan punya trafik 500 unik visitor perhari.. kira2 dengan trafik segitu dah pada cocok belum buat nawarin iklan mandiri? atau apa harus masih di tambah lagi trafiknya?

    1. bisa saja kalau memang beruntung. tapi lebih baik tambah lagi trafiknya deh biar nyari iklan mandiri lebih gampang diterima

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *