Cara daftar internet banking Mandiri via ATM & aktivasinya

Cara Daftar Internet Banking Mandiri Via ATM & Aktivasinya. Internet Banking Mandiri adalah salah satu layanan yang diberikan Bank Mandiri kepada nasabahnya yang gunanya untuk mengakses rekening tabungannya dengan melalui internet. Jadi kalau SMS Banking yang kemarin kita bahas adalah akses rekening dengan metode sms dengan kode format tertentu, sedangkan internet banking dengan metode online. Tidak hanya Bank Mandiri saja, BCA, BNI, BRI, dan bank lainnya juga memfasilitasi layanan ini.

Semua nasabah Bank Mandiri boleh menikamati asalkan rekeningnya sudah terdaftar sebagai pengguna internet banking. Cara mendaftarkan cukup gampang, bisa dengan mendatangi kantor cabang bank terdekat, bisa pula dengan mesin ATM yang tersebar di seluruh Indonesia. Namun perlu diketahui, kedua cara mendaftar internet banking Mandiri tersebut ada perbedaannya. Maka dari itu kali ini uangindonesia.com ingin membahasnya lebih lanjut.

Kelebihan Atau Keuntungan Internet Banking VS. SMS Banking

Sebelum kita membahas cara mendaftar atau meregistrasikan, ada baiknya kita bahas dulu kelebihan atau keuntungan menggunakan internet banking bila dibandingkan dengan layanan satunya, yaitu sms banking. Untuk transaksi, keduanya sama-sama menawarkan kenyamanan karena tidak perlu pergi mencari ATM, cukup dalam rumah, bisa diakses dengan media smartphone. Tapi kalau harus dibandingkan, kira-kira beginilah perbedaannya:

  1. Lebih murah.
    Setiap kali transaksi meggunakan sms banking, harus kirim satu sms kemudian dapat balasan. Taukah anda bahwa mengirim dan menerima balasan saat transaksi SMS banking kena biaya pulsa yang harga per sms-nya lebih mahal dari sms biasa? Jadi kalau sehari anda hanya cek saldo berkali-kali, biayanya ya tinggal kali kan saja. Sedangkan kalau internet banking, hanya kena biaya internet saja. Kalau smartphone kita setiap hari ada kuota atau paket internet unlimited, tentu interney banking akan terasa lebih murah.
  2. Gampang dan Nyaman.
    Transaksi dengan sms banking kan harus mengetik kode format perintahnya, nah kalau internet banking tidak. Cukup login dengan memasukan username dan passwordnya, nanti akan muncul menu-menu yang kalau kita ingin menggunakannya cukup dengan klik dan klik. Selain itu sms banking kan harus sms dengan simcard yang sudah didaftarkan, kalau internet banking kita bisa login dimanapun. Bisa pake komputer PC, laptop, smartphone, maupun tablet. Soal keamanan tidak perlu kuatir karena internet banking dilengkapi dengan alat tambahan yang bernama token.
  3. Aman.
    Yup betul. Internet banking terbilang aman dari pada sms banking. Karena kalau hp kita ditangan orang, orang tersebut bisa melakukan transaksi perbankan pada rekening tabungan kita asalkan tau nomor PIN. Sedangkan internet banking harus login dengan password. Kalau sudah login pun tidak melakukan transaksi finansial kalau tidak ada token

Cara Daftar Internet Banking Mandiri Dengan Datang Ke Kantor Cabang

Seperti yang sudah saya katakan pada post yang berjudul Cara Mendaftar Rekening Bank Mandiri Terbaru. Di situ saya katakan sebaiknya saat itu daftarkan semuanya sekalian, sms banking dan internet banking.

Keuntungan mendaftar lewat petugas bank/CS yaitu kita langsung dapat alat token. Otomatis langsung bisa menikmati semua fitur yang tersedia. Kalau tidak ada token, internet banking Cuma bisa cek saldo, lihat mutasi, history, dan transaksi non-finansial lainnya.

Jika pada saat anda membuka rekening pertama kali lupa tidak sekalian didaftarkan internet banking, anda tetap bisa mengajukannya kapanpun dengan syarat sebagai berikut:

  • Datang ke kantor cabang, kalau bisa pilihlah kantor cabang tempat anda buka rekening dulu.
  • Bawa KTP, buku tabungan, dan kartu ATM.
  • Setelah didepan petugas / CS, utarakan tujuan anda sambil serahkan KTP, buku tabungan, dan kartu ATM sebagai bukti kepimilikan atas rekening tersebut.
  • Tunggu petugas memprosesnya. Biasanya tidak memakan waktu lama. Dan kalau selesai, anda langsung mendapatkan tokennya.

Cara Daftar Mandiri Internet Banking Dengan Memakai ATM

Bisa dibilang cara yang kedua ini kurang efektif. Mengapa? Karena sekalipun kita berhasil terdaftar, mau tidak mau kita harus pergi ke kantor cabang terdekat untuk mendapatkan alat tambahan token. Cara ini hanya cocok jika anda sibuk dan menggunakan internet banking hanya untuk transaksi non-finansial saja. Jika anda tetap menginginkan cara ini, ikuti petunjuk berikut:

  • Masukan Kartu ATM dan pilih Bahasa Indonesia.
  • Input PIN dengan benar.
  • Pada menu utama, silakan pilih menu E-BANKING.
  • Setelah anda pilih menu tersebut, akan muncul 3 layanan berupa sms banking, internet banking, dan call center. Pilihlah yang internet banking.
  • Masukan PIN anda, jika sudah tekan SETUJU.
  • Kemudian anda akan diminta ACCES CODE yang terdiri 6 digit. Silakan bikin code akses dan masukan kesitu. Jika sudah, klik BENAR.
  • Masukan sekali lagi ACCES CODE pada poin 6. Kemudian klik BENAR.
  • Selesai.

Kemudian mesin akan mengeluarkan struk berisi ACCES CODE. ACCES CODE ini lah yang nantinya buat activasi di website Mandiri Internet Banking, www.bankmandiri.co.id

Cara Aktivasi Internet Banking Mandiri Di Website

Setelah anda mendaftar lewat ATM pada petunjuk di atas, langkah selanjutnya adalah aktivasi di website mandiri.

cara daftar internet banking via atm & aktivasinya

  1. Gunakan komputer PC, Laptop, atau tablet dan masukan url www.bankmandiri.co.id. Pilihlah menu AKTIVASI pada internet banking.
  2. Setelah tombol AKTIVASI diklik, akan muncul tulisan berisi SYARAT DAN KETENTUAN. Baca dengan teluti dan jika sudah, klik SETUJU.
  3. Kemudian anda akan menuju halaman AKTIVASI yang berisi formulir 2 kolom yang harus diisi. Kedua kolom tersebut adalah:
    a. ACCES ID = Isilah dengan nomor kartu ATM anda (16 digit).
    b. ACCES CODE = Isilah dengan Sandi yang dibuat pada saat registrasi tadi.
    Jika keduanya sudah diisi, lanjutkan dengan mengklik AKTIFKAN.
  4. Setelah itu Anda akan masuk ke halaman pembuatan USER ID dan PIN / PASSWORD. Akan muncul lagi beberapa kolom. Isilah sesuai petunjuk.
    a. USER ID : Buatlah user ID yang unik dan mudah di ingat, format penulisan berupa karakter angka dan huruf (6-10 huruf dan angka). Contoh User ID : waluyo1553, buatlah yang mudah diingat.
    b. PIN : Buatlah PIN Baru untuk masuk ke akun anda nantinya, pin jangan disamakan dengan ACCESS CODE tadi. Buatlah PIN yang mudah diingat namun susah ditebak.
    c. Konfirmasi PIN Internet Banking : Masukkan ulang PIN Anda.
    d. Terakhir klik AKTIFKAN.
  5. Jika proses aktivasi berhasil maka akan ada pemberitahuan dilayar bahwa USER ID dan PIN Internet Banking Anda sudah bisa digunakan. Klik LOGIN untuk masuk ke akun anda. Kemudian isi USER ID dan PIN yang telah anda buat tadi.

Ingat ya selama belum ada alat tambahan pengaman yang bernama token, anda belum bisa transaksi finansial, Cuma bisa transaksi non-finansial saja seperti cek saldo, lihat mutasi, history, dll.

Untuk mendapatkan Token, anda harus mendatangi kantor cabang terdekat dan biaya alat tersebut seharga Rp15.000,00-Rp25.000,00. Untuk aktivasi token, serahkan saja pada petugasnya. Pasti petugas akan senang hati membantu anda bahkan mengajari anda cara transaksi internet banking, entah itu transfer, cek saldo, isi pulsa, bayar tagihan, pembelian, dan lain sebagainya. Begitulah Cara Daftar Internet Banking Mandiri Via ATM & Aktivasinya.

Leave a Comment