Mengenal mata uang yen Jepang dari sejarah, gambar, sampai harga kursnya

Sebetulnya uangindonesia.com sudah dua kali bahas mata uang yen Jepang. Yang pertama berjudul Gambar uang yen dengan foto perempuan biasa, dan yang kedua Sejarah mata uang Jepang beserta kelebihan dan kekurangannya bila dibandingkan rupiah. Jika dibaca dengan seksama, sebenarnya kedua artikel itu belumlah lengkap. Maka dari itu, kali ini saya ingin mengulas lebih banyak lagi.


Apa nama mata uang negara Jepang?

Mata uang negara Jepang adalah yen. Dalam huruf kanji ditulis 円. Pemerintah secara resmi menetapkan mata uang ini sejak 27 Juni 1871 berdasarkan Shinka jōrei (peraturan pemerintahan tentang mata uang baru).

Sebenarnya tulisan 円 bacanya en. Namun menjadi yen berdasarkan romaji atau alihaksara pada zaman Keshogunan Tokugawa. Aksara katakana エ (e) dibaca sebagai je. Contoh lainnya Ebizu (salah satu distrik di Tokyo) ditulisnya menjadi Yebizu.

Dalam perdagangan mata uang asing (forex), yen Jepang merupakan salah satu dari mata uang paling banyak digunakan di dunia bersama dolar Amerika, euro Uni Eropa, dan pound sterling Inggris.

Sejarah asal usul kata yen pada mata uang Jepang

Aksara 円 artinya lingkaran. Setidaknya ada dua penjelasan mengapa kata ini bisa menjadi nama mata uang negara matahari terbit ini.

Pertama, karena tradisi orang Jepang sendiri yang melambangkan uang dengan lingkaran yang dibentuk dari jari telunjuk dan ibu jari. Semua orang Jepang pasti tau bila ada orang menunjukan kode tangan tersebut artinya uang.

Penjelasan yang kedua iyalah uang logam sendiri bentuknya memang bundar. Pada waktu itu di Hong Kong mencetak uang logam dengan bentuk bundar. Lalu ditiru oleh Jepang.

Simbol atau lambang mata uang Jepang

Bahasa Jepang memiliki huruf/aksara sendiri. Biasanya negara yang seperti ini memiliki karakter khusus untuk lambang atau simbol mata uangnya. Dan ternyata benar, mata uang yen simbolnya 円.

Simbol 円 digunakan sebagai tanda mata uang di negara Jepang saat ini. Sebelumnya, mereka menggunakan 圓 sebagai tanda mata uangnya. Pasti banyak pembaca di sini bertanya, “Loh simbol mata uang yen bukannya ¥?”

Betul, ¥ juga merupakan simbol uang yen Jepang. Bahkan simbol ini lebih terkenal bukan hanya di negara bunga sakura saja, melainkan populer secara internasional juga.

Kode ISO mata uang yen Jepang

Meskipun simbol ¥ terkenal secara Internasional, tetapi bidang ekonomi, bisnis, dan perbankan lintas negara saat ini lebih suka menggunakan sistem kode ISO 4217 untuk mendefinisikan mata uang negara-negara di dunia. Belum paham itu apa? Silakan baca: Pengertian kode ISO 4217 dan mengapa rupiah disingkat IDR?

Yang jelas kode ISO 4217 dipilih untuk menggantikan simbol atau lambang uang dikarenakan lebih singkat, gampang, dan bisa mengatasi kekeliruan bila terdapat lebih dari satu tanda mata uang yang kebetulan sama. Dan untuk yen Jepang sendiri kode ISO 4217-nya adalah JPY.

Dua huruf pertama, JP, merupakan singkatan Jepang dan juga ranah internet untuk negara dengan lagu kebangsaan Kimigayo ini. Sedangkan huruf terakhir atau ketiga, Y, iyalah inisial dari Yen. Bila ingin mengetahui aturan-aturan ini lebih detail, silakan klik dan baca link di atas.

Denominasi atau pecahan-pecahan mata uang yen Jepang

Mulai dari pencetakan, penerbitan, pengedaran, dan pencabutan mata uang yen diatur bank sentral Bank of Japan. Di bawah yen ada nama lagi yang merupakan satuan kecil. Yaitu sen dan rin ( 1 yen = 100 sen dan 1 yen = 1.000 rin).

Untuk saat ini penggunaan uang dengan nominal sen dan rin sudah tidak dipakai lagi. Padahal menurut undang-undang pengaturan mata uang Jepang tahun 1953 masih sah. Mungkin saja dikarenakan nilainya yang sangat kecil sehingga hanya digunakan dalam urusan bursa saham atau kurs valuta asing.

Secara keseluruan, berikut inilah pecahan-pecahan yang tersedia pada mata uang negara Jepang.

 Pecahan uang kertas yen Jepang  Pecahan uang logam yen Jepang
 ¥1.000, ¥2.000, ¥5.000, ¥10.000  ¥1, ¥5, ¥10, ¥50, ¥100, ¥500

Gambar mata uang yen Jepang

Seperti biasa. Jika sudah tau denominasinya, sekarang saatnya lihat gambar uangnya. Berikut inilah foto mata uang Jepang baik yang kertas maupun logam/koin.

mata uang yen jepang kertas

mata uang yen jepang logam atau koin

Keunikan mata uang yen Jepang

Perhatikan gambar uang Jepang di atas. Pada pecahan bernilai 5.000 terdapat potret sesosok perempuan. Perempuan tersebut bisa dibilang bukanlah seorang pahlawan nasional Jepang. Bahkan ia hanyalah gadis yang hidup dikeluarga yang miskin.

Apakah hal seperti itu bisa digolongkan sebagai keunikan mata uang Jepang? Ya anggap saja begitu. Kalau ingin mengetahui keunikan -keunikan uang yen Jepang lainnya, silakan baca berikut ini.

  • Selalu tersedia kembalian dalam jumlah yang cukup. Bila anda belanja di sana meski dengan uang nominal besar, pasti akan ada kembalian yang pas sampai nominal terkecil ¥1.
  • Mudah dikenali bahkan oleh tuna netra sekalipun. Selain memiliki jumlah pecahan sedikit, uang yen Jepang juga dilengkapi blind code sehingga memudahkan para tuna netra.
  • Nilainya hampir stabil dan rendah inflasi.
  • Jarang ditemukan uang yen lecek ataupun rusak (diberlakukan aturan clean money policy).
  • Design dan warna yang hampir sama sepanjang tahun.
  • Ada fitur pengaman yang menyebabkan sulit dipalsukan.
  • Letak gambar dan tokohnya unik (bukan potret kaisar atau keluarganya, melainkan tokoh pendidikan, peneliti, dan bahkan penulis novel).

Harga kurs mata uang yen Jepang

Oke di atas saya bilang yen merupakan salah satu mata uang yang paling banyak diperdagangkan di dunia. Pasti Anda penasaran berapa sih nilai tukarnya baik ke rupiah maupun dolar Amerika.


  • 1 yen berapa rupiah?
  • 1 usd berapa yen Jepang?

Untuk mengetahui harga kurs mata uang asing seperti ini yang paling simpel menurut saya adalah menggunakan kolom pencarian Google. Di kolomnya kita tinggal masukkan saja dua kode ISO 4217 yang ingin dihitung konversinya.

Saat saya mengetikkan kata kunci JPY to IDR lalu klik enter, keluar hasil 125,83 rupiah. Lalu USD to JPY menampilkan hasil 103,20 dolar. Berdasarkan hasil tersebut kita bisa tarik kesimpulan mata uang yen Jepang nilai tukarnya memang lumayan tinggi.

Nilai tukar mata uang asing di atas saya ambil berdasarkan kurs saat tulisan ini dibuat. Nilai tersebut sewaktu-waktu bisa berubah. Jadi bila Anda ingin mengetahui harga kurs saat ini, silakan cek ulang dengan cara yang tadi sudah saya jelaskan atau bisa juga dengan panduan ini http://uangindonesia.com/cek-kurs-mata-uang-asing-hari-ini/

Tags: #ekonomi dunia #gambar uang #uang kertas #uang logam

author
Author: 
Konten dilindungi DMCA
3 perbedaan fisik uang kertas rupiah dan dolar AS
3 perbedaan fisik uang kertas rupiah dan dolar AS
Perbedaan fisik uang kertas rupiah dan dolar
Bahan baku uang kertas dolar Amerika dari serat pohon pisang abaka
Bahan baku uang kertas dolar Amerika dari serat pohon pisang abaka
Bahan baku uang kertas dolar Amerika – Berdasarkan
3 unsur pengaman uang kertas rupiah
3 unsur pengaman uang kertas rupiah
Kerugiannya tidak sedikit jika di negara kita
Kelebihan dan kekurangan uang kertas vs. uang logam
Kelebihan dan kekurangan uang kertas vs. uang logam
Berdasarkan bahan pembuatannya, uang dibedakan menjadi dua:
Kelebihan dan kekurangan uang logam atau koin
Kelebihan dan kekurangan uang logam atau koin
Kelebihan dan kekurangan uang logam atau koin ∼ Meski
Kelebihan dan kekurangan uang kertas
Kelebihan dan kekurangan uang kertas
Kelebihan dan kekurangan uang kertas ∼ Sebelum lembaran-lembaran

Leave a reply "Mengenal mata uang yen Jepang dari sejarah, gambar, sampai harga kursnya"

Must read×

Top