Mengenal mata uang dolar Brunei Darussalam & gambarnya

In info uang

Satu lagi negara anggota ASEAN selain Singapura yang nama mata uangnya dolar, yaitu Brunei Darussalam. Tentu ini berlaku selama Timor Leste belum resmi dimasukkan menjadi anggota organisasi Parbera yang ke-11. Seperti kita ketahui negara dengan lagu kebangsaan Pátria ini selain menggunakan mata uang lokal, centavos untuk transaksi kecil, juga memakai dolar untuk transaksi yang lebih besar.

Perbedaannya, mata uang negara Brunei Darussalam dan Singapura hanya namanya saja yang dolar. Kode ISO 4217 dan harga kursnya beda dengan dolar Amerika Serikat sana. Sedangkan yang dipakai di Timor Leste adalah dolar yang sama persis dan memang didatangkan dari negara pemilik Patung Liberty.

Baca juga: Daftar negara pengguna mata uang dolar US

Karena di artikel sebelumnya sudah pernah bahas mata uang milik negara Singapura dan Timor Leste, tidak ada salahnya sekarang uangindonesia.com giliran bahas nama mata uang Brunei Darussalam. Mulai dari sejarah, simbol, kurs, dan gambarnya akan kita bahas secara lengkap di sini.


Mata uang dolar Brunei Darussalam

Nama mata uang negara Brunei Darussalam adalah dolar. Karena di dunia banyak yang memakai nama ini, untuk membedakannya diikuti nama negaranya. Seperti misalnya dolar Brunei Darussalam, dolar Hongkong, dolar Australia, dan seterusnya.

Hal seperti ini cukup ribet dan kalau ditulis lumayan panjang. Maka dari itu dunia bisnis dan perbankan internasional lebih suka menyingkatnya dengan menggunakan sistem kode ISO 4217. Dan untuk mata uang Brunei Darussalam sendiri kode ISO-nya iyalah BND. BN mengacu pada ranah internet ekstensi domain negara Brunei, dan D inisial dari dolar.

Baca juga: Pengertian kode ISO 4217 dan mengapa rupiah disebut IDR

Yup, kode ISO 4217 saat ini lebih banyak digunakan dan lebih terkenal untuk mendefinisikan mata uang-mata uang di dunia. Terkenalnya melebihi penggunaan simbol atau lambang atau tanda mata uang. Bahkan konon kabarnya penggunaan simbol mata uang di beberapa negara sudah tidak diberlakukan secara luas.

Meski begitu, kalau Anda tetap ingin tau apa tanda mata uang Brunei Darussalam, di sini akan saya tuliskan juga. Simbolnya sama persis seperti lambang dolar Amerika Serikat. Cuma, didepannya didahului huruf B sebagai inisial dari Brunei Darussalam, B$.

Mungkin sebagian pembaca ada yang tanya bagaimana menulis dolar yang benar, pakai satu l apa dobel? Jika menggunakan bahasa Indonesia yang benar cukup satu l saja. Namun jika bahasa Inggris barulah yang betul dollar. Oh ya, dolar Brunei disebutnya ringgit Brunei loh kalau dalam bahasa Melayu.

Baca juga: Mengenal mata uang ringgit Malaysia

Sejarah mata uang dolar Brunei Darussalam

Tahun 1967 – 1800an, negara Brunei Darussalam masih menggunakan sistem keuangan Singapura. Tahun 1800an, Dolar Dagang perak Meksiko (XMSD – silver Mexico Trade Dollar) digunakan sebagai mata uang di Brunei, tapi hanya sebentar saja karena pembentukan daerah perlindungan Inggris (British protectorate). Pada saat ini otomatis Dolar Penempatan Selat (STSD) menjadi mata uang resmi negeri-negeri selat.

Tahun 1862, negara ini ganti lagi mata uangnya menggunakan dolar Penempatan Selat karena pemerintahan negeri Selat ditransfer ke India. Uang ini digunakan sampai tahun 1941.

Tahun 1941 sampai 1945, negara Brunei diduduki oleh Jepang. Di sini Jepang mengenalkan uang baru lagi yang bernama Dolar Gumpyo. Dolar Jepang ini memiliki nilai atau harga setara dengan dolar Selat.

Akhir perang dunia ke-2, penempatan Selat dibubarkan dan dolar Penempatan Selat pun turut diganti dengan dolar Malaya. Mata uang dolar Malaya diterbitkan oleh Lembaga Komisi Mata uang Malaya (1946-1951) dan Borneo Britania (1952-1967).

Pada 2 juni 1967, negara Brunei mulai mendirikan lembaga mata uang sendiri dan menarik mata uang-mata uang yang beredar sebelumnya.

Keunikan mata uang dolar Brunei Darussalam

Selain resmi dan bisa digunakan untuk membeli hampir semua barang apapun, uang dari negara manapun pasti mempunyai keunikan sendiri-sendiri. Berikut inilah beberapa ciri khas mata uang dari negara Brunei Darussalam yang bernama dolar.

Hampir sama seperti uang Thailand baht yang baik uang kertas maupun koinnya bergambar Raja Bhumibol Adulyadej, pada dolar Brunei Darussalam juga begitu. Uang-uang resmi yang beredar di negara kaya akan minyak ini mayoritas memuat foto Sultan Hasanah Bolkiah. Siapakah itu? Dia adalah Sultan Brunei yang berdarah Minangkabau asal Piobang, Payakumbuh.

Nama mata uang resmi negara Brunei Darussalam memang dolar. Namun warga Brunei sendiri menyebut uang mereka dengan nama Ringgit Brunei. Yang lebih unik lagi pada lembaran uang kertasnya tercantum dua nama, bagian atas tertulis nilai nominal dalam ringgit dan belakang dalam dolar. Misalnya satu ringgit dan one dollar.

Pada tahun 1967 ada perjanjian antara Brunei Darussalam, Malaysia, dan Singapura. Isi perjanjiannya bank dan pihak yang berkuasa di ketiga negara ini menerima uang kertas dan koin dari dua negara lainnya tanpa biaya perubahan. Namun, Malaysia mengakhiri perjanjian ini pada 8 Mei 1973. Bagaimana dengan Singapura? Sampai sekarang dolar Brunei dipatok dolar Singapura dengan rasio 1:1.

Baca juga: Mengenal mata uang dolar Singapura

Pecahan-pecahan mata uang dolar Brunei Darussalam

Berdasarkan sejarahnya, uang diciptakan untuk mempermudah transaksi jual beli. Untuk memenuhi fungsinya ini uang dicetak dengan bermacam-macam pecahan yang nominalnya tertulis di atasnya. Berikut inilah pecahan-pecahan uang dolar Brunei yang sering digunakan sehari-hari.

 Denominasi uang logam dolar Brunei  Denominasi uang kertas dolar Brunei
 1, 5, 10, 20, 50 sen  $1, $5, $10, $50, $100 (sering dipakai)

$20, $25, $500, $1000, $10,000 (jarang dipakai)

Gambar mata uang dolar Brunei Darussalam

Hanya membaca info mengenai mata uang dolar Brunei Darussalam mulai dari nama, simbol, kode ISO, dan sebagainya seperti yang sudah saya sampaikan di atas mungkin belum cukup untuk mengenal mata uang ini dengan baik. Anda perlu melihat fotonya biar bisa membedakannya dengan dolar-dolar milik negara lain. Berikut inilah saya sertakan penampakannya.

gambar mata uang dolar Brunei Darussalam kertas

Harga kurs dolar Brunei Darussalam ke rupiah dan dolar Amerika

Ngomong-ngomong tentang kurs mata uang asing, saya paling suka mengeceknya di google. Tinggal buka home page www.google.com dan masukan dua kode ISO 4217 mata uang dari negara manapun yang ingin dihitung konversinya di kolom pencarian yang tersedia.

Seperti misalnya kita ingin tau,

  • 1 dolar Brunei berapa rupiah?
  • 10 dolar Brunei berapa rupiah?
  • 10 dolar Brunei berapa dolar Amerika?

Kode ISO 4217 dolar Brunei iyalah BND. rupiah IDR, dan dolar Amerika USD. Untuk mengetahui nilai kurs 1 dolar Brunei berapa kalau dirupiahkan, kita cukup input BND to IDR, lalu klik enter. Seketika itu juga akan muncul hasilnya. Dan saat tulisan ini dibuat, BND to IDR menampilkan hasil Rp9.829,30.

Kalau ingin menghitung lebih dari satu dolar Brunei, tinggal tambahkan saja numeriknya. Misal 10 BND to IDR, maka akan muncul hasil Rp98.293,06. Begitu juga kalau ingin mengubahnya ke mata uang dolar Amerika. Yang diinput BND to USD. Jika ingin menghitung 1 dolar Amerika berapa dolar Brunei, maka tinggal dibalik saja menjadi USD to BND.


Tags: #gambar uang #kurs dolar #mata uang

author
Author: 
Konten dilindungi DMCA
Gambar uang salah cetak / miscut dan misprint
Gambar uang salah cetak / miscut dan misprint
Gambar uang salah cetak / miscut dan
Biaya cetak uang kertas lebih mahal daripada uang logam
Biaya cetak uang kertas lebih mahal daripada uang logam
Pada setiap lembar dan keping uang kartal,
Gaya / cara hitung uang dari berbagai negara
Gaya / cara hitung uang dari berbagai negara
Cara hitung uang dari berbagai negara – Jangan
20 gambar uang logam paling unik di dunia
20 gambar uang logam paling unik di dunia
Ingat kemarin uangindonesia.com membahas uang koin bergambar
Mata uang bergambar Pokemon dari Negara Niue
Mata uang bergambar Pokemon dari Negara Niue
Mata uang bergambar Pokemon – Mumpung lagi
Uang logam Indonesia yang mengandung emas (koin peringatan)
Uang logam Indonesia yang mengandung emas (koin peringatan)
Sangkaan uang logam Indonesia yang mengandung emas

Leave a reply "Mengenal mata uang dolar Brunei Darussalam & gambarnya"

Must read×

Top