Mengenal mata uang dolar Australia

In tentang uang

Nama mata uang negara Australia adalah dolar. Kita menulisnya dengan bahasa Indonesia cukup satu l saja. Kalau bahasa Inggris barulah dobel l alias dollar. Karena di dunia ini banyak negara yang memakai nama ini, maka untuk membedakannya diikuti nama negara. Seperti misalnya mata uang dolar Australia, dolar Amerika, dolar Hongkong, dolar Kanada, dolar Selandia Baru, dan seterusnya.

Mengapa harus diikuti seperti itu? Karena meskipun namanya sama tapi harga kursnya beda. Jadi biar tidak keliru disertakanlah negara pemiliknya. Namun bila menuliskan “dolar Australia” dirasa terlalu panjang dan kurang simpel, bolehlah kita memakai kode ISO 4217 saja. Sistem kode ISO 4217 bisa mendefinisikan nama mata uang hanya dengan 3 huruf kapital saja. Dan untuk dolar dari Negeri Kanguru iyalah AUD.

Nanti di bawah uangindonesia.com akan bahas lebih lanjut bagaimana aturan tiga huruf kapital itu terbentuk. Itu tidak boleh sembarangan dan ada badan khusus yang menangani, namanya British Standart Institution. Dan yang pasti kode ini berlaku dan menjadi standar secara internasional. Dari pada mengulur waktu, mari kita mulai saja yuk…


Mengenal simbol atau lambang, dan kode ISO 4217 mata uang dolar Australia

Berdasarkan sejarahnya, dolar Australia mulai diperkenalkan bank sentralnya, Reserve Bank of Australia, sejak 14 Februari 1966. Sebelum menggunakan dolar, Negara yang menempati satu benua ini menggunakan pound Australia.

Dolar Australia tidak hanya digunakan di Australia saja. Daerah lain yang memakainya antara lain Pulau Natal, Kepulauan Cocos, Pulau Heard dan Kepulauan McDonald dan Pulau Norfolk, serta negara-negara-pulau merdeka Kiribati, Nauru dan Tuvalu.

Simbol atau tanda mata uang dolar Australia hampir sama seperti dolar lainnya, $. Untuk membedakan dengan lainnya, lambang ini biasanya disisipi huruf A sebagai inisial dari Australia di bagian depannya. Sehingga tertulislah A$.

Penggunaan simbol seperti itu umumnya dipakai untuk menuliskan jumlah uang dan harga barang. Meski tandanya A$, namun tidak sedikit yang hanya mencantumkan $ saja. Seperti $100, $10, dan lainnya. Tentu hal sedikit membingungkan karena dolar dari negara lain juga lambangnya $.

Untuk menghindari kekeliruan, dunia bisnis dan perbankan saat ini lebih memilih menggunakan sistem kode ISO 4217 untuk mendefinisikan mata uang dari negara manapun tidak terkecuali untuk dolar Australia. Dan kode ISO 4217 dolar Australia sudah sedikit disinggung di atas, yakni AUD.

Kombinasi 3 huruf kapital yang merupakan kode mata uang tersebut dibentuk tidak sembarangan. Ada badan khusus yang mengurusnya. Karena di artikel sebelumnya yang berjudul Pengertian kode ISO 4217 dan mengapa rupiah disebut IDR pernah kita bahas masalah beginian, jadi bila Anda ingin mengetahui lebih detail langsung saja klik link tersebut.

Denominasi mata uang dolar Australia

Uang Australia merupakan salah satu mata uang yang paling banyak digunakan di dunia setelah dolar Amerika, euro Uni Eropa, poundsterling Inggris, dolar Kanada, dan renminbi Tiongkok. Selain banyak digunakan, ternyata harga kurs mata uang negara yang biasa dikenal Aussie ini juga lumayan tinggi. Salah satu tanda-tandanya bisa kita lihat nilai pecahan-pecahannya yang tergolong kecil-kecil.

Itu bisa sebagai bukti bahwa dengan nominal kecil mata uang Australia masih bisa memenuhi warganya untuk transaksi sehari-hari.

 Pecahan uang logam dolar Australia  Pecahan uang kertas dolar Australia
 5 sen, 10 sen, 20 sen, 50 sen, $1, $2  $5, $10, $20, $50, $100

*sen adalah nilai satuan lebih kecil dari dolar Australia. 1 A$ = 100 sen.

Baca juga: 10 mata uang paling banyak digunakan di dunia

Gambar mata uang dolar Australia

Salah satu keunikan mata uang dolar dari negara pemilik lagu kebangsaan Advance Australia Fair (bahasa Indonesia: Majulah Australia Jaya) ini adalah semuanya terbuat dari polimer. Pada tahun 1996, Australia menjadi negara pertama di dunia yang menggunakan uang polimer (plastik) sepenuhnya. Dan kabarnya uang Indonesia Rp100.000,00 dan Rp50.000,00 yang ada plastiknya juga dicetak di negara ini.

Penasarankan bagaimana penampakan uang dolar Australia? Berikut gambar dan fotonya.

gambar mata uang dolar Australia kertas dan koin atau logam

Harga kurs mata uang dolar Australia terhadap rupiah dan dolar Amerika

Mata uang dolar Australia beda dengan dolar Amerika. Meskipun dolar AS telah ditetapkan jadi mata uang internasional, tapi dolar Australia juga menyusulnya dengan menjadi salah satu mata uang yang paling banyak diperdagangkan di planet bumi. Bisa menduduki peringkat seperti itu kira-kira ada di harga berapa sih nilai tukar atau kursnya?

  • 1 dolar Australia berapa kalau dirupiahkan?
  • 1 dolar Amerika berapa dolar Australia?

Untuk menjawab pertanyaan itu sebenarnya di internet sangat banyak web yang berisi info harga kurs mata uang asing seluruh dunia yang up date secara real time. Namun bagi saya ada satu cara sangat gampang, yaitu memanfaatkan kolom pencarian google.

Kata kunci yang perlu dimasukkan ke mesin pencari nomor satu di dunia itu bukanlah “Berapa harga kurs mata uang dolar Australia dibanding dolar Amerika?”, tapi cukup ketikan 2 kode ISO 4217 mata uang asing saja yang ingin dihitung konversinya.

Misal ketik: AUD to IDR. Lalu klik enter. Seketika itu juga akan muncul hasil 1 Australian dollar = 9 859.33333 Indonesian rupiahs. Selanjutnya input AUD to USD. Dan hasilnya adalah 1 Australian dollar = 0.73945 U.S. dollars.

Oke angka kurs mata uang negara Australia terhadap rupiah dan dolar US di atas adalah nilai tukar pada saat tulisan ini dibuat. Setiap hari, jam, bahkan menit, harga kurs mata uang asing bisa berubah-ubah. Jadi bila memang Anda butuh penukaran, pastikan untuk mengecek kembali tepat di waktu yang dibutuhkan.

Selanjutnya baca: Alasan mengapa dolar Amerika menjadi mata uang dunia.


Tags: #gambar uang #kurs dolar #mata uang #simbol uang

author
Author: 
Konten dilindungi DMCA
3 perbedaan fisik uang kertas rupiah dan dolar AS
3 perbedaan fisik uang kertas rupiah dan dolar AS
Perbedaan fisik uang kertas rupiah dan dolar
Bahan baku uang kertas dolar Amerika dari serat pohon pisang abaka
Bahan baku uang kertas dolar Amerika dari serat pohon pisang abaka
Bahan baku uang kertas dolar Amerika – Berdasarkan
3 unsur pengaman uang kertas rupiah
3 unsur pengaman uang kertas rupiah
Kerugiannya tidak sedikit jika di negara kita
Mengenal mata uang yen Jepang dari sejarah, gambar, sampai harga kursnya
Mengenal mata uang yen Jepang dari sejarah, gambar, sampai harga kursnya
Sebetulnya uangindonesia.com sudah dua kali bahas mata
Kelebihan dan kekurangan uang kertas vs. uang logam
Kelebihan dan kekurangan uang kertas vs. uang logam
Berdasarkan bahan pembuatannya, uang dibedakan menjadi dua:
Kelebihan dan kekurangan uang logam atau koin
Kelebihan dan kekurangan uang logam atau koin
Kelebihan dan kekurangan uang logam atau koin ∼ Meski
  1. author

    Mebel Jepara3 months ago

    terimaksih atas informasinya, sangat bermanfaat

    Reply

Leave a reply "Mengenal mata uang dolar Australia"

Must read×

Top