Daftar 10 Nilai Mata Uang Paling Tinggi / Mahal Di Dunia

In info uang 340525 views

Daftar 10 Nilai Mata Uang Paling Tinggi / Mahal Di Dunia

Daftar 10 Nilai Mata Uang Paling Tinggi / Mahal Di Dunia – Pada post sebelumnya kita sudah bahas alasan mengapa di dunia ini nama mata uang dan nilainya bisa berbeda-beda. Bagi yang sebelumnya tidak tau, saya harap membacanya dan kini sudah bisa paham bahwa sebagian besar negara-negara di dunia ini mempunyai nama mata uang masing-masing. Seperti rupiah milik negara indonesia, poundsterling punya Inggris, ringgit milik Malaysia, Baht milik Thailand dan seterusnya.

Sudah sejak lama bahwa antar negara satu dengan negara lainnya saling bekerja sama termasuk juga dalam bidang ekonomi. Jadi sudah menjadi keniscayaan negara-negara yang saling bekerja sama tersebut akan saling berhubungan dengan uang negara lainnya. Namun karena nama mata uangnya lain dan nominalnya juga berbeda, maka ditempuhlah jalan tengahnya, yaitu kurs. Kurs sendiri biasa diartikan sebagai Nilai Tukar Mata Uang.

Dalam link diatas tadi pula kita tau bahwa nilai mata uang tiap negara berbeda-beda. Perbedaan tersebut disebabkan berbagai macam penyebab, inflasi yang tinggi salah satunya. Jadi apabila mau menukarnya tidak boleh asal menyamakan nominalnya saja. Dua mata uang dengan nominal yang sama belum tentu setara daya belinya terhadap barang. Contohnya: untuk membeli barang seharga 1 USD, kita butuh 13.600 IDR.


Daftar Mata Uang Tertinggi / Paling Mahal Di Dunia 2015

Jadi yang dimaksud mata uang tertinggi dalam artikel ini bukanlah besar nominalnya. Tapi tinggi yang dimaksud adalah mahal atau kuat daya belinya. Negara mana sajakah pemilik mata uang paling mahal tersebut? Berikut adalah daftarnya. Oh ya, setiap waktu nilai kurs bisa berubah-ubah. Dan yang akan Uang Indonesia tampilkan di sini berdasarkan data pada tanggal 25 Agustus 2015 alias terbaru untuk saat ini.

1, Dinar – Kuwait (1 KWD= 3.32 USD)

Nama mata uang negara Kuwait adalah Dinar dengan kode KWD berdasarkan ISO 4217, sedangkan simbolnya adalah د.ك . Di negara kecil tapi kaya dari penghasil minyak inilah tempat “bersemayam” nya mata uang dengan nilai paling tinggi di dunia. Meskipun kecil, negara ini terkenal sebagai negara kaya berkat minyaknya. Dengan nilai tukar 1 Dinar Kuwait sama dengan 3.32 Dollar Amerika, maka negara ini sukses sebagai pemegang mata uang tertinggi di dunia nomor wahid alias satu.

2. Dinar – Bahrain (1 BHD= 2.64 USD)

Nama mata uang yang resmi beredar di negara Bahrain adalah Dinar. Berdasarkan ISO 4217 kodenya adalah BHD, dan simbolnya dapat ditulis د.ب . Berdasarkan luasnya, Bahrain sebenarnya termasuk negara kecil. Ukurannya kira-kira 2,6 dari kota Washington DC. Secara geografis negara ini terletak di Teluk Persia. Yang membuat negara ini kaya adalah minyak dan pemurniannya, serta jasa keuangan dan konstruksi.

3. Rial – Oman (1 OMR = 2.59 USD)

Rial adalah nama matau uang resmi untuk negara Oman. Kode ISO 4217 untuk mata uang ini adalah OMR. Dan simbolnya berupa ر.ع. Oman  atau bisa juga disebut secara resmi Negara Kesultanan Oman termasuk negara Arab yang terletak di barat daya Asia di pantai tenggara Semenanjung Arab. Lokasi ini sangat strategis karena terletak di mulut Teluk Persia. Dengan nilai tukar mata uangnya terhadap dollar sebanyak 2.59, maka Rial menempati urutan nomor 3 sebagai mata uang paling tinggi di dunia.

4. Lati – Latvia (1 LVL= 1.61 USD)

Lati merupakan nama mata uang resmi untuk negara Latvia. Kode ISO 4217 untuk Lati adalah LVL. Dan simbolnya cukup simpel yaitu Ls. Berdasarkan Yahoo Currency Converter  1 Lat sama dengan 1.61 USD. Dengan nilai segini maka Lati menempati urutan nomor 4.

5. Pound Sterling – Inggris & Gibraltar Pound (1 GBP = 1.57 USD)

Negara Inggris mempunyai nama mata uang resmi bernama Pound Sterling. GBP untuk kode ISOnya dan simbolnya cukup satu karakter saja, yaitu £. Negara kawasan Eropa yang tetap tidak mau kompak menggunakan mata uang Euro ini tetap menggunakan mata uang lamanya (Pound Sterling). Dengan nilainya yang lebih mahal dari pada Euro apakah berarti keputusan negara kerajaan ini tepat?

6. Dinar – Yordania (1 JOD =1.41 USD)

JOD adalah Kode ISO untuk mata uang yang dimiliki negara Yordania. Namanya mirip dengan mata uang Kuwait dan Bahrain. Soal nilainya juga perlu diperhitungkan, yaitu 1.41 USD. Dengan nilai segini maka negara yang merdeka tahun 1946 ini menempati tangga urutan ke 6.

7. Dollar – Kepulauan Cayman (1 KYD = 1.21 USD)

Dengan nama mata uang dan simbolnya yang sama, Dollar dan $, bukan berarti kepulaian ini sama-sama menggunakan dollar punyanya Amerika loh. Karena Dollar yang di sana Kode ISO 4217 nya USD, sedangkan yang di sini KYD. Masalah nilainya juga beda, Dollar Kepulauan Cayman sedikit lebih tinggi yaitu 1.21.

8. Euro – Eurozone (1 EUR = 1.16 USD)

Eurozone adalah sebutan untuk negara-negara kawasan benua Eropa yang kompak menggunakan mata uang tunggal bernama Euro. Mata uang yang mulai dikenalkan tahun 1999 dan resmi digunakan tahun 2002 ini memiliki kode ISO 4217 berupa EUR. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai mata uang bersimbol  ini, silakan baca: Mengenal Mata Uang Euro Negara Anggota Uni Eropa

9. Franc – Swiss (1 CHF = 1.07 USD)

Negara dengan mata uang Kode ISO 4217 CHF ini memang negara makmur. Tahun 2011 saja sukses meraih peringkat negara terkaya di dunia dalam hal per kapita. Franc Swiss simbolnya sama seperti Kode ISOnya.

10. Dollar – Bahama (1 BSD = 1 USD)

Nama mata uang Dollar memang banyak dipakai oleh banyak negara termasuk Bahama. Namun sebenarnya mereka beda-beda loh. Untuk simbol dollar Bahama saja adalah B$, Sedangkan Kode ISOnya BSD. Meskipun beda tapi entah kebetulan atau tidak, setelah saya cek kurs mata uang di Yahoo Currency per tanggal 25 Agustus tahun ini, antara USD dan BSD nilainya setara. Kalau sama begini yang menjadi urutan nomor 10 seharusnya bisa pula Dollar Amerika dong?

Baca lainnya: Pengertian ISO 4217 Dan Mengapa Rupiah Disingkat IDR

Mengapa saya mengkonversikan mata uang tersebut ke Dolar Amerika? Karena sampai saat ini dolar lah yang menjadi mata uang internasional (paling banyak dipakai di seluruh dunia) dan paling sering digunakan sebagai pembandingnya dalam kurs selain Euro, HKD . Selanjutnya silakan baca: Alasan Dolar Amerika Bisa Menjadi Mata Uang Internasional meskipun di dunia ini dinarlah mata uang yang nilainya paling mahal.

Sekian artikel kali ini yang membahas Daftar 10 Nilai Mata Uang Paling tinggi (mahal) Di Dunia. Kalau ada yang paling mahal, tentu ada juga yang sebaliknya alias paling murah. Dan mungkin pula ada uang yang paling aneh, paling bagus dan paling paling lainnya. Semoga di artikel berikutnya saya bisa mengulasnya satu per satu. Malam ini saya menyibukan diri untuk mengumpulkan data dulu hehe.


Tags: #berita uang #ekonomi dunia #nilai uang #simbol uang

author
Author: 
Konten dilindungi DMCA
10 orang terkaya sedunia sepanjang masa sejarah
10 orang terkaya sedunia sepanjang masa sejarah
Jika ditanya siapa orang terkaya sedunia saat
Gambar uang salah cetak / miscut dan misprint
Gambar uang salah cetak / miscut dan misprint
Gambar uang salah cetak / miscut dan
Biaya cetak uang kertas lebih mahal daripada uang logam
Biaya cetak uang kertas lebih mahal daripada uang logam
Pada setiap lembar dan keping uang kartal,
Gaya / cara hitung uang dari berbagai negara
Gaya / cara hitung uang dari berbagai negara
Cara hitung uang dari berbagai negara – Jangan
20 gambar uang logam paling unik di dunia
20 gambar uang logam paling unik di dunia
Ingat kemarin uangindonesia.com membahas uang koin bergambar
Mata uang bergambar Pokemon dari Negara Niue
Mata uang bergambar Pokemon dari Negara Niue
Mata uang bergambar Pokemon – Mumpung lagi
  1. author

    NBA12 months ago

    I adore this site – its so usefull and helpfull

    Reply
    • author
      Author

      admin12 months ago

      thanks

  2. author

    Nendra6 months ago

    Indonesia penghasil minyak juga, lalu kenapa mata uangnya tidak tinggi?

    Reply

Leave a reply "Daftar 10 Nilai Mata Uang Paling Tinggi / Mahal Di Dunia"

Must read×

Top