5 desain mata uang paling unik dan menarik di dunia

Posted on

Konon sebuah negara kalau mau mencetak uang baru, menentukan desain gambarnya membutuhkan waktu yang lama untuk menimbang-nimbang apa yang sekiranya cocok. Apalagi di zaman sekarang pasti dipikirkan juga mengenai keamanannya, biar tidak mudah dipalsukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Kebanyakan negara di dunia ini mendesain uangnya dengan dilengkapi gambar pahlawan nasional yang berjasa pada negaranya. Tapi ada juga sih orang biasa yang bukan termasuk pahlawan nasional tapi fotonya bisa tampil di lembaran uang negara dan itu resmi bisa digunakan. Seperti misalnya Ceci pada uang 5.000 rupiah dan Ichiyo pada 5.000 yen. Selain bergambar tokoh, beberapa juga bergambar pemandangan alam yang lokasi, keadaan, dan kondisinya sangat lekat dengan identitas negara yang bersangkutan. Di Indonesia sendiri ada contohnya yaitu 10 lokasi wisata yang gambarnya ada di mata uang rupiah. Sedangkan kalau mata uang euro yang merupakan mata uang tunggal uni eropa dan otomatis digunakan banyak negara, desainnya lebih netral tidak cenderung ke salah satu negara saja.

Bagi orang awam seperti saya dan mungkin kebanyakan orang lainnya, desain mata uang mungkin tidak begitu diperhatikan. Baginya yang penting asli, nilai harganya bisa dipakai untuk belanja dan makin besar nominalnya maka akan semakin disuka. Dan bila nominalnya kecil, tidak begitu dihargai bahkan ada yang berani mencoret-coretnya. Sebuah tindakan memperlakukan uang yang tidak terpuji dan tidak pantas untuk ditiru. Oh ya, sebenarnya mencoret-coret uang termasuk merusak uang loh, dan itu ada undang-undang yang bisa menghukum pelakunya. Jadi hati-hati, lebih baik kita tiru Thailand saja: Mata uangnya yang bernama Baht, kalau ada orang yang mengepal-ngepal, remas, atau menginjaknya bisa berurusan dengan polisi bahkan dipenjara. Hukumannya tidak tanggung-tanggung, bisa selama 15 tahun.

5 desain mata uang paling unik dan menarik di dunia

Itulah sekilas tentang keunikan-keunikan mata uang di Indonesia bahkan di dunia yang infonya berhasil uangindonesia.com kumpulkan. Meakipun belum banyak, tapi admin janji, kedepannya akan ditambah dan tentunya akan dicari berita-berita lainnya yang lebih menarik lagi. Sekarang kita kembali ke topik bahasan kali ini. Kira-kira desain uang apa dan dari mana sajakah yang mendapat jululan paling unik di dunia? Berikut daftarnya.

1. Krone Norwegia

desain mata uang

Desain mata uang yang berasal dari negara Norwegia ini bisa dibilang yang terbaru karena akan mulai diluncurkan tahun 2017 mendatang. Mengenai gambarnya pantas disebut sebuah seni yang bernilai tinggi. Yaitu sebuah gambar abstrak berpiksel yang divisualisasikan oleh Snøhetta. Desain gambar seperti ini didapat dari inspirasi pemandangan senja di pantai. Pantai manakah? Tentunya di negara itu juga lah.

2. Franc Swiss

desain mata uang

Kalau kebanyakan uang di dunia ini gambarnya mendatar/horisontal, tapi berbeda dengan uang Franc Swiss ini. Maka tak heran uang ini masuk jajaran desain uang paling unik dan masukan ke daftar nomor dua. Jika ingin lebih jelas keunikannya apa saja, bisa dilihat gambar di bawah ini. Sedangkan dari sisi keamanan, uang ini dipadukan antara seni dan keamanan. Berbagai anti pemalsuan disisipkan di situ, seperti label mengkilat, warna berubah dan nomor ultra violet.

3. Pounds dan Pence Inggris

desainmata uang pound dan pance inggris

Koin-koin Pence berikut ini adalah bentuk desain ulang dari koin yang terdahulu. Apa yang membuatna bisa masuk kategori desain uang terunik dan saya posisikan nomor 3? Yaitu bila uang-uang ini disusun sedemikian rupa akan membentuk lencana kerajaan Inggris.

4. Dolar Kanada

desain mata uang dolar kanada

Siapa yang kenal dengan tokoh yang terdapat uang dolar kanada berikut ini? Yup dia adalah karakter Star Trek Mr. Spock. Negara ini melakukan desain dengan gambar tersebut dengan maksud mengajak warganya untuk mengenang Leonard Nimoy yang notabene aktor di balik karakter tersebut.

5. Sen Indonesia

desain maya uang sen indonesia

Memang betul mata uang Indonesia adalah rupiah. Tapi taukah anda bahwa sen adalah salah satu pecahan kecil dari rupiah? Kalau anda lahir dan mengalami hidup jaman dulu pasti mengetahuinya, bahkan lebih tau daripada saya. Nah di uang logam satu dan lima sen ini menurut banyak orang juga menarik desainnya. Meskipun simpel, bentuknya tidak hanya bundar tapi juga di tengahnya terdapat lubang. Selain itu terukir juga gambar padi dan kapas serta tulisan dalam aksara arab.

Hmm, mirip seperti bentuk uang kuno dari Cina ya. Tapi di situ ada tulisan Indonesia dengan aksara Arabnya juga. Hal ini sempat membuat sedikit geger dalam kalangan netter setelah seorang Indonesia yang kebetulan tinggal di negara Damaskus menemukan uang tersebut di sana kemudian difoto dan di upload ke facebook. Oleh penjual uang kuno di sana ia ditanya, ” Mengapa uang Indonesia ada huruf hijainyahnya?

Itulah 5 desain mata uang yang paling unik di dunia. Sebetulnya banyak sih yang lainnya. Tapi kali ini cukup segitu dulu. Untuk yang lainnya saya simpan untuk artikel selanjutnya besok. Hehe.

Gravatar Image
Konten dilindungi DMCA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *