tempat menyimpan uang yang aman
Uang banyak via msecnd.net

7 tempat menyimpan uang yang aman selain di bank

Posted on

Bank mungkin tempat yang paling banyak digunakan orang untuk menyimpan uang. Namun karena berbagai alasan, beberapa ada yang enggan. Diantaranya takut riba, malas karena lokasi jauh, susah diambil sebab tempat tinggalnya jarang tersedia ATM, kena potongan biaya administrasi bulanan, dll.

Akhirnya mereka memikirkan tempat lain untuk menyimpan uang selain bank. Karena yang dibutuhkan keamanan tetapi tetap ingin gampang diambil sewaktu-waktu, maka beberapa sudut rumah dijadikan pilihan. Tempat-tempat yang dapat diandalkan itu sebagai berikut.

Baca juga: Perbedaan akad wadiah dan mudharabah pada bank syariah

1. Di bawah kasur atau bantal

Menyimpan uang di bawah kasur
Uang di bawah kasur via pixabay.com

Di bawah kasur merupakan salah satu tempat menyimpan uang di rumah yang paling aman. Bagaimana tidak, benda empuk itu berada di kamar pribadi. Pintu ruangan bisa dikunci saat siang atau jika ditinggalkan. Sedangkan malamnya dijaga dengan tidur menindihnya. Dijamin tidak ada orang luar yang bebas masuk ke area itu.

Di samping aman, keuntungan selanjutnya uang bisa diambil kapan saja sewaktu butuh mendadak. Tidak perlu jauh-jauh pergi ke bank atau mencari ATM di luar. Cukup masuk kamar dan angkat kasur, uang bisa langsung diraih tanpa perlu memasukkan PIN. Dan karena terus ditindih, uang kertas lecek pun bisa sedikit lebih mulus.

Baca juga: Cara merapihkan uang lecek agar kembali halus

2. Di laci meja atau lemari

laci tempat simpan uang
Uang dalam laci via blogspot.com

Tempat menyimpan uang di rumah yang aman berikutnya adalah dengan dimasukkan ke laci. Perabot rumah tangga yang memiliki laci contohnya meja dan lemari. Yang lebih menyenangkan lagi, laci-laci zaman sekarang dibuat dengan dilengkapi kunci.

Seperti diketahui, meja dan lemari terbuat dari bahan kayu keras dan bentuknya besar. Ditempatkan di dalam rumah dan jarang dipindahkan. Keuntungannya bisa meminimalkan kemungkinan lupa menaruh uang. Beda dengan kasur yang secara berkala harus dikeluarkan untuk dijemur.

3. Diselipkan di antara tumpukan pakaian

simpan duit diselipkan di tumpukan baju
Uang dalam tumpukan baju via blogspot.com

Menyimpan uang dengan diselipkan di antara tumpukan pakaian atau baju merupakan cara yang populer dilakukan orang-orang. Meskipun gampang ditebak tetapi saya yakin sulit ditemukan oleh orang yang hendak mencuri. Mengapa? Karena menyelipkannya bisa di paling dasar, kedua, ketiga, dst. Bagi yang bukan penaruhnya pasti harus mengacak-acak dahulu semua pakaiannya.

Memang bukan di bank, tetapi tingkat keamanannya jangan diragukan. Sangat tinggi bahkan melebihi penyimpanan di dalam laci.

4. Dimasukkan ke dompet

menyimpan uang dalam dompet
Duit dalam dompet via bosmurah.com

Sejatinya dompet memang tempat untuk menyimpan uang. Biasanya digunakan orang saat bebergian. Jumlah uang yang dapat dimasukkan sangat terbatas tergantung ukuran.

Saat di rumah, benda yang umumnya terbuat dari kulit, plastik, atau kain itu juga dapat dimanfaatkan untuk menyimpan uang yang aman. Tinggal masukkan uang ke dalamnya dan kemudian taruh di saku atau di tempat lain. Agar keamanannya berlipat, dompet dapat juga dimasukkan ke laci.

5. Ditabung di celengan

menabung uang di celengan modern
Menabung di celengan via satujam.com

Jangan salah sangka kalau celengan hanya boleh digunakan oleh anak-anak. Orang dewasa pun sah-sah saja memakainya. Bahkan sebenarnya istilah yang sering disematkan pada benda berlubang khas itu adalah tabungan rumahan. Harusnya sedikit lebih mirip seperti bank.

Bedanya, tempatnya celengan di rumah. Serta umumnya hanya duit pecahan kecil saja yang dimasukkan. Apakah menyimpan uang di benda ini harus menunggu penuh baru dapat dipecahkan untuk diambil uangnya? Tidak, beberapa celengan produksi terbaru didesain memiliki lubang besar yang bisa dibuka dan ditutup kembali untuk mengambil isinya.

6. Benda-benda tak terduga lainnya

simpan uang di tempat tak terpikirkan
duit disimpan dalam wadah bekas via pinimg.com

Menyimpan uang di rumah bukan hanya dapat dilakukan pada tempat-tempat yang disebutkan di atas saja. Benda-benda lain yang selama ini tidak terpikirkan pun bisa diakali agar dapat digunakan. Kalau tidak umum tidak ada maling yang mengambilnya, bukan?

Benda-benda yang dimaksud misalnya di dalam boneka yang dibikin lubang tempat memasukkan uang, di belakang bingkai foto atau jam dinding, kotak tempat sepatu, toples bekas wadah kue/jajan, di bawah karpet atau taplak meja, di bawah sofa, dan sebagainya.

7. Dititipkan pada orang yang dipercaya

bergandengan tangan dengan orang terdekat
Orang kepercayaan via pixabay.com

Terakhir, tempat menyimpan uang yang aman selain di bank adalah dititipkan pada orang yang dipercaya. Pilihlah orang terdekat Anda yang sekiranya tidak curang dan kalau dititipi uang gampang untuk diminta kembali kapan saja sewaktu-waktu Anda butuh mendadak.

Baca juga: Sejarah asal usul celengan

Gravatar Image
Konten dilindungi DMCA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *