Perbedaan emas kuning dan emas putih

Perbedaan emas kuning dan emas putih –¬†Apa yang pertama muncul dipikiran Anda kalau mendengar kata emas? Saya yakin mayoritas akan membayangkan logam mulia yang berwarna kuning mengkilap. Hal itu tidak salah. Unsur kimia dengan simbol Au ini, kalau murni memang berwarna seperti itu.

Namun kalau melihat di pasaran, khususnya toko penjual kalung, anting, gelang, cincin, dan sebagainya, kita tidak hanya akan menemukan perhiasan emas kuning saja, tetapi emas putih juga. Apakah emas putih sebenarnya bukan emas? Dan kalau emas, apa perbedaannya dengan emas kuning?

Baca juga: Benarkah uang logam Indonesia tahun 1991 mengandung emas hingga banyak yang memburu untuk dijadikan cincin?

Apa perbedaan emas kuning dan emas putih

Saya sudah katakan di atas. Warna asli emas murni 100% atau 24 karat kuning mengkilap. Yang perlu diketahui adalah emas murni sebenarnya memiliki sifat lembek/lunak. Durabilitasnya tidak akan lama kalau dibentuk jadi perhiasan. Untuk mengakalinya, pengrajin mencampurkannya dengan logam lain.

Cara mencampurkannya tidak sembarangan. Pilihan logam dan komposisinya harus tepat. Makin sedikit emas, makin sedikit pula kadar kemurniannya. Hal inilah yang mengakibatkan adanya sebutan emas 20 karat, 18 karat, 16 karat, dan sebagainya (ada juga yang menyebutnya 90%, 75%, dan seterusnya).

Sedangkan logam yang dijadikan campuran misalnya kuningan, tembaga, perak, palladium, dan nikel. Logam-logam inilah yang berpengaruh memberikan warna hasil akhir. Dicampurkan dengan kuningan/tembaga menghasilkan emas kuning. Dan bila dengan perak atau palladium menghasilkan emas putih.

Baca juga: 7 cara mengenali emas asli dan emas palsu yang gampang

Emas putih merupakan emas asli, bukan palsu

Meskipun meninggalkan warna aslinya, emas putih bukanlah emas palsu. Bagaimanapun masih mengandung bahan dasar emas. Dan jika melihat di pasaran, harga emas putih justru lebih mahal bila dibandingkan dengan emas kuning. Akan tetapi, biasanya emas kuning memiliki harga lebih stabil bila hendak dijual kembali.

Sekedar informasi tambahan mengenai perbedaan emas kuning dan emas putih. Dulu, pemakai perhiasan emas putih lebih banyak mengalami alergi kulit dibanding pengguna emas kuning. Mengapa? Karena campurannya nikel. Bahan ini memang mengakibatkan resiko itu. Namun Anda tidak perlu terlalu khawatir juga. Saat ini emas campuran nikel sudah mulai berkurang.

Jadi pilih mana nih, perhiasan emas kuning atau emas putih? Biar tidak bingung, boleh dipertimbangkan kesan yang ditimbulkan olehnya. Memakai emas kuning akan tampak elegan dan klasik. Sementara emas putih terlihat lebih modern.

Selanjutnya baca: Inilah alasan mengapa atlet menggigit medali emas saat difoto

Leave a Comment