Misteri uang kuno gambar Soekarno bisa melengkung sendiri

Misteri Uang Kuno Gambar Soekarno Melengkung Sendiri – Kalau kita baca artikel kemarin yang berjudul Gambar Uang Indonesia Dari Masa ke Masa, kita akan menjumpai beberapa uang yang gambar depan (salah satu sisi) tampak foto Presiden Pertama kita, Soekarno. Sedangkan bagian sisi lainnya bermacam-macam, salah satunya penari serimpi wanita. Pencetakan dan penerbitan uang jaman dulu bisa dibilang cukup teratur. Mengapa? Karena biasanya ada pembagian-pembagian tahun dan desainnya. Misalnya, tahun sekian disebut Seri Soedirman, maka uang yang diterbitkan pada waktu itu variasi bergambar Soedirman. Nah sedangkan yang seri Soekarno ini terbit pada tahun 1960. Seri uang kuno gambar Sukarno inilah yang akan kita bahas saat ini.

Seperti pada artikel sebelumnya yang berjudul Mengapa Nama Mata Uang Dan Kursnya Tiap Negara Beda-Beda, di situ uangindonesia.com sudah menjelaskan bahwa tiap negara pasti mempunyai desain mata uangnya yang unik, menggunakan gambar foto pahlawan dan atau gambar lainnya yang sekiranya mewakili karakter negara tersebut, kecuali mata uang Euro yang memang dipakai banyak negara kawasan Eropa, jadi mau tidak mau desainya harus bergambar netral. Nah pada uang NKRI bergambar Soekarno ini meskipun sudah masuk daftar uang yang sudah ditarik dari peredaran namun tetap banyak yang memburunya khususnya para kolektor uang kuno /numismatik dan harganya pun makin lama makin mahal.

Maka dari itu bila anda berniat ingin membelinya, sebaiknya baca deh artikel ini sampai selesai biar setidaknya bisa membedakan mana yang asli dan mana yang palsu. Oh ya asal tau saja, sebenarnya uang palsu pun bagi para kolektor uang kuno bisa berharga. Mengapa? Karena uang kuno tersebut bisa sebagai bukti/kenangan sejarah perekonomian suatu bangsa, apalagi kalau proses pemalsuannya ada unsur politiknya. Tapi tetap yang asli lebih mahal.

Kumpulan Uang Kuno Seri Soekarno Tahun 1960

Uang NKRI seri Soekarno ini terdiri dari pecahan:

  1. Rp5,00
  2. Rp10,00
  3. Rp25,00
  4. Rp50,00
  5. Rp100,00
  6. Rp500,00, dan
  7. Rp1.000,00

Pada pecahan 5 rupiah, 10 rupiah, dan 100 rupiah dicetak oleh Pertjetakan Kebayoran sehingga tidak memiliki variasi nomor seri, hanya memiliki variasi watermark saja. Sedangkan pecahan lainnya yaitu 25 rupiah, 50rupiah, 500 rupiah, dan 1.000 rupiah dicetak oleh Thomas De La Rue sehingga memiliki variasi nomor seri dan watermark yang sangat banyak. Yang terbanyak variasinya adalah pecahan 500 Rupiah (6 variasi) sedangkan pecahan 25, 50 dan 1000 Rupiah masing-masing terdiri dari 4 variasi.

Sedangkan desainnya, gambar depan berupa foto Soekarno (serupa cuma beda warna). Bagian belakang pecahan 5, 25 dan 50 Rupiah bergambar seorang penari wanita, sedangkan pecahan lainnya bergambar 2 orang penari.

Selain tahun 1960, sebenarnya ada uang gambat Soekarno lainnya yang terbit bukan ditahun itu. Iyalah:

  • seri sukarno Borneo bertahun 1961
  • seri Sukarno II bertahun 1964
  • seri Sukarno Irian Barat 1960-1961 dan
  • seri Sukarno Kepulauan Riau 1960-1961.

Benarkah Ada Uang Gambar Soekarno Yang Bisa Melengkung Sendiri?

Bagi para kolektor uang kuno atau yang biasa disebut numismatik tentu bukan berita baru lagi mengenai hal aneh ini, yaitu selembar uang kertas Indonesia (NKRI) bergambar Soekarno bisa melengkung sendiri bila diletakan di atas telapak tangan. Ada 2 macam cara melengkungnya, yaitu:

  • Melengkung biasa, yaitu bila uang ini ditaruh di telapak tangan tiba-tiba bagian kedua ujungnya melengkung ke atas membentuk huruf U atau bisa juga O.
  • Menggulung Tikar, yaitu bila uang gambar Soekarno ini diletakan di atas telapak tangan tiba-tiba bagian salah satu ujungnya menggulung ke bagian yang lain. Gerakannya seperti saat kita menggulung tikat. Bila keseluruhan permukaan sudah tergulung penuh, uang akan jatuh dari telapak tangan.

Apakah beneran ada uang yang bisa begitu? Jawabannya ADA. Namun setelah saya kumpulkan info yang lebih lengkap mengenai uang ini ternyata uang ajaib ini hanyalah UANG SOUVENIR bukan UANG RESMI yang bisa untuk jual beli.

Yup betul, uang seperti ini hanyalah uang untuk souvenir. Dengar-dengar sih uang ini dibuat di atas kapal. Karena keamanan politik saat itu tidak memungkinkan, maka uang ini tidak sempat diedarkan. Oh ya, yang mengeluarkan uang ini bukan Bank Indonesia (BI) ya, jadi jangan harap di situs resmi BI ada informasi tentangnya.

Kemudian uang ini juga tidak bisa dikatakan uang palsu karena memang tidak ada yang dipalsukan atau ditiru.

Harga uang kuno gambar Soekarno bisa melengkung sendiri

Seperti yang sudah saya katakan di atas. Bagi yang hobi mengumpulkan uang kuno, uang souvenir ini meskipun bukan uang resmi tetap memiliki harga apalagi ditambah sifat keanehannya yang tidak dimiliki oleh uang lainnya pasti makin banyak saja peminatnya yang rela berburu kesana kesini untuk memilikinya. Karena semakin banyak peminatnya otomatis harganya makin mahal dong.

Dan asal tau saja, selain bisa melengkung uang ini juga memiliki mitos lain. Saya dengar sendiri dari orang tua sekitar tempat tinggal saya, katanya barang siapa yang memiliki dan bisa menjaga uang ini maka rezekinya akan dipermudah. Hmmm apakah anda percaya?

Sebenarnya tidak ada aturan baku untuk harga barang antik. Bila anda punya uang banyak dan benar-benar suka, maka anda akan membelinya seberapapun harganya. Namun setelah saya mencari info harga sana-sini, ada kok yang jual seharga Rp100.000,00. Di sana stoknya tidak hanya satu, kalau kebetulan barangnya masih mulus dan memiliki keunikan sendiri tentu harga akan lebih mahal lagi bahkan sampai puluhan juta rupiah.

Ciri-Ciri uang souvenir gambar Soekarno yang asli

Harga yang saya sampaikan di atas saya dapatkan cuma dari internet saja. Jadi saya tidak bisa memastikan apakah dengan harga segitu barangnya asli apa palsu. Yang jelas bila anda ingin mengetahui keasliannya, lebih baik simak ciri-cirinya berikut ini:

  1. Yang jelas dites dulu di telapak tangan apakah bisa melengkung atau tidak. Kalau tidak, sudah pasti palsu.
  2. Tampak depan selain gambar Soekarno, ada tulisan arab juga berbunyi Kunfayakun maupun Surat Al-Ikhlas. Tulisan tersebut bisa dilihat dengan mata telanjang. (Uang Soekarno yang RESMI untuk pembayaran tidak ada tulisan dengan huruf Arabnya).
  3. Dilihat dengan sinar UV atau Ultra Violet ada yang memiliki tulisan Asma Allah, kun fayakun, nurisulaiman, surat al ikhlas, do’a sapu jagat, gambar soekarno, nominal 100 atau 1000, kepala banteng, 9 bintang menyala dll .

Mengapa uang Soekarno bisa melengkung sendiri?

Mungkin sebagian pembaca di sini ada yang tidak percaya mengenai hal-hal yang tidak masuk akal. Namun secara metafisik ada yang menjelaskan keunikan uang ini. Katanya uang ini telah diisi energi ETERIK. Yaitu energi yang bereaksi terhadap panas tubuh yang dipengaruhi oleh fisik dan psikis / kejiwaan seseorang. Reaksi ini berupa gerakan menjauhi panas tubuh melalui gerakan melengkung atau menggulung.

Tentu saja yang bisa mengisi energi eterik tersebut bukan orang sembarangan. Kalau siapa saja bisa mengisinya, pasti akan banyak uang-uang lain yang bisa memiliki sifat-sifat seperti ini. Kenyataannya uang gambar Soekarno ini adalah satu-satunya uang di dunia yang bisa melengkung sendiri. Yang lainnya tidak.

15 thoughts on “Misteri uang kuno gambar Soekarno bisa melengkung sendiri”

  1. Unik dan tentunya langka ya uang bergambar Pak Sukarno ini, Dunia metafisik itu memang ada dan kita juga harus percaya.

  2. Nice post gan,
    Kunjungi juga hxxp://uangkuno-gresik dot blogspot dot com

    Bnyak info menarik tentang uang kuno indonesia dan penjualannya
    Thanks gan

  3. Baru percaya kmaren pas megang uangnya sendiri bener2 melengkung di atas telapak tangan:D tapi kalo di taro di atas meja lgs rata lagi..

    • hati hati lo, uang itu bisa bawa petaka bila salah guna. kalo dijual apalagi mahal, bisa membunuh rejekimu

  4. Thn 1995 sy pernah punya uang 100 merah yg bisa tergulung sendiri ini. Saat itu konon dibutuhkan utk “narik” harta peninggalan jepang. Hasilnya nol besar, malah uangku itu dibawa kabur paranormalnya yg bernama Yusuf, org makassar yg domisili di sukabumi. …

  5. he he he….. yg asli pun jg bs melengkung meski tdk menggulung spt tikar. itu krn jenis kertas nya. bkn krn klenik. ya kl yg Percaya itu melengkung dan ada tulisan arab nya silakan sj. pd thn 60 an negara kt blm mengenal teknologi ultraviolet utk nerawang uang kertas. artinya uang itu ada bikinan skrg2 ini.
    monggo yg mau koleksi uang kertad soekarno asli… sy pny yg nomoinal 1 rupiah thn 64. add pin ######

    • Terima kasih banyak atas tambahan informasinya, Pak. Namun saya mohon maaf sebesar-besarnya harus menyensor PIN, Bapak. Ini demi kenyamanan Bapak dan juga website ini. Sekali lagi terimakasih

  6. Ia memang benar uang sukarno pecahan rp 1.000 tahun 1964 dan kebetulan saya memiliki 1 lembar dengan no seri BK 180901

    • Saya punya yang 100 uang tersebut gak hanya menggulung, ttp berjalan dengan cara, letakkan diatas tubuh kita, Mau yg gambar sukarno sebelah atas atau sebaliknya sama saja, Yg awalnya lurus perlahan mulai bergerak menggulung lalu ujung ketemu ujung lalu mulai lurus kembali yg awalnya gmbr sukarno menjadi sebaliknya. Dan begitu seterusnya

  7. Itu tidak aneh
    Karena saya memilikinya beberapa lembar dan bervareasi gambar bidadarinya /penarinya
    Minat hub 08$$$$$$$$
    Cod agar lebih yakin
    Asliii pninggalan mertua

Leave a Comment